BlogLifestyleEdukasiPanduan Kunci Gitar untuk Pemula, Praktis dan Mudah
0
0

Panduan Kunci Gitar untuk Pemula, Praktis dan Mudah

Dipublikasikan oleh Nabila Azmi dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Sep 22, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
kunci gitartop-right-banner

Dalam perjalanan mencari properti yang ideal, seperti ketika membeli rumah di Bogor, misalnya di Puri Tenjo, tak jarang Pins memerlukan panduan, sebagaimana memainkan kunci gitar.

Seperti dalam pengajuan KPR yang lancar, panduan ini menjadi landasan untuk mendapatkan harmoni yang sesuai. Dengan begitu, Pins bisa mendapatkan akord yang tepat dan menciptakan melodi yang enak didengar. Begini panduan memainkan gitar dengan baik!

Mengenal Chord Gitar

Dalam dunia musik, gitar adalah alat yang memiliki enam senar atau dawai, yang diurutkan dari yang terkecil hingga yang terbesar, dengan yang terbesar berada di atas. Ini berlaku untuk semua jenis alat musik kontemporer ini, baik itu gitar akustik maupun gitar elektrik.

Perbedaan antara keduanya terletak pada penyelarasan nada atau tuning. Begin penjelasan senar pertama hingga terakhir.

  • Senar pertama posisi terbawah – kunci E
  • Senar kedua – kunci B
  • Senar ketiga – kunci G
  • Senar keempat – kunci D
  • Senar kelima – kunci A
  • Senar keenam – kunci E

Dengan memahami prinsip dasar ini, Pins dapat menjelajahi berbagai macam akord dan melodi yang indah dengan gitar. Bahkan, kamu bisa mulai memainkan lagu di cafe atau restoran jika sudah percaya diri dan lumayan andal.

Baca juga: Alat Musik Tradisional

Kunci Dasar Gitar Untuk Pemula

Kunci dasar pada gitar dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu kunci dasar mayor dan kunci dasar minor. Kunci-kunci mayor yang paling umum digunakan termasuk C mayor, G mayor, A mayor, D mayor, dan E mayor. Setiap kunci memerlukan penempatan jari yang berbeda di atas senar, dan hal ini perlu kamu perhatikan.

Kamu dapat mengambil contoh dari tutorial dalam bentuk gambar atau video yang menunjukkan cara bermain gitar. Salah satu kunci penting untuk menguasai permainan gitar adalah dengan berlatih secara teratur.

Latihan ini bisa kamu lakukan pada waktu senggang agar kamu semakin mahir dalam memainkan alat musik ini. Bila perlu, cek chord lagu yang paling mudah untuk pemula, ya!

Cara Menyetem Kunci Gitar

Menyetem kunci pada gitar dapat dijalankan dengan berbagai metode. Salah satu opsi adalah menggunakan metode penyetaman standar atau memanfaatkan tuner, yang dapat berupa efek gitar atau aplikasi di perangkat Android. Kamu juga dapat melakukannya dengan mengatur instrumen-instrumen yang beragam dan menerapkan teknik harmonik.

Semua cara menyetem gitar ini dapat digunakan pada berbagai jenis gitar, baik itu gitar elektrik maupun gitar akustik. Teknik penyetaman gitar juga bisa diterapkan pada alat musik lainnya seperti bass atau ukulele.

1. Melatih Pendengaran dan Sensitivitas Nada

Penyeteman gitar memerlukan pemahaman terlebih dahulu terhadap kunci-kunci dasar gitar. Sebelum kamu mulai menyetem, pastikan kamu sudah memahami kunci-kunci dasar gitar dengan baik. Menyetem gitar secara manual adalah salah satu cara yang cukup mudah.

Namun, bagi pemula, langkah ini mungkin agak sulit. Hal ini karena kamu perlu melatih pendengaran dan sensitivitasmu terhadap nada-nada yang dihasilkan.

Penyeteman manual dilakukan dengan menekan senar tertentu pada fret yang sesuai. Pada fret kelima, tekan senar 6 dan tanpa menekan fret manapun, sesuaikan nadanya dengan senar 6.

Pada fret yang sama, tekan senar 5 dan sesuaikan nadanya dengan senar 4. Lanjutkan pada fret kelima, tekan senar 4 dan sesuaikan nadanya dengan senar 3.

Kemudian, pada fret keempat, tekan senar 3 dan sesuaikan nadanya dengan senar 2. Terakhir, pada fret kelima, tekan senar 1 dan sesuaikan nadanya.

Saat menyetel nada, hindari menekan fret dan bunyikan senar yang ingin disamakan nadanya. Metode penyeteman manual ini relatif mudah. Kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah di atas dan selalu mendengarkan dengan teliti suara yang dihasilkan.

Baca juga: Kunci Gitar Lagu Paling Mudah Dimainkan

2. Coba Tuning Standar

Setelah mempelajari kunci gitar dan menguasai semuanya, kita bisa lanjutkan pada cara-cara stem menggunakan tuning standar. Tuning standar banyak digunakan karena sering dipakai oleh para gitaris yang lagu-lagunya sering dimainkan di pasaran. Karena sudah banyak yang memakai, maka kita juga bisa menggunakannya.

Agar kita bisa melakukan penyeteman tanpa alat bantu seperti Tanner, tahapan-tahapannya terbilang mudah karnea kita bisa langsung melakukannya lewat lagu yang sudah pernah didengar. Temukan lagu yang intronya diawali chord E. Dengan chord tersebut, Pins akan dapat mengerti nada E walaupun tidak dipetik atau berada pada open string.

Salah satu contoh lagu yang menggunakan chord E pada permulaan lagunya ialah Peterpan dalam lagu Mimpi Yang Sempurna serta Bintang di Surga. Cobalah simak beberapa lagu tersebut dan simak pula chordnya yang pertama ketika berada di rumah baru di Depok.

Setelah mendengarkannya, sesuaikan nada dengan senar keenam pada gitar masing-masing. Jika sudah selesai, tahap berikutnya ialah memakai metode yang tadi sudah dijelaskan, yaitu menggunakan penyeteman manual.

Belajar Kunci Gitar Dengan Lagu Gampang

Penyeteman gitar juga dapat menggunakan instrumen lain. Menyesuaikan instrumen lain ini biasanya akan dilakukan ketika kita sudah memasuki dalam studio. Terkadang, setelan nada dalam gitar akan ada sedikit perbedaan dengan instrumen lain. Sama seperti ketika pins memilih perumahan baru di Cikarang, tentu akan ada perbedaan satu sama lain.

Agar terdengar mirip, Pins bisa menyesuaikannya dengan suara instrumen lain, contohnya keyboard. Tidak hanya gitar, namun kita juga bisa memainkan bass menggunakan teknik ini. Terutama saat kita sedang berlatih bersama-sama bersama seluruh anggota band.

Menyetem kunci gitar juga bisa dipelajari secara otodidak melalui tahapan-tahapan yang dipaparkan di atas. Setelah memahami kunci-kunci dasar pada gitar serta cara menyetem gitar, Pins bisa melanjutkan pada tips-tips bermain gitar di bawah ini.

Tips Belajar Main Gitar untuk Pemula

Bermain gitar tentu akan melibatkan perasaan dan juga jiwa seseorang. Untuk itu, jika hendak belajar memainkan gitar, kamu juga harus menjiwai panther senar yang dipetik oleh diri sendiri. Agar bisa belajar memainkan bagian dari seni musik ini dengan lebih ahli lagi, awali dengan memilih instruksi dari internet ataupun buku.

1. Belajar Gitar Via Internet/Buku

Internet telah menjadi sumber ilmu yang bisa kita manfaatkan. Segala hal bisa dicari di Google. Kita juga bisa menggunakan internet untuk mempelajari gitar secara otodidak.

Selain itu, kita masih harus tetap bersikap konsisten dalam belajar serta berlatih agar bisa mencapai hasil yang maksimal. Terlebih lagi, kamu bisa meminta guru seni sekolah kamu, termasuk ketika belajar di SMAN 3 Bandung, untuk belajar main gitar, lho.

2. Agendakan Belajar Gitar secara Rutin

Jika perlu, susun agenda harian di mana kita dijadwalkan untuk berlatih bermain gitar. Adanya jadwal berlatih ini akan memudahkan kita untuk mencapai target tertentu dalam pelatihan menggunakan gitar.

Jika kita memantapkan niat dalam berlatih gitar, maka alat musik petik satu ini sudah bisa kita kuasai hanya dalam waktu satu bulan saja.

Baca juga: Kumpulan Kunci Gitar Lagu Batak Terpopuler

3. Tonton Musisi Gitar Favorit

Semuanya diawali dari mempelajari kunci gitar dan penyeteman gitar seperti yang dipaparkan di atas. Setelah dapat mengasah chord dasar dari gitar, tambahkan kemampuan dengan membiasakan menonton musisi favorit yang sedang mengadakan pentas.

Dari sini akan muncul motivasi agar kita senantiasa berlatih supaya diri sendiri dapat memainkan gitar se-ahli musisi favorit tersebut.

4. Pelajari Anatomi Gitar

Belajar memainkan gitar juga dapat diawali dengan mempelajari bagian-bagian dari gitar tersebut.  Hal ini terbilang wajib agar kita tahu komponen-komponen apa saja yang ada pada gitar serta apa fungsinya.

Ke depannya, wawasan kita seputar bagian-bagian gitar akan meningkat dan kita semakin paham bagaimana caranya menghasilkan suara yang enak didengar.

5. Rajin Praktek Kuncinya

Terakhir, berlatih secara rajin juga pasti akan sangat membantu dalam meningkatkan kemampuan dalam memainkan gitar. Sekadar teori takkan memadai jika belum dibarengi praktek. Latihan secara teratur serta rutin akan membantu dalam membiasakan tangan menekan senar berdasarkan chord dasar.

Pada awal latihan, mungkin kita belum akan terbaisa memetik senar. Namun dengan latihan yang dilakukan secara berulang-ulang, kita akan semakin terbiasa dan akhirnya menjadi ahli dalam bermain gitar. Kita juga bisa memanfaatkan waktu senggang dalam melatih permainan gitar agar menjadi semakin ahli.

Jika ada kesulitan yang dihadapi, kita dapat belajar secara otodidak dari internet, buku ataupun menanyakannya pada teman maupun keluarga yang sudah lebih ahli dalam permainan gitar. Adanya tutor dalam berlatih gitar akan membuat kita makin paham bagaimana caranya bermain gitar yang bagus agar dapat menghasilkan nada sesuai yang diinginkan.

Jenis 4 Petikan Gitar yang Mudah

Mempelajari gitar melibatkan lebih dari sekadar akor dan penyeteman. Penting untuk melatih memori otot tangan dan terbiasa dengan posisi jari sesuai akor. Setelah itu, kamu bisa berlatih memainkan gitar tanpa melihat senar terus-menerus, terutama jika tanganmu sudah terbiasa dan familiar dengan senar dan fret.

Selain itu, penting mengembangkan kekuatan jari di ujung, terutama jika ukuran tanganmu lebih kecil. Tips lain termasuk meningkatkan kekuatan jari fret dengan meremas bola atau menggunakan squishy. Setelah latihan ini, kamu bisa mulai memainkan satu lagu terlebih dahulu.

Melalui latihan berkelanjutan, kamu akan semakin terbiasa dengan gitar. Latihan dengan lagu favorit yang mudah dihafalkan akan mempermudah saat mencoba lagu-lagu yang lebih sulit. Misalnya, Pins bisa mencoba lagu-lagu terbaik Peterpan sebagai latihan.

Setelah mahir dengan lagu favorit, kamu akan lebih percaya diri dalam menghadapi lagu-lagu lain, bahkan yang kurang disukai. Ini adalah ringkasan tentang 4 petikan gitar yang mudah dan langkah-langkah dalam mempelajari gitar untuk pemula.

Dengan terus berlatih dan menambah ilmu seputar cara-cara memainkan gitar, bukan tidak mungkin kemampuan kita akan terus berkembang dan menjadi lebih baik lagi. Gitar bisa dimainkan di waktu senggang, saat kumpul bersama teman-teman ataupun saat menyanyikan satu lagu di atas panggung.

Baca juga: Alat Musik Gesek


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download