Pinhome Home Service

Beranda Artikel Kebersihan Rumah Ini Dia Bahan yang Dibutuhkan untuk Membuat Sapu Ijuk
Kebersihan Rumah

Ini Dia Bahan yang Dibutuhkan untuk Membuat Sapu Ijuk

  • 4 Aug, 2022 oleh Ramanda Salsa
  • 5 menit membaca

Bahan sapu ijuk bisa datang dari berbagai macam tipe. Untuk ijuknya, yang paling terkenal adalah dari ijuk pohon aren atau bisa juga menggunakan sabut kelapa. Sementara gagangnya bisa dari kayu yang telah dibuat sedemikian rupa hingga berbentuk gagang panjang bulat dan biasanya dilapisi plastik.

Manfaat sapu ijuk yang kini bisa disebut sebagai alat pembersih wajib di rumah-rumah masyarakat Indonesia tentu sebagai pembersih lantai. Dengan berbagai ukuran dan varian, sapu ijuk bisa untuk menyapu lantai bagian dalam maupun luar rumah. Untuk area dalam rumah, biasanya dilanjutkan dengan mengepel lantai.

Baca Juga: Kenali Kegunaan Sapu Ijuk yang Jarang Orang Ketahui

Bahan Sapu Ijuk dan Cara Membuatnya

Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat sapu ijuk serta tips pembuatannya.

Bahan Sapu Ijuk

  • Sabut kelapa atau ijuk pohon aren
  • Gagang atau tongkat kayu yang sudah dilapisi plastik
  • Cap sapu atau lakop plastik
  • Sikat bergerigi besar dan jarang
  • Gunting
  • Besi dengan sisi rata, misalnya berbentuk persegi
  • Kawat
  • Tali nilon atau tambang plastik yang kecil
  • Ruji sebagai penarik tambang
  • Palu dan kayu
  • Penutup ujung gagang sapu

Baca Juga: Mengapa Saat Imlek Tidak Boleh Menyapu? Ini Alasannya!

Cara Membuat Sapu Ijuk

bahan sapu ijuk
(Kompasiana)
  • Pisah-pisahkan ijuk sampai sebesar satu atau dua jari tangan.
  • Lilitkan atau masukkan tali nilon atau tambang plastik pada cap sapu atau lakop plastik.
  • Ambil satu bagian ijuk yang telah dipisah-pisahkan dan tali atau tambang yang telah menyambung di cap sapu atau lakop plastik, lalu tarik yang kuat agar ijuk masuk ke dalam lakop atau cap sapu.
  • Mirip dengan proses menjahit, gunakan ruji untuk menarik tali keluar dan lakukan hal yang sama pada bagian ijuk-ijuk selanjutnya hingga semua lubang pada cap sapu atau lakop plastik terisi.
  • Jika sudah terisi sampai ujung, gunting tali dengan menyisakan sekitar 5 cm. Lalu ikat atau bakarlah ujungnya agar tambang atau tali terikat kuat pada ujung cap sapu atau lakop plastik tersebut.
  • Luruskan serat-serat sabut kelapa atau ijuk menggunakan besi agar bagian yang terjalin atau bergelombang menjadi lurus .
  • Sikat ijuk menggunakan sikat agar serabut yang lemah tercabut. Sehingga yang tersisa memang hanya ijuk yang menempel kuat.
  • Serat juga bisa digunting ujungnya sesuai kebutuhan atau agar terlihat lebih rapi.
  • Pasangkan gagang kayu pada lakop plastik atau cap sapu lalu paku lakop bagian atas yang menempel atau dimasuki oleh gagang.
  • Tempelkan penutup gagang kayu di bagian ujung gagang, paku kembali bila perlu agar tidak mudah lepas.

Sapu ijuk juga bisa dijemur dulu setengah hari sebelum disisir oleh besi dan sikat agar lebih kuat dan kering. 

Tips Memilih Bahan Sapu Ijuk

bahan sapu ijuk
(Shopee)

Coba lebih selektif dan mencari informasi tentang ijuk yang akan digunakan karena tidak semua ijuk cocok dengan peralatan atau bahan pembuat lainnya. Sebagai contoh, ijuk tebu tidak cocok atau tidak dapat diikat dengan tali karena bisa dibilang terlalu licin. Karena itu, ijuk pohon aren dan sabut kelapa masih menjadi favorit bahan pembuat sapu ijuk meski tampilan dan tingkat kekasarannya kurang rapi.

Sebelum diolah, ijuk juga bisa dipukulkan pada paku lalu ditarik untuk menyisir jalinan yang masih bergelombang atau kusut. Jika tidak ada yang tersangkut ketika dipukul dan ditarik di paku yang ditancap di bidang rata tersebut, berarti ijuk sudah cukup lurus dan lebih mudah untuk diolah.

Jika dengan cara yang lebih tradisional, ada metode yang mengikat ijuk tidak menggunakan lakop melainkan mengikatnya pula dengan jalinan ijuk. Hal ini dilakukan agar ketahanan dan keawetan helaian ijuk dan pengikatnya sama. Namun teknik ini membutuhkan keahlian ekstra.

Asal bahan ijuk juga diklaim memiliki kualitas berbeda dari tiap-tiap daerah. Hingga kini, ijuk dari Bandung dianggap memiliki kualitas lebih baik dibandingkan ijuk dari kota lain seperti Tuban, Lamongan atau Gresik karena kualitas ijuk arennya yang kurang bagus.

Baca Juga: 10 Cara Menyapu Rumah yang Baik dan Benar

Fakta-fakta Sapu Ijuk

Dulunya, bagian ijuk terutama yang berasal dari ijuk pohon aren dianggap tidak memiliki manfaat karena sulit diatur dan seperti rambut gimbal.

Tapi di tangan pengrajin, ijuk tersebut bisa disulap menjadi alat yang sangat berguna dan wajib ada di rumah-rumah ataupun bangunan yang ada di Indonesia sebagai peralatan pembersih. Dan hebatnya, sapu ijuk yang berbahan alami seperti ini masih tetap bisa bersaing dengan alat-alat pembersih elektronik yang memiliki teknologi terkini.

Tak hanya bahan ijuk pohon aren, tapi sapu ijuk juga ada yang berasal dari daun gelagah. Ijuk dari helaian daun atau rumput gelagah dinilai lebih lembut dan lentur dibandingkan yang berasal dari ijuk pohon aren atau serabut kelapa. Dan uniknya, bagian dari rumput gelagah yang dibuat sapu ini adalah bagian pelepahnya.

Setelah disortir dan dikeringkan, pelepah rumput gelagah akan dipotong sepanjang kira-kira 50 cm dan diikat dengan tali atau kain pita bermacam warna. Diklaim, perlu keahlian khusus untuk bisa menyatukan ribuan helai gelagah untuk menjadi satu kesatuan yang rapi. Karena tidak mudah mengikat ribuan helai gelagah di pangkal yang jadi satu, tapi di bagian bawahnya harus melebar merata agar dapat menyapu dengan sempurna. Bahkan, ada yang menggunakan teknik rajut dengan jarum besar untuk menyatukan ribuan helai gelagah.

Itu dia beberapa bahan dan cara serta tips yang dibutuhkan untuk membuat sapu ijuk. Semoga bermanfaat, Pins!

Nah, kini saatnya kamu pun juga segera bersih-bersih rumah, Pins! Manfaat sapu ijuk sebagai alat pembersih rumah bisa kamu pakai sehari-hari. Namun, bila kamu sedang tidak ingin bersih-bersih rumah, kamu bisa menggunakan layanan Home Cleaning dari Pinhome Home Service lewat aplikasi Pinhome. Klik disini untuk coba ya!

Featured Image Source: Tribun


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.