Pinhome

Lifestyle

Nama Rumah Adat Papua Beserta Penjelasannya

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 12 April 2021 ∙ 5 menit membaca

Rumah adat di Papua dikenal dengan nama Honai, tapi apakah Pins tahu masih banyak lagi nama rumah adat di daerah Papua? Apa saja ya? Lihat yuk penjelasannya di bawah ini. Papua merupakan salah satu provinsi di daerah paling Timur Indonesia. Kaya dengan ragam budaya yang kental menjadikan Papua dikenal sampai mancanegara. Hal tersebut dikarenakan banyaknya suku yang tinggal terpencar di beberapa daerah belahan Papua. Nama rumah adat Papua beserta penjelasannya yang menarik sangat cocok untuk Anda baca karena dapat menambah pengetahuan.

Pinhome – Dengan adanya keberagaman suku ini, rumah adat Honai bukan menjadi satu-satunya nama rumah adat di Papua. Sebenarnya ada berapa nama rumah adat di Papua dan apa saja? Simak yuk pembahasan mengenai nama rumah adat Papua beserta penjelasannya.

Baca Juga: Ini Dia Nama Dan Gambar Rumah Adat Sulawesi Selatan

Nama-Nama Rumah Adat Papua

Berikut ini adalah nama-nama rumah adat Papua yang bisa Anda ketahui untuk referensi pengetahuan.

Rumah Adat Papua Honai

(Line.com)

Nama rumah adat Papua Honai merupakan nama rumah adat yang terkenal di Papua. Dengan suku Dani sebagai mayoritas masyarakat Papua, menjadikan rumah Honai lebih terkenal dibanding rumah adat Papua lainnya. Bentuk rumah Honai seperti layaknya jamur dengan bahan jerami pada atap rumah dan kayu pada badan. 

Baca Juga: Fakta-Fakta Menarik Mengenai Rumah Adat Lampung Bernama Nuwo Sesat

Rumah honai memang didesain tidak memiliki jendela dengan bangunan rendah agar menghalau suhu dingin yang masuk ke rumah. Selain itu bentuk lingkaran dari bangunan ini dibuat mengikuti ruangan di tengah yang berfungsi untuk menghangatkan badan. Hal tersebut dikarenakan rumah adat ini memang sering dijumpai di daerah lembah atau pegunungan yang tinggi.

Rumah Adat Papua Kariwari

(Perpustakaan.id)

Selanjutnya ada rumah adat Papua dari suku Tobati bernama Kariwari. Nama rumah adat Papua satu ini memang unik dengan atap meruncing ke atas berbentuk limas segi delapan. Terdiri dari tiga tingkatan, rumah ini memiliki fungsi yang berbeda-beda. Tingkat pertama untuk mendidik anak laki-laki untuk bisa mencari nafkah sendiri, tingkat kedua sebagai tempat pertemuan para petinggi suku dan tingkat ketiga untuk meditasi maupun berdoa.

Baca Juga: Ini Dia Nama Dan Gambar Rumah Adat Suku Betawi Dan Filosofinya

Tinggi rumah adat Papua ini bisa sampai 8 meter lho Pins! Selain itu, banyak yang menggunakan bahan atap jerami pada dahulu kala tapi kini atap rumah adat Kariwari bisa terbuat dari bahan atap modern pada umumnya. Seperti genting atap maupun bahan beton.

Rumah Adat Papua Rumsram

(Nesabamedia.com)

Rumah adat Papua adalah rumah yang dihuni oleh masyarakat suku Papua yang mempunyai perbedaan nama dari masing-masing suku. Seperti rumah adat Papua Rumsram dari Suku Biak Numfor juga mempunyai filosofinya sendiri. Rumah ini memiliki fungsi yang mirip dengan rumah adat Kariwari yaitu sebagai tempat pembelajaran hidup untuk anak laki-laki.

Rumah adat Papua Rumsram memiliki bentuk atap menyerupai kapal dengan jenis rumah panggung pada bagian bawahnya. Bangunan dua lantai ini dapat mencapai 8 meter. Materialnya pun menggunakan bahan sagu lho Pins! Menarik sekali bukan? 

Rumah Adat Papua Kaki Seribu/ Mod Aki

(Saintif.com)

Rumah adat Papua dari Suku Arfak selanjutnya. Rumah adat Papua bernama Kaki Seribu memang unik dengan desain rumah panggung. Fungsinya pun sama dengan rumah adat jenis panggung lainnya yaitu menghalau hewan buas agar tidak masuk ke dalam rumah. 

Rumah adat Papua yang juga biasa disebut dengan Mod Aki ini, memiliki pondasi kecil berbentuk kayu bulat yang banyak, hal ini membuat rumah Kaki Seribu semakin unik dan terlihat dari kejauhan. Pins bisa menemukannya di pedalaman hutan Papua, terutama di kawasan lereng Gunung Arfak.

Rumah Adat Papua Wamai

Nama Rumah Adat Papua Beserta Penjelasannya
(Romadecade.org)

Pada umumnya rumah adat di Papua dikenal dengan nama Honai. Walau hal tersebut sering terjadi, rumah adat Papua Wamai sering disamakan dengan Honai. Bagaimana tidak, kedua rumah ini memiliki kesamaan bentuk dan jenis atap. Perbedaannya hanya pada fungsi dari rumah tersebut. Rumah Honai biasa dipakai untuk rumah tinggal para penduduk Papua sedangkan rumah adat Wamai digunakan untuk tempat penyimpanan hewan ternak, seperti babi maupun ayam.

Rumah Adat Papua Ebai

Nama Rumah Adat Papua Beserta Penjelasannya
(Cute766.info.com)

Nama rumah adat Papua selanjutnya adalah rumah adat Papua Ebai dari Suku Dani. Rumah ini juga memiliki desain mirip dengan rumah adat Papua Honai dan Wamai. Rumah adat Papua Ebai digunakan untuk perkumpulan khusus kaum perempuan. 

Nama rumah adat ini diartikan sebagai ‘ebe’ yang berarti tubuh dan ‘ai’ yang berarti rumah. Kata tubuh digunakan karena perempuan diyakini merupakan tubuh bagi kehidupan. Karena hal tersebut rumah adat Papua Ebai menjadi tempat Ibu mendidik anak perempuan mereka. Menarik sekali bukan Pins?

Rumah Adat Papua Korowai

Nama Rumah Adat Papua Beserta Penjelasannya
(Bbc.com)

Terakhir ada rumah adat Papua yang dikenal dengan rumah pohon atau rumah adat suku Korowai. Walau pada masa sekarang sudah sangat jarang ditemukan tetapi citranya masih melekat di peradaban Papua. Bangunan ini benar hanya beralaskan kayu dengan atap daun maupun jerami.

Rumah ini berada pada ketinggian 15 – 30 meter di atas permukaan tanah. Seru sekali ya Pins? Rumah adat Papua ini dibuat untuk kepercayaan gangguan dari roh jahat laleo sekaligus untuk menghindari serangan hewan buas. Laleo sebenarnya diartikan sebagai orang di luar anggota suku Korowai.

Bagaimana Pins? Ternyata ragam rumah adat Papua itu tidak sedikit. Rumah adat Honai bukan merupakan satu-satunya rumah adat di Papua. Pengenalan jenis rumah adat Papua di atas semoga dapat menambah pengetahuan Pins ya! 


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Salsa

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel