BlogLifestyleEdukasiTeknik Dasar Pencak Silat
0
0

Teknik Dasar Pencak Silat

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Apr 13, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
Teknik dasar pencak silattop-right-banner

Pencak silat merupakan salah satu olahraga sekaligus seni bela diri yang asli dari Indonesia. Teknik dasar Pencak Silat menjadi hal yang penting untuk menguasai seni bela diri ini.

Nah perlu Pins ketahui bahwa pencak silat memiliki gerakan dasar yang harus diketahui untuk selanjutnya dipelajari dan dipraktikan oleh para pemula. Berikut ini macam teknik dasar pencak silat.

Kuda-kuda

Kuda-kuda menjadi salah satu teknik paling dasar dari pencak silat dan bela semua jenis bela diri sebagai bentuk pertahanan terkuat untuk menghadapi lawan sehingga harus dipelajari bagi kalian yang ingin mencoba olahraga bela diri yang satu ini.

Kuda-kuda dapat dibedakan menjadi beberapa macam antara lain sebagai berikut.

Teknik dasar pencak silat
Source : Shutterstock

Kuda-kuda Belakang

Kuda-kuda belakang dilakukan dengan menumpukkan berat badan pada bagian kaki belakang yang menapak dan tumit menjadi tumpuan sedangkan kaki depan menapakkan tumit ke tanah dengan posisi berjinjit.

Kuda-kuda Depan

Kuda-kuda depan dilakukan dengan posisi salah satu kaki didepan dan kaki lainnya diluruskan kebelakang kearah luar dan tumpukan berat badan kedepan dengan posisi tegap pandangan lurus kedepan.

Kuda-kuda Samping

Kuda-kuda samping dilakukan deng posisi salah satu kaki ditekuk kesamping dan satu kaki lainnya diluruskan kerah samping sisi lainnya. Tumpukan berat badan pada kaki yang posisinya ditekuk dengan posisi tegap dan pundak sejajar dengan kaki.

Kuda-kuda Tengah

Kuda kuda tengah dilakukan dengan memberikan jarak antara dua kaki lalu kedua kakinya ditekuk sehingga tubuh berada dalam posisi lebih rendah dan berat badan ditumpukan pada titik tengah tubuh agar dapat terlatih.

Kuda-kuda Silang Belakang

Kuda-kuda silang belakang berarti memiliki teknik kuda-kuda berlawanan. Posisinya sama dengan kuda-kuda belakang yaitu dengan menopang berat tubuh pada kaki bedanya kuda-kuda silang ini dilakukan dengan membagi tumpuan dimana salah satu kaki yang berada dibelakang lebih banyak menopang berat tubuh sedangkan kaki satunya yang berada didepan lebih sedikit menopang berat tubuh.

Kuda-kuda Silang Depan

Kuda-kuda silang depan sama persis dengan kuda-kuda silang belakang hanya saja dibalik dimana salah satu kaki yang berada didepan lebih banyak menopang berat tubuh sedangkan kaki satunya yang berada dibelakang lebih sedikit menopang berat tubuh.

Baca Juga: Materi Taekwondo

Sikap Pasang

Sikap pasang merupakan sikap siapnya olahraga pencak silat yang dapat dibedakan menjadi empat macam antara lain sebagai berikut.

Teknik dasar pencak silat
Source : Shutterstock

Sikap Pasang Satu

Sikap pasang satu dilakukan dengan posisi badan tegap dengan posisi kaki selebar bahu dan kedua tangan diletakkan pada sisi tubuh samping.

Sikap Pasang Dua

Sikap pasang dua dilakukan dengan posisi badan tegap dengan posisi kaki selebar bahu sedangkan kedua tangan mengepal dan diletakkan pada pinggang.

Sikap Pasang Tiga

Sikap pasang tiga dilakukan dengan posisi badan tegap dengan posisi kaki masih selebar bahu kemudian lengan diangkat sejajar mata dan kepalan tangan dibuka.

Sikap Pasang Empat

Sikap pasang empat dilakukan dengan posisi seperti saat berpasangan baik postur maupun pandangan. Bedanya pada sikap pasang empat ini kita dapat mengangkat tangan setinggi mata dengan menyilang dan tangan yang awalnya terbuka dikepalkan.

Baca Juga: Materi Karate

Pola Langkah

pola langkah
Source : Pinhome

Pencak silat memiliki beberapa pola lantai yang biasa digunakan antara lain sebagai berikut.

Pola Langkah Lurus Dalam

Pola langkah lurus dalam atau straigt step dilakukan untuk membuat garis lurus baik bergerak maju ataupun mundur.

Pola Langkah Zig-Zag

Pola langkah zig-zag dilakukan untuk membuat mata gergaji dengan mengatur pola langkah yang terbentuk terlebih dahulu untuk kemudian dimiringkan.

Pola Langkah Huruf S

Pola langkah huruf S dilakukan dari posisi titik awal ke titik yang dituju dengan melangkahkan kaki ke arah berat yang sedang diistirahatkan kemudian diikuti oleh kaki yang satunya. Intinya pola langkah ini menggabungkan 3 teknik kuda-kuda yaitu kuda-kuda samping, kuda-kuda belakang dan kuda-kuda tengah untuk membuat huruf S.

Pola Langkah Huruf U

Pola langkah huruf U ini juga biasa juga disebut sebagai pola langkah tapal kuda dengan posisi awal badan tegap lurus kemudian pindahkan kaki kanan ke sisi kanan kemudian kaki kiri menekan sebelum bergerak maju setelah itu tarik dan tutup kembali.

Pindah ke sisi kiri dan tarik kaki kanan untuk menutup sebelum bergerak kedepan. Langkah diakhiri dengan menarik kaki kanan agar lebih dekat dan membentuk posisi kuda-kuda awal.

Pola Langkah Segi Tiga

Pola strip triangle dilakukan untuk membentuk pola segitiga menggunakan dua jenis kuda-kuda yaitu kuda-kuda depan dan kuda-kuda tengah.

Pola Langkah Segi Empat

Pola langkah segi empat dibuat dengan menggunakan dua jenis kuda-kuda yaitu kuda-kuda depan dan kuda-kuda tengah dilakukan dengan teknik yang hampir sama dengan pola langkah segi tiga hanya saja pola langkah ini dilakukan dengan menerapkan kuda-kuda depan terlebih dahulu kemudian maju dengan menerapkan kuda-kuda tengah.

Baca juga: Ukuran Lapangan Tenis Meja

Pukulan

Teknik pukulan dalam pencak silat dapat dibedakan menjadi empat macam yang harus kalian pelajari antara lain sebagai berikut.

Teknik dasar pencak silat
Source : Shutterstock

Pukulan Lurus

Pukulan lurus dilakukan dengan mengarahkan satu tangan untuk memukul ke arah lawan dengan sasaran bagian dada sedangkan tangan yang lainnya digunakan sebagai pelindung bagian perut keatas.

Pukulan Bandul

Pukulan bandul dilakukan dengan mengepalkan tangan kemudian ayunkan tangan tersebut kearah lawan dengan sasaran ulu hati sedangkan tangan lainnya menjadi pelindung diri menutup bagian tubuh kearah lawan.

Pukulan Melingkar

Pukulan melingkar dilakukan dengan menjadikan pinggang lawan sebagai sasaran dengan cara bergerak lebih dekat kearah lawan sambil menyinkronkan gerakan bahu sekaligus tubuh.

Pukulan Tegak

Pukulan tegak dilakukan dengan menjadikan bahu lawan sebagai sasaran terutama bahu bagian kanan yang biasanya digunakan untuk menyerang.

Baca juga: Pengertian dan Sejarah Tenis Meja

Tendangan

Sama seperti gerakan pukulan, gerakan tendangan juga dapat dibedakan menjadi empat macam antara lain sebagai berikut.

Teknik dasar pencak silat
Source : Shutterstock

Tendangan Lurus

Tendangan lurus dilakukan dengan menendang lurus kedepan untuk menyejajarkan bahu dengan menginjak bagian depan kaki lawan.

Tendangan Samping

Tendangan samping dilakukan dengan menggunakan bagian kaki belakang untuk menendang.

Tendangan Melingkar

Tendangan melingkar dilakukan cara mengayunkan kaki dari luar hingga kaki lurus dengan menggunakan punggung kaki.

Tendangan Huruf T

Tendangan huruf T dilakukan dengan menggerakan tubuh ke samping diiringi hentakan kaki dan tendangan lurus kedepan.

Baca Juga: Senam Ketangkasan

Tangkisan

Tangkisan merupakan gerakan yang dilakukan untuk menyerang dan menghindari serangan lawan. Tangkisan ini dapat dibedakan menjadi empat macam yaitu sebagai berikut.

Teknik dasar pencak silat
Source : Shutterstock

Tangkisan Luar

Tangkisan luar dapat digunakan untuk menyerang dari luar dan menghindari serangan samping menggunakan tangan.

Tangkisan Dalam

Tangkisan dalam digunakan untuk menghindari serangan dari luar dengan cara memposisikan tangan sejajar dengan bahu.

Tangkisan Atas

Tangkisan atas digunakan menghindari serangan dari luar yang menjadikan kepada sebagai sasaran. Tangkisan ini dilakukan dengan meletakkan tangan diatas kepala sebagai pelindung.

Tangkisan Bawah

Tangkisan bawah dilakukan untuk melawan serangan yang datang dari luar dengan menjadikan bagian bawah tubuh sebagai sasaran. Tangkisan ini dilakukan dengan cara menurunkan tubuh dan meluruskan tangan.

Demikian sedikit informasi mengenai Teknik Dasar Pencak Silat. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam artikel ini. Terimakasih.

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download