Pinhome

Tips Properti

Ini Dia Nama dan Gambar Rumah Adat Sulawesi Selatan

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 26 March 2021 ∙ 4 menit membaca

Sulawesi Selatan adalah salah satu provinsi di Indonesia dengan ibukota Makassar. Sulawesi Selatan juga mempunyai beragam adat dan budaya yang lekat dengan kehidupan masyarakat, termasuk rumah adat Sulawesi Selatan. 

Pinhome – Rumah adat Sulawesi Selatan ternyata mempunyai karakter unik. Selain itu, rumah Sulawesi Selatan juga mempunyai fungsi yang tidak sembarangan. Ada rumah adat yang berfungsi untuk melindungi dari binatang buas dan bahkan bencana alam. 

Sulawesi Selatan ternyata mempunyai lebih dari satu rumah adat. Ragam jenis rumah adat tersebut mempunyai makna filosofi masing-masing sesuai dengan suku yang menempatinya. Berikut ini nama dan gambar rumah adat Sulawesi Selatan. 

Rumah Adat Khas Suku Luwuk

 rumah adat Sulawesi Selatan.
(Celebes.co)

Rumah panggung Sulawesi Selatan mempunyai karakteristik panggung. Selain itu rumah adat Sulawesi Selatan juga memperlihatkan karakternya pada undukan di atap rumah.

Rumah adat Luwuk mempunyai tiga atau lima puncak. Puncak atap tersebut sering disebut dengan bubungan. Bubungan ini sebagai penanda siapa yang menempati rumah tersebut.

Bubungan ini akan menjadi penanda kelas atau kasta pemilik rumah. Pada zaman dahulu, rumah jenis ini hanya dimiliki oleh Raja Luwuk. Selain menjadi rumah tinggal, rumah Luwuk juga sering menjadi tempat pertemuan para petinggi istana dan orang kepercayaan raja.

Ciri terakhir yang bisa Pins lihat dari rumah suku Luwuk adalah bagian depan yang menyerupai gapura. Bentuk bagian depan ini terlihat seperti gerbang yang menyambut kedatangan tamu atau pihak luar saat memasuki rumah.

Rumah Adat Suku Mandar

 rumah adat Sulawesi Selatan.
(Celebes.co)

Rumah adat suku Mandar adalah salah satu rumah adat Sulawesi Selatan yang menonjolkan karakter rumah panggung. Berbeda dengan suku Luwuk yang mempunyai atap bertingkat, rumah adat suku Mandar hanya terdiri dari satu tingkat dan memanjang ke belakang.

Rumah ini mempunyai kaki yang tinggi sehingga memerlukan tangga untuk akses masuk ke rumah. Bentuk rumah panggung mempunyai tujuan tersendiri yaitu untuk melindungi penghuni rumah dari binatang buas atau para pencuri. 

Bentuk rumah panggung juga memungkinkan penghuninya aman dan terbebas dari banjir ketika musim hujan datang. 

Rumah Adat Suku Toraja

 rumah adat Sulawesi Selatan.
(Celebes.co)

Berikutnya adalah rumah adat suku Toraja yang disebut Tongkonan. Hampir mirip dengan konsep rumah suku Mandar yang memanjang ke belakang, namun rumah adat suku Toraja mempunyai ciri khas di bagian atap.

Bagian atap mempunyai tanduk di sisi depan dan belakang. Rumah Tongkonan memiliki aturan wajib saat proses pembangunan. Aturan wajib tersebut adalah rumah Tongkonan wajib untuk menghadap ke utara. Hal ini dipercaya karena arah utara adalah tempat berkumpulnya suku adat Toraja dengan para leluhur setelah kematian.

Rumah Adat Suku Bugis

(Celebes.co)

Suku Bugis sangat menjunjung tinggi adat Sulawesi Selatan. Selain itu, Suku Bugis yang didominasi masyarakat muslim mengkombinasikan rumah dengan adat Sulawesi Selatan dengan budaya Islam. Rumah adat suku Bugis mengarah ke kiblat.

Pada rumah suku Bugis ada tiga bagian penting yaitu Rakkeang, Bola, dan Awasao. Pada bagian Rakkaeng, berfungsi untuk area menyimpan barang berharga. Barang-barang tersebut seperti emas, perak, keris, ataupun perhiasan. Rakkeang juga bisa dimanfaatkan sebagai area menyimpan persediaan makanan.

Bagian kedua adalah Bola atau Kalle Balla. Pada bagian ini khusus digunakan untuk kebutuhan pemiliknya. Maksudnya, area ini akan digunakan untuk ruang tamu, ruang tidur, ruang makan dan dapur.

Sementara ruangan terakhir adalah Awasao atau Passiringan. Pada bagian ini penghuni biasanya akan menyimpan hewan ternak. Selain itu pada ruangan ini, pemilik rumah juga akan mempergunakan sebagai area untuk menyimpan alat pertanian, maupun berbagai alat untuk bekerja.

Rumah Adat Khas Suku Makassar

(Celebes.co)

Pins, rumah dari suku Makassar di atas diberi nama julukan yaitu Bala. Rumah ini dibagi menjadi tiga bagian rumah yaitu bagian atap, inti rumah, serta kolong. Di bagian depan rumah terdapat tangga yang menjadi akses untuk naik ke lantai atas.

Sementara di bagian bawah rumah masih terdapat kolong panggung, sama seperti rumah adat di Sulawesi Selatan yang lain. 

Pada bagian atap rumah terbuat dari bahan ijuk atau jerami. Bala termasuk rumah panggung dengan ukuran paling besar. Bala mempunyai 10 tiang penyangga ketinggian yang mencapai 3 meter.

Nah, itu saja Pins rumah adat sulawesi selatan yang bisa Pins jadikan inspirasi. Siapa tahu tampilan tradisional rumah adat Sulawesi Selatan ini bisa menjadi referensi Pins dalam membangun rumah. 


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel