Mari Pahami Perbedaan Investasi dan Trading!

Diperbarui oleh Syahya Rembulan ∙ November 28, 2022 ∙ 5 menit membaca

Hingga kini, masih banyak yang belum mengetaui apa perbedaan investasi dan trading. Untuk para profesional mungkin sudah tidak asing lagi dengan dua hal ini. Pasalnya investasi dan trading memiliki tujuan yang sama, melainkan hanya cara kerjanya saja yang berbeda.

Saat ini, bisnis saham banyak dilirik karena jumlah keuntungan yang didapat bisa lumayan banyak jika tahu strategi yang baik dalam melakukan proses transaksinya. Namun, ada beberapa istilah yang perlu dipahami sebelum kamu memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis saham, seperti halnya perbedaan investasi dan trading.

Kedua istilah tersebut penting untuk diketahui jika kamu berniat untuk berkecimpung dalam dunia bisnis saham, baik online maupun tidak. Lalu, apa pengertian investasi dan trading, dan apa perbedaan investasi dan trading itu sendiri?

Baca juga: Bagaimana Cara Memulai Investasi di Usia Muda?

Perbedaan Investasi dan Trading

perbedaan investasi dan trading
(Shutterstock)

Secara garis besar, investasi dan trading merupakan dua hal yang dilakukan dalam dunia bisnis saham. Keduanya juga memiliki resiko tingkat rendah, tinggi, hingga yang paling tinggi. Oleh karenanya, sebelum melakukan investasi maupun trading dibutuhkan pemahaman yang baik terlebih dahulu.

Lantas, apa perbedaan investasi dan trading? Pada pembahasan kali ini, Pinhome akan memberikan uraian lengkap tentang perbedaan investasi dan trading serta kelebihan dan kekurangannya.

Baca juga: Perlu Tahu! Apa Itu Bitcoin dan Bedanya dengan Instrumen Investasi Lain?

Pengertian Investasi

perbedaan investasi dan trading
(Shutterstock)

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian investasi dijelaskan sebagai kegiatan yang melibatkan penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan di masa mendatang.

Secara sederhana, investasi adalah usaha kita mengumpulkan uang supaya memperoleh keuntungan nantinya. Contohnya, ketika kamu melakukan investasi saham, artinya kamu memberikan atau menaruh sejumlah dana di suatu perusahaan.

Secara langsung kamu akan memiliki hak klaim atas penghasilan atau income yang diperoleh perusahaan tersebut. Dengan begitu, kamu isa mendapat keuntungan dari dana yang kamu berikan di perusahaan tersebut di masa mendatang. Orang yang  melakukan investasi tersebut disebut sebagai investor.

Investasi merupakan kegiatan jangka panjang dan tidak berfokus pada  naik turunnya harga saham di pasaran, karena prinsipnya yaitu buy and hold. Jadi seorang investor bisa memegang kepemilikan saham tersebut sampai jangka waktu yang dia tentukan sendiri.

Jangka waktu tersebut pada umumnya sekitar 1 tahun atau lebih, baru kemudian di jual jika dirasa keuntungan sudah bisa didapat.

Baca juga: Apa skill yang harus dimiliki investor Real Estat?

Pengertian Trading

investasi di usia muda
(Forbes)

Trading merupakan kata dalam Bahasa Inggris yang berasal dari bentuk dasar  trade. Berdasarkan Lektur.id, trade diartikan sebagai suatu kegiatan jual beli atau perdagangan. Ketika kamu melakukan trading, artinya kamu melakukan kegiatan jual beli.

Orang yang melakukan trading di sebut sebagai trader. Dilansir dari, Financialku.com juga menyebutkan bahwa trading ini dilakukan dalam rentang waktu yang relatif pendek sekitar 30 menit dan paling lama 1 minggu.

Jika kamu kerap membeli saham saat harganya rendah untuk dijual kembali ketika harganya naik sewaktu-waktu, maka kamu bisa disebut sebagai trader. Karena itu jumlah transaksi yang dilakukan seorang trader akan jauh lebih banyak daripada investor.

Sebagai trader, kamu juga memiliki kebebasan untuk memilih saham mana yang akan dibeli atau jual sesuai keinginan. Dari pengertian di atas, dapat dilihat bahwa perbedaan investasi dan trading terdapat di makna dan jenis kegiatanya.

Selain itu, perbedaan kedua istilah tersebut juga terlihat jelas pada penekanan waktu ketika transaksi dilakukan. Seorang trader akan memanfaatkan kesempatan kapan pun itu jika dirasa keuntungan bisa didapatkan.

Sedangkan investor akan memberikan dananya untuk melakukan transaksi yang sekiranya dapat menambah keuntungan yang bisa diperoleh seiring waktu berjalan. Perbedaan investasi dan trading juga bisa dilihat dari keuntungan dan kerugian masing-masing kegiatan.

Baca juga: Mengenal Investasi Obligasi untuk Para Investor Muda

Keuntungan dan Kerugian Investasi

perbedaan investasi dan trading
(Shutterstock)

Keuntungan yang bisa didapatkan investor menggunakan analogi menabung di bank. Dengan menabung di bank, investor akan mendapatkan bunga dari dana yang didepositokan tanpa harus repot menjalankan transaksi bisnis secara langsung karena yang akan bekerja adalah pihak bank.

Investasi bisa jadi pilihan yang tepat bagi kamu yang disibukkan dengan banyak pekerjaan. Jika trader mendapatkan kebebasan untuk memilih saham mana yang akan mereka beli atau jual, lain halnya dengan investor.

Investor tidak dapat memilih target profit secara mandiri karena semua transaksi bukan dilakukan oleh investor. Sebab itu investor tidak memiliki kendali penuh atas naik dan turunnya profit yang diterima.

Baca juga: Ketahui Istilah-Istilah dalam Saham untuk Investor Pemula Sebelum Investasi

Keuntungan dan Kerugian Trading

(Kompas)

Beberapa sumber menuliskan bahwa dengan transaksi yang bisa dilakukan secara langsung, maka keuntungan bisa didapatkan dalam waktu yang singkat. Sehingga, seorang trader tidak perlu menyimpan saham mereka terlalu lama.

Selain itu, trader juga memiliki banyak pilihan saham yang bisa dibeli maupun jual untuk upaya menambah profit. Proses transaksi yang terkendali memungkinkan trader untuk mendapatkan keuntungan yang besar secara cepat.

Walaupun begitu, berbagai sumber lainnya juga menyebutkan bahwa harga saham yang cenderung berubah-ubah tiap waktu, membuat kegiatan trading memiliki resiko fluktuatif untuk harga saham di pasaran.

Tentunya ini membawa resiko kerugian untuk trader karena harga jual saham mereka bisa turun. Apabila trader salah memilih strategi dalam bertransaksi, kerugian yang akan dialami pun cukup signifikan.

Sebagaimana dengan penjelasan yang sudah diberikan diatas mengenai perbedaan investasi dan trading saham, kira-kira mana kah yang lebih cocok denganmu? Semua memiliki keuntungan dan kerugiannya masing-masing, oleh karenanya pilihlah berdasarkan preferensimu sendiri ya, Pins!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami The Elements dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Gadget
Gadget 12 Rekomendasi HP Vivo 3 Jutaan Cocok Untuk Gaming!

Smartphone terbaru selalu menjadi pilihan menarik bagi para pecinta gadget. Kali ini, artikel berik

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 10 Desain Atap Bambu Unik & Cara Membangunnya

Desain atap bambu unik dan menarik serta kental dengan nuansa tradisional. Atap seperti ini cocok u

Lifestyle
Lifestyle 50 Ucapan Ulang Tahun Untuk Istri Menyentuh Hati

Hari ulang tahun adalah hari yang paling berbahagia untuk seseorang, termasuk pasangan kamu. Ucapan

Finansial
Finansial Pengertian Equity Hingga Cara Menghitungnya, Cek Di sini!

Apa itu equity? Equity adalah istilah yang sering digunakan pada investasi. Terkait investasi, jika

Finansial
Finansial 10 Forum Crypto Indonesia dan Global Sebagai Sarana Berdiskusi

Untuk mempelajari dan menguasai crypto, kini semakin mudah karena banyaknya forum crypto Indonesia

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia