BlogLifestyleEdukasiPakaian Adat Riau
0
0

Pakaian Adat Riau

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Apr 17, 2023

9 menit membaca

Copied to clipboard
Pakaian Adat Riautop-right-banner

Riau merupakan salah satu provinsi yang terletak di bagian tengah pulau Sumatera. Provinsi Riau ini dihuni sebagian besar oleh masyarakat Melayu, maka tidak aneh jika kebudayaan setempat dan kebudayaan Melayu bercampur menjadi satu, sebagai contoh salah satunya ialah pakaian adat tradisional Riau. Indonesia memiliki keberagaman budaya yang besar dan daerah untuk hunian tempat tinggal ternyaman seperti di Britania Green Resort dan Kronjo Regency.

Kebudayaan Melayu tentu saja melekat erat dengan nilai-nilai Islam yang terkandung di dalamnya. Nilai-nilai tersebut tentu saja di implementasikan kepada pakaian adat satu ini. Terdapat juga corak khas yang erat dengan tradisi Melayu.

Untuk lebih lengkapnya kita akan membahas pakaian adat Riau secara tuntas dalam tulisan berikut ini. Simak selengkapnya ya, Pins!

Baca juga: Pakaian Adat Maluku

Mengenal Pakaian Adat Tradisional Riau

pakaian adat riau
Source : bualbual

Pakaian adat tradisional Riau memiliki model atau gaya pakaian yang cukup sederhana dan tertutup. Hal tersebut tentu saja menunjukan nilai kesederhanaan dan norma-norma yang terdapat di agama Islam.

Tidak lupa menggunakan sarung, rok panjang, baju berkerah tinggi dan lebih longgar dengn motif yang melambangkan ciri khas dan tradisi masyarakat Melayu.

Pemakaian aksesoris atau perhiasan antara pria dan wanita juga tidak jauh berbeda, hal itu merupakan perwujudan dari nilai syukur dan kejujuran hidup masyarakat Riau. Nama pakaian adat yang berasal dari Provinsi Riau adalah Baju Kurung, Cekak Musang dan Teluk Belanga. Baju-baju ini memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Baca Juga: Pakaian Adat Maluku

Beberapa Macam dan Jenis Baju Adat Tradisional Riau

pakaian adat riau
Source : DelinewsTV

Pakaian adat Melayu Riau sudah ada sejak lama, sehingga mengalami perkembangan dalam fungsi pemakaianya.

Terdapat busana yang digunakan untuk keperluan sehari-hari, busana untuk acara resmi, busana untuk anak, dewasa, orang tua, sampai busana yang diguanakan untuk acara pernikahan.

Untuk itu kita kelompokan busana tersebut menjadi enam buah jenis pakaian adat berdasarkan fungsinya, penjelasan lengkapnya sebagai berikut:

1. Pakaian Adat Riau Bagi Anak-anak

pakaian adat riau untuk anak anak
Source : Griyapaesintan

Pakaian adat Melayu Riau untuk anak-anak terkesan sederhana namun lucu, tak banyak sematan pada baju maupun celana. Pada umumnya pakaian adat digunakan pada acara-acara adat, resemi, atau formal. Tetapi busana yang digunakan oleh anak-anak masyarakat Riau digunakan sebagai busana sehari-hari seperti pergi mengaji dan menuntut ilmu.

Pakaian tersebut terbagi menjadi dua macam, yaitu pakaian yang digunakan untuk anak laki-laki yang disebut baju monyet dan pakaian anak yang digunakan oleh perempuan yang disebut baju kurung.

Baju monyet terdiri dari celana panjang tanggung lengkap dengan kopyah atau kain berbentuk segi empat sebagai penutup kepala, sedangkan baju kurung dipadukan dengan rok lebar lengkap dengan jilbab atau kerudung, baju tersebut biasanya terdapat motif bunga-bunga.

2. Pakaian Adat Riau Bagi Orang Dewasa

pakaian adat riau untuk deasa
Source : brilio

Seorang pria dewasa mengenakan pakaian adat yang bernama baju kurung cekak musang, yang biasanya dikenakan untuk melengkapi kain sarung dan kopiah.

Sedangkan untuk wanita dewasa terdapat tiga macam baju, yaitu: Baju Kurung Laboh, Baju Kebaya Pendek, dan Baju Kurung Tulang Belut. Biasanya baju-baju tersebut dikenakan bersama dengan selendang penutup kepala saat mereka beraktivitas di ladang.

Seperti halnya busana anak-anak, pakaian adat masyarakat Riau yang sudah bisa dibilang dewasa terbagi menjadi dua buah kelompok pria dan wanita. Mereka mengenakan busana yang khas erat dengan nilai-nilai agama.

Untuk busana pria disebut dengan nama baju kurung cekak musang. Busana tersebut terdiri dari busana muslim yang dipadukan dengan celana panjang yang cukup longgar, tidak lupa dengan sarung dan kopyah.

Sedangkan untuk busana wanita terdiri dari tiga buah jenis pakaian yang berbeda dimulai dari baju kebaya pendek, baju kurung laboh dan baju kurung tulang belut.

Semua baju tersebut dilengkapi dengan kain selendang yang berfungsi sebagai penutup kepala dan dapat dikombinasikan dengan hijab ataupun kerudung.

3. Pakaian Adat Riau Bagi Orang Tua

baju adat riau untuk orang tua
Source : borneochanel

Jika seseorang sudah menginjak umur yang cukup panjang atau setengah baya, pakaian adat yang digunakan berbeda dengan busana orang dewasa pada umumnya.

Pria yang sudah mendekati usia tua atau tua di Riau mengenakan pakaian adat Baju Kurung Cekak Musang atau Baju Kurung Teluk Belanga. Pakaian ini berbahan dasar kain lejo/kain katun.

Sedangkan para wanitanya mengenakan Baju Kebaya Pendek, Baju Kurung Teluk Belanga, dan Kebaya Laboh yang kerudung selendang sebagai pelengkapnya.

Busana tersebut dilengkapi dengan selendang yang berfungsi sebagai kerudung, tetapi mereka juga seringkali memadukan selendang dengan jilbab atau kerudung asli khas Riau.

4. Pakaian Adat Riau Resmi

pakaian adat riau resmi
Source : riauandalas

Pada zaman kerajaan, pakaian resmi penduduk Riau ini dikenakan hanya pada acara resmi pertemuan yang diadakan oleh raja.

Pakaian adat resmi pria disebut Baju Kurung Cekak Musang. Pakaian ini terbuat dari kain berkualitas tinggi, sutra, atau kain satin, dengan perlengkapan kopiah dan kain samping yang mayoritas terbuat dari kain songket dan tenun.

Sedangkan pakaian adat resmi wanita Riau disebut Kebaya Laboh dan Baju Kurung Cekak Musang. Pakaian ini juga terbuat dari kain pilihan, seperti Tenun Trengganu, Tenun Indragiri, dan Tenun Siak.

Terdapat keunikan pada kebaya yang dikenakan oleh kaum wanita ini yang menandakan pemakai gadis/wanita perawan atau wanita setengah baya.

Keunikan tersebut ialah desain panjang kebaya 3 jari di atas atau di bawah lutut. Jika di atas lutut diperuntukan untuk gadis atau wanita perawan dan sebaliknya.

5. Pakaian Adat Riau Untuk Pernikahan

baju adat riau untuk pernikahan
Source : bajugamispesta.blogspot.com

Pada saat diadakan upacara perkawinan di Riau, pengantin pria mengenakan Baju Kurung Cekak Musang (Baju Kurung Teluk Belanga) yang dilengkapi dengan kain sarung yang warna dan motifnya disesuaikan dengan baju kurungnya.

Tidak itu saja, pakaian pengantin pria disematkan berbagai ornamen, mahkota, sepatu runcing, rantai panjang di leher, sebai berwarna kuning di bahu bagian kiri, canggai di kelingking, dan keris berkepala burung serindit diselipkan di bagian pinggang kiri.

edangkan pengantin perempuan, mengenakan pakaian yang tidak tentu, hal ini tergantung dari waktu diadakan upacaranya. Berikut perbedaannya:

  • Upacara malam berinai, mereka mengenakan baju kurung teluk belanga.
  • Upacara berandam, mereka mengenakan baju kurung kebaya pendek.
  • Upacara akad nikah mereka mengenakan baju kurung teluk.
  • Upacara bersanding mereka mengenakan kebaya laboh.

6. Pakaian Adat Riau Untuk Upacara Adat

pakaian adat riau
Source : riauperistiwa

Setiap daerah atau wilayah barangkali memiliki pakaian untuk upacara adat. Seperti namnanya, baju ini hanya digunakan dalam upacara adat saja.

Ketika masyarakat Riau mengadakan upacara adat mereka mengenakan pakaian adat, para pria mengenakan Baju Kurung Cekak Musang, dan untuk wanita mengenakan Baju Kebaya Laboh Cekak Musang dan Baju Kurung Tulang Belut. Pakaian tersebut terbuat dari kain sutra.

Pakaian seperti ini biasa digunakan untuk acara-acara penting, misalnya: upacara penobatan raja, upacara pelantikan, upacara penerimaan anugerah, upacara penyambutan tamu, dan acara penting lainnya.

Terdapat berbagai macam upacara adat yang dilaksanakan setiap tahunnya, masing-masing upacara adat menggunakan baju yang berbeda.

Baca juga: Pakaian Adat Banten Lengkap Dengan Gambar

Filosofi Warna Yang Digunakan Pada Pakaian Adat Tradisional Riau

baju tradisional riau
Source : Mahligai Indonesia

Berbagai model, bentuk dan warna yang digunakan dalam pakaian adat Riau diturunkan dan diwariskan secara turun temurun oleh nenek moyang orang Melayu.

Biasanya warna dominan yang digunakan oleh masyarakat Melayu Riau ialah kuning keemasan, hijau lumut dan merah darah.

Berbagai warna tersebut tidak hanya diguanakan sebagai hiasan saja, tetapi semua itu mengandung nilai-nilai filosofi yang terdapat pada busana adat tersebut.

1. Hijau Lumut

Warna hijau lumut memiliki makna kesuburan, kesetiaan, taat dan patuh pada ajaran agama. Seringkali warna hijau lumut digunakan oleh para kaum bangsawan, tengku dan wan.

2. Kuning Keemasan

Warna ini bermakna kebesaran, otoritas dan kemegahan. Oleh karena itu warna kuning emas merupakan warna yang di larang dan tidak boleh digunakan sembarangan oleh semua orang.

3. Hitam

Warna hitam bermakna kesetiaan, ketabahan, tanggung jawab dan kejujuran. Warna hitam biasa digunakan pada gaun dan dikenakan oleh orang-orang hebat di kerajaan dalam acara-acara kerajaan.

4. Merah Darah

Warna merah darah bermakna kepahlawanan, keberanian, taat dan setia pada raja dan rakyatnya. Warna merah tersebut memiliki arti patriotik bagi masyarakat Riau.

Baca juga: Pakaian Tradisional Sulawesi Utara

Nilai-nilai yang Terdapat dalam Baju Adat Tradisional Riau

baju tradisional riau indonesia
Source : indozoneindonesia

Terdapat beberapa nilai estetika yang melekat pada busana adat tradisional di provinsi Riau, diantaranya ialah :

1. Nilai Tradisi

Pakaian adat tradisional Riau selalu hadir dalam setiap upacara tradisional dan dapat disebut menjadi tradisi sejak dulu.

Tradisi tersebut sudah menjadi simbol keunikan dan komunitas yang ada di masyarakat. Oleh karena itu pakaian adat dapat digunakan untuk mempelajari tradisi yang ada di masyarakat.

2. Nilai Budaya

Tentu saja pakaian adat tradisional masyarakat Riau merupakan salah satu kebudayaan yang diwariskan secara turun-temurun dari generasi ke generasi.

Oleh karena itu melestarikan pakaian adat merupakan salah satu upaya untuk melestarikan kebudayaan masyarakat Riau itu sendiri.

3. Nilai Sosial

Busana yang dikenakan dapat menjadi salah satu lambang status bagi seseorang yang mengenakanya yang dapat dilihat dari warna, corak dan aksesoris yang digunakan.

Selain itu busana adat dapat dijadikan sebagai salah satu media yang dapat menyatukan masyarakat.

Penutup

Demikianlah ulasan mengenai pakaian adat tradisional provinsi Riau yang memiliki yang mencerminkan ciri khas adat istiadat kebudayaan masyarakat Melayu.

Terdapat juga nilai-nilai Islam dalam penerapan busana adat tersebut. Terlebih lagi terdapat makna filosofis yang membuat busana ini menjadi lebih istimewa.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download