Pinhome

Cara Update Layanan Google Play Android ke Versi Terbaru

Dipublikasikan oleh Andre Gunawan ∙ 14 June 2022 ∙ 7 menit membaca

Di HP Android terdapat banyak fitur dan aplikasi yang merupakan bawaan dari sistem Android. Setiap fitur dan aplikasi tersebut memiliki fungsi dan peranannya masing-masing, yang tentunya sangat penting. Nah, salah satu aplikasi bawaan sistem yang sangat penting adalah Layanan Google Play (Google Play Services).

Saya yakin, kamu pasti sudah tahu dan sudah sering melihat Layanan Google Play ini ketika menggunakan HP Android, kan? Untuk Google Play sendiri kita biasa menggunakannya untuk mengunduh aplikasi Android dan Game Android.

Untuk Layanan Google Play sendiri berfungsi sebagai background services dari aplikasi-aplikasi di HP Android yang membutuhkan dukungan dari fitur buatan Google ini. Diantaranya Google Play Service mengatur dukunga pada Gmail, Mpas, GPS, dan melayani banyak aplikasi lain.

Cara Update Layanan Google Play ke Versi Terbaru

Fitur Layanan Google Play ini memang peranannya sangat penting di HP Android kita, khususnya buat kita yang sering menggunakan fitur-fitur yang dibuat langsung oleh Google.

Nah, agar sistem dan aplikasi yang membutuhkan fitur ini bisa berjalan dengan semestinya, maka kita perlu update Layanan Google Play ke versi terbaru. Alasan lain update Layanan Google Play adalah untuk menghindari terjadinya errorerror yang mungkin muncul kedepannya jike versi fitur ini outdate.

Lalu bagaimanakah cara update-nya? Terkait hal tesebut, kami akan memberikan tutorialnya secara lengkap, karena berhubung masih banyak pengguna Android yang belum tahu tentunya. Jadi, silakan simak artikel ini sampai selesai, untuk mengetahuinya.

Update Manual Melalui Google Play Store

Metode pertama untuk update Layanan Google Play ke versi terbaru adalah dengan memperbaruinya secara manual. Nah, kamu bisa memanfaatkan Google Play Store, karena disana kita bisa mengunduh pembaruan dari Layanan Google Play ini.

Namanya juga fitur berbasis aplikasi, dan sumbernya dari Google, maka kamu bisa mendapatkannya dari Play Store. Nah, untuk melakukan update Layanan Google Play ke versi terbaru melalui Google Play Store, caranya adalah sebagai berikut

  1. Pertama, silakan kamu buka aplikasi Google Play Store di HP kamu.
  2. Setelah masuk ke halaman aplikasinya, silakan buka kolom pencaraian yang berada di tengah atas layar.
  3. Selanjutnya, silakan ketikkan Layanan Google Play. Atau kalau pakai bahasa Inggris, ketikka Google Play Services.
  4. Setelah itu klik ikon kaca pembesar untuk mulai mencari.
  5. Setelah ketemu, silakan update aplikasinya dengan cara klik opsi Update di sebelah kanan aplikasinya.
  6. Tunggu sampai proses unduhan selesai, dan secara otomatis sistem akan memasang pembaruan ke Layanan Google Play kamu.

Sedikit catatan, metode ini sebenarnya tidak bisa kamu lakukan di semua HP Android. Karena sebagian ada yang hasil pencariannya kosong jika kamu mencari Layanan Google Play. Tapi setidaknya kamu bisa mencoba terlebih dahulu kan? Toh caranya mudah sekali kok.

Selanjutnya, apabila pada halaman Google Play Store kamu telah melakukan search Layanan Google Play dan ternyata tidak ada opsi update, maka bisa disimpulkan kalau Layanan Google Play yang terinstal di HP Android kamu sudah versi terbaru.

[adinserter block=”4″]

Update Manual Melalui APK Pure

Metode kedua yang bisa kamu gunakan untuk update Layanan Google Play adalah melalui APK Pure. Selain Google Play Store, kamu bisa menggunakan toko aplikasi APK Pure untuk mengunduh dan melakukan pembaruan pada aplikasi-aplikasi atau game-game Android.

Nah, untuk memperbarui Layanan Google Play melalui APK Pure, caranya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, silakan kamu buka browser di HP Android kamu.
  2. Setelah itu, silakan akses toko APK Pure menggunakan browser tersebut.
  3. Jika sudah masuk ke halaman APK Pure, kamu bisa klik ikon kaca pembesar kemudian ketikkan kata kunci Layanan Google Play atau Google Play Services.
  4. Kemudian klik Search untuk mencari aplikasinya.
  5. Jika sudah ketemu, silakan kamu ketuk tombol Unduh APK di bawah aplikasi Layanan Google Play Services.
  6. Selanjutnya, kamu akan mendapati pop up peringatan di browser. Silakan klik saja OK.
  7. Tunggu proses download hingga selesai, kemudian setelah selesai kamu tinggal instal file APK Layanan Google Play seperti biasanya.
  8. Kamu bisa langsung menimpa aplikasi yang sudah diunduh tersebut ke aplikasi lama, jadi tidak perlu uninstal Layanan Google Play versi lama.

[adinserter block=”5″]

Update Otomatis Layanan Google Play

Fitur Google Play Services atau Layanan Google Play, biasanya dalam keadaan default akan melakukan pembaruan (update) otomatis bila terdapat versi terbaru. Kamu pernah melihat proses pembaruan tiba-tiba berjalan kan? Ya, pembaruan tersebut bisa saja merupakan update Layanan Google Play ini.

Pembaruan otomatis ini hanya berlaku pada HP yang pengaturannya masih dalam kondisi default, dan belum pernah diubah-ubah. Tapi kalau kamu pernah mengubah pengaturan HP Android, terutama pada pembaruan aplikasi, maka kamu perlu memeriksanya lagi.

Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, silakan buka Setelan di HP Android kamu.
  2. Setelah itu, silakan masuk ke Tentang Telepon.
  3. Kemudian cari kolom Update.
  4. Selanjutnya, carilah pengaturan Update lalu silakan ubah setelannya menjadi Update otomatis.
  5. Kalau kamu khawatir update otomatis ini akan memakan kuota internet, maka silakan atur saja ke Update via WiFi. Dengan begini, proses update hanya akan berjalan ketika kamu terhubung dengan jaringan WiFi saja.

Pengaturan ini ditujukan untuk melakukan update pada semua aplikasi, game, pengaturan sistem. Termasuk di dalamnya adalah Layanan Google Play. Jadi, kamu tidak perlu mencari aplikasi Layanan Google Play versi terbaru, karena secara otomatis sistem akan mencari dan mengunduhnya bila memang ada pembaruan.

Selanjutnya, kamu mungkin perlu mengaktifkan fitur update otomatis pada Google Play Store, dengan tujuan sama seperti sebelumnya. Cara melakukannya adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Google Play Store di HP Android kamu.
  2. Setelah itu, silakan buka jendela menu di bagian kiri.
  3. Kemudian ketuk pada opsi Setelan.
  4. Pada bagian tersebut, silakan aktifkan opsi Update Otomatis.
  5. Sama seperti update sistem, kamu bisa juga mengatur proses update-nya untuk berjalan pada semua jaringan (termasuk data seluler) atau hanya pada jaringan WiFi saja.
  6. Selesai.

Dengan pengaturan ini, maka aplikasi yang terdaftar pada Google Play Store dan terinstal di HP kamu, seperti Layanan Google Play (Google Play Services) ini akan otomatis diperbarui jika memang telah tersedia pembaruannya. Jadi kamu tinggal membiarkannya melakukan update dengan sendirinya.

FYI

Sebenarnya pembahasan kita sudah cukup sampai di atas saja. Namun ada sedikit informasi tambahan yang mungkin perlu kamu ketahui terkait Layanan Google Play.

  • Yang pertama, mengapa Layanan Google Play harus di update ke versi terbaru?

Tujuan umum dari update Layanan Google Play ini adalah untuk memperbarui semua fitur pada HP Android dan aplikasi-aplikasi di dalamnya, terutama aplikasi dari Google. Selain itu, update Layanan Google Play juga berguna untuk menghindari error tertentu seperti:

  1. Aplikasi tidak berjalan dengan stabil.
  2. Google Play Store tidak bisa dibuka.
  3. Layanan Google Play telah terhenti.
  4. Fitur-fitur baru pada aplikasi dari Google tidak berfungsi
  5. Dan lain sebagainya.
  • Yang kedua, jangan lupa untuk mengaktifkan Aktifkan Aplikasi di Layanan Google Play

Setelah kamu melakukan update Layanan Google Play ke versi terbaru, maka selanjutnya kami merekomendasikan kamu untuk melakukan sedikit langkah tambahan, yaitu soal perizinan akses aplikasi. Tujuannya adalah supaya fitur-fitur pada aplikasi bisa diakses, dan juga agar update tadi bisa berfungsi dengan normal.

Perizinan disini, merupakan suatu proses yang memungkinkan Layanan Google Play untuk bisa mengakses suatu fitur pada sistem. Nah, untuk mengizinkan akses fitur ini, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pertama, silakan buka Setelan HP Android.
  2. Setelah itu, silakan cari dan buka menu Aplikasi (Apl).
  3. Selanjutnya, silakan cari opsi Layanan Google Play kemudian buka.
  4. Kemudian, buka menu Izin atau Perizinan Aplikasi.
  5. Aktifkan akses yang kira-kira diperlukan di sana.

Disamping itu, kamu dapat mengetuk tombol Hapus Cache untuk me-reset Layanan Google Play sehingga penyesuaian update bisa langsung diterapkan.

Akhir Kata

Begitulah tadi pembahasan kita mengenai cara update Layanan Google Play di HP Android ke versi Terbaru. Gimana cara update-nya mudah bukan? Ya, kami hanya menuliskan cara-cara yang umum dan mudah diikuti, bahkan oleh kalangan awam sekalipun.

Mungkin sekan dulu artikel yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat dan membantu. Terima kasih.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Edukasi
Edukasi 6 Contoh Surat Lamaran Kerja di Rumah Sakit, Semua Posisi!

Pinhome - Sebagai lulusan tenaga ahli medis, kamu juga perlu membuat surat lamaran kerja ke rumah s

Edukasi
Edukasi 5 Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank, Lengkap! 

Pinhome - Ingin bekerja sebagai pegawai bank yang ada di Indonesia? Bank di Indonesia biasanya memb

Edukasi
Edukasi Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Tulis Tangan dan Contohnya

Walau zaman sudah modern, tapi masih ada perusahan tertentu yang memilih untuk menggunakan surat la

Edukasi
Edukasi 5 Contoh Undangan Tidak Resmi untuk Berbagai Keperluan

Membuat undangan tidak resmi tak serumit undangan resmi. Sebab, tidak ada aturan baku atau format y

Edukasi
Edukasi 4 Contoh Surat Tugas yang Baik, Begini Strukturnya

Buatmu yang sudah bekerja, mungkin familier dengan surat tugas kerja. Surat ini dikeluarkan oleh at

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia