Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Ikuti Tata Cara Mandi Besar Laki Laki yang Benar dan Sah Berikut

Ikuti Tata Cara Mandi Besar Laki Laki yang Benar dan Sah Berikut

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 27 October 2021 ∙ 4 menit membaca

Pada umumnya setiap manusia pasti pernah terkena hadas, baik hadas besar maupun hadas kecil. Oleh karena itu, Allah SWT memerintahkan umat-Nya untuk senantiasa bersuci dan menjaga kebersihan. Salah satu cara untuk membersihkan diri dari hadas yakni dengan mandi wajib Khususnya bila kamu kena hadas besar. 

Pinhome – Mandi wajib atau junub merupakan proses membersihkan diri yang wajib dilakukan seorang muslim. Namun demikian tata cara mandi wajib berbeda dengan mandi biasa. Bahkan aturan untuk mandi wajib seorang laki-laki dan perempuan pun berbeda. Berikut ini dijelaskan bagaimana tata cara mandi besar laki-laki yang benar dan sah menurut Islam. Dengan mengetahui tata cara mandi wajib laki, maka Pins akan terbebas dari hadas besar. Kalaupun kena, Pins tak bingung untuk menyucikannya. 

Baca Juga: Sebutkan Rukun Wudhu! Jawaban Cepat Dan Tepat Tentang Rukun Wudhu

Perintah untuk bersuci 

(Kompasiana)

Mandi wajib atau junub umumnya dilakukan untuk menghilangkan hadas. Hal ini dilakukan agar ibadah seorang muslim atau muslimah bisa dianggap sah. Dalam surah Al Maidah ayat 6, Allah SWT berfirman sebagaimana berikut: 

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلَاةِ فَاغْسِلُوا وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوا بِرُءُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى الْكَعْبَيْنِ ۚ وَإِنْ كُنْتُمْ جُنُبًا فَاطَّهَّرُوا ۚ وَإِنْ

كُنْتُمْ مَرْضَىٰ أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ أَوْ جَاءَ أَحَدٌ مِنْكُمْ مِنَ الْغَائِطِ أَوْ لَامَسْتُمُ النِّسَاءَ فَلَمْ تَجِدُوا مَاءً فَتَيَمَّمُوا صَعِيدًا طَيِّبًا فَامْسَحُوا بِوُجُوهِكُمْ وَأَيْدِيكُمْ مِنْهُ ۚ مَا يُرِيدُ

اللَّهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُمْ مِنْ حَرَجٍ وَلَٰكِنْ يُرِيدُ لِيُطَهِّرَكُمْ وَلِيُتِمَّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan sholat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur.”

Allah SWT dalam surah An-Nisa ayat 43 pun berfirman:

ا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَقْرَبُوا الصَّلَاةَ وَأَنْتُمْ سُكَارَىٰ حَتَّىٰ تَعْلَمُوا مَا تَقُولُونَ وَلَا جُنُبًا إِلَّا عَابِرِي سَبِيلٍ حَتَّىٰ تَغْتَسِلُوا ۚ وَإِنْ كُنْتُمْ مَرْضَىٰ أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ أَوْ

جَاءَ أَحَدٌ مِنْكُمْ مِنَ الْغَائِطِ أَوْ لَامَسْتُمُ النِّسَاءَ فَلَمْ تَجِدُوا مَاءً فَتَيَمَّمُوا صَعِيدًا طَيِّبًا فَامْسَحُوا بِوُجُوهِكُمْ وَأَيْدِيكُمْ ۗ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَفُوًّا غَفُورًا

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu sholat, sedang kamu dalam keadaan mabuk, sehingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan, (jangan pula hampiri masjid) sedang kamu dalam keadaan junub, terkecuali sekedar berlalu saja, hingga kamu mandi. Dan jika kamu sakit atau sedang dalam musafir atau datang dari tempat buang air atau kamu telah menyentuh perempuan, kemudian kamu tidak mendapat air, maka bertayamumlah kamu dengan tanah yang baik (suci); sapulah mukamu dan tanganmu. Sesungguhnya Allah Maha Pemaaf lagi Maha Pengampun.”

Baca Juga: Begini Bacaan Niat Tayamum Yang Benar!

Hal yang mengharuskan mandi wajib

(Pexels)

Terdapat beberapa hal yang mengharuskan seorang muslim laki-laki untuk mandi wajib, berikut di antaranya: 

  • Bersetubuh, baik keluar mani atau tidak.
  • Keluar mani, baik keluarnya karena bermimpi atau pun sebab lain dengan sengaja atau tidak, dengan perbuatan sendiri atau bukan.
  • Meninggal; orang Islam yang meninggal, fardu kifayah atas muslimin yang hidup untuk memandikannya, kecuali orang yang mati syahid.

Tata cara mandi besar laki-laki yang benar dan sah

(Merdeka)

Aturan mandi wajib seorang laki-laki dan perempuan berbeda. Perbedaan keduanya diungkap dalam sebuah hadis dari At-Tirmidzi. Menurut HR At-Tirmidzi, menyela pangkal rambut hanya dikhususkan bagi laki-laki. Sementara itu, perempuan tidak perlu melakukan hal tersebut. 

Berikut tata cara mandi wajib laki-laki berdasarkan cara Nabi Muhammad SAW menurut hadits Al Bukhari:

“Dari Aisyah dia berkata, “Apabila Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mandi karena junub, maka beliau memulainya dengan membasuh kedua tangan. Beliau menuangkan air dengan tangan kanan ke atas tangan kiri, kemudian membasuh kemaluan dan berwudhu dengan wudhu untuk salat. Kemudian beliau menyiram rambut sambil memasukkan jari ke pangkal rambut hingga rata. Setelah selesai, beliau membasuh kepala sebanyak tiga kali, lalu beliau membasuh seluruh tubuh dan akhirnya membasuh kedua kaki.”

Secara ringkasnya, berikut tata cara mandi wajib laki-laki yang benar dan sah menurut syariat: 

  1. Membasuh kedua tangan, 
  2. Menuangkan air dengan tangan kanan ke atas tangan kiri. Kemudian, membasuh kemaluan, 
  3. Berwudhu seperti tata cara berwudhu ketika salat 
  4. Menyiram rambut sembari memasukkan jari ke panggal rambut hingga rata, 
  5. Membasuh kepala sebanyak tiga kali, 
  6. Membasuh seluruh tubuh, 
  7. Membasuh kedua kaki. 

Tak lupa, ucapkan pula niat berikut sebelum mulai mengerjakan mandi wajib. 

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَكْبَرِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

Arab latin: Nawaitul ghusla liraf ‘il hadatsil akbari fardhal lillaahi ta’aala

Artinya: “Aku berniat mandi besar untuk menghilangkan hadats besar fardhu karena Allah ta’ala.”

Saat melakukan rangkaian bersuci di atas, pastikan pula untuk membersihkan seluruh lipatan kulit di seluruh area tubuh. Jika semua sudah selesai, maka kamu dapat menjalankan ibadah salat atau lainnya dengan lebih khusyuk. 

Bagaimana, mudah bukan tata cara mandi wajib laki-laki? Semoga ulasan ini cukup membantu ya Pins!


Temukan pilihan rumah, apartemen atau tanah seperti tanah dijual di Medan terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Lea

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel