Pinhome

Uncategorized

perhitungan volume kebutuhan urugan tanah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Kali ini kita berikan penjelasan mengenai perhitungan volume kebutuhan urugan tanah untuk berbagai keperluan entah itu mengurug halaman rumah, peninggian lantai, atau penggunaan pada hal-hal lainya. secara umum rumusnya cukup sederhana yaitu mencari volume ruang,  sedangkan untuk mencari tahu kebutuhan tanah urug maka bisa dihitung dengan cara volume urugan dikalikan 1,2 karena disitu akan ada pemadatan. o.k berikut uraianya lebih lanjut.

Rumus urugan tanah adalah sama dengan volume ruang yang mau diurug

Misalnya kita akan meninggikan halaman depan  tempat tinggal yang berbentuk persegi panjang ukuran 6m x 10m, ketinggianya 1m dari permukaan tanah asli. jadi berapakah volumenya? mari kita hitung bersama. kita bisa melihat bahwa bentuk ruang yang mau kita hitung adalah balok, jadi rumus volume sama dangan panjang x lebar x tinggi, hal ini berarti 6m x 10m x 1m = 60m3. untuk lebih jelasnya dalam membayangkan bisa melihat ilustrasi gambar sebagai berikut.

perhitungan volume urugan tanah
perhitungan volume urugan tanah

Rumus kebutuhan tanah urug = 1,2 x volume

Pada contoh cara menghitung diatas, kita dapatkan volume urugan sebesar 60m3, namun dalam mengurug akan ada yang namanya pemadatan sehingga perlu ditambahkan material cadangan sebanyak 0,2. jadi volume dikalikan dengan angka 1,2 maka ketemulah kebutuhan tanah urug, 60m3 x 1,2 = 72m3.

Rumus menghitung berapa truck tanah yang diperlukan

Rata-rata kita membeli tanah urug dalam satuan truck, untuk itu kita perlu tahu berapa isi volume m3 bak truck yang digunakan untuk mengangkut tanah, dari situ bisa kita cari keperluanya, caranya yaitu

  • Volume urugan tanah = 6m x 10m x 1m = 60m3
  • kebutuhan tanah urug = 1,2 x 60m3 = 72m3.
  • jika 1 truck isi 7m3 maka perlu 72m3 / 7m3 = 10,2857 dibulatkan menjadi 11 truck

Begitulah contoh perhitungan volume kebutuhan urugan tanah secara sederhana saja agar mudah dipahami, dalam penerapanya akan bertemu dengan berbagai macam bentuk yang bisa jadi tidak beraturan, sehingga untuk memudahkan dalam menghitungnya bisa menggunakan bantuan software, seperti dengan autocad yang didalamnya ada command li untuk menghitung luas bentuk tidak beraturan, lalu dikalikan tinggi urugan maka ketemulan volumenya, ada juga berbagai macam software yang lainya, semoga bermanfaat.

Tags :

Bagikan Artikel