2 jenis pakaian adat Kepulauan Riau lengkap penjelasannya

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas ∙ 13 March 2018 ∙ 4 menit membaca

Pada tanggal 24 September 2002, pemerintah Indonesia membentuk provinsi baru, yaitu Provinsi Kepulauan Riau. Provinsi baru ini merupakan pemekaran dari Provinsi Riau. Kebudayaan masyarakat provinsi ini banyak dipengaruhi oleh bangsa asing, karena dalam sejarahnya, provinsi tersebut sering disinggahi para pedagang dunia yang sedang berlayar.

Karenanya, budaya banyak mendapat pengaruh dari bangsa manca, seperti bangsa Cina, Arab, dan Eropa. Hal ini bisa kita lihat dari budaya pakaian adat mereka.

Pakaian tradisional Kepulauan Riau misalnya bisa kita ketemukan pada ragam pakaian tradisional kebaya labuh dan teluk belanga yang menjadi pakaian tradisi Kep. Riau saat ini.

nama pakaian Adat Kepulauan Riau adalah Kebaya Labuh dan teluk belanga. Namun, sebenarnya bukan hanya itu, masih banyak jenis pakaian tradisio di provinsi tersebut, hanya saja, dikalangan nasional kedua pakaian itulah yang menjadi ikon wilayah ini. Di Kep. Riau terdapat baju kurung keke, baju gunting cina, baju telepuk, dan lain-lain.

Mengapa Kebaya labuh dan teluk belanga dipilih sebagai ikon pakaian adat Provinsi Kepulauan Riau? Karena pada kedua pakaian tersebut terdapat nilai unik dan nilai tambah yang lebih daripada yang lain.

Lalu bagaimana bentuk atau wujud pakaian tersebut? Berikut ulasan pakaian adat Kebaya Labuh dan Teluk Belanga.

Baca juga: Pakaian adat Riau

Pakaian adat kepulauan riau
(Bintan)

Pekaian Adat Kebaya Labuh

Pakaian tradisional Kepulauan Riau kebaya labuh adalah pakaian yang khusus dikenakan oleh kaum wanita pada saat upacara adat. Namun masyarakat setempat juga menggunakan Kebaya Labuh pada saat acara resmi. Selain itu pakaian ini juga bisa digunakan pada saat acara pernikahan.

Baju kurung memiliki ciri khas tersendiri dengan style sedikit longgar pada bagian lubang lengan, perut dan dada. Pada saat digunakan, bagian bawah baju akan sejajar dengan paha.

Baju Kurung tersendiri sering digunakan oleh masyarakat Melayu, Sama halnya dengan Kebaya Labuh yang pada awalnya digunakan untuk pucara kebesaran Melayu. Dahulu, hanya mereka yang berada di lingkungan kerjaan saja yang bisa menggunakan Kebaya Labuh.

Agar lebih jelas silahkan lihat gambarnya di bawah ini:

Pakaian adat kepulauan Riau
(Selasar)

Jika dilihat, sebenarnya bentuk pakaian kebaya labuh tak beda jauh dengan kebaya pada umumnya, namun yang membedakan hanya pada ukurannya yang lebih panjang menjuntai sampai ke bawah lutut.

Desain pakaian adat Kep. Riau ini juga sangat sederhana, bagian depan terdapat peniti dan kancing sebagai pengait 3 buah. Karena kancingnya hanya tiga, maka bagian bawah pakaian ini terlihat lebih terbuka dan melebar.

Baca juga: Pakaian adat Bengkulu

Pakaian Adat Teluk Belanga

Pakaian teluk belanga adalah pakaian tradisional Kep. Riau yang hanya dikenakan oleh para pria. Pakaian ini sebenarnya adalah pakaian pria Melayu yang juga dijadikan ikon pakaian adat Jambi, Riau, dan sekitarnya. Tetapi, pakaian teluk belanga di kepulauan Riau memiliki keunikan tersendiri.

Pakaian adat kepulauan riau
(Rey1024)

Baca juga: Pakaian adat Lampung

Pakaian tradisional Teluk belanga pada umumnya motifnya polos, warnanya pun tidak mencolok. Warna pakaian dan celana panjang bawahannya pun sama. Bagian bawah juga terdapat kain sarung sebatas lutut.

Pakaian adat Teluk Belangga ini berasal dari Jogor untuk pria dan berawarna polos. Biasanya Teluk Belangga akan dipadukan dengan celana panjang yang warnanya senada dan menggunakan sarung sebatas lutut sebagai selendangnya.

Teluk Belangga memiliki ciri khas khusus dengan 3 buah kancing serta bagian bawahnya memiliki potongan yang lebih panjang.

Sementara itu, sebagai aksesoris Teluk Belanga, adalah penutup kepala yang disebut tanjak. Terbuat dari kain songket segi empat yang diikat sehingga terbentuk sebuah songkok (peci). Tanjak umumnya digunakan hanya pada saat upacara resmi, seperti acara adat dan kenduri.

Kunjungi pakaian adat lainnya.

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil 16 Motif Keramik Dinding Luar yang Awet

Keramik adalah salah satu material yang sering digunakan untuk lapisan dekorasi dinding. Pins dapat

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Model Keramik Kamar Mandi Abu-Abu

Interior kamar mandi dapat menggunakan material keramik untuk bagian lantai maupun dinding. Pemilih

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Desain Roster Keramik Mewah dan Manis

Roster atau lubang angin merupakan ventilasi yang dibutuhkan setiap rumah agar ruangan di dalamnya

Teknik Sipil
Teknik Sipil 12 Inspirasi Keramik Hitam Cocok untuk Ruangan Apapun

Material keramik banyak digunakan untuk melengkapi interior rumah, baik di ruang tamu, kamar, dapur

Lifestyle
Lifestyle Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil, Simak Cara Membuatnya!

Ingin membeli mobil? Atau malah sedang ingin menjual mobil yang kamu miliki? Eits, jangan sampai ke

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia