Pinhome Home Service

Beranda Artikel Kebersihan Rumah Kenali Kegunaan Sapu Ijuk yang Jarang Orang Ketahui
Kebersihan Rumah

Kenali Kegunaan Sapu Ijuk yang Jarang Orang Ketahui

  • 2 Aug, 2022 oleh Ramanda Salsa
  • 5 menit membaca

Sapu bisa jadi adalah alat pembersih wajib yang harus ada di rumah-rumah orang Indonesia. Rasanya belum bersih rumah jika tidak melakukan aktivitas menyapu. Ternyata, ada kegunaan sapu ijuk yang harus Kamu ketahui, serta bagaimana cara merawatnya. Ada baiknya tidak sembarangan agar tetap awet dan tidak membuat lantai semakin kotor.

Baca Juga: 8 Macam-macam Sapu untuk Membersihkan Rumah

Kegunaan Sapu Ijuk dan Manfaatnya

Manfaat sapu ijuk, meski mirip dengan jenis sapu lain seperti sapu plastik dan sapu lidi untuk membersihkan lantai, namun akan berbeda pada segi hasilnya. Itulah mengapa sapu ijuk masih lebih favorit dibandingkan jenis sapu lain karena harganya yang memang relatif lebih terjangkau.

Selain itu, sapu ini lebih lentur dan memiliki ketahanan yang lebih lama. Kegunaan sapu ijuk utamanya juga lebih luas karena bisa untuk membersihkan lantai di dalam rumah, hingga area luar seperti teras dan garasi. 

Karena sifatnya lebih lentur baik dari gagang dan serabutnya, sapu ijuk lebih bermanfaat dan mudah menjangkau area-area kecil dan sulit diraih oleh sapu lain. Dibandingkan dengan sapu lidi, sapu ijuk juga lebih mudah disimpan karena lebih ramping.

Jika ingin membuatnya sendiri pun tidak terlalu merepotkan, sapu ijuk menggunakan gagang kayu dan seratnya berasal dari ijuk pohon yang mudah ditemukan. Biasanya, bagian ijuk sapu diambil dari ijuk pohon aren.

Baca Juga: 10 Cara Menyapu Rumah yang Baik dan Benar

Kekurangan Penggunaan Sapu Ijuk

kegunaan sapu ijuk
(Tempo)

Sapu ini juga sebenarnya lebih cocok dan bermanfaat untuk permukaan datar seperti lantai dalam rumah, lho, Pins. Namun kekurangannya, sapu ijuk lebih mudah kotor jika tidak sering dibersihkan karena kotoran lebih mudah tersangkut pada serabutnya. 

Jadi, disarankan terutama di awal penggunaan, bersihkan ijuk dari lembaran atau serabut ijuk yang kusut dan tidak terjalin untuk mencegah kerontokan. Caranya, cukup mengibaskan sapu agar jalinan ijuknya terlepas. Jika jalinan kusut dibiarkan dan tetap dipergunakan untuk menyapu, ijuknya akan mudah rontok dan malah bisa membuat lantai lebih kotor, bukan?

Tips Menggunakan Sapu Ijuk

kegunaan sapu ijuk
(Tokopedia)

Tips dalam penggunaan sapu ijuk adalah ternyata disarankan hanya menggunakan satu sisi saja dari sapu ijuk! Hal ini bertujuan agar ijuk tidak mudah terlepas dari gagang. Penggunaan sapu ijuk hanya satu sisi memang terkesan membuatnya lebih miring ke satu sisi. Tapi hal itu lebih baik, karena jika sering bergantian menggunakan sisi sapu ijuk, pangkal serabut yang menempel di gagang akan rentan dan goyah sehingga menyebabkan kerontokan.

Dalam penggunaan sapu ijuk juga disarankan untuk memakai sapu yang berbeda untuk di area dalam dan luar rumah. Karena debu dan kotoran di luar rumah biasanya lebih tebal dan kotor lebih baik digunakan di area luar saja. Agar kotoran yang masih menempel di sapu ijuk bagian luar rumah tidak masuk ke area dalam rumah.

Baca Juga: 11 Rekomendasi Sapu Lantai yang Bagus dan Enak Dipakai

Bagaimana Perawatannya?

Agar tidak mudah rontok dan bulu atau serabut tetap kuat, Kamu bisa merendam sapu ijuk dalam air panas yang telah dicampur garam sebanyak satu sendok selama 1 jam lalu angkat dan keringkan.

Untuk penggunaan sapu ijuk agar tetap maksimal, ada baiknya dibersihkan secara rutin. Yaitu dengan cara merendamnya di air hangat yang sudah dicampur detergen. Lalu bilas hingga bersih dan jemur sampai kering. Jangan lupa untuk sebaiknya mengikat ujung sapu saat proses penjemuran agar serabut atau bulu sapu ijuk tidak mekar.

Untuk penyimpanan, sebaiknya gantung sapu ijuk dengan posisi terbalik ketika sedang digunakan. Yaitu posisi bulu atau serabutnya berada di atas. Hal ini juga bertujuan agar bulu tidak berada di lantai dan berisiko terkena debu atau kotoran, sehingga sapu ijuk akan tetap lebih bersih dan awet. Selain itu meletakkan bulu sapu ijuk tetap berada di atas akan membuat bulunya tidak mudah menekuk.

Terakhir, agar kegunaan sapu ijuk lebih maksimal jangan menyimpannya di luar ruangan yang mendapatkan sinar matahari secara langsung. Meski disarankan menggunakan sapu ijuk berbeda untuk membersihkan lantai di dalam dan luar ruangan, sinar matahari bisa memberikan efek kurang baik.

Selain warna sapu ijuk akan lebih cepat pudar dan tipis, karena itu bagian bulunya bisa lebih rapuh dan rontok. Hasilnya, pembersihan lantai tidak akan maksimal karena kondisi bulu yang tidak padat serta berjarak.

Dengan begitu, sapu ijuk akan tetap awet dan bisa digunakan secara efektif sebagaimana dibutuhkan untuk membersihkan lantai secara maksimal. Perlu diingat, bentuk ijuk yang lebih lentur bermanfaat untuk membersihkan debu yang lebih halus dan tidak terlihat tapi sering lebih terasa kotornya. 

Variasi Sapu Ijuk

Hal lain yang sebaiknya diperhatikan agar penggunaan sapu ijuk lebih baik adalah gagang sapu yang biasanya ditawarkan bervariasi. Dipengaruhi juga dari pengguna yang akan memakai sapu tersebut dari tingginya. Jika terlalu tinggi, tentu akan sulit mengendalikan gagang sapunya, tapi jika terlalu pendek, pengguna sapinya akan tidak nyaman karena harus membungkuk.

Selain itu, gagang sapu juga mempengaruhi area yang akan dijangkau untuk membersihkan debu dan kotoran. Gagang sapu ijuk yang pendek akan lebih mudah untuk membersihkan celah sempit. Sementara gagang sapu ijuk panjang lebih nyaman digunakan untuk area lantai yang lebih luas karena perlu jangkauan yang lebih besar. 

Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba terlebih dahulu sapu ijuk sebelum membelinya. Selamat berburu sapu ijuk untuk hunian dan tempat beraktivitas yang lebih bersih, Pins!Namun, jika kamu malas untuk bersih-bersih rumah, kamu bisa menggunakan layanan Home Cleaning dari Pinhome Home Service. Klik disini untuk coba ya!

Featured Image Source: Freepik/topntp26

Baca Juga: Mudah! Begini Cara Membuat Sapu Lidi


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.