Mengenal Pakaian Adat Jambi, Ciri Khas, Jenis, dan Gambarnya

Diperbarui oleh Nabila Azmi ∙ November 8, 2022 ∙ 7 menit membaca

Pinhome – Provinsi Jambi terletak di pesisir timur bagian tengah Pulau Sumatera yang dihuni oleh sebagian besar masyarakat dari suku Melayu. Maka, tidak ayal kebudayaan Melayu sangat melekat pada mayarakat di daerah tersebut, salah satunya adalah pakaian adat Jambi.

Pakaian tradisional Jambi terbilang sederhana, tetapi tidak menghilangkan identitas dan ciri khas dari kebudayaan itu sendiri.

Terdapat ciri khas dan karakteristik dalam pakaian adat tersebut. Penasaran kan apa saja keunikan dan ciri khas yang ada di busana tradisional Jambi? Berikut tentang pakaian adat Jambi, simak selengkapnya pada tulisan berikut ini.

Baca juga: Pakaian Adat Betawi Lengkap Dengan Penjelasannya

Baju Kurung Tanggung, Pakaian Adat Tradisional Jambi

Baju Kurung Tanggung
(Andalas Tourism)

Secara umum, nama kurung tanggung sendiri berasal dari model lengannya yang memang agak tanggung karena panjang lengannya yang sampai bawah siku tetapi tidak sampai ke pergelangan tangan.

Baju kurung tanggung di kelompokan menjadi dua buah jenis yang dibedakan dari jenis kelamin orang yang memakainya, pakaian adat pria dan wanita. Untuk lebih jelasnya sebagai berikut:

1. Pakaian Adat Pria

Pakaian adat kurung tanggung yang digunakan oleh pria terbuat dari bahan utama beludru yang berwarna merah, dengan diberi sulaman benang emas bermotif flora seperti, tagapo (bunga bertabur), kembang melati, dan kembang berangkai.

Sulaman emas tersebut melambangkan bahwa tanah Melayu merupakan tanah yang subur dan kaya. Terdapat celana pria sebagai bawahan yang terbuat dari bahan yang sama, beludru berwarna merah yang disebut cangge.

Pakaian adat pria

Pakaian adat Jambi pria mengenakan lacak atau penutup kepala yang terbuat dari kain beludru merah yang di bagian dalamnya diberi kertas karton. Pemberian kertas karton dimaksudkan agar kain dapat ditegakan menjulang tinggi ke atas.

Lacak dihiasi dengan flora, berbentuk tali runci di sisi kiri dan bunga runci di sisi kanan. Bunga tersebut bisa bunga asli atau tiruan.

Pria Jambi mengenakan baju kurung tanggung, karena lengan bajunya tanggung di atas pergelangan tangan. Mengapa baju lengan pria Jambi tanggung?

Bukan tanpa maksud, lengan tanggung memiliki makna bahwa pria Melayu Jambi harus tangkas dan cekatan dalam bekerja. Bahan baju kurung juga terbuat dari kain beludru.

Baju bersulaman benang emas, motif kembang bertabur atau disebut tagapo, bunga melati di bagian tengah, dan di bagian sisi terdapat motif kembang berangkai dan pucuk rebung.

Di bagian bawah pria Jambi mengenakan celana (cangge) biasa, terbuat dari beludru. Di bagian pinggang terlilit sarung songket. Sebagai pengikat sarung, digunakan sabuk kuningan yang terpasang melingkar di pinggang, keris diselipkan sebagai senjata tradisional Jambi.

Tak hanya itu, pakaian adat Jambi pria terdapat aksesori lainnya seperti tutup dada berbentuk bunga teratai. Di bagian tangan Gelang kilat bahu berwarna emas/perak terlukisi naga, selendang tipis merah jambu dengan rumbai-rumbai kuning di bagian ujungnya, dan alas kaki selop.

Baca Juga : Pakaian Adat Lampung

2. Pakaian Adat Wanita

Sama seperti pakaian adat pria, pakaian adat wanita juga menggunakan baju kurung tanggung yang terbuat dari bahan beludru.

Namun, khusus untuk wanita dilengkapi dengan sarung songket dan selendang berwarna merah yang terbuat dari tenunan benang sutra dan sandal selop yang khas.

Terdapat sulam benang berwarna emas dengan motif yang cukup beragam, seperti bunga melati, pucuk rebung dan bunga tagapo (bunga bertabur).

Pakaian adat Wanita

Di dada juga terdapat motif bunga teratai, selendang, pending dan sabuk sebagai ikat pinggang, dan sebagai alas kaki juga selop. Khusus wanita, sarung songket dan selendang merah ditenun dari benang sutra.

Baca Juga : Pakaian Adat Sumatera Selatan

Sebagai mahkota (penutup kepala), pakaian tradisional Jambi wanita adalah pesangkon, dengan hiasan logam berwarna kuning yang bentuknya mirip duri pandan.

Pakaian adat Jambi wanita dilengkapi dengan aneka aksesori yang lebih banyak daripada aksesori pria, seperti kalung, gelang tangan, gelang kaki, dan anting-anting. Ada tiga jenis kalung yang biasanya digunakan, yaitu kalung tapak, kalung jayo, dan kalung rantai sembilan.

Sedangkan cincinpun ada 2 jenis, yaitu cincin kijang dan cincin pacat kenyang. Anting ada dua jenis, yaitu antong motif kupu-kupu atau berupa gelang banjar.

Gelang tangan ada empat jenis, yaitu gelang kilat bahu, gelang kano, gelang ceper, dan gelang buku beban. Gelang kaki ada dua jenis, yaitu gelang nago betapo dan gelang ular melingkar.

Baja Juga :

Karakteristik dan Ciri Khas dari Baju Kurung Tanggung

pakaian adat jambi
(retciaa.com)

Terdapat karakteristik atau ciri khas yang terdapat pada pakaian adat baju kurung tanggung yang terdapat pada aksesori yang digunakan. Aksesori yang digunakan cukup banyak dan berbeda antara pria dan wanita.

Terdapat juga topi atau penutup kepala yang cukup unik yang melambangkan kebudayaan masyarakat Jambi itu sendiri. Untuk lebih lengkapnya sebagai berikut :

1. Aksesori yang Digunakan

Aksesori yang digunakan dalam pakaian adat kurung tanggung cukup banyak dan bisa dibilang cukup ramai. Namun, itulah salah satu ciri khas dalam pakaian adat ini dan juga berguna untuk memperindah pakian yang dikenakan.

Aksesori Pria

Untuk pria khusus menggunakan gelang yang terbuat dari logam celupan bermotif hewan naga yang berwarna kuning. Motif tersebut bermakna apabila seseorang memiliki kekuasaan, maka janganlah mengganggu orang tersebut.

Terdapat juga selempang berwarna merah yang dikenakan secara menyilang di badan yang terbuat dari kain songket sebagai pasangan sarung yang digunakan. Selempang tersebut memiliki motif flora yaitu bunga berangkai.

Terdapat juga keris yang melambangkan kebesaran dan untuk memperkuat penampilan sang pria dalam pemakaian busana adat tersebut.

Keris dipasang pada sabuk yang terletak di pinggul dengan posisi menyerong ke kanan. Terdapat juga selop berbentuk setengah sepatu yang terlihat rapi dan menawan.

Aksesori Wanita

Berbeda dengan kaum pria, aksesori yang dikenakan oleh kaum wanita lebih banyak dibandingkan dengan pria.

Hal ini merupakan sebuah fakta bukan saja pada pakaian tradisional tetapi pada penggunaan pakaian modern dan kehidupan sehari-hari wanita dikenal sangat menyukai penggunaan aksesoris.

Aksesoris yang digunakan antara lain :

  • Kalung. Kalung yang digunakan setidaknya tiga buah jenis yang digunakan, yaitu kalung tapak, kalung jayo dan kalung rantai sembilan.
  • Cincin. Cincin yang dikenakan mempunyai dua buah jenis, yaitu cincin jenis kijang dan cincin kenyang
  • Anting. Anting juga memiliki dua jenis, yaitu jenis anting kupu-kupu dan gelang banjar.
  • Gelang. Untuk gelang sendiri mempunyai empat buah jenis gelang, yaitu gelang kilat bahu, gelang kano, gelang ceper dan gelang buku beban.
  • Gelang kaki. Jika tadi penggunaan gelang tangan, pada kaki juga terdapat gelang nag betapo dan gelang ular melingkar.

2. Tekuluk

Tekuluk atau kuluk merupakan penutup kepala yang berasal dari masyarakat Melayu Kerinci yang berfungsi sebagai pelindung kepala dari berbagai kondisi.

Selain itu, telukuk mencerminkan status sosial budaya yang memperlihatkan maratabat sang pemakainya.

Telukuk digunakan hanya untuk kaum wanita dan memiliki jenis yang cukup banyak tergantung fungsi dan pemakaian dalam upacara adat, acara perkawinan, pemberian gelar, turun sko dan lain sebagainya. Adapun jenis tekuluk adalah:

  • Kuluk mahkota
  • Kuluk kerinci mudik
  • Kuluk sapik udang
  • Kuluk kuncup melati
  • Kuluk kipas terlilit
  • Kuluk kenduri sko lempur
  • Kuluk pengajian
  • Kuluk harian
  • Kuluk berumbai jatuh
  • Kuluk ketelng petang

3. Lacak

Bila tadi ada tekuluk yang merupakan penutup kepala yang digunakan untuk kaum perempuan, sekarang kita akan membahas lacak, yaitu penutup kepala tradisional khas yang digunakan oleh kaum pria di Jambi.

Lacak Jambi merupakan penutup kepala yang terbuat dari kain beludru berwarna merah yang diberi kertas tebal di dalamnya agar menjadi keras saat dikenakan.

Terdapat juga flora, yaitu sebuah tali runci dan bungo runci yang berwarna putih yang kemudian dirangkai menggunakan benang. Bunga tersebut dapat berupa bunga asli maupun tiruan.

Selain itu, lacak bermakna bekacak atau gagah karena dipakai oleh para raja, laskar dan para panglima di Jambi yang memiliki simbol kewibawaan, kebijaksanaan dan menunjukan status sosial pemakainya. Lacak sendiri dapat digunakan sehari-hari atau digunakan pada acara-acara resmi.

4. Teratai Dada

Teratai dada merupakan aksesori pelengkap yang bisa disebut wajib dalam pemaiakain baju adat kurung tanggung dan dapat dikenakan oleh pria maupun wanita.

Teratai dada merupakan penutup dada berwarna merah yang dipasang melingkar pada leher yang menyerupai kerah dan memiliki motif bunga teratai berwarna emas.

Baca Juga : Pakaian Adat Yogyakarta

Gambar Pakaian Adat Pengantin Jambi

Sekian penjelasan mengenai pembahasan singkat pakaian adat tradisional Provinsi Jambi. Cek juga daftar pakaian adat Indonesia lainnya. Semoga tulisan ini bermanfaat dan pembaca menjadi lebih mengenal sedikit dari sekian banyak kebudayaan yang ada di Indonesia, khususnya di Provinsi Jambi.

Baca juga:


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Apa itu Crypto Wallet? Pengertian dan Cara Memakainya

Pada era modern ini, berkembangnya teknologi sudah banyak sekali memberikan manfaat kepada hidup ma

Finansial
Finansial BI Rate Naik? Cari Tahu Dulu Kebenarannya! (Edisi YoY Oktober & November)

#WaktunyaBeliRumah - Apakah Pins sadar, biaya yang dikeluarkan untuk transaksi bisnis properti tida

Gadget
Gadget 12 Rekomendasi HP 6 Jutaan, Harga Mid-Range Berasa Flagship!

Jika Pins menginginkan HP mid-range dengan kualitas flagship, maka rekomendasi HP 6 jutaan adalah j

Finansial
Finansial 15 NFT Game yang Tak Hanya Seru, Tapi Juga Menghasilkan Cuan!

Sebagai bentuk investasi aset digital yang menjanjikan, banyak orang yang mencoba untuk mempelajari

Finansial
Finansial Apa itu Copy Trade? Ini Fungsi dan Cara Menggunakannya

Ada banyak sekali istilah dalam dunia trading yang mungkin terdengar asing untuk kamu yang masih pe

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia