BlogPemilik PropertiFinansial2 Cara Daftar Antrean Faskes BPJS Kesehatan dengan Cepat
0
0

2 Cara Daftar Antrean Faskes BPJS Kesehatan dengan Cepat

Dipublikasikan oleh M. Agung Septyanto dan Diperbarui oleh M. Agung Septyanto

Sep 4, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
antrean faskestop-right-banner

Apakah Pins tahu bahwa Fasilitas Kesehatan (Faskes) BPJS merupakan bagian integral dari program Jaminan Kesehatan Nasional lho Pins. Program ini didirikan dengan tujuan untuk memberikan akses kesehatan yang lebih baik. Walaupun antrean Faskes BPJS ini lumayan banyak, tapi kamu perlu mengetahui cara daftar antrean Faskes BPJS kesehatan ini. 

Sebelum kita memahami apa saja pentingnya daftar antrean Faskes BPJS, simak dulu informasi soal pengajuan KPR dan cek estimasi harga rumah

Selain itu kamu juga bisa cari informasi soal rumah dijual di Bogor Kota, rumah baru di Bekasi Utara, serta penjelasan informasi lengkap terkait properti Kavling Megapolitan Cinere dan Telaga Golf.

Apa itu Faskes BPJS?

antrean faskes
Source : tribunnews.com

Faskes BPJS merupakan singkatan dari “Fasilitas Kesehatan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan”. Faskes BPJS adalah jaringan penyedia layanan kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dalam rangka menyediakan pelayanan medis kepada peserta program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola oleh BPJS Kesehatan di Indonesia.

Baca juga: 8 Tips Merdeka secara Finansial, Pensiun Lebih Nyaman

Program JKN BPJS Kesehatan adalah program asuransi kesehatan yang bertujuan untuk memberikan perlindungan kesehatan kepada seluruh penduduk Indonesia. Melalui program ini, peserta yang telah membayar iuran bulanan kepada BPJS Kesehatan dapat mengakses berbagai layanan kesehatan yang diperlukan tanpa harus khawatir terkait biaya medis yang tinggi.

Faskes BPJS terdiri dari berbagai jenis fasilitas kesehatan. Apa saja sih fasilitasnya? Yuk simak ulasannya dibawah ini. 

1. Rumah Sakit (RS)

antrean faskes
Source : unair.ac.id

Ini termasuk rumah sakit pemerintah dan swasta yang berpartisipasi dalam program BPJS Kesehatan. Rumah sakit ini menyediakan berbagai layanan medis, termasuk rawat inap, rawat jalan, pembedahan, perawatan intensif, dan layanan darurat.

2. Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas)

antrean faskes
Source : sippn.menpan.go.id

Puskesmas adalah unit pelayanan kesehatan yang lebih terdekat dengan masyarakat di tingkat desa atau kelurahan. Mereka menyediakan pelayanan medis dasar seperti pemeriksaan, pengobatan, konsultasi, dan program kesehatan masyarakat.

3. Klinik Pratama

antrean faskes
Source : forma-surabaya.com

Klinik-klinik ini bisa dikelola oleh dokter umum atau dokter spesialis tertentu. Mereka memberikan pelayanan medis dasar, seperti pemeriksaan kesehatan, pengobatan ringan, dan konsultasi.

4. Dokter Praktik Mandiri

Dokter-dokter umum atau spesialis yang memiliki praktek mandiri juga bisa menjadi bagian dari jaringan Faskes BPJS. Peserta dapat berkonsultasi langsung dengan dokter ini.

Baca juga: 7 Tahap Mencapai Kebebasan Finansial untuk Setiap Individu

5. Apotek

antrean faskes
Source : suara.com

Beberapa apotek juga bekerja sama dengan BPJS Kesehatan untuk menyediakan obat-obatan dengan resep dokter kepada peserta BPJS Kesehatan.

Cara Daftar Antrean Faskes BPJS Kesehatan

Di Indonesia, program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan telah menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Untuk mendapatkan pelayanan medis melalui Fasilitas Kesehatan (Faskes) BPJS, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mendaftar antrean Faskes. Dalam artikel ini akan menjelaskan dua cara mudah untuk mendaftar antrean Faskes BPJS. Yuk simak apa saja caranya Pins. 

1. Pendaftaran Antrean Secara Langsung di Faskes BPJS

antrean faskes
Source : pikiran-rakyat.com
  • Pilih Faskes: Pertama-tama, Pins pilih Faskes BPJS yang ingin kamu kunjungi. Ini dapat berupa rumah sakit, puskesmas, klinik, atau dokter praktik mandiri. Pastikan Faskes tersebut adalah penyedia yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.
  • Kunjungi Faskes: Pergilah langsung ke Faskes yang Pins pilih. Setibanya di sana, pergilah ke bagian pendaftaran atau resepsionis dan sampaikan niat kamu untuk mendaftar antrean.
  • Isi Formulir Pendaftaran: Petugas resepsionis akan memberikan formulir pendaftaran. Isilah formulir tersebut dengan informasi yang diminta, seperti nama, nomor kartu BPJS Kesehatan, nomor telepon, dan alamat.
  • Tentukan Waktu dan Tanggal: Pins akan diminta untuk memilih waktu dan tanggal kunjungan kamu. Pilihlah sesuai dengan ketersediaan kamu dan sesuai dengan kebutuhan medis Pins.
  • Konfirmasi Antrean: Setelah mengisi formulir pendaftaran dan menentukan waktu kunjungan, petugas akan memberikan nomor antrean atau kartu antrean. Simpan baik-baik kartu ini karena Pins akan memerlukannya saat datang ke Faskes pada tanggal yang sudah kamu tentukan.
  • Datang ke Faskes pada Hari yang Ditentukan: Pada hari kunjungan, pastikan Pins datang tepat waktu sesuai dengan nomor antrean kamu. Ini akan membantu memastikan bahwa Pins mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai dengan jadwal yang telah diatur.

Baca juga: 6 Cara Membuat Rencana Keuangan Pribadi Agar Finansial Lebih Aman

2. Pendaftaran Antrean Melalui Aplikasi BPJS Kesehatan

antrean faskes
Source : duitpintar.com
  • Unduh Aplikasi BPJS Kesehatan: Unduh aplikasi BPJS Kesehatan ke smartphone Pins. Aplikasi ini tersedia secara gratis di toko aplikasi (Google Play Store untuk perangkat Android dan App Store untuk perangkat iOS).
  • Registrasi atau Masuk: Buka aplikasi dan lakukan registrasi jika Pins belum memiliki akun BPJS Kesehatan. Jika sudah memiliki akun, masuklah menggunakan informasi akun kamu.
  • Pilih Faskes: Setelah masuk, pilihlah Faskes BPJS yang ingin Pins kunjungi. Aplikasi ini biasanya menyediakan daftar Faskes yang berlokasi dekat dengan kamu.
  • Pilih Jadwal Antrean: Setelah memilih Faskes, Pins akan diberikan pilihan jadwal antrean yang tersedia. Pilihlah waktu dan tanggal yang sesuai dengan kebutuhan kamu.
  • Konfirmasi Antrean: Setelah memilih jadwal antrean, aplikasi akan mengkonfirmasi antrean Pins. Pastikan untuk memeriksa kembali semua informasi yang kamu masukkan sebelum mengonfirmasi.
  • Tunjukkan Konfirmasi Antrean: Pada hari kunjungan, tunjukkan konfirmasi antrean yang Pins dapatkan melalui aplikasi BPJS Kesehatan kepada petugas resepsionis di Faskes yang kamu tuju. Mereka akan membantu kamu untuk mendapatkan pelayanan yang Pins butuhkan sesuai dengan antrean yang Pins daftarkan.

Itu saja informasi mengenai cara melakukan antrean Faskes BPJS kesehatan. Jika kamu mengalami keluhan kesehatan, jangan sungkan untuk segera periksa ya Pins. semoga artikel ini membantu kamu.

Baca juga: 


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download