3 Cara Update Layanan Google Play Android ke Versi Terbaru

Diperbarui oleh Omri Cristian ∙ October 1, 2022 ∙ 7 menit membaca

Pins pasti sudah tahu dan sudah sering melihat Layanan Google Play ini ketika menggunakan HP Android, kan? Layanan Google Play berfungsi sebagai background services dari aplikasi-aplikasi di HP Android yang membutuhkan dukungan dari fitur buatan Google ini. Misalnya, Google Play Service mengatur dukungan pada Gmail, Mpas, GPS, dan melayani banyak aplikasi lain.

Layanan Google Play (Google Play Services) memang menjadi salah satu aplikasi bawaan yang penting dalam handphone Android. Oleh karena itu, penting untuk Pins mengupdate secara berkala aplikasi ini.

Baca juga: 16 Game Online Web Terbaik untuk Mengisi Waktu Luang Kamu

Cara Update Layanan Google Play ke Versi Terbaru

Fitur Layanan Google Play ini memiliki peranan sangat penting di HP Android, khususnya untuk Pins yang sering menggunakan fitur-fitur yang dibuat langsung oleh Google.

Nah, agar sistem dan aplikasi yang membutuhkan fitur ini bisa berjalan dengan semestinya, maka diperlukan update Layanan Google Play ke versi terbaru. Alasan lain update Layanan Google Play adalah untuk menghindari terjadinya errorerror yang mungkin muncul kedepannya jike versi fitur ini outdate.

Lalu bagaimanakah cara update-nya? Terkait hal tesebut, Pinhome akan memberikan tutorialnya secara lengkap. Berikut ini beberapa cara yang dapat Pins coba lakukan:

Update Manual Melalui Google Play Store

Metode pertama untuk update Layanan Google Play ke versi terbaru adalah dengan memperbaruinya secara manual. Pins bisa memanfaatkan Google Play Store dengan mengunduh pembaruan dari Layanan Google Play ini. Untuk melakukan update Layanan Google Play ke versi terbaru melalui Google Play Store, caranya adalah sebagai berikut

  • Pertama, silakan kamu buka aplikasi Google Play Store di HP kamu.
update layanan google play
  • Setelah masuk ke halaman aplikasinya, silakan buka kolom pencaraian yang berada di tengah atas layar.
  • Selanjutnya, silakan ketikkan Layanan Google Play. Atau kalau pakai bahasa Inggris, ketikka Google Play Services.
  • Setelah itu klik ikon kaca pembesar untuk mulai mencari.
  • Setelah ketemu, silakan update aplikasinya dengan cara klik opsi Update di sebelah kanan aplikasinya.
  • Tunggu sampai proses unduhan selesai, dan secara otomatis sistem akan memasang pembaruan ke Layanan Google Play kamu.

Sedikit catatan, metode ini sebenarnya tidak bisa kamu lakukan di semua HP Android. Karena sebagian ada yang hasil pencariannya kosong jika kamu mencari Layanan Google Play. Tapi setidaknya kamu bisa mencoba terlebih dahulu kan? Toh caranya mudah sekali kok.

Selanjutnya, apabila pada halaman Google Play Store kamu telah melakukan search Layanan Google Play dan ternyata tidak ada opsi update, maka bisa disimpulkan kalau Layanan Google Play yang terinstal di HP Android kamu sudah versi terbaru.

Baca juga: 8 Game iPhone Offline Terbaik Gratis

Update Manual Melalui APK Pure

Metode kedua yang bisa Pins gunakan untuk update Layanan Google Play adalah melalui APK Pure. Pins bisa menggunakan toko aplikasi APK Pure untuk mengunduh dan melakukan pembaruan pada aplikasi-aplikasi atau game-game Android.

Nah, untuk memperbarui Layanan Google Play melalui APK Pure, caranya adalah sebagai berikut:

  • Pertama, silakan kamu buka browser di HP Android kamu.
  • Setelah itu, silakan akses toko APK Pure menggunakan browser tersebut.
update layanan google play
  • Jika sudah masuk ke halaman APK Pure, kamu bisa klik ikon kaca pembesar kemudian ketikkan kata kunci Layanan Google Play atau Google Play Services.
  • Kemudian klik Search untuk mencari aplikasinya.
  • Jika sudah ketemu, silakan kamu ketuk tombol Unduh APK di bawah aplikasi Layanan Google Play Services.
  • Selanjutnya, kamu akan mendapati pop up peringatan di browser. Silakan klik saja OK.
update layanan google play
  • Tunggu proses download hingga selesai, kemudian setelah selesai kamu tinggal instal file APK Layanan Google Play seperti biasanya.
  • Kamu bisa langsung menimpa aplikasi yang sudah diunduh tersebut ke aplikasi lama, jadi tidak perlu uninstal Layanan Google Play versi lama.

Baca juga: Cari Inspirasi Lewat 10 Game Dekorasi Rumah Berikut yuk!

Mengaktifkan Update secara Otomatis

Fitur Google Play Services atau Layanan Google Play, biasanya dalam keadaan default akan melakukan pembaruan (update) otomatis bila terdapat versi terbaru. Pins pernah melihat proses pembaruan tiba-tiba berjalan kan? Bisa jadi pembaruan tersebut bisa saja merupakan update Layanan Google Play ini.

Pembaruan otomatis ini hanya berlaku pada HP yang pengaturannya masih dalam kondisi default, dan belum pernah diubah-ubah. Tapi kalau Pins pernah mengubah pengaturan HP Android, terutama pada pembaruan aplikasi, maka Pins perlu memeriksanya lagi. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, silakan buka Setelan di HP Android kamu.
  2. Setelah itu, silakan masuk ke Tentang Telepon.
  3. Kemudian cari kolom Update.
  4. Selanjutnya, carilah pengaturan Update lalu silakan ubah setelannya menjadi Update otomatis.
  5. Kalau kamu khawatir update otomatis ini akan memakan kuota internet, maka silakan atur saja ke Update via WiFi. Dengan begini, proses update hanya akan berjalan ketika kamu terhubung dengan jaringan WiFi saja.

Pengaturan ini ditujukan untuk melakukan update pada semua aplikasi, termasuk di dalamnya adalah Layanan Google Play. Jadi, Pins tidak perlu mencari aplikasi Layanan Google Play versi terbaru, karena secara otomatis sistem akan mencari dan mengunduhnya bila memang ada pembaruan.

Selanjutnya, Pins mungkin perlu mengaktifkan fitur update otomatis pada Google Play Store, dengan tujuan sama seperti sebelumnya. Cara melakukannya adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Google Play Store di HP Android kamu.
  2. Setelah itu, silakan buka jendela menu di bagian kiri.
  3. Kemudian ketuk pada opsi Setelan.
  4. Pada bagian tersebut, silakan aktifkan opsi Update Otomatis.
  5. Sama seperti update sistem, kamu bisa juga mengatur proses update-nya untuk berjalan pada semua jaringan (termasuk data seluler) atau hanya pada jaringan WiFi saja.
  6. Selesai.

Dengan pengaturan ini, maka aplikasi yang terdaftar pada Google Play Store dan terinstal di HP kamu, seperti Layanan Google Play (Google Play Services) ini akan otomatis diperbarui jika memang telah tersedia pembaruannya. Jadi Pins tinggal membiarkannya melakukan update dengan sendirinya.

Baca juga: Cara Download Game di Laptop dan PC Windows Paling Mudah

Informasi Seputar Layanan Google Play

Terdapat beberapa informasi penting mengenai Layanan Google Play yang harus Pins ketahuit. Beberapa Infromasi tersebut adalah sebagai berikut:

Tujuan Memperbarui Layanan Google Play

Tujuan umum dari update Layanan Google Play ini adalah untuk memperbarui semua fitur pada HP Android dan aplikasi-aplikasi di dalamnya, terutama aplikasi dari Google. Selain itu, update Layanan Google Play juga berguna untuk menghindari error tertentu seperti:

  1. Aplikasi tidak berjalan dengan stabil.
  2. Google Play Store tidak bisa dibuka.
  3. Layanan Google Play telah terhenti.
  4. Fitur-fitur baru pada aplikasi dari Google tidak berfungsi
  5. Dan lain sebagainya.

Perizinan Layanan Google Play

Setelah kamu melakukan update Layanan Google Play ke versi terbaru, maka selanjutnya Pins perlu melakukan sedikit langkah tambahan, yaitu soal perizinan akses aplikasi. Tujuannya adalah supaya fitur-fitur pada aplikasi bisa diakses, dan juga agar update tadi bisa berfungsi dengan normal.

Perizinan disini, merupakan suatu proses yang memungkinkan Layanan Google Play untuk bisa mengakses suatu fitur pada sistem. Nah, untuk mengizinkan akses fitur ini, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  • Pertama, silakan buka Setelan HP Android.
  • Setelah itu, silakan cari dan buka menu Aplikasi (Apl).
  • Selanjutnya, silakan cari opsi Layanan Google Play kemudian buka.
  • Kemudian, buka menu Izin atau Perizinan Aplikasi.
  • Aktifkan akses yang kira-kira diperlukan di sana.
update layanan google play

Disamping itu, Pins dapat mengetuk tombol Hapus Cache untuk me-reset Layanan Google Play sehingga penyesuaian update bisa langsung diterapkan.

Begitulah tadi pembahasan mengenai cara update Layanan Google Play di HP Android ke versi Terbaru. Cara update-nya cukup mudah bukan? Semoga bermanfaat!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Simple! Begini Cara Membuat Trading Plan untuk Pemula

Tidak berbeda dengan kehidupan, investasi juga memerlukan perencanaan yang matang, sehingga kamu bi

Finansial
Finansial Apa itu White Paper di Cryptocurrency?

Apa itu white paper, termasuk dalam hal ini white paper crypto adalah suatu dokumen yang memiliki p

Finansial
Finansial Apa itu ETF? Pengertian, Keuntungan dan Kerugiannya

Produk investasi memiliki jenis yang sangat beragam. Tentunya, agar tidak salah memilih, kamu harus

Finansial
Finansial Apa itu Stop Loss? Pengertian dan Cara Menggunakannya

Berbicara mengenai dunia investasi dan trading, selalu terdapat istilah-istilah terkait yang mungki

Gadget
Gadget 15 Rekomendasi HP Xiaomi Terbaik Desember 2022, Wajib Punya!

Xiaomi merupakan salah satu produsen smartphone yang cukup terkenal dan sudah mendunia, terutama un

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia