BlogLifestyleHobiYuk Liat Cantiknya Macam-Macam Bunga Keladi dan Gambarnya
0
0

Yuk Liat Cantiknya Macam-Macam Bunga Keladi dan Gambarnya

Dipublikasikan oleh Annisa Hapsari

Jan 9, 2024

6 menit membaca

Copied to clipboard
macam macam bunga keladi dan gambarnyatop-right-banner

Keladi adalah tanaman yang termasuk ke dalam genus Caladium atau suku talas-talasan. Tumbuhan ini banyak diminati sebagai tanaman hias karena memiliki warna dan motif daun yang cantik. Ada beragam jenis tumbuhan keladi yang sudah dibudidayakan dan berikut macam-macam bunga keladi dan gambarnya.

Pinhome – Merawat tanaman hias menjadi salah satu hobi yang diminati selama masa pandemi, khususnya di Indonesia. Banyak tanaman hias yang kini naik daun, seperti Aglaonema, Monstera, Sukulen, hingga Caladium atau Keladi. Hobi satu ini dipercaya bisa mengatasi kesehatan mental selama beraktivitas di rumah saja. Merawat tanaman hias, seperti Keladi, dapat mengurangi rasa stres dan cemas, meningkatkan konsentrasi, serta membuatmu menjadi lebih produktif. Apakah kamu ingin merawat Keladi juga, Pins? Berikut macam-macam bunga keladi dan gambarnya.

Keladi Tikus

Source : Pikiran Rakyat

Keladi tikus merupakan salah satu tanaman keladi yang umum dijumpai. Tumbuhan ini bisa ditanam di dalam botol yang hanya berisi air saja, tanpa perlu menggunakan tanah. Memiliki warna daun hijau seluruhnya dan berbentuk bulat dengan ujungnya yang runcing serta tingginya bisa mencapai 35 cm. Dalam menanam keladi tikus, sebaiknya letakkan di tempat yang lembap tanpa terkena sinar matahari langsung. 

Keladi Tengkorak

Source : Hai Bunda

Dari namanya saja terkesan menyeramkan ya, Pins. Padahal, gambar macam-macam bunga keladi jenis tengkorak ini pada kenyataannya tidak horor sama sekali. Keladi tengkorak memiliki garis tulang daun yang tegas berwarna putih, mirip seperti tulang rusuk manusia dengan pinggiran daun yang bergelombang. Warna daunnya sendiri adalah hijau tua dan bisa mencapai tinggi hingga 5 meter. Keladi tengkorak sangat menyukai tempat yang teduh.

Keladi Polka Green

Source : Popbela

Bila kamu menginginkan tanaman hias dengan warna yang unik, keladi polka green bisa menjadi pilihannya. Daunnya berwarna hijau dengan bercak-bercak merah, putih, dan hitam sehingga terkesan seperti terkena cipratan cat. Tumbuhan ini juga termasuk tumbuhan liar yang bisa tumbuh di mana saja, terutama pada tanah-tanah yang lembap. Perawatan keladi satu ini juga cukup mudah, karena tahan terhadap serangan hama, sangat cocok untuk Pins yang masih pemula.

Keladi Blackjack

macam macam bunga keladi dan gambarnya
Source : Brilio

Macam-macam bunga Keladi dan gambarnya berikutnya adalah keladi blackjack. Memiliki warna daun bagian atas hijau tua dengan tulang daun berwarna merah dan warna daun bagian bawahnya merah muda dengan tulang daun berwarna hijau. Bentuk daunnya menyirip dan ujungnya meruncing, mirip seperti mata tombak. Akarnya termasuk rimpang dengan tinggi tanaman dapat mencapai dua meter.

Keladi Bicolor

macam macam bunga keladi dan gambarnya
Source : Kebunpedia

Keladi bicolor atau umum disebut dengan keladi hias saja. Warnanya cukup beragam, mulai dari kuning, putih, ungu, emas, hijau, dan merah yang dikombinasikan dengan warna-warna lainnya di dalam satu daun. Corak daunnya juga bervariasi, bisa bulat, garis, titik, ataupun bentuk-bentuk lainnya. Bentuk daun biasanya bulat, hati, memanjang, menyerupai daun bambu, hingga berdaun ganda. 

Keladi Kuping Hewan

macam macam bunga keladi dan gambarnya
Source : Popbela

Keladi jenis ini dinamakan sesuai dengan bentuk telinga hewan, seperti keladi kuping keledai dengan daun berwarna hijau tua dengan garis tulang daun berwarna hijau keputihan yang tingginya mencapai 1,5 meter. Daunnya berbentuk segitiga memanjang dan pangkal daunnya berbentuk huruf V serta memiliki ujung yang runcing.

Source : Bukalapak

Selanjutnya ada keladi kuping kelinci yang bentuknya juga mirip dengan keladi kuping keledai. Gambar macam-macam keladi kuping kelinci seperti di bawah ini, dengan daun yang lebih lebar berwarna lebih hijau keunguan di permukaan bawahnya.

macam macam bunga keladi dan gambarnya
Source : Tokopedia

Ada juga keladi kuping jerapah dengan daun yang tidak memiliki lekukan sama sekali, berwarna hijau tua sepenuhnya. Tinggi masing-masing tanaman berkisar 1-1,5 meter.

Keladi Corong

macam macam bunga keladi dan gambarnya
Source : Pikiran Rakyat

Macam-macam bunga keladi dan gambarnya yang terakhir adalah Keladi Corong. Memiliki daun mirip seperti corong air, keladi satu ini bisa ditemukan di tepian rawa. Tangkai daun berwarna cokelat kehitaman, warna daunnya hijau tua, baik di bagian atas maupun di bagian bawahnya. Sama seperti jenis keladi lainnya, tingginya bisa mencapai hingga 1,5 meter dan sangat menyukai tempat yang teduh dan lembap.

Merawat Tanaman Keladi

Source : Tribunnews

Pada dasarnya, merawat tanaman keladi tidak terlalu sulit. Sama seperti merawat tanaman pada umumnya, hal-hal yang harus diperhatikan, seperti :

  • Rutin menyiram tanaman. Keladi menyukai tempat yang lembap dan teduh, maka dari itu jangan lupa untuk menyiramnya secara rutin agar media tanamnya tetap lembap.
  • Media tanam yang steril. Media tanam yang digunakan untuk tumbuhan keladi biasanya terdiri dari sekam, sekam bakar, dan daun bambu yang dirajang tipis.Media tanam tersebut harus dikukus agar steril sehingga tidak ada bakteri yang berkembang biak di dalam media tanam.
  • Kecukupan sinar matahari. Perlu diingat, rata-rata tanaman keladi dapat tumbuh subur di tempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung. Oleh karena itu, perhatikan jenis keladi yang kamu miliki, apakah membutuhkan sinar matahari yang cukup atau justru hanya seperlunya saja.
  • Penuhi kebutuhan nutrisi tanaman. Memberikan pupuk dan tambahan nutrisi pada tanaman keladi sangat wajib hukumnya. Sangat disarankan untuk menggunakan pupuk organik, seperti pelet udang.
  • Hindarkan tanaman dari hama. Untuk mengusir hama, seperti ulat dan belalang, kamu bisa menggunakan pestisida yang disemprotkan pada tanaman keladi. Cukup seminggu sekali saja.

Itulah macam-macam bunga keladi dan gambarnya, Pins. Apakah kamu tertarik untuk mulai merawat tanaman keladi?


Temukan beragam pilihan rumah atau apartemen seperti Apartemen The Ayoma Residence di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Komarudin Subekti

Editor: Annisa Hapsari

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download