BlogLifestyleEdukasiMengapa Shalat Berjamaah Lebih Utama dari Shalat Sendirian? Ini Jawabannya
0
0

Mengapa Shalat Berjamaah Lebih Utama dari Shalat Sendirian? Ini Jawabannya

Dipublikasikan oleh Annisa Hapsari dan Diperbarui oleh Annisa Hapsari

Apr 13, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
mengapa shalat berjamaah lebih utama dari shalat sendiriantop-right-banner

Mengapa shalat berjamaah lebih utama dari shalat sendirian? Shalat berjamaah pahalanya ternyata sangatlah besar. Maka tak heran jika Allah SWT selalu menyarankan untuk shalat berjamaah daripada sendiri. Dalam sebuah hadis dijelaskan bahwa sebaik-baiknya laki-laki adalah yang menjalankan shalat berjamaah di masjid. Sebab, setiap langkahnya akan dicatat sebagai pahala oleh Allah SWT.

Pinhome – Berikut penjelasan mengenai pahala shalat berjamaah serta keutamannya lainnya. Jika kebetulan saat ini Pins masih jarang mengamalkan, perlu membaca ulasan ini sampai habis. 

Perintah untuk Shalat Berjamaah

Source : Wikimedia Commons

Mengapa shalat berjamaah lebih utama dari shalat sendirian? Nah, perintah shalat berjamaah termuat dalam surah Al-Baqarah ayat 43. Berikut bacaanya: 

وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَارْكَعُوا مَعَ الرَّاكِعِينَ

Artinya: \\\\\\\”Dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan rukuklah bersama orang-orang yang rukuk.\\\\\\\”

Walau tak disebutkan secara gamblang bahwa ayat tersebut ialah perintah menjalankan shalat berjamaah, tapi beberapa ulama menafsirkan demikian. Tak hanya itu, Nabi Muhammad SAW sendiri pun menganjurkan umatnya untuk menunaikan shalat lima waktu secara berjamaah. Bahkan, dalam sebuah hadis pun dikatakan bahwa tak sempurna shalat seorang muslim yang bertetangga jika tak dilakukan secara berjamaah.  Sebagaimana bunyi hadis yang artinya seperti berikut: 

\\\\\\\”Tidak sempurna shalat seseorang yang bertetangga dengan masjid kecuali dengan berjamaah. – HR. Ahmad.

Namun demikian, shalat berjamaah tak harus selalu dilakukan di masjid. Kamu pun dapat menjalankan shalat berjamaah di rumah, khususnya ketika situasi tidak memungkinkan. 

Baca Juga: Bacaan Doa Sesudah Sholat Fardhu Yang Wajib Diketahui

Hukum Shalat Lima Waktu Berjamaah

mengapa shalat berjamaah lebih utama dari shalat sendirian
Source : Flickr

Ada dua hukum shalat lima waktu secara berjamaah, yakni fardhu ain dan fardhu kifayah. Berikut penjelasan keduanya: 

Fardhu kifayah

Shalat berjamaah dikatakan sebagai fardhu kifayah, karena bila sudah ada yang menjalankan maka gugur kewajiban orang lain untuk melakukannya. Namun, jika tak ada satu pun yang  menjalankan, maka dosalah semua orang yang ada di situ. Sebab, shalat berjamaah merupakan bagian dari ajaran Islam. 

Dalam kitab Raudhatut-Thalibin karya Imam An-Nawawi disebutkan bahwa:

\\\\\\\”Sholat jamaah itu hukumnya fardhu ain untuk sholat Jumat. Sedangkan untuk sholat fardhu lainnya, ada beberapa pendapat. Yang paling shahih hukumnya adalah fardhu kifayah, tapi juga ada yang mengatakan hukumnya sunah dan yang lain mengatakan hukumnya fardhu ain.”

Fardhu ain

Dalam sebuah hadis, Nabi Muhammad SAW pernah mengatakan demikian:  dalil, dikatakan demikian:

“Sungguh aku punya keinginan untuk memerintahkan shalat dan didirikan, lalu aku memerintahkan satu orang untuk jadi imam. Kemudian pergi bersamaku dengan beberapa orang membawa seikat kayu bakar menuju ke suatu kaum yang tidak ikut menghadiri shalat dan aku bakar rumah-rumah mereka dengan api.\\\\\\\” – HR. Bukhari dan Muslim.

Jika merujuk dari hadis di atas, shalat berjamaah hukumnya adalah fardhu ain atau diwajibkan untuk seluruh umat Islam. 

Baca Juga: Niat Sholat Maghrib Lengkap, Mulai Dari Sholat Sendiri Hingga Berjamaah

Pahala Shalat Berjamaah

mengapa shalat berjamaah lebih utama dari shalat sendirian
Source : Flickr

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa shalat berjamaah pahalanya sangatlah besar. Bahkan Rasulullah SAW pernah mengatakan sebagaimana berikut: 

عَنِ ابْنِ عُمَرَ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ: «صَلَاةُ الْجَمَاعَةِ أَفْضَلُ مِنْ صَلَاةِ الْفَذِّ بِسَبْعٍ وَعِشْرِينَ دَرَجَةً»

Artinya: \\\\\\\”Dari Ibnu Umar, sesungguhnya Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda: \\\\\\\’Shalat berjamaah itu sungguh lebih utama (afdhal) daripada sholat yang dilakukan dengan sendiri. (Ibarat) 1 berbanding dengan 27 derajat.\\\\\\\” – HR Bukhari dan Muslim.

Dari Abu Sa’id Al Khudri, beliau berkata bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda seperti berikut: 

الصَّلاَةُ فِى جَمَاعَةٍ تَعْدِلُ خَمْسًا وَعِشْرِينَ صَلاَةً فَإِذَا صَلاَّهَا فِى فَلاَةٍ فَأَتَمَّ رُكُوعَهَا وَسُجُودَهَا بَلَغَتْ خَمْسِينَ صَلاَةً

Artinya: “Shalat jama’ah itu senilai dengan 25 shalat. Jika seseorang mengerjakan shalat ketika dia bersafar, lalu dia menyempurnakan ruku’ dan sujudnya, maka shalatnya tersebut bisa mencapai pahala 50 shalat.”

Lalu, berdasarkan riwayat dari Abu Musa radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah SAW bersabda: 

أَعْظَمُ النَّاسِ أَجْرًا فِي الصَّلاَةِ أَبْعَدُهُمْ، فَأَبْعَدُهُمْ مَمْشًى وَالَّذِي يَنْتَظِرُ الصَّلاَةَ حَتَّى يُصَلِّيَهَا مَعَ الإِمَامِ أَعْظَمُ أَجْرًا مِنَ الَّذِي يُصَلِّي، ثُمَّ يَنَامُ

Artinya: \\\\\\\”Orang yang paling banyak mendapatkan pahala dalam shalat adalah mereka yang paling jauh (jarak rumahnya ke masjid), karena paling jauh jarak perjalanannya menuju masjid. Dan orang yang menunggu salat hingga dia melaksanakan shalat bersama imam itu lebih besar pahalanya dari orang yang melaksanakan salat kemudian tidur.\\\\\\\” – HR Bukhari dan Muslim.

Jika merujuk dari hadis di atas, maka pahala shalat berjamaah yang banyak ialah karena langkah menuju ke masjidnya. Besarnya pahala tersebut karena jauhnya rumah dari masjid dan juga karena bolak-balik pergi ke masjid.

Selain limpahan pahala, shalat berjamaah pun memiliki banyak keutamaan. Allah SWT bahkan mengutus para malaikat untuk mengangkat dosa-dosa umat-Nya yang rajin menjalankan shalat berjamaah di masjid ataupun di rumah. Sebagaimana firman Allah SWT berikut ini: 

وَأَقِيمُوا۟ ٱلصَّلَوٰةَ وَءَاتُوا۟ ٱلزَّكَوٰةَ وَٱرْكَعُوا۟ مَعَ ٱلرَّٰكِعِينَ

Artinya: \\\\\\\”Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat, dan rukuklah beserta orang-orang yang rukuk.\\\\\\\” (QS Al Baqarah: 43)

Dalam riwayat Abu Hurairah pun dijelaskan demikian:

“Rasulullah bersabda, “Malaikat mendoakan setiap orang selama ia masih berada di tempat shalatnya (di masjid), sepanjang tidak berhadats; ‘Ya Allah, ampunilah iya; ya Allah, sayangilah ia.” – HR. Abu Hurairah.

Mengingat bahwa shalat berjamaah merupakan sunnah rasul, maka Nabi Muhammad SAW pun menjanjikan surga bagi mereka yang menjalankannya. Sebagaimana arti dari hadis berikut: 

“Barangsiapa menghidupkan sunnahku, maka ia mencintaiku, Dan barangsiapa mencintai ku, maka ia akan bersamaku di surga.” – HR At-Tirmidzi dari Anas bin Malik.

Setelah mengetahui betapa besar pahala shalat berjamaah, hendaknya kita sebagai umat muslim mulai menguatkannya. Mengingat situasi masih dalam masa pandemi, maka sebaiknya shalat berjamaah ini dilakukan di rumah. Jangan khawatir, pahala pun sama besarnya kok dengan berjamaah di masjid.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download