Pinhome

Keteladanan dan Keutamaan Sifat Nabi Saleh AS

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 26 October 2021 ∙ 5 menit membaca

Jumlah seluruh nabi sejatinya sangat banyak. Namun, dalam Islam, yang wajib diketahui dan diimani hanya ada 25 nabi dan rasul. Masing-masing nabi dan rasul memiliki kisah yang berbeda-beda. Termasuk dengan Nabi Saleh. Nabi Saleh AS diutus oleh Allah SWT untuk memperbaiki sikap dan berdakwah kepada kaum Tsamud. 

Pinhome – Semasa hidupnya, Nabi Saleh AS banyak melakukan perjuangan untuk Islam. Kisah teladan Nabi Saleh ini dituliskan dalam banyak surah di Al-quran dan hadis. Jika Pins membaca kisah tersebut, maka akan tertarik untuk memahami sifat teladan Nabi Saleh ini. Berikut kisah teladan Nabi Saleh yang perlu Pins pahami. 

Baca Juga: Sifat-Sifat Yang Dimiliki Oleh Umar Bin Khattab Adalah Sebagai Berikut!

Perintah Allah SWT kepada Nabi Saleh AS untuk Berdakwah terhadap Kaum Tsamud

(Max Pixel)

Nabi Saleh AS hidup di antara kaum Tsamud yang kini mendiami daerah Suriah dan Yaman. Menurut cerita, tempat tinggal kaum Tsamud merupakan bagian dari daerah yang dimiliki oleh kaum A’ad. 

Baca Juga: Yuk Simak Dan Sebutkan Sifat-Sifat Yang Dimiliki Abu Bakar As Siddiq

Dalam sebuah kisah, diceritakan bahwa bahwa kaum Tsamud sesungguhnya menempati daerah yang subur, makmur, dan penuh dengan kekayaan alam. Sayangnya tempat tersebut diluluhlantakkan oleh bencana karena kaum Tsamud menyembah berhala. 

Melihat hal tersebut, Allah SWT lantas mengutus Nabi Saleh AS untuk berdakwah kepada mereka. Allah SWT memerintahkan Nabi Saleh untuk membimbing kaum Tsamud agar selalu berada di jalan-Nya. 

Lewat surah Al-Araf ayat 73, Allah SWT berfirman: 

 وَإِلَىٰ ثَمُودَ أَخَاهُمْ صَالِحًا ۗ قَالَ يَا قَوْمِ اعْبُدُوا اللَّهَ مَا لَكُمْ مِنْ إِلَٰهٍ غَيْرُهُ ۖ قَدْ جَاءَتْكُمْ بَيِّنَةٌ مِنْ رَبِّكُمْ ۖ هَٰذِهِ نَاقَةُ اللَّهِ لَكُمْ آيَةً ۖ فَذَرُوهَا تَأْكُلْ فِي أَرْضِ اللَّهِ ۖ وَلَا تَمَسُّوهَا بِسُوءٍ فَيَأْخُذَكُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ 

Artinya: “Dan (Kami telah mengutus) kepada kaum Tsamud saudara mereka Shaleh. Ia berkata: “Hai kaumku, sembahlah Allah, sekali-kali tidak ada Tuhan bagimu selain-Nya. Sesungguhnya telah datang bukti yang nyata kepadamu dari Tuhanmu. Unta betina Allah ini menjadi tanda bagimu, maka biarkanlah dia makan di bumi Allah, dan janganlah kamu mengganggunya dengan gangguan apapun, (yang karenanya) kamu akan ditimpa siksaan yang pedih.”

Kisah Keteledanan Nabi Saleh AS

(Pixabay)

Dimulailah kisah keteladanan Nabi Saleh yang berdakwah kepada kaum Tsamud. 

Sama seperti nabi terdahulu, dakwah dari Nabi Saleh pun diterima oleh sebagian kaum Tsamud. Sebagian lagi menolak dakwah Nabi Saleh secara terang-terangan. Sebagai pembuktian, kaum Tsamud meminta Nabi Saleh AS untuk menunjukkan mukjizatnya. Karena tantangan tersebut, Nabi Saleh pun lantas berdoa kepada Allah SWT agar diberikan mukjizat. 

Allah SWT mendengar doa tersebut. Dia lantas membuat menciptakan seekor unta betina yang dilahirkan dari batu gunung. Dalam surah Hud ayat 64, dituliskan demikian: 

وَيَٰقَوْمِ هَٰذِهِۦ نَاقَةُ ٱللَّهِ لَكُمْ ءَايَةً فَذَرُوهَا تَأْكُلْ فِىٓ أَرْضِ ٱللَّهِ وَلَا تَمَسُّوهَا بِسُوٓءٍ فَيَأْخُذَكُمْ عَذَابٌ قَرِيبٌ

Artinya: “Hai kaumku, inilah unta betina dari Allah, sebagai mukjizat (yang menunjukkan kebenaran) untukmu, sebab itu biarkanlah dia makan di bumi Allah, dan janganlah kamu mengganggunya dengan gangguan apapun yang akan menyebabkan kamu ditimpa azab yang dekat.”

Berkat keberkahan mukjizat tersebut, sebagian kaum Tsamud mempercayai dakwah Nabi Saleh. Walau demikian, ada pula yang justru berani menentang dakwah Nabi Saleh AS. Hal tersebut lantas membuat kepercayaan Kaum Tsamud terbelah. 

Mereka yang tak mempercayai Nabi Saleh AS lalu berniat untuk membunuh unta tersebut. Dalam surah Al-A’raf ayat 77, disebutkan sebagaimana berikut: 

فَعَقَرُوا۟ ٱلنَّاقَةَ وَعَتَوْا۟ عَنْ أَمْرِ رَبِّهِمْ وَقَالُوا۟ يَٰصَٰلِحُ ٱئْتِنَا بِمَا تَعِدُنَآ إِن كُنتَ مِنَ ٱلْمُرْسَلِينَ

Artinya: “Kemudian mereka sembelih unta betina itu, dan mereka berlaku angkuh terhadap perintah Tuhan. Dan mereka berkata: “Hai Shaleh, datangkanlah apa yang kamu camkan itu kepada kami, jika (betul) kamu termasuk orang-orang yang diutus (Allah)”.

Atas perilaku tersebut, Allah SWT lantas menghukum kaum Tsamud. Hukuman muncul pada hari keempat setelah unta dibunuh. Pada hari itu, petir menyambar, bumi berguncang, dan menghancurkan kaum Tsamud. Hal tersebut lantas membuat kaum Tsamud binasa karena azab Allah SWT. 

Sebagaimana bunyi dari surah Al-A’raf ayat 78 berikut: 

فَأَخَذَتْهُمُ ٱلرَّجْفَةُ فَأَصْبَحُوا۟ فِى دَارِهِمْ جَٰثِمِينَ

Artinya: “Karena itu mereka ditimpa gempa, maka jadilah mereka mayat-mayat yang bergelimpangan di tempat tinggal mereka. “

Dalam surah yang sama Allah SWT bersabda yang artinya: 

“Hai kaumku sesungguhnya aku telah menyampaikan kepadamu amanat Tuhanku, dan aku telah memberi nasehat kepadamu, tetapi kamu tidak menyukai orang-orang yang memberi nasehat.”

Sifat Teladan Nabi Saleh AS

(Muslim Okezone)

Mengutip laman Tirto, ada tiga fase peradaban yang dapat dipelajari dari kisah Nabi Saleh AS. Pertama, yakni membangun persaudaran antara Nabi Saleh dengan kaumnya. Lalu, menjalankan perintah untuk menyembah kepada Allah SWT. Terakhir, yakni gerakan kemakmuran bagi umatnya. 

Sebagaimana dijelaskan dalam surah Hud ayat 61 yang artinya seperti berikut: 

“Dan kepada Tsamud (Kami utus) saudara mereka Shaleh. Hai kaumku, sembahlah Allah, sekali-kali tidak ada bagimu Tuhan selain Dia. Dia telah menciptakan kamu dari bumi (tanah) dan menjadikan kamu pemakmurnya, karena itu mohonlah ampunan-Nya, kemudian bertobatlah kepada-Nya, Sesungguhnya Tuhanku amat dekat (rahmat-Nya) lagi memperkenankan (doa hamba-Nya)”.

Selain hal tersebut, terdapat pula tiga hikmah yang dapat dipelajari oleh umat muslim. Pertama, Allah SWT menunjukkan kekuasaan-Nya melalui mukjizat unta betina kepada Nabi Salah AS. Lalu, orang-orang yang melanggar perintah Allah SWT akan diberikan hukuman dan azab yang setimpal. Terakhir, Allah SWT akan memberikan waktu untuk kaum-Nya bertobat, sama halnya dengan kaum Tsamud yang diberi kesempatan dengan munculnya unta betina. Sayangnya hal tersebut juga mereka sia-siakan dan tak dipedulikan. 

Jika merujuk dari kisah teladan Nabi Saleh di atas, maka hendaknya kita senantiasa mempercayai apa yang telah direncanakan oleh Allah SWT. Selain itu, usahakan pula untuk terus beriman supaya tak diberi azab yang kejam. Semoga bermanfaat!


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman dengan NUP di Pinhome untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Lea

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel