Ruang Edukasi Agen

Trivia

Tips Lolos BI Checking untuk Membeli Properti

Ditulis oleh Rizko Fatra ∙ 3 August 2021 ∙ 3 menit membaca

Anda sebagai agen properti pasti menginginkan klien Anda bisa transaksi properti dengan lancar, bukan? Proses transaksi yang lancar akan mempercepat Anda untuk mendapatkan bonus dan tunjangan lain. Salah satu cara agar proses transaksi properti lancar adalah dengan lolos BI checking. Di dalam pembahasan artikel ini, Anda akan disuguhkan bagaimana tips lolos BI checking untuk membeli properti. Tips ini sangat cocok untuk Anda bagikan ke klien Anda yang akan membeli properti dengan KPR/KPA.

Pinhome – Setiap orang mempunyai riwayat perbankan yang berbeda-beda. Di antara klien Anda mungkin ada yang pernah telat membayar kartu kredit, dan sebagainya. BI Checking merupakan Informasi Debitur Individual (IDI) yang mencatat dan merekam aktivitas pembayaran kredit (kolektibilitas) nasabah. Singkatnya, BI Checking akan menjadi penentu apakah seorang klien layak mendapatkan kredit KPR/KPA. Nah, untuk mengetahui riwayat perbankan klien agar lolos BI checking, maka Anda bisa memberikan tips berikut!

Tips Lolos BI Checking untuk Membeli Properti
(Stuff)

Baca Juga: Yuk Kenali Dan Pahami Apa Itu KPR!

Bayar cicilan sebelum jatuh tempo

Agar terbebas dari daftar hitam BI, klien Anda harus membayar cicilan sebelum jatuh tempo. Informasikan untuk segera membayar hutang. Membayar atau melunasi hutang sebelum jatuh tempo bisa memberikan penilaian yang bagus pada riwayat kredit pribadi. Bank akan menilai klien Anda cukup bertanggung jawab dengan kredit yang diambil.

Baca Juga: Ayo Simak Cara Follow Up Customer Dengan Tepat Dan Profesional

Jangan gunakan kartu kredit sebagai source of income

Kredit atau kartu kredit bukanlah sumber penghasilan. Kartu kredit merupakan fasilitas pinjaman. Jadi, jangan tergiur dengan berbagai promo murah. Pastikan Anda menggunakan fasilitas kredit hanya untuk transaksi yang diperlukan.

Ambil kredit sesuai kebutuhan dan kemampuan

Tips Lolos BI Checking untuk Membeli Properti
(Citra Raya)

Ambil kredit sesuai dengan kapasitas yang dimiliki. Berkacalah dengan income yang akan didapat setiap bulan. Jangan tergiur untuk menggunakan kartu kredit dalam melakukan transaksi dalam jumlah besar. Apabila klien tidak sanggup membayar, maka ini akan membahayakan kredit skoring klien.

Lunasi hutang kredit yang menunggak

Apabila terdapat hutang yang masih menunggak, harap langsung diselesaikan. Menunda dalam membayar hutang akan membahayakan credit scoring pribadi. Apabila ini terjadi, pengajuan KPR/KPA akan sangat sulit didapatkan.

Itulah beberapa penjelasan mengenai tips lolos BI checking untuk membeli properti. Yuk informasikan ke klien agar segera melunasi hutang sebelum melakukan pengajuan KPR/KPA.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel