Kamus Istilah Properti

Pemasaran

istilah properti

Pemasaran

Pemasaran merupakan bagian dari manajerial dimana kegiatannya terencana untuk menyampaikan, mengkomunikasikan dan mempertukarkan tawaran bernilai untuk klien, mitra, pelanggan dan masyarakat umum.

Fungsi

(Shutterstock)

Tujuan utamanya adalah memperkenalkan produk ke masyarakat luas. Gunanya memastikan kepuasan pelanggan dan meningkatkan penjualan. Sementara fungsi dari aktivitas ini diantaranya adalah sebagai berikut :

Baca Juga: Ability to Pay

Purna Jual

Aktivitas ini berfungsi sebagai layanan purna jual. Pemasar memiliki kewajiban untuk membantu pelanggan usai pembelian. Misalnya saja dalam pembelian mesin, tak jarang penasar memberikan bantuan setting mesin agar dapat bekerja sebagaimana mestinya.

Distribusi

Distribusi yang baik membuat pelanggan bisa mendapatkan produk tepat waktu. Dalam distribusi produk tidak selalu melalui jalur darat namun juga laut dan udara. 

Distribusi produk mulai dari lokasi produksi hingga ke pasar atau konsumen akhir. Pemindahan produk ini harus cermat agar kualitas barang terjaga.

Riset

Riset pasar berguna untuk mendapatkan informasi mengenai target pasar. Hal-hal yang perlu diriset umumnya jenis kelamin, usia, tingkat kepuasan hingga selera pelanggan. Hasil riset membantu pemasar menghasilkan produk yang mampu memenuhi kebutuhan pasar.

Pertukaran

Kegiatan ini juga memungkinkan konsumen melakukan pertukaran. Produk ditukar dengan alat pembayaran seperti uang dengan nilai yang sama. Konsumen pun berhak untuk menjual kembali produk tersebut. Tujuan lainnya adalah menghasilkan laba semaksimal mungkin.

Kompetisi

Fungsi lainnya adalah untuk kompetisi atau memenangkan persaingan. Penggunaan strategi marketing berguna untuk menonjolkan produk yang dimiliki dengan kompetitor. Memenangkan kompetisi pasar dapat meningkatkan penjualan.

Aspek

Aspek pemasaran merupakan segala sesuatu yang terkait dengan peluang pasar atas produk yang dibuat perusahaan. Kegiatan ini memetakan produk pada pasar yang ditargetkan. Aspeknya sendiri meliputi poin-poin dibawah ini:

Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar adalah aktivitas pembagian dan identifikasi segmen pasar didasarkan karakter konsumen. Pembagian ini seperti psikografis, tingkat penghasilan, demografi bahkan kelas sosial.

Dari segmentasi pasar dapat diketahui gambaran terhadap produk dengan keadaan pasar. Segmentasi pasar meningkatkan sumber daya perusahaan agar mencapai sasaran.

Strategi Promosi

Promosi adalah kegiatan penjual dalam menawarkan produk tersedia kepada konsumen agar mau membeli. Kegiatan ini meliputi pemberian informasi produk dengan kata-kata persuasi dan menarik perhatian khalayak.

Strategi yang baik akan mampu meningkatkan kepercayaan konsumen akan produk. Dampaknya mampu meningkatkan penjualan, laba, permintaan dan produk yang dihasilkan.

Analisa Pesaing

Analisis pesaing dibutuhkan untuk mengetahui posisi produk dalam pasar. Kompetitor menawarkan produk yang memiliki fungsi serupa. 

Dengan analisis pesaing, pemasar mengetahui kelemahan dan kekuatan produk. Dengan begitu strategi marketing yang dibuat bisa tepat sasaran.

Analisa Kondisi Pasar

Analisis kondisi pasar digunakan untuk mengetahui kecenderungan konsumen pada produk. Pemasar mampu memahami kemampuan daya beli konsumen akan memenuhi kebutuhan.

Dari analisis kondisi pasar lebih efektif jika mencakup wilayah luas, terukur dan meliputi semua program yang direncanakan perusahaan. Dari aktivitas analisa ini dapat diketahui secara spesifik kebutuhan konsumen.

Baca Juga: Direktur Adalah?

Jenis

(Shutterstock)

Jenis pemasaran ada banyak sekali dipengaruhi oleh berkembangnya teknologi dan tren pasar. Adapun jenis-jenisnya meliputi beberapa kategori sebagai berikut :

Relationship Marketing

Relationship marketing adalah kegiatan untuk memasarkan produk dengan memanfaatkan hubungan sebelumnya. Analoginya seperti ini ketika konsumen sudah loyal maka ketika perusahaan meluncurkan produk maka konsumen dengan sukarela membelinya.

PR Marketing

Public relation marketing (PR marketing) bertujuan meningkatkan brand awareness. Pemasar membuat konsumen merasa beruntung memiliki produk yang ditawarkan.

WoMM

Word of Mouth Marketing atau sering dikenal sebagai promosi dari mulut ke mulut. Informasi produk sendiri didapatkan dari mulut konsumen sendiri. 

Online

Media online menjadi salah satu media pemasaran yang paling banyak digunakan. Keuntungannya adalah lebih hemat biaya, tak terbatas waktu dan jarak. Marketing online biasanya menggunakan email, website maupun konten sosial media.

MLM

Multi level marketing disebut juga dengan network marketing. Jenis ini membuat tenaga penjualannya mendapatkan komisi dari produk yang dijualnya. Komisi ini diperoleh dari penjualan pada jaringan lainnya.

Iklan Siaran

Iklan siaran sering dipakai sebelum internet berkembang seperti sekarang. Biasanya disiarkan melalui penyiaran radio dan berbentuk iklan berbayar. Selain radio, iklan siaran meliputi media TV.

Kelebihan siaran TV menampilkan audio dan visual produk lebih jelas. Jangkauannya lebih luas dan berskala nasional.

Branding

Branding ialah kegiatan untuk membuat produk jauh lebih menarik. Bentuk iklannya jangka panjang sehingga konsumen hafal dengan merek produk yang ditawarkan. Branding sering menyertakan logo, nama hingga slogan.

Baca Juga: Hak Guna Bangunan

Komponen

(Shutterstock)

Pemasaran berfungsi mencocokan produk dengan pelanggan yang membutuhkan akses ke produk. Menurut Neil Borden ada empat komponen dalam marketing diantaranya adalah :

Harga

Penetapan harga berpengaruh pada penjualan. Dari harga bisa ditentukan laba yang dihasilkan. Harga meliputi biaya distribusi, marketing, produksi dan laba.

Perusahaan memperhatikan pula harga produk pesaing di pasaran. Fungsinya untuk mengetahui apakah harga jual yang ditawarkan masuk akal bagi konsumen atau tidak.

Produk

Produk harus memenuhi kebutuhan konsumen. Barang bisa dipasangkan pada lini produk lainnya.

Tempat

Tempat disini merujuk pada distribusi produk. Tidak hanya itu saja pertimbangan utamanya melalui online, etalase fisik atau saluran distribusi.

Promosi

Promosi merupakan kampanye komunikasi terpadu untuk memperkenalkan produk. Kegiatan ini mencakup periklanan, sponsorship, promosi penjualan hingga hubungan masyarakat.

Pemasaran sangat dibutuhkan produk agar dapat diterima di masyarakat. Kegiatan ini tak hanya kampanye produk namun juga menciptakan branding.

Baca Juga: Akad


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.