Pinhome

4 Kunci Work From Home Yang Jauh Dari Rasa Bosan Demi Tetap Produktif

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 6 menit membaca

Dampak pandemic coronavirus yang tengah melanda dunia ini membuat hampir semua orang terpaksa bekerja dari rumah atau istilah kerennya work from home.

Pinhome – Mendengar frasa ini sebagian Pins pasti sudah terbayang betapa bosannya menghabiskan waktu sepanjang hari di rumah. Terlebih buat Pins yang sudah terbiasa bekerja di lapangan. Harus terkurung dan bekerja di rumah selama 24 jam tentu saja sangat menyiksa.

Namun, tahu nggak sih, Pins? Bekerja dari rumah tidak seburuk itu, kok. Kalau Pins ingin tahu ternyata ada banyak kegiatan menyenangkan yang bisa Pins lakukan saat work from home ini. Dijamin, Pins tidak akan merasa bosan selama harus bekerja dari rumah.

Membersihkan Rumah

Selama masa work from home ini mungkin Pins jadi menyadari kalau ternyata di sudut-sudut rumah masih terdapat debu menumpuk. Jadi, ini adalah saat yang tepat untuk membersihkan rumah secara menyeluruh. Sebelum mulai bekerja, tidak ada salahnya jika Pins membersihkan rumah terlebih dahulu.

Rumah yang bersih selalu bisa membuat suasana hati lebih baik. Selain enak dilihat, kondisi rumah yang bersih dan rapih juga bisa membuat Pins jadi lebih sehat selama work from home. Sebaliknya, tinggal dan bekerja dalam suasana rumah yang kotor dan berantakan akan membuat tubuh rentan dari penyakit. Semua ini dikarenakan bakteri dan kuman akan berkembang biak dengan cepat dalam lingkungan yang tidak bersih.

Kegiatan bersih-bersih rumah tidak hanya membuat tubuh semakin sehat, tapi juga menjauhkan diri pins dari stress dan memberi kebahagiaan. Bayangkan saja jika Pins harus bekerja dengan keadaan rumah berantakan dan kotor. Tidak hanya bosan, Pins juga bakal stress karena kenaikan hormone kortisol sebagai dampak dari keadaan rumah yang berantakan. Akibatnya, kualitas bekerja jadi menurun.

Buat Pins yang sedang menjalani Work From Home memang lebih rentan merasa bosan dan sulit fokus. Membersihkan rumah bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengembalikan fokus dan membuang rasa bosan. Ketika kondisi rumah dalam keadaan bersih dan kondusif, maka Pins akan lebih mudah untuk berkonsentrasi dengan fokus tinggi. Akibatnya, produktivitas pun meningkat.

Baca juga Working From Home, Saat Tepat Untuk Bersih-bersih Rumah Agar Lebih Sehat

Membuat Tempat Kerja Nyaman

Rasa bosan saat menjalani work from home bisa saja disebabkan oleh ketidaknyamanan Pins terhadap ruang kerja di rumah. Sebagai informasi untuk Pins, ternyata keadaan ruang kerja  berperan penting dalam produktivitas di tengah-tengah kondisi yang mengharuskan Pins bekerja dari rumah.

Di samping itu, ruang kerja yang nyaman juga dapat meningkatkan kreativitas , sehingga hasil pekerjaan pun lebih maksimal. Nah, di masa work from home inilah saat yang tepat untuk merombak ruang kerja menjadi lebih nyaman.

1. Tambahkan Tanaman Hijau

Work From Home atau bekerja dalam ruang tertutup sepanjang hari bisa membuat Pins mudah bosan dan stress. Untuk mengakalinya, Pins bisa menambahkan tanaman hijau sebagai penghias ruang kerja. Pastikan kalau tanaman yang Pins pilih adalah jenis yang tidak perlu perawatan rumit dan ekstra serta cocok diletakan pada ruang tertutup.

Keberadaan tanaman hias ini bisa memberikan energi positif untuk Pins. Alhasil, work from home bukan lagi menjadi alasan penurunan produktivitas, karena Pins tetap semangat dalam bekerja.

2. Ganti Warna Cat pada Ruang Kerja

Apabila cat di ruang kerja Pins berwarna monoton, mungkin inilah saat yang tepat untuk menggantinya menjadi warna lain. Karena ternyata, warna memberikan pengaruh yang besar terhadap produktivitas seseorang. Misalnya saja warna hijau diketahui dapat memberikan ketentraman. Apabila pekerjaan Pins membutuhkan daya kreativitas tinggi, kuning jadi warna yang tepat karena merangsang daya kreativitas.

Namun, Pins tidak harus terpatok pada warna-warna tadi. Pins tetap bisa memilih warna yang sesuai dengan kesukaan. Yang penting Pins tetap betah bekerja meskipun harus work from home.

3. Beri Pencahayaan Berlimpah

Untuk mengusir rasa bosan dan tidak betah akibat work from home, Pins bisa menambahkan cahaya lebih pada ruang kerja. Letakan sebuah lampu di meja kerja sehingga ruangan terasa lebih terang dan hangat, sehingga Pins terhindar dari rasa kantuk dan tetap betah dalam bekerja.

4. Pemilihan Kursi Kerja

Satu hal lagi yang bisa mempengaruhi kenyamanan di ruang kerja saat work from home, kursi kerja. Mungkin Pins sedikit sangsi, tapi faktanya kursi kerja dapat mempengaruhi suasana hati ketika bekerja. Kursi yang tidak nyaman dan keras pastinya akan membuat Pins tidak betah dan pegal-pegal. Akibatnya, Pins jadi sulit berkonsentrasi ketika bekerja.

Untuk membuat kursi kerja yang nyaman, Pins bisa menambahkan bantalan pada dudukan kursi atau pada sandaran kursi. Ini akan membuat Pins merasa lebih nyaman saat bersandar dan menghindarkan Pins dari pegal-pegal. Dengan begitu Pins jadi lebih semangat meski harus work from home.

Lakukan Hobi

Seperti yang Pins tahu, menjalani work from home sangat rentan terhadap kebosanan. Untuk mengusir rasa bosan tersebut Pins bisa melakukan hobi di sela-sela pekerjaan.Tentunya hobi yang bisa dilakukan di dalam rumah.

Jika suka memasak, Pins bisa mencoba memasak resep-resep baru yang terlihat lezat. Dengan begitu, Pins tidak hanya bisa mengusir rasa bosan, melainkan juga mengisi perut yang sedang kosong. Apabila Pins gemar membaca, work from home ini adalah saat yang tepat untuk menghabiskan daftar bacaan yang selama ini menumpuk. Bisa saja setelah membaca Pins jadi mendapat banyak inspirasi yang bisa membantu menyelesaikan pekerjaan.

Mendengarkan musik dan bernyanyi juga bisa menjadi alternatif lain sebagai pengusir bosan di sela-sela pekerjaan saat harus work from home. Tidak hanya itu, musik juga bisa membuat Pins merasa lebih rileks dan membantu menghilangkan stress. Hanya saja, pastikan volume suara musik tidak mengganggu tetangga.

Tetap Berolahraga

Work from home bukan menjadi alasan buat Pins untuk malas-malasan dalam berolahraga. Sebaliknya, Pins justru harus tetap dan rajin berolahraga agar tubuh tetap bugar. Selain itu olahraga juga bisa membantu pikiran tetap segar, sehingga terhindar dari bosan.

Pilih olahraga yang tidak terlalu berat dan dapat dilakukan di rumah atau di sekitar rumah. Salah satunya adalah senam. Pins bisa memutar video senam sehingga tidak perlu repot-repot pergi ke gym dan waktunya pun cenderung fleksibel.

Selain senam, Pins juga bisa melakukan Yoga dengan gerakan yang simpel dan tidak terlalu sulit seperti tree pose, cat-cow, dan mountain pose. Olahraga ini merupakan salah satu olahraga yang cocok dilakukan di tengah-tengah work from home, karena dapat mengurangi stress dan memberikan ketenangan jiwa serta memperbaiki mood. Dengan begitu pins tidak mudah bosan sehingga produktivitas dalam bekerja pun tetap maksimal.

Olahraga lain yang bisa Pins lakukan saat work from home yakni lompat tali atau skipping. Pins tidak perlu keluar rumah untuk melakukan lompat tali, hanya saja pastikan tempat untuk melakukan olahraga ini cukup luas. Ini dilakukan untuk mencegah tali skipping mengenai barang-barang di rumah. Lakukan skipping selama 15 hingga 20 menit setelah peregangan.

Salah satu tantangan terbesar ketika bekerja secara remote dari rumah ini adalah bayang-bayang kebosanan karena Pins harus berdiam diri di rumah. Namun ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk membuang kebosanan. Melalui kegiatan-kegiatan tersebut bekerja dari rumah tidak lagi membosankan.

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di Rekan Pinhome sebagai Agen dan Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel