BlogPemilik PropertiDesain HunianTips Memasang Penangkal Petir yang Aman
0
0

Tips Memasang Penangkal Petir yang Aman

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Mar 7, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Potensi turunnya hujan akhir-akhir ini kian besar. Frekuensinya pun kian lama, hampir terkadang 24 jam hujan turun terus menerus. Selain berakibat banjir dan bocor, petir yang dihasilkan dari hujan itu sendiri juga dapat membahayakan rumah Pins lho! Rumah kamu bisa saja terbakar terkena sambaran petir. Oleh karena itu hadirlah inovasi alat penangkal petir agar sambarannya tidak langsung mengenai rumah. Simak artikel ini untuk mengetahui tips memasang penangkal petir yang aman!

Kamu dapat memiliki rumah yang siap huni tanpa harus melakukan renovasi di perumahan baru di Kabupaten Bogor dan di rumah bekas Kec Bandung. Kamu juga dapat menemukan rumah terbaik edisi Pinhome di Rumah Ekslusif.

Baca Juga: Biaya Instalasi Listrik Rumah Terbaru

Pentingnya Penangkal Petir

penangkal petir
Source : Freepik

Memasang penangkal petir di rumah bisa dijadikan tindakan preventif sebagai cara menghindari bahaya dari petir itu sendiri. Hati-hati Pins, kilatan petir yang menggelegar, bisa merobohkan sebuah rumah lho! Bahkan tidak sedikit pula pohon-pohon di jalanan yang tumbang karena hal ini.

Penangkal petir dapat berfungsi menjadi sebuah media penghantar listrik yang diteruskan ke media lain seperti tanah. Penangkal petir dapat mencegah terjadinya konsleting aliran listrik saat cuaca buruk dan banyaknya kilatan petir.

Jika Pins tinggal di rumah yang sangat tinggi, dikelilingi pohon yang lebih tinggi dari rumah dengan berjarak kurang dari 10 kaki dari struktur bangunan, maka amat disarankan untuk memasang penangkal petir.

Tips Memilih Penangkal Petir

Setelah mengetahui pentingnya penangkal petir di rumah, kamu perlu mengetahui tips dalam memilih penangkal petir yang tepat. Berikut ini tips-tipsnya:

1. Berdasarkan Jenis Penangkal Petir

Tips memilih penangkal petir pertama adalah dengan melihat jenis penangkal petirnya. Terdapat dua jenis penangkal yaitu, penangkal konvensional dan penangkal elektrostatis.

Penangkal petir konvensional menggunakan komponen atau bahan-bahan yang sederhana. Alatnya dapat dirangkai sendiri dan bahannya dapat didapatkan di toko material terdekat.

Sedangkan, penangkal petir elektrostatis menggunakan jenis alat canggih yang bisa memiliki jangkauan anti petir yang cukup tinggi dan jauh.

Baca Juga: 3 Alasan Mengapa Rumah Dekat Tiang Listrik Berbahaya

2. Jenis Kabel Penyalur Petir

Tips memilih penangkal petir kedua dengan memperhatikan jenis kabel penyalur petir atau disebut dengan down conductor. Jenis kabel penyalur petir yang ada di pasaran seperti kabel BC, kabel NYY, kabel Coacial, kabel NYAF, atau kabel lain yang berinti tunggal.

Kamu perlu memperhatikan diameter kabel penyalur petir, karena kabel ini berfungsi dalam menahan tegangan listrik agar tetap stabil.

3. Mempertimbangkan Grounding Penangkal Petir

Tips memilih penangkal petir ketiga yaitu dengan mempertimbangkan grounding penangkal petir. Grounding ini adalah tahapan penting dalam penangkal listrik yang fungsinya untuk mengalirkan sambaran petir ke tanah atau bumi.

Biasanya sistem grounding menggunakan sejenis pipa tembaga (cooper rod) dengan diameter 0.5 inch dan panjang 3-4 m.

Baca Juga: 12 Jenis dan Merk Kabel Listrik Untuk Instalasi Rumah Terbaik dan Terlengkap!

4. Memperhatkan Letak dan Tinggi Bangunan

Tips memilih keempat adalah dengan memperhatikan letak dan tinggi bangunan. Biasanya sambaran petir terjadi di dataran rendah yang cukup lapang seperti di persawahan, lapangan golf, atau lainnya.

5. Cocokan dengan Budget

Tips memilih penangkal petir kelima yaitu membeli sesuai dengan budget yang Pins miliki. Untuk range harga anti petir konvensional di bandrol dengan harga 2-3 juta rupiah. Sedangkan untuk jenis penangkal petir elektrostatis dibandrol seharga 8-9 juta rupiah.

Harga tersebut sudah termasuk biaya pemasangan. Tetapi bila Pins memilih untuk memasangnya sendiri, harganya tentu akan lebih murah dari biaya yang tertera di atas.

Jangan terkecoh dengan harga murah ya Pins, karena memasang alat ini membutuhkan keahlian dan pemahaman listrik yang baik.

Baca Juga: Apa Itu MCB Listrik? Fungsi, Jenis, dan Prinsip Kerjanya!

6. Menyiapkan Proteksi Internal

Tips memilih penangkal petir keenam adalah menyiapkan proteksi internal. Pastikan ketika memilih alat penangkal listrik, alatnya sudah dilengkapi dengan alat proteksi internal.

Alat ini bekerja dengan cara melemahkan arus listrik yang dihasilkan dari sambaran petir, ketika masih ada arus listrik yang tidak sampai ke bagian grounding.

7. Menggunakan Jasa Penangkal Petir

Tips memilih penangkal petir ketujuh adalah dengan menggunakan jasa penangkal petir. Jika kamu tidak ingin repot dan kurang memahami proses pemasangan, lebih baik menggunakan jasa profesional pemasangan penangkal petir.

Biasanya jasa penangkal petir sudah termasuk biaya alat dan biaya pemasangannya. Jasa ini juga memberikan garansi, jika terjadi kerusakan kamu dapat mengajukan klaim.

Baca Juga: 4 Penyebab Tagihan Listrik Naik Tiba-tiba

8. Dapat Dijual Kembali

Tips memilih penangkal petir ang terakhir yaitu beberapa alat penangkal bisa dijual kembali dan ini bisa jadi pilihan menarik untuk kamu pilih. Jadi ketika kamu sudah mengganti alat yang baru atau sudah tidak menggunakannya lagi, alat tersebut dapat dijual.

Langkah-Langkah Pemasangan

Source : SinarListrik

Jika Pins termasuk golongan yang senang melakukannya semua sendiri, jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan toko tempat membeli penangkal petir dan yang terpenting adalah membaca buku manual dengan teliti dan benar.

Secara garis besar, langkah-langkah pemasangan penangkal petir sebagai berikut:

  • Persiapkan sistem grounding terlebih dahulu. Grounding merupakan media penghantar antara instrumen elektronik dengan media netral yaitu tanah. Alat ini dipasang di tanah dan memiliki fungsi yang cukup penting dalam aliran penangkal listrik. Apabila grounding tidak bekerja, akan berakibat fatal saat tanah tersebut tidak berfungsi sebagai media pembuangan aliran listrik.
  • Setelah grounding sudah tertanam di dalam tanah, buat jalur kabel konduktor dari tanah menuju ke pusat tiang penangkal petir. Hindari adanya lekukan kabel, ataupun benda runcing, karena akan berakibat gagalnya penghantar petir atau loncatan muatan listrik saat petir menyerang rumah Pins.
  • Selanjutnya tentukan posisi splitzen (batang penangkal petir) yang ditaruh di tempat teratas pada rumah yaitu atap dan penangkal petir di rumah Pins siap digunakan

Baca juga: Mengenal Apa itu RCBO Serta Fungsinya untuk Keamanan Listrik Rumah

Perawatan dan Pemeriksaan

Source : Dictio

Setelah komponen sistem proteksi petir terpasang semua, maka perlu diadakan pemeriksaan dan pengujian. Kontinuitas listrik dari komponen tersebut harus dipastikan. Sistem proteksi petir diperiksa secara lengkap termasuk ikatan ekuipotensial dan kontinuitas pada sistem pembumian (grounding).

Lalu, untuk perawatan dan pemeriksaan harus dilakukan setidaknya setahun sekali dan tidak boleh dilakukan selama berlangsungnya ancaman badai petir.

Ketika telah terjadi sambaran petir yang mengenai penangkal petir. Maka harus dilakukan perawatan dan pemeriksaan. Hal ini dikarenakan, terdapat kemungkinan perubahan pada struktur seperti perubahan penggunaan gedung, pemasangan track crane, pemasangan antena radio dan televisi, dll.

Pemasangan penangkal petir di rumah memang sebaiknya didampingi oleh ahli ataupun menggunakan jasa pemasangan anti petir. Tetapi bila memang bisa dan harus dilakukan sendiri, Pins sudah mengetahui tips pasang penangkal listrik yang tersaji di atas. Semoga bermanfaat!

Baca Juga:

Feature Source Image: Unsplash


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Bukit Tamphayan dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download