6 Teknik belajar gitar bass gampang dipahami dari dasar

Dipublikasikan oleh Eka Mandala ∙ October 17, 2022 ∙ 6 menit membaca

Sejarah Negara Com – 6 Teknik belajar gitar bass: Bass, namanya memang tak asing. Setiap grup band biasanya memiliki pemain bass atau bassist. Memang pemain bass kadang tak terlalu disorot seperti pemain alat musik gitar atau vokalis. Suara bass yang tak senyaring drum dan tak dinamis seperti gitar kadang juga tak begitu diperhatikan oleh sebagian orang.

Namun bass tetaplah penting dalam sebuah lagu terutama untuk band. Suara bass dapat menghubungkan suara dari alat-alat musik lainnya seperti drum dan gitar. Belajar bass sendiri bisa dilakukan sejak dini. Seperti bermain gitar saja juga bisa dilakukan oleh anak-anak sekolah dasar.

Alat musik bass bentuknya mirip dengan gitar. Banyak juga orang yang menyamakannya dengan gitar dan tak tahu perbedaannya.

Artikel berikut ini kita akan membahas tentang alat musik gitar dan juga cara belajar bermain bass untuk pemula. Selain itu akan dibahas pula beberapa pemain bass ternama yang bisa dijadikan contoh agar bisa menjadi pemain bass profesional.

Alat Musik Bass

Kebanyakan kita lebih mengenal gitar daripada bass. Bass sendiri berbentuk mirip dengan gitar namun memiliki senar yang berbeda. Bass merupakan alat musik berdawai seperti gitar dan harpa. Alat musik ini dikembangkan sekitar tahun 1930-an. Tampilannya serupa dengan gitar, namun dengan bodi yang lebih besar dan leher bass yang lebih panjang dibandingkan dengan leher gitar.

Ada beberapa jenis bass yaitu contra bass, cello bass, bass listrik, dan bass fretless. Contra bass dan cello bass biasanya digunakan untuk pertunjukan opera atau orchestra. Ukurannya besar dan lumayan berat.

Sedangkan bass listrik biasanya digunakan dalam sebuah band, seperti yang ada di grup band di Indonesia dan luar negeri. Bass listrik menggunakan listrik layaknya gitar listrik. Sedangkan bass fretless adalah jenis bass yang tidak memiliki kolom-kolom pada lehernya.

Orang-orang sendiri jika mengucapkan kata “bass” saja sudah bisa diartikan sebagai bass listrik atau bass akustik yang biasa dimainkan pemain band. Sedangkan jenis bass lainnya biasanya disebutkan secara lengkap misalnya contra bass atau double bass. Walaupun sama-sama bernama bass, alat musik contra bass bentuknya sedikit berbeda. Ukurannya mencapai 180 cm dan biasanya dimainkan dengan cara digesek.

Selain ukurannya, yang membedakan bass dengan gitar adalah jumlah senarnya. Senar pada gitar ada enam buah dan biasanya tipis-tipis. Senar pada bass biasanya hanya ada empat buah dan lebih tebal daripada senar gitar. Hal ini yang juga menyebabkan bahan badan bass biasanya lebih kokoh atau kuat daripada badan gitar.

Selain bersenar empat, ada juga bass yang bersenar enam dan juga lima. Bass yang bersenar enam memang jarang digunakan. Banyaknya senar tersebut memungkinkan pemain dapat menjangkau nada yang lebih luas dan bermain lebih variatif. Bass bersenar enam tersebut biasanya digunakan oleh pemain musik jazz.

Baca juga: Alat musik tiup: Bahan, Jenis, dan Contohnya

Belajar kunci bass

Penalaan senar pada bass dapat dilakukan dengan beberapa variasi seperti berikut:

a. Empat senar : “G-D-A-E”, “G-D-G-D”, “G-D-A-D”, “D-A-D-B”, “D-A-E-B”, “F-C-G-C”, dan “F-C-G-D”

b. Lima senar : “F-C-G-D-A”, “G-D-A-E-B” dan “C-G-D-A-E”

c. Enam senar : “C-G-D-A-E-B” dan “E-B-G-D-A-E”

Belajar Bermain Bass

Kapan bisa mulai belajar bermain bass? Belajar ataupun memainkan alat musik bisa dilakukan sejak dini. Bass tidak terlalu besar seperti contra bass atau cello jadi anak kecil yang mampu memangkunya dan tangannya dapat menjangkaunya bisa belajar alat musik ini.

Pemain bass biasanya juga bisa bermain alat musik lainnya seperti gitar. Bisa jadi mereka pertama-tama tertarik belajar gitar lalu setelah bisa kemudian beralih ke bass. Mungkin karena lebih tertarik pada bass atau pada suaranya. Namun belajar bass tanpa memiliki kemampuan belajar gitar juga dimungkinkan.

Dimana bisa belajar bass? Belajar alat musik bisa dilakukan dimana saja asalkan ada alat musiknya. Beberapa orang malah belajar bass dengan menggunakan gitar atau alat musik lain yang memiliki senar. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk belajar bermain bass, antara lain dengan belajar secara otodidak dan belajar melalui guru les. Saat ini merupakan era informasi via internet.

Banyak pemain bass yang melakukan sharing ilmu melalui blog atau situs web mereka. Kita bisa belajar melalui mereka dengan membaca ataupun melihat video pembelajarannya di youtube.

Jika kita termasuk orang yang sedikit susah untuk mendisiplinkan diri dalam belajar maka belajar melalui orang lain bisa jadi solusi. Guru les musik bisa ditemui dimana-mana. Teman ataupun saudara bisa juga kita jadikan guru kita jika mereka memang menguasai alat musik bass ini.

Pelajaran pertama bermain bass biasanya dimulai dengan mempelajari nada-nada pada senar bass. Selanjutnya bisa langsung melakukan latihan dasar. Kord dasar bisa kita cari di internet. Berlatih secara terus menerus akan membuat jari-jemari kita terbiasa dengan alat musik berdawai ini.

Jika sudah terbiasa kita bisa mencoba memainkan sebuah lagu menggunakan bass. Sebagian orang mudah peka dengan suara nada pada sebuah lagu sehingga dapat mengaplikasikannya suara tersebut pada alat musik seperti bass. Jika sebelumnya bisa bermain gitar tentu akan lebih mudah melakukannya. Kita perlu sering-sering mendengarkan musik dan mempelajari suara bass dari musik atau lagu tersebut.

Baca juga: Alat musik petik tradisional yang berasal dari daerah

Teknik bermain Bass

teknik bermain gitar bass

Bermain bass juga harus mengetahui tentang teknik-tekniknya. Teknik-teknik dalam bermain bass antara lain yaitu:

1. Teknik slap

Slap berarti tamparan. Teknik ini menggunakan ibu jari kita untuk menampar sebuah senar bass sedangkan jari lainnya memetik atau mencabik senar lain atau senar yang berbeda.

2. Teknik Popping

Teknik ini dapat menimbulkan suara yang keras karena menarik senar dengan keras lalu melepaskannya sampai membentur fret.

3. Teknik Up Down Thumb

Teknik ini mirip dengan bermain gitar. Kita menggunakan ibu jari sebagai picknya sedangkan jari-jari lainnya digunakan untuk memetik senar.

4. Teknik Alternate Picking

Cara ini biasa digunakan oleh para bassist. Caranya dengan menggunakan dua buah jari bergantian untuk memetik senar.

5. Teknik Tapping

Cara ini dilakukan dengan menekan senar dengan ujung jari lalu menggesernya sedikit.

6. Teknik Neck Bending

Teknik ini serupa yang biasa dilakukan pada saat bermain gitar. Saat senar kita petik maka kita juga menekan senar yang ada pada ujung leher bass.

Mempelajari teknik tersebut perlu juga didampingi oleh orang yang sudah bisa bermain bass. Kekuatan jari diperlukan dalam memainkan alat musik ini.

Baca juga: Alat musik modern: dipetik, ditiup, dipukul, dan digesek

Pemain Bass Terkenal

Saat kita bermain bass tentu kita biasanya memiliki idola pemain bass atau bassist yang sudah profesional. Berikut ini beberapa nama pemain bass yang sudah terkenal.

  1. Steve Harris (bassist Iron Maiden)
  2. John Paul Jones (bassist Led Zeppelin)
  3. Dave Ellefson (bassist Megadeth)
  4. Cliff Burton (bassist Metallica)
  5. John Myung (bassist Dream Theater)
  6. Roger Glover (bassist Deep Purple)

Selain bassist luar negeri, di Indonesia juga banyak pemain bass profesional dengan kemampuan yang baik. Mereka antara lain Thomas Ramdhan dari Gigi, Bondan Prakoso, dan Chua dari Kotak.

Gambar gitar bass

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 10 Inspirasi Desain Tampak Depan Rumah Mewah untuk Hunian Idamanmu

Menentukan desain rumah bisa sangat menyita waktu dikarenakan adanya banyak pertimbangan. Pertimban

Lifestyle
Lifestyle 13 Rekomendasi Aplikasi Belanja Online Terbaik

Seiring berkembangnya teknologi, belanja kebutuhan sehari-hari menjadi sangat mudah. Saat ini banya

Finansial
Finansial Mau Tahu Perbandingan Bunga KPR di 10 Bank Ternama Ini?

Per Januari 2023, banyak bank yang menawarkan suku bunga KPR yang rendah. Setidaknya, terdapat 10 b

Finansial
Finansial Masa Berlaku BI Checking Hanya 5 Tahun? Apa Benar?

BI checking adalah salah satu hal yang dipertimbangkan lembaga keuangan bank pada saat nasabah meng

Gadget
Gadget 12 Rekomendasi HP Xiaomi 3 Jutaan Terbaik di Kelasnya

Menyiapkan anggaran Rp3 jutaan untuk membeli handphone merupakan budget yang cukup. Paling tidak, P

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia