Pinhome Home Service

Beranda Artikel Kebersihan Rumah 8 Manfaat Mengepel Lantai yang Jarang Orang Tahu
manfaat mengepel lantai
Kebersihan Rumah

8 Manfaat Mengepel Lantai yang Jarang Orang Tahu

  • 19 Jul, 2022 oleh Nabila Azmi
  • 5 menit membaca

Menyapu dan mengepel lantai memang jadi rutinitas sehari-hari. Namun, Pins tahu tidak kalau ada manfaat yang tersembunyi di balik rutin mengepel lantai? 

Mengepel lantai memang sangat bermanfaat dalam menjaga kebersihan rumah. Bahkan, ada kegunaan lainnya yang bisa Pins nikmati ketika rutin mengepel lantai. Simak apa saja fungsi dari rutin mengepel lantai di sini!

Manfaat Mengepel Lantai

Salah satu langkah membersihkan rumah yang tak boleh terlewatkan adalah mengepel lantai. Usai menyapu, Pins disarankan untuk mengepel guna membersihkan lantai dari tanah, debu, dan kuman di rumah. 

Tidak hanya itu, manfaat mengepel lantai ternyata cukup beragam. Apa saja? 

Membersihkan Lantai

cara mengepel lantai keramik agar kinclong
(Unsplash)

Fungsi utama dari mengepel adalah membersihkan lantai. Pasalnya, lantai mengandung kuman dan bakteri yang cukup banyak daripada yang Pins ketahui. 

Bagaimana tidak, lantai rumah terpapar segalanya, mulai dari sepatu, pakaian kotor, bulu hewan, hingga makanan yang jatuh. Alhasil, kuman pun menumpuk dengan cepat, terutama ketika cuaca panas dan musim flu. 

Maka dari itu, rutin mengepel penting untuk menjaga kebersihan rumah. Lantai yang bersih menandakan rumah yang lebih sehat. Dengan begitu, kamu dan anggota keluarga lainnya terbebas dari risiko penyakit yang berhubungan. 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Vacuum Cleaner Sekaligus Pel Terbaik

Mengurangi Alergi

Seiring waktu, debu, bulu hewan, dan alergen lainnya bisa menumpuk dengan cepat di lantai. Jika rutin mengepel, Pins bisa mencegah alergen ini berkumpul dan menjauhkan kuman dan bakteri tadi pergi dari rumah. 

Bila Pins mengalami mata berair atau pilek, coba periksa lagi kapan lantai dibersihkan. Kondisi yang Pins alami mungkin disebabkan penumpukan debu dan bakteri yang ada di lantai. 

Sebelum pergi ke dokter, kamu bisa membersihkan lantai secara menyeluruh dengan mengepel. Setelah itu, lihat apakah gejala-gejala yang dirasakan sudah mereda atau belum, ya. 

Membantu Mencegah Goresan di Lantai

alat pel bagus

Manfaat mengepel lantai, khususnya di lantai kayu, ternyata bisa mencegah munculnya goresan. Bila debu dan sisa-sisa makanan menumpuk di lantai seiring waktu, ini bisa menyebabkan goresan kecil di lantai. 

Jika dibiarkan, goresan tidak akan mau hilang dan membuat tampilan lantai menjadi jelek. Maka dari itu, menjaga lantai tetap bersih dengan rutin mengepel sangat membantu mengurangi risiko munculnya goresan yang tidak diinginkan. 

Menjaga Tampilan Lantai

Bagi Pins yang sudah lama tidak mengepel lantai mungkin lupa seperti apa tampilan dan tekstur dari lantai yang bersih dan berkilau. Jadi, segera segarkan kembali ingatan tersebut dengan kembali mengepel lantai. 

Kamu mungkin akan terkejut betapa berbedanya lantai yang tampak berdebu dan kusam menjadi berkilau berkat alat pel yang digunakan. Ini tentu saja menjaga tampilan dan tekstur lantai tetap indah dan cocok dengan rumah Pins. 

Baca Juga: 10 Perbedaan Tipe Super MOP BOLDe

Mendapatkan Rumah yang Lebih Aman

Lantai yang bersih tidak hanya terlihat bagus, tetapi juga meningkatkan keselamatan siapa pun yang menginjakkan kaki di rumah. Bila lantai tidak dirawat dengan baik, kotoran, pasir, dan lainnya bisa menumpuk. 

Penumpukan debu dan kotoran ini terkadang dapat membuat seseorang tersandung atau tergelincir. Tentu saja, Pins tidak mau hal tersebut terjadi di rumah, bukan? 

Membakar Kalori

Selain masalah kebersihan, manfaat mengepel ternyata berkaitan erat dengan mendapatkan tubuh yang sehat. Pasalnya, mengepel memerlukan banyak tenaga dan usaha ketika dilakukan. 

Pekerjaan membersihkan rumah ini bisa menawarkan latihan terbaik untuk membakar kalori. Walau tidak begitu sama dengan alat-alat yang ada di tempat fitness, setidaknya cara ini gratis sekaligus membuat rumah menjadi lebih bersih. 

Membantu Mengelola Stres

Pins tahu tidak kalau membersihkan rumah bisa menjadi bagian dari terapi? Rumah yang bersih, rapi, dan bebas debu dapat mengurangi tingkat stres. Salah satu hal yang bisa Pins coba adalah mengepel lantai. 

Mengepel lantai bisa membuat perasaan dan pikiran Pins lebih tenang. Ini bisa tercipta melalui lingkungan yang tapi sehingga otak mendapat sinyal relaksasi untuk menenangkan pikiran dan hati yang stres. 

Baca Juga: 16 Alat-Alat Kebersihan Rumah yang Perlu Kamu Miliki

Mengendalikan Emosi

Beberapa waktu mungkin Pins merasa mudah marah dan kehilangan kendali atas emosi yang dirasakan. Untungnya, kamu bisa mencoba melampiaskan semua amarah yang ada dengan mengepel lantai. 

Cara ini diklaim cukup efektif, terutama ketika Pins marah pada seseorang dan tidak bisa memarahi maupun melampiaskan amarah ke mereka. Bila demikian, Pins bisa mengambil pel dan kain mikrofiber, lalu keluarkan emosi tadi dengan membersihkan lantai. 

Selalu Pilih Alat Pel yang Bagus

manfaat mengepel lantai

Guna mendapatkan manfaat dari mengepel lantai, tentu Pins harus memilih alat pel yang bagus. Sembarangan memilih justru bisa menghasilkan rumah yang lebih kotor, misalnya karena kain pel yang rontok atau sulit dibersihkan. 

Bila memungkinkan, pilih rekomendasi alat pel yang dapat menangani hampir semua jenis lantai, mulai dair vinyl, hingga keramik. Kamu juga bisa membeli kain pel mikrofiber untuk mengangkat kotoran membandel dengan mudah, ya. 

Nah, untuk Pins yang tidak sempat mengepel lantai bisa sesekali memesan layanan Home Cleaning Pinhome Home Service di aplikasi Pinhome. Rekan Jasa yang datang akan membantu mengembalikan tampilan lantai rumah jadi berkilau. 

Harganya mulai 50ribu untuk 1 jam dengan berbagai promo tersedia. Klik di sini untuk coba.

Baca Juga: 6 Cara Membersihkan Keramik Kasar yang Kusam dengan Ampuh


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.