BlogLifestyleEdukasi7 Jenis Gambar Peta Indonesia dan Informasi Lengkapnya
0
0

7 Jenis Gambar Peta Indonesia dan Informasi Lengkapnya

Dipublikasikan oleh Nabila Azmi dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Sep 21, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
Peta Indonesiatop-right-banner

Saat mempertimbangkan investasi properti, seperti membeli rumah di Tangerang, contohnya Kronjo Regency, Pins mungkin butuh pemahaman soal peta Indonesia yang lengkap. Pasalnya, peta ini bisa memberikan pandangan luas tentang geografi dan memungkinkan kamu menganalisis faktor yang dapat menambah estimasi nilai properti.

Maka dari itu, mari Pins jelajahi bagaimana gambar peta Indonesia yang lengkap sebagai informasi kunci dalam perjalanan mencari hunian atau investasi yang cerdas di sini!

Gambar Peta Indonesia

Gambar Peta Indonesia memiliki daya tarik unik dalam mengungkapkan keanekaragaman geografis negara ini. Dari pulau-pulau eksotis hingga pegunungan yang megah, gambar ini menjadi jendela yang mengungkapkan pesona Indonesia. Sama seperti ketika Pins menjelajahi sejarah Indonesia di Museum Nasional Indonesia di Jakarta. Jika tidak sempat, kamu bisa melihat gambar peta nusantara di sini, nih.

Baca juga: 47 Selat dan Letaknya di Indonesia

1. Peta Pulau Indonesia

Seperti yang bisa Pins lihat, Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki keragaman yang luar biasa. Dari Sabang hingga Merauke, setiap pulau memiliki karakteristik uniknya sendiri, baik itu budaya, geografi, atau keindahan alam. Bila dilihat dari peta dunia, Indonesia terlihat cukup besar, ya!

2. Peta Indonesia Lengkap

peta indonesia

Peta Indonesia lengkap membuka jendela luas untuk menjelajahi segala keindahan dan kekayaan yang dimiliki negeri ini. Dari ujung barat hingga timur, peta ini memperlihatkan keragaman alam, budaya, dan potensi yang terkandung dalam setiap wilayah.

Penting untuk memahami gambar peta di atas agar Pins bisa menjelajahi setiap sudut negara. Tidak hanya itu, mengenal peta yang lengkap bisa membantu kamu merencanakan perjalanan dan memahami peluang investasi, serta pengembangan properti di berbagai daerah.

3. Peta Indonesia Hitam Putih

Selain yang berwarna, peta Indonesia tersedia dalam bentuk hitam putih. Peta ini tetap memperlihatkan gambaran dasar yang kuat tentang letak pulau-pulau, batas wilayah, dan pergerakan geografis.

Walaupun sederhana, peta ini memungkinkan Pins mengenali letak dan hubungan antarwilayah dengan lebih jelas dan membantu memahami tata letak negara kita, kok. Bila ingin lebih spesifik, kamu bisa melihat peta wilayah Jawa dan lainnya untuk lebih detail.

4. Peta Buta Indonesia

Jenis peta Buta Indonesia adalah representasi visual yang tidak memiliki informasi rinci tentang wilayah Indonesia, garis batas, atau struktur geografis negara. Peta ini diciptakan dengan tujuan khusus, yakni untuk mengajukan pertanyaan atau menguji pengetahuan tentang letak dan batas-batas wilayah Indonesia, termasuk peta Sumatera.

Baca juga: Peta Jawa Barat lengkap 18 Kabupaten dan 8 Kota

5. Gambar Peta Indonesia lainnya

Tidak hanya beberapa peta di atas, ada gambar peta lainnya yang bisa jadi pertimbagan ketika Pins ingin mengenali negara Indonesia. Ini contohnya!

Gambar Peta Indonesia
Peta Indonesia

Kondisi Geografi Negara Indonesia

Indonesia adalah negara dengan ibukota yang berada di Jakarta. Negara kepulauan di benua Asia ini terletak di antara 6º LU-11º08 LS dan 95º BT-141º BT dengan luas daratan seluas 1.922.570 km2. Sementara itu, luas perairan Indonesia mencapai 3.257.483 km2, tampak jelas dalam peta yang menunjukkan wilayah yang dikelilingi oleh lautan yang luas, berada di sepanjang garis khatulistiwa.

Dengan total 17.504 pulau, sekitar 6.000 di antaranya tidak berpenghuni. Hal ini karena sebagian besar penduduk mendiami lima pulau utama, yakni Jawa, Sumatra, Sulawesi, Kalimantan, dan Papua.

Kondisi geografis Indonesia menyebabkan negara ini berbatasan baik secara darat maupun laut. Akibatnya, konflik terkadang timbul dengan negara-negara tetangga. Secara rinci, batas wilayah Indonesia adalah sebagai berikut:

  • Di timur, berbatasan dengan Papua Nugini.
  • Di selatan, berbatasan dengan Timor Leste dan Samudra Hindia.
  • Di barat, berbatasan dengan India dan Samudra Hindia.
  • Di utara, berbatasan dengan Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, Samudra Pasifik, dan Filipina.

Pembagian Administratif Indonesia

apartemen termewah di indonesia
Source : Shutterstock

Negara Indonesia memiliki sistem pemerintah presidensial dan negara kesatuan yang berbentuk republik. Artinya, secara administratif negara Indonesia terbagi menjadi beberapa provinsi. Di setiap provinsi terbagi menjadi beberapa kabupaten, dan di dalam kabupaten terbagi lagi menjadi beberapa kecamatan sampai ke tingkat desa.

Negara Indonesia memiliki 34 provinsi yang terbagi menjadi 416 kabupaten dan 98 kota dan terbagi lagi menjadi 7.024 daerah setingkat kecamatan serta 81.626 setingkat desa. Pada setiap provinsi terdapat Gubernur dan DPRD provinsi. Di sisi lain, kabupaten terdapat DPRD Kabupaten dan Bupati, sedangkan untuk kota yaitu Walikota dan DPRD kota yang dipilih secara langsung melalui pemilu.

Berikut ini adalah daftar nama Provinsi yang ada di Indonesia beserta dengan nama Ibu kotanya:

  • Aceh – Banda Aceh
  • Sumatera Utara – Medan
  • Sumatera Barat – Padang
  • Riau – Pekanbaru
  • Kepulauan Riau – Tanjungpinang
  • Jambi – Jambi
  • Sumatera Selatan – Palembang
  • Kepulauan Bangka Belitung – Pangkal Pinang
  • Bengkulu – Bengkulu
  • Lampung – Bandar Lampung
  • DKI Jakarta – Jakarta
  • Banten – Banten (Serang)
  • Jawa Barat – Bandung
  • Jawa Tengah – Semarang
  • DI Yogyakarta – Yogyakarta
  • Jawa Timur – Surabaya
  • Bali – Denpasar
  • Nusa Tenggara Barat – Mataram
  • Nusa Tenggara Timur – Kupang
  • Kalimantan Barat – Pontianak
  • Kalimantan Tengah – Palangkaraya
  • Provinsi Kalimantan Selatan – Banjarmasin
  • Kalimantan Timur – Samarinda.
  • Kalimantan Utara – Tanjung Selor
  • Sulawesi Utara – Manado
  • Gorontalo – Gorontalo
  • Sulawesi Tengah – Palu
  • Sulawesi Barat – Mamuju
  • Provinsi Sulawesi Selatan – Makassar
  • Sulawesi Tenggara – Kendari
  • Maluku – Ambon
  • Maluku Utara – Sofifi
  • Papua Barat – Manokwari
  • Papua – Jayapura

Dari 34 provinsi di Indonesia, ada 5 (lima) provinsi yang mempunyai status yang berbeda. Provinsi tersebut mempunyai otonomi khusus dan memiliki hak istimewa, serta tingkat otonominya lebih tinggi dibandingkan dengan provinsi yang lainnya.

Baca juga: Dasar Negara Republik Indonesia Lengkap Sejarahnya

Lingkungan Hidup Negara Indonesia

Indonesia dikenal sebagai negara dengan keanekaragaman hayati yang luar biasa, sering disebut sebagai “mega biodiversitas”. Flora dan fauna di seluruh wilayahnya sangat beragam.

Daftar flora di Indonesia mencerminkan identitas nusantara dan menjadi simbol nasional. Beberapa bunga nasional telah diakui pemerintah sebagai ciri khas bangsa, termasuk bunga melati, bunga patma raksasa, dan bunga anggrek bulan. Jika ingin lihat lebih lengkap, Pins bisa mengunjungi Taman Bunga Nusantara.

Selain flora, fauna Indonesia kaya dan beraneka ragam. Faktor lingkungan dan kondisi alam mempengaruhi persebaran fauna di seluruh Indonesia sesuai dengan wilayahnya. Jenis fauna dikelompokkan dalam tiga golongan utama, antara lain:

  1. Fauna Tipe Asiatis: hewan yang tersebar di bagian barat Indonesia hingga Selat Lombok dan Makassar. Hewan-hewan seperti harimau, gajah, beruang, badak, dan orangutan hidup di daerah ini.
  2. Fauna Peralihan: Ditemukan di tengah Indonesia, khususnya Sulawesi dan Nusa Tenggara. Hewan-hewan ini unik dan asli, seperti babi rusa, komodo, burung maleo, dan anoa daratan.
  3. Fauna Tipe Australis: Mudah ditemukan di timur Indonesia, terutama di Papua dan sekitarnya. Jenis burung seperti cendrawasih, kasuari, dan kakatua dominan di wilayah ini.

Penggolongan fauna ini didasarkan pada klasifikasi oleh Max Wilhelm Carl Weber dan Alfred Russel Wallace. Peta Indonesia memperlihatkan persebaran fauna ini sesuai dengan wilayah masing-masing. Keanekaragaman hayati ini memperkaya warisan alam Indonesia yang perlu dilestarikan dan diapresiasi.

Demografi Negara Indonesia

Negara Indonesia sebagai negara yang luas dan juga mempunyai penduduk yang jumlahnya sangat besar, maka tidak heran jika negara Indonesia menempati posisi keempat dengan penduduk terbesar di dunia.

Berdasarkan Biro Pusat Statistik, jumlah penduduk di Indonesia mempunyai populasi hampir 270.054.853 juta jiwa pada tahun 2018.

Tapi, diantara 5 (lima) pulau besar yang ada di Indonesia, Pulau Jawa merupakan pulau dengan penduduk terbanyak, khususnya pada daerah Jakarta yang memiliki jumlah penduduk yang sangat padat.

Penduduk Indonesia sebagian besar merupakan bangsa Austronesia, namun ada juga kelompok Melanesia, Mikronesia, dan Polinesia. Pada akhirnya setiap daerah di setiap pulau mempunyai jenis suku masing – masing yang menjadi identitas mereka.

Di negara Indonesia ada beberapa agama yang di akui, diantaranya adalah Islam, Katolik, Konghucu, Hindu, dan Budha. Selain itu, ada juga kepercayaan yang dimiliki oleh penduduk Indonesia terutama pada daerah pedalaman – pedalaman. Penduduk negara Indonesia mayoritas beragama Islam.

Topografi dan iklim di Indonesia

Negara Indonesia memiliki iklim tropis, hal itu dikarenakan negara Indonesia dilalui oleh garis khatulistiwa. Sehingga hal tersebut menjadikan negara Indonesia sebagai negara yang mempunyai 2 (dua) musim, yakni musim kemarau dan musim hujan.

Negara Indonesia juga mempunyai lautan yang luas, sehingga membuat negara indonesia dikenal dengan negara maritim, di tambah lagi negara Indonesia diapit oleh dua samudera.

Dengan adanya iklim tersebut, membuat kelembaban udara yang cukup tinggi, dimana kelembaban udaranya mencapai lebih dari 80%. Hal tersebut sebagai akibat dari sifat kepulauan daerah tropis, sehingga disebut ilim tropis basah.

Keuntungan dari iklim laut adalah membawa kelembapan ke daratan. Sehingga, pengaruhnya adalah tidak terlalu dingin karena pengaruh laut yang hangat dan juga bisa menyejukkan daratan yang kering dan panas pada musim kemarau.

kepulauan di negara Indonesia yang terdiri dari dataran tinggi, dataran rendah dan pegunungan dengan puncak yang menjulang, menciptakan variasi iklim.

Sehingga membuat kawasan negara indonesia terdapat iklim salju abadi di puncak gunung jaya Wijaya dan iklim tropis lembab di daratan rendah. Ada juga iklim kering di daerah bayangan hujan dan iklim hujan tropis di daerah hadap angin.

Nah, itulah penjelasan mengenai Peta Indonesia, mulai dari gambar, pembagian administratif dan lain sebagainya. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kita mengenai negara Indonesia. Jika ada kesalahan dalam artikel ini mohon untuk dimaafkan dan dimaklumi.

Baca juga: Penting! 4 Manfaat Dasar Negara Bagi Bangsa Indonesia


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download