Info Area

Pasaman Barat

Pasaman Barat

Pasaman Barat merupakan sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Sumatra Barat dengan ibu kotanya di Simpang Apek. Daerah ini merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Pasaman yang telah diresmikan pada tahun 2003 lalu. Berdasarkan pemekaran ini, terbentuk tiga wilayah baru yaitu Dharmasraya, Solok Selatan, dan Pasaman Barat. Kini, kabupaten ini telah berdiri independen dengan jumlah kecamatan yaitu 11 dan 19 nagari.

 

Kabupaten ini memiliki topologi geografis yang datar dan sedikit bergelombang. Di beberapa kecamatan seperti Talamau dan Gunung Tuleh, daerah ini memiliki bukit dan gunung. Namun, di bagian barat, kabupaten ini berbatasan langsung dengan Samudra Hindia sehingga termasuk sebagai dataran rendah. Kondisi geografis yang dimiliki oleh daerah ini pun membuatnya sebagai wilayah dengan ketinggian yang bervariasi.

 

Wilayah yang berada di Pulau Sumatra ini termasuk sebagai daerah yang memiliki berbagai potensi ekonomi. Pasaman Barat memiliki Sumber Daya Alam (SDA) yang cukup melimpah karena kondisi geografisnya. Berbagai usaha seperti pertanian, perikanan, kelapa sawit, dan lain sebagainya memiliki peran penting untuk perkembangan ekonomi di daerah ini. Selain itu, berbagai potensi wisata menarik juga dapat ditemukan di sini.

 

Kabupaten Pasaman Barat tentu bisa menjadi pilihan tepat ketika ingin membeli properti. Berbagai potensi di bidang ekonomi akan membuat properti di tempat ini semakin bernilai. Adanya destinasi wisata menarik baik di daerah pesisir atau pegunungan juga dapat mendongkrak potensi bisnis properti di sini. Properti yang dimiliki di daerah ini pun akan memiliki nilai lebih di masa depan sehingga menguntungkan.

 

Populasi436.298 (2021)
Luas Wilayah3.864,02 km2
Plat KendaraanBA

Fasilitas Umum di Pasaman Barat