Pinhome Home Service

Beranda Artikel Kebersihan Rumah Kenali 5 Jenis Alat untuk Mengepel Lantai
Kebersihan Rumah

Kenali 5 Jenis Alat untuk Mengepel Lantai

  • 4 Aug, 2022 oleh Ramanda Salsa
  • 6 menit membaca

Selain menyapu, mengepel adalah salah satu aktivitas wajib dalam proses membersihkan rumah atau ruangan, khususnya bagi masyarakat Indonesia. Sehingga alat untuk mengepel lantai juga hadir dengan beberapa varian yang bisa menyesuaikan kebutuhan yang diinginkan.

Apa nama alat yang digunakan untuk mengepel lantai? Tidak hanya kain pel saja, kini sudah banyak jenis alat pel lantai yang berbeda. Mulai dari bahan, peruntukan lantai sampai fitur-fitur yang memudahkan agar kegiatan membersihkan lantai bisa lebih maksimal.

Baca Juga: 8 Manfaat Mengepel Lantai yang Jarang Orang Tahu

Alat-Alat untuk Mengepel Lantai

Apa saja alat untuk mengepel lantai? Berikut adalah beberapa rekomendasinya.

Baca Juga: 5 Tips dan Cara Mengepel Lantai Keramik Agar Kinclong

String Mops (Kain Pel)

(Tokopedia)

Kain pel satu ini biasanya menjadi basic atau paling umum ada di rumah-rumah masyarakat Indonesia. Biasa terbuat dari katun, alat pel ini dianggap mampu membersihkan lebih maksimal karena bahan dan bentuknya yang lebih tebal sehingga mampu mengangkat kotoran yang lebih bandel menempel pada lantai.

Sayangnya, string mops lebih sulit untuk diperas dan dirawat karena bahannya yang tebal tadi. Kain pel ini juga sulit untuk dibersihkan karena berbentuk uliran sehingga kotoran lebih banyak tersangkut. Jika dicuci pun, string mops sulit untuk dibersihkan dan dikeringkan seluruhnya karena permukaannya yang tidak rata

Strip Mops (Pel Strip)

(Shopee)

Strip Mops sebenarnya mirip dengan string mops, hanya saja helainya berbentuk lembaran sehingga permukaan kainnya lebih datar. Sekilas, strip mops terlihat seperti kain yang ujungnya dipotong-potong.

Umumnya strip mops lebih ringan, lebih fleksibel dan lebih tipis dibanding string mops sehingga lebih mudah untuk diperas. Bahkan dengan kecanggihan teknologi masa kini, banyak strip mops yang telah dilengkapi alat pemeras di bagian ujung gagang mops sehingga tidak perlu lagi memerasnya secara manual dengan tangan.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Vacuum Cleaner Sekaligus Pel Terbaik

Dust Mops (Pel Debu)

alat untuk mengepel lantai
(Tokopedia)

Dust mops mungkin agak jarang ditemukan di rumah atau hunian masyarakat Indonesia. Alat pel ini biasa lebih umum ditemukan di perkantoran, pusat perbelanjaan, atau gedung-gedung yang memiliki area lebih besar.

Karena memang bentuk dust mops ini cukup panjang dan melebar ke samping sehingga bisa menjangkau area untuk dipel lebih luas sehingga menghemat waktu serta tenaga. Dust mops juga umumnya berbahan sintetis, bulu domba ataupun serat mikro.

Namun persis seperti namanya, dust mops untuk membersihkan debu atau kotoran kering sehingga tidak cocok untuk membersihkan lantai yang menggunakan air seperti kain pel lain pada umumnya.

Selain untuk lantai, dust mops juga sering digunakan untuk membersihkan dinding, langit-langit ruangan, sampai lampu karena bisa menjangkau area lebih tinggi dan jangkauan bersihnya lebih besar.

Flat Mops (Pel Datar)

alat untuk mengepel lantai
(Ikea)

Sekilas, flat mops mungkin mirip dengan dust mops tapi lebih rapi karena permukaannya datar. Sama-sama berbentuk persegi panjang, flat mops terbuat dari kain microfiber yang punya sederet keunggulan.

Salah satu kelebihannya yang kerap jadi favorit adalah karena bahannya mudah dicuci dan dikeringkan sehingga bisa digunakan bersih berulang kali. Selain itu, bahan pel flat mops juga lebih awet dan lebih mudah disimpan dalam waktu yang lama. Tapi ada juga jenis flat mops atau pel datar yang hanya bisa digunakan sekali pakai hanya di bagian bantalannya saja

Karena permukaan yang lembut, flat mops juga cocok digunakan sebagai pel yang rentan seperti lantai yang terbuat dari vinyl. Sayangnya, karena bahannya yang lembut, flat mops kurang mampu membersihkan noda membandel dan yang lengket. Bila menggunakannya, kamu perlu menggosok dan menekannya di lantai lebih kencang. Tapi harus berhati-hati agar proses ini tidak menggores lantai ataupun merusak bahan serat microfibernya.

Sponge Mops (Pel Spons) 

alat untuk mengepel lantai
(Shopee)

Alat pel spons atau sponge mops identik dengan bentuknya yang memiliki alat pemeras otomatis di bagian gagangnya yang akan membuat bantalan atau sponge menekuk dan memeras air dengan sendirinya.

Seperti namanya, bagian untuk mengepel lantai dari sponge mops berbahan spons atau ada pula yang berbahan busa. Kelebihannya, pel satu ini akan lebih menyerap air dan kotoran dalam jumlah banyak dan dalam waktu singkat karena berbahan spons serta memerasnya juga mudah.

Kekurangannya, sponge mops memiliki bobot lebih berat karena ada perangkat pemeras otomatis yang umumnya terbuat dari besi atau plastik yang tidak kecil. Berat ini juga dipengaruhi oleh banyaknya air yang diserap. 

Dan karena bentuknya yang ramping serta kotak persegi panjang, agak sulit digunakan untuk lantai yang datar. Sponge mops memang lebih cocok digunakan untuk mengepel lantai tidak datar. 

Tips lain, sponge mops ini biasanya digunakan untuk membersihkan dan mengepel ubin atau lantai kamar mandi karena daya serap airnya yang mumpuni sehingga membantu lantai kamar mandi tetap kesat atau tidak licin.

Baca Juga: 7 Cara Membersihkan Lantai Granit Agar Mengkilap

Teknologi Canggih Pel Anti Ribet

Selain 5 alat pel di atas, ada satu alat pel lagi yang kini juga mulai jadi favorit untuk pilihan membersihkan lantai, yaitu steam mops atau pel uap. Lebih canggih, karena alat pel ini memiliki tabung penyimpanan air yang bisa diisi ulang dan berfungsi secara otomatis memanaskan air serta mengubahnya jadi uap dan mengeluarkannya lewat bantalan pel.

Sehingga Kamu tidak perlu lagi mencelup kain pel pada air lalu menggosoknya ke lantai, semua sudah hadir dalam satu alat. Dan di masa pandemi seperti sekarang ini, air yang digunakan dalam steam mops ini biasanya juga berisi cairan desinfektan sehingga sangat multifungsi, tidak hanya untuk membersihkan lantai dari debu dan kotoran, tapi juga bisa menyingkirkan kuman dan bakteri hingga virus di lantai rumah.

Kekurangannya mungkin dari segi budget yang harus lebih banyak dikeluarkan karena fitur teknologinya yang sudah lebih mumpuni. Selain itu, jika ada bagian atau mesin steam mops yang rusak, biaya perbaikannya juga lebih mahal dan lebih membutuhkan tenaga ahli untuk menanganinya.

Demikian 5 jenis alat untuk mengepel lantai. Kira-kira Kamu akan mencoba yang mana lagi, Pins? Semoga bermanfaat!

Nah, untuk Pins yang terkadang malas bersih-bersih di rumah, bisa pakai layanan Home Cleaning dari Pinhome Home Service melalui aplikasi pinhome. Harganya mulai 50ribu untuk 1 jam dengan berbagai promo tersedia. Klik di sini untuk coba.

Featured Image Source: Shutterstock


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.