Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Kenali Keuntungan & Kekurangan Belajar di Rumah agar Bisa Maksimal

Lifestyle

Kenali Keuntungan & Kekurangan Belajar di Rumah agar Bisa Maksimal

Dipublikasikan oleh Jay ∙ 21 August 2020 ∙ 6 menit membaca

Tidak selamanya belajar di rumah itu tidak efektif dan efisien lho, Pins. Kini ketika kita semua terpaksa untuk mengadakan kegiatan belajar dan mengajar secara online, inilah kesempatan untuk mengeksplor potensi keuntungan dan kekurangan belajar di rumah. Kita punya beberapa cara agar kegiatan belajar dari rumah jadi terasa menyenangkan sekaligus membuahkan hasil yang manis, Pins.

Pinhome – Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan penyebaran wabah COVID-19 membuat kegiatan belajar dan mengajar di sekolah ataupun tempat kuliah tidak memungkinkan lagi. Kini, kita masing-masing harus mengikuti pola belajar baru. Secara online, belajar dari rumah dengan bimbingan guru dan dosen. Tak nyaman karena belum terbiasa? Wajar. Tapi ada cara kok agar kegiatan belajar di rumah jadi efektif dan efisien.

Keuntungan dan kekurangan belajar di rumah
Edukasi Kompas

Rumah bisa menjadi tempat yang sempurna untuk belajar. Tempat dimana Pins bisa membaca dengan pose paling nyaman ataupun belajar sambil mendengarkan musik tanpa takut ada yang terganggu. Belajar di rumah memungkinkan kita mengeksplor berbagai hal yang tadinya tidak bisa kita lakukan saat berada di kampus ataupun sekolah.

Untuk bisa benar-benar menikmati proses keseharian baru seperti belajar di rumah. Pertama-tama, kita harus mengenali kelebihan dan kekurangan saat belajar di rumah nih, Pins.

Kelebihan belajar dari rumah

1. Tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga
Salah satu kelebihan yang paling terasa saat belajar di rumah adalah kita tidak perlu repot-repot mengeluarkan banyak tenaga daripada saat kita berada di kampus atau sekolah, Pins. Kita tidak harus berpanas-panasan berjalan kaki ataupun tidak perlu bermacet-macet ria hanya untuk mencapai sekolah atau kampus. Ibaratnya, kita bisa langsung belajar saat baru bangun tidur ataupun mandi, Pins.

2. Bisa mendapatkan kenyamanan terbaik
Hanya saat belajar di rumah, kita bisa makan, minum ataupun ngemil sambil belajar. Kita tidak perlu takut ada yang menegur atau merasa keberatan dengan kebiasaan menyenangkan yang satu ini, Pins. Apalagi kita semua sepertinya setuju ya, ngemil itu bisa membuat kegiatan belajar dan mengajar jadi jauh lebih asyik.

3. Bisa memilih metode belajar sesuai dengan yang kita mau
Kalau belajar di sekolah ataupun di kampus, mau tak mau kita harus mengikuti pola dan kecepatan pelajaran yang diberikan guru atau dosen kita. Tapi, kalau kita belajar di rumah, Pins bebas menentukan dengan cara apa kita belajar. Kita juga bisa mengeksplor berbagai kemungkinan baru di rumah tanpa takut gagal.

4. Bebas menentukan tempo belajar
Bisa jadi, selama ini Pins merasa kurang cocok dengan tempo belajar yang diterapkan di sekolah ataupun kampusmu, tapi hal ini tidak perlu kamu khawatirkan saat belajar dari rumah. Pins bisa dengan mudahnya istirahat sejenak di tengah-tengah proses belajar. Kalaupun misalnya Pins merasa ngantuk ataupun lelah saat belajar, Pins juga bebas untuk mengambil tempo istirahat sekitar 15 – 20 menit yang biasanya digunakan saat orang tersebut sudah mulai merasa lelah dan tak nyaman.

5. Lebih santai
Di saat inilah, Pins bisa dengan mudah belajar lebih banyak, Pins bisa santai memilih mau belajar mata pelajaran atau mata kuliah terlebih dahulu. Pins juga bisa dengan leluasa berpakaian seperti apapun yang kita mau. Pakaian model apapun, yang penting nyaman saat dikenakan, Pins bebas melakukannya saat belajar di rumah. Tapi ingat, kita tidak boleh terlena dan akan jauh lebih baik lagi kalau Pins sudah memiliki jadwal belajar yang sudah disesuaikan dengan pola dan kebutuhan Pins sendiri.

Baca juga: Manfaat Belajar dari Rumah, Apa Saja?

Selain berbagai keuntungan yang menarik, belajar di rumah juga memiliki beberapa kekurangan yang harus kita antisipasi lho, Pins!

Kekurangan belajar dari rumah dan kiat mengatasinya

1. Penyediaan tempat khusus untuk belajar
Jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal selama belajar di rumah, kita harus mempunyai tempat khusus yang didedikasikan untuk belajar, Pins. Tak perlu mewah, yang penting ada meja dan kursi yang membuatmu nyaman dan bisa betah belajar berlama-lama. Hal ini menjadi penting karena tempat khusus inilah yang akan menjadi andalan saat Pins harus belajar dan mengeksplorasi kreativitas.

2. Harus usaha lebih untuk bertanya dan berdiskusi
Kalau belajar di sekolah ataupun kampus, Pins bisa dengan mudah bertanya dan berdiskusi. Hanya perlu mengacungkan tangan ataupun diskusi ngobrol langsung dengan teman-teman. Ketika Pins harus belajar dari rumah, otomatis Pins harus janjian meeting online dulu, berkirim dan menunggu balasan email ataupun sekedar chat yang belum tentu bisa langsung dibalas.

3. Cari cara agar bebas malas
Bermalas-malasan menjadi salah satu ancaman nyata kalau Pins belajar di rumah nih. Menurut pengalaman belajar di rumah dari beberapa orang, kegiatan belajar dari rumah membutuhkan komitmen, konsistensi, disiplin dan rasa tanggung jawab yang tinggi. Sangat rawan deh kalau misalnya Pins menuruti kemalasan yang bisa dengan mudah muncul kapan saja.

4. Rawan kelelahan dan rasa suntuk
Jangan salah, meskipun kelihatannya hanya duduk, belajar seharian di rumah bisa jadi terasa lumayan melelahkan lho, Pins. Untuk mencegah agar Pins tidak merasa lelah berlebihan, tak ada salahnya loh untuk menghirup udara segar ataupun bersantai sebentar di teras depan ataupun di halaman belakang rumah. Lagipula, terlalu lama belajar di dalam kamar bisa membuat Pins malah memilih tidur-tiduran di kasur, main game dan buka berbagai sosial media.

5. Sulit untuk berkonsentrasi
Konsentrasi menjadi salah satu kunci paling penting untuk bisa benar-benar berhasil menyerap topik yang dipelajari. Sayangnya, seringkali berbagai kegiatan yang terjadi di rumah atau lingkungan sekitar rumah malah bisa menjadi gangguan. Ditambah lagi dengan gangguan internal dalam diri, seperti keinginan untuk browsing ini itu, dry shopping alias lihat-lihat barang lucu di e-commerce, meneruskan proses naik level di game ataupun sesimpel berselancar di media sosial.


Dari beberapa poin keuntungan dan juga kekurangan dari belajar di rumah ini bisa kita pahami kalau belajar yang efektif dan efisien juga bisa saja dilakukan di rumah. Hanya saja, kita harus berkomitmen lebih dan bersungguh-sungguh dalam melakukannya. Jika berhasil dilakukan, belajar di rumah juga bisa memberikan hasil yang sama ketika Pins belajar tatap muka di sekolah ataupun di kampus. Kita pun bisa jadi lebih siap menghadapi perkuliahan atau kegiatan belajar dan mengajar (KBM) saat masa pandemi ini membaik.

Namun sayangnya, saat ini pandemi COVID-19 belum usai, kita semua masih harus bersabar dan menunggu hingga saat masuk sekolah ataupun masuk kuliah tatap muka bisa kembali dilaksanakan. Untuk awal, belajar dari rumah bisa jadi terasa menantang dan sulit. Namun, kita harap analisa akan kekurangan di beberapa point sebelumnya bisa membantu Pins agar lebih mudah saat harus belajar di rumah.


Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel