BlogLifestyleEdukasiSejarah dan Perkembangan Olahraga Lompat Jauh
0
0

Sejarah dan Perkembangan Olahraga Lompat Jauh

Dipublikasikan oleh Omri Cristian dan Diperbarui oleh Omri Cristian

Apr 13, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Salah satu cabang olahraga yang sering dipertandngkan adalah lompat jauh. Olahraga ini biasa diperlombakan di ajang PON, Sea Games bahkan Olimpiade. Sebagai cabang olahraga yang besar rupanya lompat jauh punya catatan sejarah yang menarik.

Olahraga ini telah berkembang dari masa Yunani. Sejarah yang panjang membuat olahraga ini telah berkembang sedemikian rupa. Bagaimana sejarah awal olahraga lompat jauh? Yuk, cari jawabannya di bawah ini!

Baca juga: Sejarah dan Perkembangan Bola Basket di Dunia

Pengertian Olahraga Lompat Jauh

sejarah lompat jauh
Source : Kompas

Olahraga Lompat jauh merupakan salah satu aktivitas pengembangan akan kemampuan daya gerak yang dilakukan, dari satu tempat ke tempat lainnya. Lompat jauh ini salah satu jenis olahraga yang dilombakan di berbagai kejuaran olahraga baik di tingkat nasional, kawasan maupun dunia.

Dalam lompat jauh terdapat tiga macam gaya yaitu : Lompat Jauh gaya Jongkok (tuck), gaya menggantung (hang style), dan gaya jalan di udara (walking in the air).

Gaya-gaya lompat jauh mengatur sikap badan sewaktu melayang di udara. Oleh karena itu teknik lompat jauh sering disebut juga gaya lompat jauh.

Baca juga: Sejarah & Teknik Renang Gaya Kupu-Kupu

Sejarah Lompat Jauh Masa Yunani

Source : PhysicalGuru.com

Sejarah permulaan acara lompat jauh dimulai pada tahun 708 Sebelum Masehi yaitu dalam Pertandingan Olimpiade Kuno di Yunani. Menurut catatan tersebut, lompatan sejauh 7.05 meter telah dibuat oleh Chionis, peserta Sparta.

Bagaimanapun, teknik dan cara lompatan yang dibuat pada masa itu sudah berbeda denganteknik lompatan yang dibuat di masa kini. Berdasarkan bukti-bukti lukisan yang terdapat pada tembikar yang dibuat pada zaman itu, lompatan dibuat secara berkali-kali, seperti ada lompatan dalam bentuk multiple, double-triple atau quin-triple

Sejarah Lompat Jauh Masa Olimpiade Modern

sejarah lompat jauh
Source : Wikipedia

Pada perhelatan Olimpiade Modern tahun 1896, lompat jauh masuk menjadi salah satu acara olahraga yang dipertandingkan. Sejak itu, olahraga ini terus diterima sebagai salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan di pelbagai peringkat di dunia.

Pada perkembangannya, peraturan dan teknik lompatan terus diperbaiki dari sehingga menjadi bentuk lompatan yang Pins kenal sekarang ini.

Walaupun lompat jauh merupakan olahraga yang paling mudah dipelajari dibandingkan nomor lompatan yang lain, ini tidak bermakna semua orang mampu melakukannya dengan baik. Sebagai satu olahraga, lompat jauh tidak lepas dari risiko cedera.

Baca juga: Lengkap! Sejarah Atletik Dunia dan Indonesia, Nomor Cabang dan Pengertiannya

Perkembangan Teknik Lompat Jauh

Source : Pinterest

Teknik lompatan dan peraturannya perlu dipelajari dengan cermat. Teknik-teknik lompatan baru kemudian dikenalkan berdasarkan kajian-kajian saintifik yang dilakukan keatasnya. Rekor lompatan terjauh, yang pada suatu masa dahulu dicatat menjadi rekor lama kini pun sudah dikalahkan.

Rekor yang dipegnag oleh atlet Amerika Serikat, Bob Beamon dengan lompatan sejauh 8.90 meter dalam Olimpiade tahun 1968 di Mexico telah dipecahkan oleh atlet AS lainnya, yaitu Mike Powell dengan lompatan sejauh 8.95meter.

Ini menunjukkan bahwa, rekor tsangat mungkin terpatahkan di masa yang akan datang. Semua ini disebabkan adanya latihan, pembaharuan teknik dan keuletan yang tinggi daripada peserta itu sendiri.

Baca juga: Sejarah Berdiri Barclays Premier League

Demikian, artikel mengenai sejarah lompat jauh. Meskipun telah lama eksis, olahraga ini masih banyak diminati sampai masa sekarang. Semoga menambah wawasan Pins dalam dunia olahraga, ya!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Ghara Jingga Residence dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download