Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Mari Kita Sebutkan 3 Contoh Ikhtiar dan Tawakal Lengkap dengan Pengertiannya

Lifestyle

Mari Kita Sebutkan 3 Contoh Ikhtiar dan Tawakal Lengkap dengan Pengertiannya

Dipublikasikan oleh Annisa Hapsari ∙ 5 October 2021 ∙ 5 menit membaca

Tawakal bisa dibilang sebagai puncak tertinggi dari mencintai dan mengimani kemulian Allah SWT. Secara sedehananya, tawakal adalah sikap keberserahaan atau menyerahkan berbagai urusan kepada Allah SWT. Namun pengertian tawakal ini bukan berarti pasrah. Sekalipun bertawakal, seorang muslim juga harus berikhtiar. Nah, Pinhome akan sebutkan 3 contoh ikhtiar dan tawakal pada ulasan berikut ini!

Pinhome – Dalam ulasan ini, akan dijelaskan pengertian tawakal dan ikhtiar menurut Islam. Dengan mengetahui penjelasan dari dua hal tersebut, Pins akan lebih mudah untuk mencapai puncak derajat tertinggi seorang hamba yang dicintai oleh Allah SWT. Yuk, langsung simak saja ulasannya!

Pengertian Tawakal dan Ikhtiar dalam Islam

(PxFuel)

Nah, sebelum Pinhome sebutkan 3 contoh ikhtiar dan tawakal, akan lebih baik jika Pins mengetahui apa yang dimaksud dengan ikhtiar dan tawakal.

Dalam menjalankan suatu hal, seorang muslim disarankan untuk selalu berikhtiar dan bertawakal. Sebab, jika hanya dilakukan salah satunya, kebaikkan tidak akan sempurna. Beberapa ulama turut menyebutkan penjelasan pengertian dari tawakal. 

Menurut Imam Ahmad bin Hambal, tawakal adalah perbuatan yang dilakukan oleh hati, bukan sesuatu yang hanya diucapkan semata.

Selain itu, Imam Ahmad bin Hambal pun menambahkan bahwa sikap tawakal ini harus disertai dengan ikhtiar. Tidak hanya berdiam diri tanpa melakukan usaha apapun. 

Sementara, menurut Ibnu Qayyim Al Jauzi, tawakal adalah amalan atau ubidyah hati dengan menyandarkan segala sesuatu hanya kepada Allah SWT.

Menurutnya, tawakal ini merupakan wujud atau implementasi keimanan seseorang terhadap Allah SWT. Oleh karena itu, ia meyakini bahwa seseorang yang bertawakal ialah orang yang mencintai Allah SWT dengan sungguh-sungguh. 

Sama seperti pendapat sebelumnya, sikap tawakal pun harus diiringi dengan ikhtiar. Dengan demikian, maka segala urusan dan kebaikan tidak akan menjadi sia-sia. 

Baca Juga: Jangan Lupa Membaca Ini! Doa Selamat Dunia Akhirat Dan Artinya

Contoh Ikhtiar dan Tawakal

(PxFuel)

Setelah mengetahui pengertian ikhtiar dan tawakal, yuk kita sama-sama melihat seperti apa 3 contoh ikhtiar dan tawakal yang akan Pinhome sebutkan. Dengan mengetahui contoh sikap ini, maka Pins dapat belajar dari pengalaman dan memupuk sikap tawakal di kehidupan sehari-hari. 

Berikut tiga contoh ikhtiar dan tawakal yang dapat Pins sontek: 

1. Belajar sungguh-sungguh untuk ujian 

Ada satu contoh ikhtiar dan tawakal yang dapat dilakukan oleh kaum pelajar, yakni dengan belajar sungguh-sungguh sebelum ujian. Hal sederhana ini merupakan wujud dari usaha yang paling ketara untuk membanggakan diri sendiri, orang tua, ataupun guru. 

Dengan belajar sungguh-sungguh, seorang pelajar akan dapat menjawab pertanyaan dengan baik. Setelah belajar, kita pun hanya dapat bertawakal kepada Allah SWT akan diberikan hasil yang baik pula. Tenang, hasil tidak akan mengkhianati usaha kok

2. Seorang ayah yang mencari nafkah untuk keluarganya

Selain menjadi kewajiban, seorang ayah atau kepala keluarga yang bekerja pun merupakan bentuk ikhtiar. Dengan bekerja atau mencari nafkah, maka kepala rumah tangga bisa menghidupi keluarganya. Soal hasil, tinggal dipasrahkan saja kepada Allah SWT, yang penting sudah berusaha dan terus ikhtiar.

3. Kegiatan ronda malam 

Pins mungkin tak menyangka bahwa kegiatan ronda malam pun merupakan salah satu bentuk ikhtiar. Ya, kegiatan ini bisa dibilang sebagai usaha atau ikhtiar suatu wilayah supaya terhindar dari bahaya. Dengan melakukan ronda malam secara rutin, kampung dapat terhindar dari risiko maling ataupun aktivitas mengganggu lainnya. 

Selain ketiga contoh di atas, sebetulnya masih banyak lain contoh ikhtiar dan tawakal, misalnya saja mengikuti program hamil bagi pasangan suami istri yang baru menikah. 

Bila ikhtiar atau usaha belum membuahkan hasil, sebaiknya teruslah berupaya dan jangan menyerah. Tunggu saja, Allah SWT tidak akan mengkhianati hamba-Nya yang berusaha dengan sungguh-sungguh. Barangkali memang belum waktunya atau ikhtiar dari usahamu dijawab dengan cara yang lain. 

Baca Juga: Cara Mengajarkan Anak Doa Untuk Orang Tua Yang Mudah Diingat

Manfaat Ikhtiar dan Tawakal

sebutkan 3 contoh ikhtiar dan tawakal
(Flickr)

Ada beberapa manfaat ikhtiar dan tawakal yang akan didapatkan oleh umat muslim. Berikut beberapa di antaranya:

Manfaat ikhtiar

Ikhtiar atau usaha yang dilakukan dengan sungguh-sungguh akan mendatangkan manfaat berikut: 

  1. Kepuasan batin karena telah berusaha dengan maksimal dan mengerahkan semua kemampuan yang dimiliki. Jadi, kalaupun gagal, tidak akan menyesal karena sudah mencoba dan berusaha. 
  2. Untuk seorang pekerja, ikhtiar dapat membuatmu menjadi lebih hebat karena pernah merasakan susahnya bekerja. 
  3. Sikap ikhtiar akan memupuk ketangguhan, sehingga Pins menjadi patang menyerah.
  4. Ikhtiar juga mengajarkan kita untuk menghargai jerih payah orang lain, karena kita pun pernah mengalaminya. 
  5. Kebiasan berusaha atau berikhtiar dapat membuat kita tidak bergantung dengan bantuan orang lain. 
  6. Terakhir, seseorang yang berikhtiar atau berusaha dengan sungguh-sungguh maka akan dimuliakan oleh Allah SWT dan sesama umat muslim. 

Manfaat tawakal 

Setelah berikhtiar kini saatnya untuk bertawakal kepada Allah SWT. Dengan bertawakal, Pins akan mendapatkan beberapa manfaat berikut: 

  1. Mendapatkan segala kebaikan di dunia maupun di akhirat. 
  2. Memperoleh kecukupan dari apa yang dibutuhkan dan atau diusahakan. 
  3. Tidak dikuasai oleh amarah, dengki, dan bujukan setan karena sudah memasrahkan diri kepada Allah SWT. 
  4. Selalu bersikap optimis karena percaya bahwa Allah SWT akan membalas ikhtiar melalui berbagai cara. Tak melulu dari apa yang diusahakan. 
  5. Terakhir, mereka yang bertawakal akan lebih menyadari keberadaan Allah SWT dan keterbatasan umat manusia. 

Nah, bagaimana ulasan di atas cukup membantu bukan? Kini, Pins tidak akan bingung lagi jika diminta untuk jelaskan pengertian ikhtiar dan tawakal.

Sebagai pengingat, meski keduanya memiliki pengertian yang berbeda, tapi ikhtiar dan tawakal harus dilakukan beriringan. Dengan demikian, Pins akan mendapatkan kemulian, berkah, dan manfaat yang berlimpah.


Temukan beragam pilihan rumah atau apartemen terlengkap seperti Apartemen Riverdale Cibitung di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Lea

Editor: Annisa

Tags :

Bagikan Artikel