Kamus Istilah Properti

Mortgage

istilah properti

Mortgage

Mortgage dalam bahasa Indonesia disebut dengan pinjaman hipotek, artinya merupakan pinjaman dana yang digunakan untuk membeli rumah, apartemen, tanah atau unit properti lain.

Mengenal Istilah Mortgage 

(The New Savvy)

Istilah mortgage atau hipotek lebih sering kita dengar ketika membeli properti. Hal ini berkenaan dengan aktivitias individu atau sebuah badan yang membeli properti. Pinjaman hipotek umumnya dilakukan oleh individu atau badan yang ingin membeli sebuah unit properti atau lahan dengan cara cicilan atau installment. Periode cicilan ini nantinya akan ditentukan oleh pihak pemberi pinjaman dalam hal ini Bank. Pihak Bank akan mempelajari kondisi keuangan nasabah sebelum akhirnya memberikan sejumlah dana sebagai pinjaman. Contoh pinjaman hipotek seperti Kredit Penjualan Rumah (KPR), Kredit Penjualan Apartemen (KPA), dan Kredit Tanpa Agunan (KTA).

Komponen Mortgage

(Asap Mortgage)

Di dalam pinjaman hipotek, khususnya untuk KPR atau KPA, ada beberapa elemen atau komponen yang hadir. Komponen ini hadir karena masih berkaitan dengan kegiatan hipotek tersebut. Komponen-komponen tersebut mencakup principal, interest, tax, dan insurance.

Principal 

Principal berkaitan dengan dana pinjaman atau besar uang yang diberikan oleh pihak pemberi pinjaman (lender) kepada pihak yang mengajukan pinjaman (borrower) atau nasabah. Misalnya, jika kamu berniat untuk membeli properti menggunakan KPR, maka nilai pinjaman yang diberikan oleh bank itulah yang disebut sebagai principal.

Interest 

Interest berkaitan dengan nilai bunga yang ada pada transaksi pembelian rumah melalui KPR/KPA. Bunga pada pembelian unit menjadi salah satu komponen yang selalu ada. Nilai bunga pada pinjaman KPR/KPA akan berkaitan dengan suku bunga bank dan juga aktivitas perekonomian dunia. 

Tax 

Pajak adalah salah satu elemen yang ada dalam transaksi pembelian hunian. Pajak menjadi penting karena ini sebagai bagian kontribusi transaksi ke negara. Dalam membeli hunian baik apartemen, rumah tapak dan tanah tentu ada pajak penghasilan yang biasanya dibayarkan oleh pihak penjual atau agen. Sebagai pemilik rumah, kamu diwajibkan untuk membayar Pajak Bumi Bangunan (PBB).

Insurance

Pembelian properti dengan cicilan KPR/KPA biasanya sudah termasuk dengan asuransi bangunan. Tujuannya adalah untuk memastikan hunian kamu terlindungi atau mendapatkan proteksi. Jadi, ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, maka properti akan mendapatkan perlindungan asuransi.

Keunggulan Membeli Barang dengan sistem Mortgage

(Fox Business)

Membeli properti dengan KPR/KPA hanyalah salah satu opsi transaksi pembelian hunian. Ada banyak cara lain untuk membeli rumah yang juga mempunyai keunggulan tersendiri. Pembelian properti dengan mortgage atau pinjaman hipotek mempunyai keunggulan dan keuntungan tersendiri pula. Berikut ini keunggulannya.

Memudahkan beban pengeluaran

Harga properti terus meroket naik namun. Beberapa dari kita mungkin akan kesulitan jika harus membeli properti dengan cash keras. Pasalnya, masih banyak yang harus kita pikirkan seperti cicilan kendaraan, kartu kredit, biaya anak sekolah dan kebutuhan rumah tangga. Nah, dengan adanya cicilan KPR, maka kamu pun tidak akan terasa terbebani untuk memiliki sebuah unit rumah. 

Lebih mudah mengatur keuangan

Pins, dengan hadirnya KPR/KPA kamu bisa lebih mudah mengatur keuangan di rumah. Hal ini lantaran kamu akan lebih mudah membagi alokasi keuangan atau pengeluaran ke dalam posko-posko tertentu. Misalnya cicilan, tabungan dan pengeluaran bulanan. Jadi kamu akan lebih bijak Pins dalam mengatur finansial pribadi dan keluarga. Bagi kamu yang masih sendiri alias single, maka ini adalah jalan ninja yang bisa kamu tempuh untuk mendapatkan rumah sedari dini.

Tersedia pilihan tenor 

Pemilihan tenor yang beragam pun bisa menjadi keuntungan kamu Pins. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Umumnya tenor akan ditentukan dari pihak pemberi pinjaman atau bank. Namun biasanya pihak peminjam atau nasabah bisa melakukan negosiasi untuk menawar jumlah tenor yang diberikan. Misalnya pihak bank memberikan tenor pinjaman 15 tahun, nah kamu sebagai pihak peminjam bisa menawar atau meminta kelonggaran tenor lebih panjang. Perlu diingat, ini pun harus melalui pertimbangan dari pihak Bank ya Pins.  

Tersedia banyak pilihan bunga KPR/KPA

Seperti yang kita semua tahu bahwa semua bank umumnya menawarkan produk KPR atau KPA. Setiap bank juga memberikan penawaran bunga yang bervariasi. Jadi, kamu bisa memilih dan melakukan perbandingan dahulu sebelum akhirnya menentukan bank mana yang akan kamu pilih untuk tempat pengajuan pinjaman hipotek tersebut.

Ada pilihan KPR/KPA Konvensional dan Syariah

Selain itu, ada juga pilihan pinjaman hipotek untuk rumah dengan metode konvensional dan syariah. Pilihan ini tentu akan memberikan kemudahan bagi kamu yang ingin memilih salah satu dari kedua hal tersebut.

Tips Agar Pinjaman Hipotek Kamu Diterima Bank

(Forbes)

Seperti yang kita ketahui semua ya Pins, sebelum pinjaman kamu diterima atau mendapat persetujuan dari bank, biasanya akan ada evaluasi dahulu. Evaluasi ini merupakan peninjauan yang dilakukan oleh pihak Bank untuk mengetahui apakah kamu layak diberikan pinjaman mortgage tersebut. Agar kamu bisa lolos seleksi atau pemeriksaan pihak bank pastikan kamu telah melakukan atau memiliki hal berikut.

  • Pemasukan tetap baik itu dari kerja kantoran atau usaha.
  • Memiliki rekening dan alur cashflow yang lancar.
  • Tidak memiliki tunggakkan tagihan atau hutang kartu kredit dan lain-lain.
  • Tidak memiliki histori buruk dengan bank seperti pernah menjadi nasabah yang mengalami kredit macet dan lain-lain.

Selebihnya, pastikan kamu mempunyai dokumen yang dibutuhkan dalam proses pengajuan pinjaman hipotek. Semoga informasi di atas bermanfaat ya Pins!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.