BlogLifestyleEdukasiYuk Simak dan Sebutkan Sifat-Sifat yang Dimiliki Abu Bakar As Siddiq
0
0

Yuk Simak dan Sebutkan Sifat-Sifat yang Dimiliki Abu Bakar As Siddiq

Dipublikasikan oleh Annisa Hapsari dan Diperbarui oleh Annisa Hapsari

Apr 13, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
sebutkan sifat-sifat abu bakar as siddiqtop-right-banner

Abu Bakar As Shiddiq ialah salah satu khalifah atau pemimpin setelah Rasulullah SAW wafat. Baliau memiliki sifat rendah hati yang membuatnya dicintai banyak umat. Dalam satu cerita, bahkan Nabi Muhammad SAW menyebut bahwa Abu Bakar As Shiddiq merupakan sahabat yang paling dicintainya. Nah, Pinhome akan sebutkan sifat-sifat yang dimiliki Abu Bakar As Siddiq dalam artikel ini. Simak yuk!

Pinhome – Yuk, ketahui sifat-sifat Abu Bakar As Shiddiq beserta penggalan ceritanya yang Pinhome sebutkan dalam ulasan berikut. Bisa menjadi pandangan atau inspirasi untuk Pins supaya lebih mengenal para sahabat Rasulullah SAW.

Mengenal Abu Bakar As Shiddiq

Source : Lazismu

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Imam Muslim, sahabat Amr bin As pernah bertanya kepada Rasulullah SAW, tentang siapa yang paling beliau cintai. Lalu, Rasulullah SAW pun menjawab,”Aisyah.”

Kemudian, Amr bin As pun bertanya kembali, siapakah mereka yang dari golongan laki-laki. Tak lama, Rasulullah SAW pun menjawab,”Ayah Aisyah, Abu Bakar.”

Berkat riwayat tersebut, Abu Bakar As Shiddiq dikenal atau disebut sebagai kekasih Rasulullah SAW. Lantas, siapa sebenarnya Abu Bakar As Shiddiq? 

Abu Bakar As Shiddiq memiliki nama asli Abdullah bin Utsman atau Abu Quhafah. Beliau menjadi khalifah pada tahun 632-634 Masehi atau tepatnya ketika 11-13 Hijriah di Madinah. 

Sebelum memeluk Islam, Abu Bakar ialah seorang pedagang yang kaya. Menurut sebuah cerita dalam satu buku, Abu Bakar bahkan memiliki lebih dari 40.000 dirham tunai.

Namun setelah masuk Islam, seluruh harta yang beliau dapatkan digunakan untuk kepentingan dakwah dan kesejahteraan umat. Jika meruntut dari sejarahnya, Abu Bakar dan Nabi Muhammad SAW sebetulnya sudah lama bersahabat. Bahkan sebelum beliau masuk Islam.

Hubungan Rasulullah SAW dan Abu Bakar cukup dekat karena perbedaan usia mereka yang tidak terlalu jauh. Selain itu, Abu Bakar juga dikenal sebagai remaja yang sabar, cerdas, lembut, dan jujur.

Bahkan karena kedekatan tersebut, Abu Bakar merupakan orang pertama yang masuk Islam atau disebut assabiqunal awwalun.

Baca Juga: Sifat-Sifat Yang Dimiliki Oleh Umar Bin Khattab Adalah Sebagai Berikut!

Sifat-sifat Abu Bakar As Shiddiq yang Perlu Diteladani

Source : Pexels

Sebagai seorang khalifah, Abu Bakar As Shiddiq memiliki beberapa sifat baik yang bisa diteladani oleh Pins. Di bawah ini ada beberapa sifat-sifat Abu Bakar As Siddiq yang Pinhome sebutkan dan bisa kamu contoh. Berikut uraiannya: 

1. Setia kawan atau memiliki loyalitas tinggi

Abu Bakar merupakan salah seorang sahabat yang setia. Sikap ini terlihat saat Nabi Muhammad hijrah dari Mekah ke Yasrib. Kala itu Abu Bakar melakukan persiapan dengan membawa bekal dan menemani Rasulullah SAW dalam perjalanan. 

Abu Bakar pun menemani Nabi Muhammad SAW saat bersembunyi dari kejaran orang kafir. Kisah mereka ini termuat dalam salah satu surah di Al-quran. Berikut bacaan: 

إِلَّا تَنْصُرُوهُ فَقَدْ نَصَرَهُ اللَّهُ إِذْ أَخْرَجَهُ الَّذِينَ كَفَرُوا ثَانِيَ اثْنَيْنِ إِذْ هُمَا فِي الْغَارِ إِذْ يَقُولُ لِصَاحِبِهِ لَا تَحْزَنْ إِنَّ اللَّهَ مَعَنَا 

Artinya: “Jika kamu tidak menolongnya (Muhammad), sesungguhnya Allah telah menolongnya (yaitu) ketika orang-orang kafir mengusirnya (dari Makkah); sedang dia salah seorang dari dua orang ketika keduanya berada dalam gua, ketika itu dia berkata kepada sahabatnya, “Jangan engkau bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita…” – QS At-Taubah ayat 40.

2. Selalu Membenarkan Ucapan Rasulullah SAW

Selain menjadi orang pertama yang memeluk Islam, Abu Bakar juga merupakan orang pertama yang percaya akan Isra Miraj. Padahal beliau tidak mengdengar hal tersebut langsung dari Nabi Muhammad SAW.

Berkat hal inilah, Abu Bakar mendapat gelar Ash-Shiddiq atau orang yang membenarkan apa yang dikatakan Rasulullah SAW. 

3. Suka menolong

Salah satu sifat Abu Bakar yang patut diteladani yakni kebiasaan menolong sesama. Dalam satu cerita disebutkan bahwa Abu Bakar kerap memerdekakan budak-budak yang disiksa oleh tuannya karena mereka memeluk Islam. Salah satu orang yang dimerdekakan oleh Abu Bakar yaitu Bilal bin Rabah al Habsyi. 

4. Tawadhu atau rendah hati

Tawadhu atau rendah hati adalah salah satu sifat yang disukai Allah SWT. Sifat ini pun ada pada pribadi Abu Bakar As Shiddiq. Dalam sebuah kisah, Abu Bakar As Shiddiw biasa mengunjungi rumah para janda dan memerahkan susu domba mereka.

Hal tersebut beliau lakukan sebelum menjabat menjadi khalifah. Selain itu, beliau juga biasa mengunjungi rumah anak yatim untuk memasak hidangan mereka. 

Setelah dilantik menjadi khalifah, ada seorang janda yang berkata,”Sekarang dia (Abu Bakar) sudah tidak pernah lagi memerah susu kambing untuk kita.”

Abu Bakar yang mendengar perkataan tersebut pun langsung menjelaskan bahwa beliau tetap akan memerah domba untuk mereka. Beliau pun berharap, semoga status yang beliau emban sekarang tidak mengubang kebiasaannya dulu. 

Dalam kisah tersebut tergambar watak Abu Bakar yang merupakan seorang tawadhu. Meski kini kedudukan dan kehormatannya cukup tinggi, beliau tetap berusaha untuk rendah hati dan membantu sesama umat lainnya. 

5. Dermawan

Pinhome sebutkan sifat-sifat yang dimiliki Abu Bakar As Siddiq lainnya, yaitu dermawan. Setelah wafatnya Rasulullah SAW, dilakukan musyawarah di kalangan para pemuka kaum Anshar dan Muhajirin di Madinah.

Dari musyawarah tersebut diputuskan bahwa Abu Bakar ialah orang yang tepat untuk menjadi pemimpin baru umat Islam. Sebelum menjadi khalifah, Abu Bakar pun sudah dikenal kedermawanannya. Lantas, saat menjabat, sifat dermawannya semakin tak terkira. 

Suatu hari, Abu Bakar pernah memberikan umatnya jatah dari kas negara atau baitul mal. Beliau memberikan harta tersebut tanpa membeda-bedakan.

Lalu, kaum muslimin pun mendatangi Abu Bakar dan berkata,“Wahai Khalifah Rasulullah, mengapa engkau memberikan harta pada rakyat tanpa dibeda-bedakan? Padahal di antara mereka ada yang memiliki keutamaan, dan lebih dahulu memeluk Islam.”

Tanpa pikir panjang, Abu Bakar pun menjawab,”Adapun keutamaan dan lebih dulunya mereka memeluk Islam tidak ada yang mengetahuinya daripadaku.

Namun semua itu pahala di sisi Allah. Adapun pembagian jatah penghidupan, maka pembagian yang sama ini lebih baik daripada mengutamakan sebagian kalangan.”

Melihat sifat Abu Bakar yang sangat mulia, semoga kiranya kita dapat menirunya. Bila bisa demikian, kita akan semakin dekat dengan rida dan surga Allah SWT.

Baca Juga: Hadist Tentang Sedekah Dalam Islam Dan Penjelasannya


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Lea

Editor: Annisa

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download