Tulisan Sakinah Mawadah Warohmah dan Artinya

Dipublikasikan oleh Syahya Rembulan ∙ January 11, 2023 ∙ 4 menit membaca

Salah satu doa untuk orang menikah yang biasa kita ucapkan adalah semoga menjadi keluarga yang sakinah mawadah warohmah, atau ada juga yang menyingkatnya dengan sebutan samawa atau samara.

Pernikahan sendiri merupakan salah satu sunnah Nabi yang sangat dianjurkan, dengan berbagai tujuan dan manfaat yang ada di dalamnya. Rasulullah bersabda: “Nikah adalah sunnahku. Barang siapa membenci atau tidak mengikuti sunnahku, maka bukan bagian dari golonganku”.

Oleh karena itu, umat Islam sebaiknya mengikuti sunnah Nabi untuk menikah. Dengan menikah, insya Allah rezeki juga akan dilancarkan oleh Allah SWT, dan tentunya harus diimbangi dengan usaha.

Setiap orang yang menikah, tentu punya tujuan untuk membentuk keluarga yang sakinah mawadah warohmah. Rumah tangga yang sakinah mawadah warohmah, adalah impian setiap orang yang menjadikan pernikahan sebagai ibadah, bukan semata-mata mengikuti hawa nafsu.

Lantas, apa arti sakinah mawadah warohmah dan mengapa ini sering menjadi doa yang dipanjatkan untuk orang menikah? Berikut penjelasan lengkapnya!

Baca juga: Fadhilah Pernikahan yang Harus Kalian Tahu

Asal Kata Sakinah Mawadah Warohmah

Tulisan Sakinah Mawadah Warohmah dan Artinya
(Pinterest)

Sakinah mawadah warohmah merupakan doa yang sudah familiar di telinga kita untuk mengucapkan orang menikah. Faktanya, doa ini merupakan sebuah harapan yang tertuang di dalam dalil Al Quran surat Ar Rum ayat 21 yang berbunyi:

وَمِنْ ءَايَٰتِهِۦٓ أَنْ خَلَقَ لَكُم مِّنْ أَنفُسِكُمْ أَزْوَٰجًا لِّتَسْكُنُوٓا۟ إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُم مَّوَدَّةً وَرَحْمَةً ۚ إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَءَايَٰتٍ لِّقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Wa min āyātihī an khalaqa lakum min anfusikum azwājal litaskunū ilaihā wa ja’ala bainakum mawaddataw wa raḥmah, inna fī żālika la`āyātil liqaumiy yatafakkarụn.

Artinya: “dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.”

Di dalam ayat tersebut disebutkan tiga tujuan mengapa Allah menciptakan istri bagi kita, yaitu litaskunuu ilaiha, waja’ala bainakum mawaddatan warahmah. Seperti yang telah kami bahas di atas, salah satu tujuan pernikahan adalah, menjadikan keluarga sakinah mawadah warohmah.

Oleh karena itu, sangat wajar jika doa ucapan pernikahan sakinah mawadah warohmah ini sering kita dengar. Selain itu, doa ini tentu sangat bagus untuk dilanturkan kepada setiap orang yang baru saja menikah.

Baca juga: Kumpulan Kata Kata Tentang Pernikahan yang Bagus dan Menarik

Tulisan Sakinah Mawadah Warohmah dan Artinya

Tulisan Sakinah Mawadah Warohmah dan Artinya
(Parapuan)

Sakinah mawadah warohmah sendiri selama ini sudah banyak diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Namun, namanya terjemah, tentu tidak sebaik bahasa aslinya. Tujuan Allah menciptakan pasangan bagi kita adalah sakinah, mawaddah, warahmah.

Adapun tulisan arab sakinah mawadah warohmah adalah sebagai berikut:

سكينة مودّة ورحمة

Artinya: “mudah-mudahan menjadi keluarga yang sakinah mawadah warohmah.”

Dengan mengucapkan doa tersebut, mudah-mudahan dikabulkan oleh Allah, dan bisa menjadi doa juga untuk rumah tangga yang sedang bermasalah, sehingga terbentuk keluarga yang samara.

Baca juga: 7 Aturan Debat Sehat dalam Pernikahan Agar Tetap Langgeng

Arti Sakinah Mawadah Warahmah dalam Islam

(Popbela)

Tulisan sakinah mawaddah warahmah terdiri atas tiga kata, yaitu sakinah, mawadah, rohmah. Sedangkan wa ( و ) merupakan huruf ‘athaf. Arti sakinah dalam Islam sendiri kurang lebih adalah tertram dan tenang.

Dengan demikian, pernikahan dan keluarga yang sakinah akan mampu menghadapi segala badai rintangan yang ada. Tetap mampu berdiri dalam bahtera rumah tangga yang tegak, tanpa tergoyahkan oleh masalah yang datang.

Setiap rumah tangga, pasti memiliki masalah tersendiri. Tapi dengan doa menjadi keluarga sakinah, harapannya masalah tidak akan membuat pernikahan menjadi bubar.

Ciri ciri keluarga sakinah adalah tidak menceritakan permasalahan dan keburukan pasangan ke orang lain, menjaga rahasia suami istri, bisa menyelesaikan permasalahan yang ada di dalam rumah tangga.

Baca juga: Adab Malam Pertama dalam Islam Setelah Menikah

Tulisan Sakinah Mawadah Warohmah dan Artinya
(Bangkapos)

Sementara itu, arti mawadah merupakan doa agar kedua belah pihak sama-sama saling mencintai. Jika dalam rumah tangga salah satu pihak sudah tidak ada perasaan cinta lagi, maka keluarga tersebut bisa tidak sakinah dalam menghadapi masalah.

Rohmah memiliki arti kasing sayang, yang timbul di antara pasangan suami istri. Keluarga yang tenang dan tenteram, lalu saling mencintai serta memiliki perasaan sayang, maka akan menciptakan keluarga yang diberkahi juga dengan anak yang sholih dan sholihah.

Itulah kurang lebih arti dari doa pernikahan sakinah mawadah warohmah. Selain mengucapkan doa ini, Pins bisa juga memanjatkan doa lain yang sering diucapkan untuk pernikahan, yaitu barokallahu lakuma wabaroka’alaikuma wajama’a bainakuma fi khoir.

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 13 Rekomendasi Aplikasi Belanja Online Terbaik

Seiring berkembangnya teknologi, belanja kebutuhan sehari-hari menjadi sangat mudah. Saat ini banya

Finansial
Finansial Mau Tahu Perbandingan Bunga KPR di 10 Bank Ternama Ini?

Per Januari 2023, banyak bank yang menawarkan suku bunga KPR yang rendah. Setidaknya, terdapat 10 b

Finansial
Finansial Masa Berlaku BI Checking Hanya 5 Tahun? Apa Benar?

BI checking adalah salah satu hal yang dipertimbangkan lembaga keuangan bank pada saat nasabah meng

Gadget
Gadget 12 Rekomendasi HP Xiaomi 3 Jutaan Terbaik di Kelasnya

Menyiapkan anggaran Rp3 jutaan untuk membeli handphone merupakan budget yang cukup. Paling tidak, P

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 5 Desain Rumah Kayu Ulin yang Mewah

Memiliki rumah dengan nuansa alami yang sejuk dan segar sepertinya terlihat sangat menyenangkan, ya

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia