BlogLifestyleKesehatan13 Manfaat dari Jamu Pahitan untuk Kebugaran Tubuh
0
0

13 Manfaat dari Jamu Pahitan untuk Kebugaran Tubuh

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Agu 18, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Jamu pahitan biasanya terdapat campuran daun sambiloto didalamnya. Meskipun rasanya pahit dengan aroma herbal yang khas namun manfaat jamu pahitan tidak boleh dipandang sebelah mata. Dampaknya terlihat mampu menjaga kebugaran tubuh baik wanita maupun laki-laki.

Begitu pula dengan KPR rumah yang memberikan kelebihan kemudahan mendapatkan hunian di usia muda. Kamu bisa membeli rumah bekas di Kec Bandung Kidul maupun rumah di Jagakarsa. Memperoleh properti seperti Bali Resort Tangerang bukan jadi mimpi semata.

Manfaat dari Jamu Pahitan Bagi Tubuh

Sebenarnya apa manfaat jamu pahitan ini sehingga eksistensinya tetap bertahan hingga kini? Kamu dapat menemukan khasiatnya dengan menyimak poin di bawah ini!

1. Melancarkan Haid

Source : Pexels

Haid yang tidak teratur bisa diobati dengan mengkonsumsi jamu tradisional. Bahan yang ada dalam jamu menggunakan tumbuhan alami sehingga efek samping tergolong minim. Jamu pahitan mempunyai sifat depuratif yang ampuh mengeluarkan racun. Dengan begitu haid jadi lebih lancar dan jarang terlambat menstruasi.

2. Pereda Nyeri 

Dalam jamu terkandung sifat antiinflamasi, antihiperglikemik, dan antioksidannya yang tinggi. Rasa nyeri ketika haid pada wanita dapat teratasi dengan baik. Selain itu jamu pahitan berkhasiat sebagai obat nyeri sendi atau nyeri otot.

Baca juga: Cara Membersihkan Mata dengan Daun Sirih, Amankah?

3. Mengobati ISPA

Source : Pxhere

ISPA merupakan singkatan untuk infeksi saluran pernapasan mulai dari level ringan hingga berat. Beberapa contoh penyakit ISPA antara lain adalah pilek, batuk hingga asma. Jamu pahitan mempersingkat durasi batuk, panas dalam hingga gejala pilek. 

Dalam jamu pahitan terkandung andrographis dan eleuthero mampu memperbaiki gejala flu dalam 72 jam setelah terserang penyakit ISPA. Gejala asma bisa diredakan bahkan mengurangi resiko kambuhnya penyakit asma dikemudian hari.

4. Menambah Nafsu Makan

Jamu pahitan manfaat menambah nafsu makan baik pada anak-anak maupun kalangan dewasa. Kandungan kurkumin dalam temu ireng menjadi peningkat selera makan. Minuman herbal ini cocok bagi kamu yang ingin menambah berat badan dan bisa dijadikan minuman diet harian.

5. Menyembuhkan Infeksi

Source : Pixabay

Kamu mengalami infeksi atau peradangan seperti gatal-gatal dan kulit merah? Gunakan daun sambiloto dalam jamu pahitan sebagai antivirus, antibakteri, dan anti parasit yang menyembuhkan berbagai infeksi seperti sinusitis. 

Daun sambiloto menghentikan proses bakteri yang menempel pada lapisan sinus sehingga pasien lebih cepat sembuh. Jamu pahitam juga mampu menyembuhkan penyakit lain seperti kusta, pneumonia, herpes, sifilis dan lainnya.

6. Mengatasi Demam dan Pegal-pegal

Daun sambiloto yang dikombinasikan dengan brotowali berkhasiat mengatasi demam dan pegal-pegal. Jamu pahitan menjaga stamina tubuh supaya tetap mendukung aktivitas sehari-hari. Antioksidan dalam kedua tanaman herbal tersebut mampu mengatasi kelelahan untuk berbagai kalangan usia.

7. Menjaga Kecantikan Kulit

Source : Pexels

Tidak hanya baik untuk kesehatan fisik saja namun jamu pahitan menjaga kecantikan kulit. Konsumsi minumannya mengatasi jerawat dan membersihkan darah kotor sehingga tidak menyebabkan jerawat muncul kembali. Kulit turut cerah dan lembab sepanjang hari.

8. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kadar kolesterol dalam tubuh yang tinggi beresiko menyebabkan berbagai macam penyakit kronis. Misalnya serangan jantung hingga stroke yang bisa menyerang siapa saja bahkan anak-anak. Khususnya anak yang punya cacat bawaan, kelainan pembuluh darah maupun faktor keturunan.

Bagi penderita kolesterol tinggi, jamu pahitan menurunkan kadar kolesterol. Bahan alaminya dari sambiloto tidak mengandung efek samping berarti kecuali kamu punya alergi pada bahannya.

Baca juga: 10 Jenis Makan yang Tinggi Kalium untuk Tubuh

9. Mencegah Diabetes

Source : Pexels

Jamu pahitan manfaat lainnya adalah mencegah diabetes.  Khasiat dari jamunya adalah mengontrol kadar gula dalam darah. Selain mengkonsumsi jamu perlu didukung pula dengan gaya hidup sehat. Sebaiknya atur pola makan dengan menu sehat, berolahraga hingga penuhi asupan cairan tubuh.

10. Melancarkan Pencernaan

Jamu pahitan sudah lama dikenal mampu melancarkan pencernaan. Khususnya ketika kamu mengalami sembelit atau diare. Fungsi jamu pahitan adalah meredakan konstipasi dan masalah pencernaan lainnya secara berkala. 

Dengan minum jamu pahitan mampu meningkatkan produksi air liur. Dampaknya meningkatkan produksi asam lambung dan enzim pencernaan. Rasa kembung dapat diredakan lebih cepat.

11. Mengatasi Sakit Kepala

manfaat jamu pahitan untuk sakit kepala
Source : Pexels

Sakit kepala mengganggu banyak aktivitas sehari-hari dan kurang fokus dalam melakukan sesuatu. Untuk meredakannya minum jamu pahitan  dengan porsi yang cukup.

12. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Ternyata khasiat jamu pahitan adalah mencegah pertumbuhan sel kanker. Kamu bisa mencegah kanker prostat, payudara, patoma hingga melanoma dengan minum jamu pahitan. Daun sambiloto memaksimalkan chemokine yang menekan pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Baca juga: 10 Jenis Makanan untuk Orang Diare Agar Cepat Sembuh

13. Meningkatkan Fungsi Hati

manfaat jamu pahitan untuk hati
Source : Pxfuel

Kandungan antioksidan tinggi serta sifat anti radangnya mampu meningkatkan fungsi hati. Kandungan zat dalam jamu mengeluarkan racun lebih cepat dalam hati. Dalam jamu pahitan terkandung lempuyang, brotowali, daun meniran, daun serai, temuireng dan lainnya. Semua bahan tersebut direbus dalam satu kuali kemudian disaring dan dikonsumsi langsung.

Jangan berlebihan konsumsi jamu dan perhatikan kandungan bahan kimia dalam jamu kemasan. Gunakan jamu kemasan yang telah teruji BPOM dan tidak mengandung zat kimia berbahaya. Konsultasikan kepada dokter jika memiliki riwayat medis tertentu dan konsumsinya bisa aman sesuai standar medis.

Manfaat jamu pahitan mampu menurunkan kadar kolesterol hingga menjaga kecantikan kulit. Khasiatnya dapat pula menyembuhkan infeksi, meningkatkan nafsu makan hingga mengatasi demam.

Feature Image Source: Pxhere


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Daun Village dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download