Inilah Fakta Anak Pertama yang Jarang Diketahui Orang

Dipublikasikan oleh Cahyadi Nugraha dan Diperbarui oleh Syahya Rembulan ∙ February 19, 2022 ∙ 6 menit membaca

Kadang banyak yang bertanya-tanya kenapa rata-rata anak pertama terlihat lain dari yang lain. Hal ini mungkin ada hubungannya dengan fakta anak pertama yang dilahirkan pertama kali sehingga mendapatkan perlakuan yang istimewa.

Tetapi perlakuan ini akan berubah bila sudah memiliki saudara, sehingga kasih sayang yang awalnya hanya untuk anak pertama harus rela terbagi pada adiknya. Hal inilah yang membentuk kepribadian anak tersebut sehingga terlihat aneh dan berbeda dengan anak yang lainnya.

Menjadi seorang anak pertama tentu memiliki sisi positif dan negatif, selain itu apapun sifat yang dimiliki oleh sang anak biasanya berasal dari didikan kedua orang tuanya. Banyak fakta anak pertama yang tampak berbeda dengan saudara lainnya.

Beberapa sifat tersebut terlihat aneh tetapi banyak juga yang menyukainya. Salah satu sifat yang menonjol dari anak pertama adalah sifat pemimpin yang ada dalam dirinya. Sifat ini akan terbentuk secara alami karena mereka yang selalu menjaga adik-adiknya. Berikut ini beberapa fakta anak pertama yang jarang diketahui orang.

Fakta Anak Pertama

Anak pertama memang memiliki beberapa keunikan tersendiri dari pada saudara-saudara yang lain. Memang biasanya mereka memiliki beberapa kelemahan dan juga kelebihan. Dengan mengetahui kekurangan dan juga kelebihan anak pertama akan membuat mudah kita bergaul dengan mereka.

Anak sulung biasanya memiliki beberapa sifat seperti ambisius, bertanggung jawab serta sifat-sifat positif lainnya. Berikut adalah beberapa fakta anak pertama yang jarak diketahui oleh orang.

Baca juga: Fakta Unik dari Anak Kedua

Anak Pertama Merupakan Pembelajar yang Alami

Anak Pertama Pembelajar Alami
(liputan6.com)

Anak pertama biasanya cenderung lebih pintar dari saudara lainnya. Oleh karena itu biasanya anak pertama menjadi pembelajar yang alami dan mudah untuk mempelajari sesuatu yang baru. Selain itu anak pertama juga mendapatkan kesempatan belajar lebih banyak dari saudaranya yang lain, oleh karena itulah anak pertama terlihat lebih smart dari pada anak yang lain.

Faktor lain yang membuat anak pertama menjadi seorang pembelajar alami karena mereka terlahir pertama dan terbiasa dengan belajar secara mandiri. Tetapi sifat ini akan lebih berkembang bila kedua orang tua ikut mendapingi dan mengarahkan mereka pada hal positif.

Anak Pertama Memiliki Sifat yang Baik

Sifat Baik Anak Pertama
(artikelsenang.blogspot.com)

Jika kamu perhatikan sangat jarang anak pertama yang tumbuh menjadi anak nakal. Hal itu dikarenakan anak pertama ketika inginn melakukan sesuatu selalu bertanya kepada orang tuanya terlebih dahulu.

Jadi secara tidak langsung anak pertama selalu mendapat didikan yang baik dari orang tuanya. Biasanya anak-anak berbuat kenakalan untuk menarik perhatian orang di sekitarnya, tetapi itu tidak terjadi pada anak pertama karena mendapatkan perhatian lebih dari orang tuanya.

Hanya saja anak pertama sering disalahkan oleh orang tuanya karena kenakalan adiknya, karena anak pertama harus bisa mengemong dan bertanggung jawab atas perbuatan yang dilakukan saudaranya. Tetapi ketika mereka tumbuh menjadi dewasa akan membuat sifat kasih sayang semakin menguat, hal inilah yang membuat anak pertama menjadi pribadi yang baik dan disenangi banyak orang.

Anak Pertama Merupakan Orang yang Kreatif

Kreatifitas dari Anak Pertama
(dalecarnegiebandung.wordpress.com)

Mungkin banyak yang akan menyangkal peryataan ini, karena kreatifitas tidak berpengaruh terhadap urutan kelahiran seseorang. Tetapi bila kamu perhatikan dengan seksama rata-rata anak pertama memiliki kreatifitas lebih dari anak yang lain. Kreatifitas anak pertama biasanya terbentuk karena memikirkan segala sesuatu hal yang dilihatnya.

Mereka terbiasa dengan permasalahan yang dihadapi sejak kecil. Anak pertama merupakan seorang problem solving yang handal dalam menyelesaikan masalah. Oleh karena itulah anak pertama bisa memiliki kreatifitas yang tinggi dibandingkan anak yang lain.

Baca juga: Begini Seharusnya Cara Membuat Anak Kembar Laki laki Menjadi Sholeh

Memiliki Empati Pada Orang Lain

Empati Tinggi dari Anak Pertama
(dibalikbuku.com)

Sifat empati dari anak pertama dikarenakan rasa tanggung jawab terhadap adik-adiknya. Karena itulah anak pertama bisa memberikan perhatian lebih terhadap orang lain. Selain itu rasa empati yang tinggi juga membuat anak pertama lebih mudah memahami perasaan orang lain.

Untuk itulah bila kamu ingin mendapatkan perhatian lebih carilah kekasih hati anak pertama. Mereka akan mudah mengerti kamu karena memiliki sifat empati yang tinggi.

Gampang Terkena Penyakit

Gampang Terkena Penyakit
(konsultasisehat.com)

Salah satu sisi negatif dari anak pertama adalah daya tahan tubuh yang lemah, sehingga cenderung mudah diserang penyakit terutama alergi. Hal ini telah dibuktikan secara ilmiah melalui penelitian yang menyatakan bahwa gen orang tua yang diturunkan ke anak pertama cenderung menurunkan keadaan rentan tersebut.

Oleh karena itulah ketika dilahirkan biasanya anak pertama memiliki beberapa alergi tertentu. Untuk orang tua yang baru akan memiliki anak sebaiknya menjaga dan merawat mereka dengan baik. Jauhkan dari tempat atau benda yang berpotensi menyebarkan virus atau bakteri yang berbahaya bagi kesehatan anak pertama.

Bertanggung Jawab Tapi Mudah Stress

Tanggung Jawab Anak Pertama
(pondokibu.com)

Orang tua cenderung mengajarkan anak pertama mereka rasa tanggung jawab. Bahkan rasa tanggung jawab tersebut bukan hanya untuk dirinya sendiri tetapi juga tanggung jawab kepada adik-adiknya. Oleh karena sifat itulah anak pertama akan mengejar kesempurnaan dalam setiap tugasnya sehingga rentan stress.

Solusi agar mereka tidak mudah stress adalah dengan memberikan mereka dukungan secara moral. Selain itu mereka membutuhkan seseorang yang bisa diajak berdiskusi untuk memecahkan semua permasalahan yang dimiliki.

Anak Pertama Merupakan Pemimpin yang Ambisius

Pemimpin Yang Ambisius
(patriciahuang.blogspot.com)

Sebagai anak pertama tentu terbiasa bertanggung jawab terhadap adik-adiknya. Jiwa pemimpin ini tumbuh ketika mereka diberikan tanggung jawab untuk mengawasi adik-adiknya. Oleh karena itulah biasanya anak pertama akan terlihat menonjol dalam sebuah organisasi, sifat pemimpinnya akan secara otomatis ingin memimpin dalam sebuah perkumpulan.

Sifat pemimpin ini akan sangat baik bila diarahkan pada sesuatu yang benar. Beri mereka pelajaran tentang kepemimpinan dan berbagai pengetahuan lain yang mendukung kemampuan untuk memimpin. Dengan begitu mereka akan menjadi seorang calon pemimpin yang hebat bagi keluarga, masyarakat atau bahkan sebuah negara.

Bagaimana, Pins? Apakah ada sifat anak pertama di atas yang mirip dengan sifat kamu? Semoga artikel ini memberikan manfaat bagi kamu.

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 15 Aplikasi Karaoke Terbaik Untuk Hobi Menyanyi

Karaoke merupakan salah satu hiburan menyenangkan yang menghilangkan penat setelah bekerja atau akt

Lifestyle
Lifestyle 18 Aplikasi Baca Manga Terbaik Untukmu

Ingin baca manga untuk mengisi waktu luangmu? Atau memang kamu hobi membaca manga? Selain berbentuk

Lifestyle
Lifestyle 12 Rekomendasi Aplikasi Font Android Menarik

Melihat tampilan HP Android yang begitu-begitu saja setiap harinya cukup membosankan bagi setiap or

Finansial
Finansial BI Checking Kol 2 Artinya? Simak Yuk!

Sebelum mengajukan kredit atau pinjaman baru pada suatu lembaga keuangan atau pembiayaan, kamu perl

Berita Pinhome
Berita Pinhome Tips Bisnis Properti dan Cara Dapat Bonus dari Transaksi Jual Rumah untuk Agen Properti

Jakarta, 31 Januari 2023 - Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prope

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia