Pinhome

8 Pilihan Tanaman Terrarium yang Mudah Dirawat

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya ∙ 7 October 2021 ∙ 6 menit membaca

Mendekorasi rumah merupakan suatu aktivitas yang menyenangkan dimana kamu merancang segala konsep, tata letak ruang, hingga pada desain rumah yang dilengkapi dengan hiasan. Hiasan pada rumah memang terbukti dapat membuat Pins lebih nyaman dan rileks selama berada di rumah. Salah satu dari sekian banyak hiasan rumah, tanaman terrarium hias merupakan hiasan rumah yang kerap digunakan oleh banyak khalayak ramai. 

Pinhome – Walaupun begitu faktanya banyak orang yang masih terbatas dalam menghias rumahnya karena luas ruangan yang sempit. Tentunya hal tersebut membuat Pins harus memutar otak untuk mewujudkan rumah yang indah dengan tanaman hias. 

Mungkin tidak terlalu banyak orang yang mengenal apa itu tanaman terrarium. Terrarium adalah inovasi terbaru dalam dunia tanaman hias yang dapat menghadirkan tanaman hias dalam rumah dengan efisiensi penggunaan ruang. Tidak hanya sekedar tanaman hias, Pins juga dapat menghadirkan keindahan layaknya taman ke dalam rumah. 

Pastinya Pins penasaran dengan apa itu terrarium, bagaimana cara membuatnya, dan tanaman apa saja yang dapat dijadikan terrarium. Kalau begitu mari simak ulasan di bawah ini yang akan membahas lengkap seputar tanaman terrarium. 

Mengenal Terrarium dan Tips Merawatnya

(Pinterest)

Tanaman terarium adalah tanaman yang memiliki karakteristik tersendiri yang tidak sama dengan tanaman lain. Wadah yang digunakan untuk terrarium memiliki ukuran yang kecil atau bahkan tertutup. Oleh karena itu, tanaman hias yang cocok untuk ditempatkan pada terrarium adalah tanaman dengan jenis daun kecil, tidak tumbuh tinggi, dan berbatang lunak.

Untuk merawat terrarium secara umum agar tumbuh dengan baik dan tahan lama Pins perlu memperhatikan pertumbuhan pada tanaman. Jangan biarkan tanaman tumbuh hingga berlebihan. 

Dengan begitu, Pins perlu memangkas tanaman ini secara berkala supaya daunnya tetap indah. Selain itu, Pins juga perlu mengetahui karakteristik dari masing-masing tanaman. Ada tanaman yang memerlukan sinar matahari langsung dan ada juga yang cukup dengan sinar matahari sedikit. Berikut dibawah ini jenis-jenis tanaman hias yang dapat Pins aplikasikan sebagai tanaman terrarium di rumah. 

Puring

(Pinterest)

Tanaman hias pertama yang dapat Pins jadikan sebagai terrarium adalah tanaman hias puring atau kroton. Karakteristik dari tanaman hias ini memiliki daun-daun yang tebal dan berkulit mengkilap. Warna dari daun puring pun juga hadir dengan berbagai warna seperti hijau, tulang daun yang berwarna kuning, dan warna merah jingga di sekitar badan daun. 

Dalam mengaplikasikan tanaman puring sebagai terrarium, Pins dapat menggunakan toples terbuka sehingga tanaman puring dapat tumbuh dengan baik. Sebagai contoh puring debu emas yang merupakan salah satu varietas dengan daun yang berwarna semburat emas. 

Baca juga: Tanaman Hias Indoor yang Mudah Dirawat

Lidah Mertua Tanduk

(Pinterest)

Tanaman hias yang satu ini pastinya sudah familiar di telinga Pins. Dengan tekstur yang kurus memanjang ke atas dan warna yang unik dari lidah mertua membuat tanaman ini cocok untuk dijadikan tanaman hias terrarium. Kelebihan dari lidah mertua adalah tanaman ini dapat Pins tempatkan pada berbagai macam wadah. 

Tanaman Doa

(Pinterest)

Tanaman doa yang memiliki nama ilmiah Maranta leuconeura adalah tanaman yang sangat unik. Dinamakan tanaman doa ialah karena bentuk dari daunnya yang melipat ketika malam hari yang menyerupai tangan sedang berdoa. 

Tanaman ini cocok dijadikan sebagai terrarium dengan lingkungan yang hangat. Tanaman ini perlu mendapatkan pancaran sinar matahari yang tidak langsung. Perlu Pins ketahui, jangan letakkan tanaman ini pada sudut ruangan yang terlalu dingin atau sejuk. 

Sirih Gading

(Pinterest)

Tanaman hias selanjutnya yang dapat Pins jadikan sebagai terrarium di dalam rumah adalah tanaman sirih gading. Menjadikan sirih gading sebagai terrarium sangatlah tepat karena tanaman ini sangat cantik. Selain itu, sirih gading juga dikenal sebagai tanaman hias yang kuat serta tidak mudah rusak. 

Dalam merawatnya Pins perlu memangkas sirih gading secara teratur supaya daunnya tidak berantakan dan susah diatur. Kelebihan lain dari sirih gading adalah tidak memerlukan banyak air untuk merawatnya. Cukup berikan sedikit air dengan teratur. 

Daun Dolar

(Pinterest)

Daun dolar memiliki karakteristik dengan daun-daun kecil yang merambat dan berbentuk hati. Dengan penampilannya yang memikat membuat tanaman hias ini cocok untuk diletakkan pada terrarium. 

Karena jenis tanaman yang merambat, Pins perlu merawatnya dengan mengatur jalur pertumbuhan si daun agar tidak berantakan. Kemudian Pins cukup menyiram daun dolar sesekali serta menempatkannya pada sisi yang terpancar sinar matahari. 

Baca juga: 8 Jenis Tanaman Hias Daun dan Gambarnya

Pilea Cadierei

(Pinterest)

Tanaman yang cocok untuk ditempatkan pada terrarium selanjutnya ini memiliki daun dengan tanda putih yang sedikit warna warni dan menghasilkan visual yang bersinar cantik. Tanaman hias ini perlu diletakkan pada sudut ruangan dengan cahaya rendah dan suhu yang hangat agar dapat tumbuh dengan baik. Pilea cadierei dapat tumbuh dalam kurun waktu yang cepat, oleh karena itu untuk merawatnya Pins perlu melakukan pemangkasan secara berkala agar tanaman ini tidak tumbuh terlalu panjang. 

Tanaman Pakis

(Pinterest)

Tanaman pakis adalah tanaman yang unik dengan daunnya yang lebat dan menjuntai. Tanaman ini sangat laku di kalangan pecinta tanaman karena memiliki jenis yang beragam dan ciri yang berbeda masing-masingnya. Pakis juga cocok untuk dijadikan tanaman untuk terarium yang membutuhkan kelembaban tinggi. Dengan begitu Pins dapat meletakkan tanaman ini pada area yang tertutup. 

Tanaman Polkadot 

(Pinterest)

Nama ilmiah dari tanaman ini adalah Hypoestes phyllostachya yang memiliki penampilan segar dan ceria dengan varietas merah, merah muda, dan perak. Tanaman hias ini bisa dijadikan tanaman untuk terarium karena mudah dirawat. Pins hanya perlu memangkasnya jika sudah mulai panjang dan berantakan. Area yang tepat untuk meletakkan tanaman polkadot adalah di tempat dengan cahaya matahari cerah dan menyinari langsung. 

Itulah informasi tentang apa itu terrarium, bagaimana cara yang baik untuk merawatnya, dan jenis-jenis tanaman hias yang cocok untuk dijadikan terrarium. Dengan terrarium di dalam rumah dapat menjadikan rumah semakin indah dan asri. Pilihlah tanaman hias kesukaan Pins untuk melengkapi dekorasi rumah yang sempurna. Semoga bermanfaat!


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel