BlogPemilik PropertiFinansialPertimbangan Membeli Mobil atau Rumah Dulu
0
0

Pertimbangan Membeli Mobil atau Rumah Dulu

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Jul 16, 2024

3 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Bagi para karyawan yang sudah lama bekerja, tentu sangat wajar jika mereka memikirkan tentang membeli rumah atau mobil. Mereka seringkali merasa bingung memilih antara mobil dulu atau rumah dulu yang mereka beli, sebab kedua-keduanya memang sangat penting.

Tentunya akan banyak pertimbangan membeli mobil atau rumah dulu. Sebelum memutuskan untuk membeli rumah atau mobil, berikut ini hal-hal yang perlu Pins pertimbangkan sehingga nantinya tidak salah memilih.

Faktor Penentu Dalam Membeli Mobil Atau Rumah Dulu

Harga mobil atau rumah memang meroket setiap tahunnya sehingga sulit untuk menentukan aset mana yang perlu didulukan. Mobil membantumu untuk mobilitas seperti ke kantor atau mengantar keluarga bepergian.

Sementara rumah berfungsi sebagai tempat tinggal dan beristirahat ketika menetap di suatu daerah. Kamu bisa mempertimbangkan kedua faktor ini agar lebih bijak memilih mana aset yang patut diprioritaskan.

1. Kemampuan Finansial

Source : Shutterstock

Penting menyadari kemampuan finansial sebelum membeli sebuah aset baik untuk rumah atau mobil. Dengan mengetahui kemampuan kantong sendiri juga memungkinkan memiliki aset baik dengan cara kredit atau cash.

Jika membeli mobil atau rumah secara kredit tentunya pihak bank akan mempertanyakan pendapatanmu sehari-hari. Umumnya bank membatasi beban cicilan maksimal 30% dari pendapatan rutin nasabah.

Misalnya jika pendapatanmu per bulan Rp10 juta maka kredit yang disetujui maksimal hanya Rp3 juta per bulannya. Bila kondisi ini tidak terpenuhi maka sebaiknya fokus dulu saja dalam menambah penghasilan terlebih dulu.

2. Prioritaskan Kebutuhan

Source : Shutterstock

Kebutuhan pada dasarnya sesuatu yang perlu dipenuhi lebih dulu sebab akan memberikan konsekuensi lebih buruk jika ditunda. Dengan pemikiran seperti ini kamu bisa menentukan mana yang perlu didahulukan antara mobil atau rumah.

Pertimbangkan alternatif lain untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi saat ini. Misalnya kamu membutuhkan mobil untuk transportasi harian. Bila dana belum mencukupi bisa menggunakan transportasi publik terlebih dulu. Begitu juga saat ingin membeli rumah dengan sumber dana yang belum cukup dapat sewa apartemen atau rumah terlebih dulu.

Baca juga: Mengapa Orang Lebih Memilih Punya Mobil Tapi Tidak Punya Rumah?

Beli Mobil Dulu

Source : Shutterstock

Sebelum memutuskan membeli mobil, kamu juga perlu memikirkan mengenai apa gunanya membeli mobil tersebut. Apakah Pins akan gunakan sebagai alat transportasi sehingga mudah ke kantor atau sekedar untuk menaikan gengsi saja. Ataukah kamu akan menyewakan mobil tersebut sehingga penghasilan tambahan Anda bertambah.

Jika kamu cenderung ingin membeli mobil dulu daripada rumah maka nantinya kamu dituntut menyiapkan uang muka pembelian mobil jika membeli secara kredit. Tidak hanya itu saja kamu juga harus siap menanggung pengeluaran lanjutan setelah membeli mobil seperti biaya perawatan rutin mobil, bahan bakar hingga pajak mobil.

Mendahulukan membeli mobil daripada rumah juga memiliki konsekuensi tersendiri. Kamu harus siap menghadapi penurunan nilai mobil itu sendiri.

Baca juga: Tips Bisnis Jual Beli Mobil Bekas Untuk Pemula Terampuh!

Beli Rumah Dulu

Source : Shutterstock

Sebelum memutuskan untuk membeli rumah, Pins perlu memikirkan mengenai cicilannya. Apakah gaji cukup untuk membayar cicilan rumah tersebut.

Lalu Pins juga perlu berpikir tentang tujuan membeli rumah, apakah untuk ditinggali atau malah dijadikan investasi. Pertimbangan-pertimbangan tersebut itu bisa dijadikan sebagai patokan untuk memutuskan membeli rumah dulu atau tidak.

Jika memang sudah yakin untuk membeli rumah maka siapkan uang muka pembelian kredit. Besaran uang muka KPR saat ini mulai dari 10-30%. Jika harga rumah sekitar Rp500 juta maka paling tidak kebutuhan uang muka mencapai Rp50-Rp150 juta.

Pins nantinya akan menanggung biaya lain seperti notaris, akad kredit, appraisal dan lain-lain. Umumnya sekitar 10-12% dari total nilai kredit.

Meskipun biaya yang ditanggung lumayan banyak bukan berarti memiliki rumah tidak menguntungkan. Harga hunian semakin bertambahnya tahun semakin meningkat. Nilai rumah yang kamu beli sekarang bisa saja jauh lebih besar 10 tahun kemudian sehingga bagus untuk investasi jangka panjang.

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Ditanyakan Saat Membeli Rumah KPR

Kesimpulan

Source : Pexels

Kesimpulannya, tidak masalah Pins memilih membeli rumah dulu atau mobil dulu, hanya saja pikirkan yang mana yang lebih dibutuhkan dan manfaatnya yang lebih besar. Selain itu, Pins juga perlu menyesuaikan penghasilan dengan cicilan yang perlu dibayar.

Jika Pins menjadikan mobil atau rumah sebagai alat investasi atau sebagai alat penghasilan tambahan, itu  pun diperbolehkan. Selain untuk menambah penghasilan, Pins juga lebih mudah untuk membayar cicilan dan perawatan mobil atau rumah.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah harga rumah lama-kelamaan akan meningkat sedangkan harga mobil lama-kelamaan semakin menurun. Jadi, jika kamu membeli mobil hanya untuk digunakan sebagai alat transportasi, maka uang Pins akan tergerus.

Akan tetapi, jika Pins membeli rumah, walaupun rumah tersebut hanya dijadikan tempat tinggal, namun kamu bisa menggunakannya sebagai alat investasi di kemudian hari. Tentu saja itu akan menambah keuntungan seiring berjalannya waktu.

Di lain pihak, uang muka mobil biasanya lebih rendah dibandingkan uang muka rumah, begitu pula dengan cicilannya. Oleh sebab itu, pilihlah berdasarkan prioritas kebutuhan masing-masing.

Beberapa orang yang lebih memilih membeli mobil ketimbang rumah biasanya karena faktor mobilitas sehingga dengan adanya mobil, urusan pekerjaannya dapat terselesaikan dengan baik. Dari penjelasan di atas kini kamu tidak bingung lagi kan antara beli rumah atau mobil?

Baca juga: Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil, Simak Cara Membuatnya!

Source Image Feature: Pexels


fTemukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di blog Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – Pintar Urusan Properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download