BlogLifestyleHobi20 Ide Kerajinan dari Kain Perca dan Cara Membuatnya
0
0

20 Ide Kerajinan dari Kain Perca dan Cara Membuatnya

Dipublikasikan oleh Voni Wijayanti dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Mei 3, 2023

18 menit membaca

Copied to clipboard
kerajinan dari kain percatop-right-banner

Pastinya kamu sudah mengetahuai apa itu kain perca? Ya, kain perca dapat berasal bahan apa saja. Karena terbentuknya kain perca bisa berasal dari sisa penggunaan yang sudah tidak terpakai pada sebuah kain pembuatan pakaian. Kamu juga bisa lho membuat hasil kerajinan dari kain perca yang unik. Ketika bersantai di Rumah Ekslusif yang nyaman seperti di Alora Springhill sebagai Perumahan di Kota Bekasi yang terbaik, membuat kerajinan bisa menjadi aktivitas yang terbaik.

Meskipun kain perca sering tidak digunakan sebagai bahan bekas dari pabrik atau konveksi, namun kain ini ternyata bisa memberikan nilai ekonomi yang tinggi. Salah satunya adalah kerajinan dari bahan kain perca yang satu ini. Yuk, simak beberapa contoh dan cara membuatnya berikut ini!

Baca juga: 100+ Nama Produk Kerajinan yang Keren & Belum Dipakai

Apa Itu Kain Perca?

Kain perca adalah sebuah kain yang berasal dari potongan-potongan kain besar dengan kata lain atau potongan kain yang sudah tidak terpakai. Bahan kain perca dapat berasal dari jenis bahan apa saja. Biasanya jenis kain perca pada sebagian orang dimanfaatkan kembali untuk dijadikan bahan kerajinan-kerajinan yang unik.

Untuk membuat kerajinan dari kain perca, maka kamu juga perlu memahami dalam teknik menjahit kain perca yang benar. Apabila kamu dapat mempelajari teknik menjahit kain perca yang baik dan benar, maka kamu pun sudah dipastikan pasti bisa membuat berbagai kerajinan yang menarik dan unik dari kain perca.

Baca juga: Kerajinan Tangan Dari Kulit Jagung dan Cara Membuatnya

Contoh Kerajinan Kain Perca

Pins penasaran dengan berbagai contoh kerajinan dari kain perca? Kamu bisa melihat beberapa rekomendasi contohnya berikut ini!

Selimut Kain Perca

Source : iStockphoto

Selimut ternyata bisa dibuat juga dari kain perca lho Pins! Selain hangat, kain yang satu ini juga mudah dan murah untuk ditemukan. Pins dapat melihat dari contoh selimut kain perca di atas, menarik bukan?

Kursi Makan Kain Perca

Source : Ali Express

Untuk menambah selera dan nuansa maka, tidak ada salahnya jika kamu menghadirkan kerajinan kursi makan dari kain perca. Untuk membuatnya, kamu cukup memanfaatkan kursi biasa saja dengan sedikit menambahkan kain perca, guna untuk melapisinya. Hasil kerajinan yang satu ini tentu akan membuat unik desain meja dan kursi makan.

Bantal Kain Perca

Source : Grid.id

Bantal dengan kain perca merupakan salah satu ide kerajinan yang kreatif. Untuk bahannya, kamu dapat memanfaatkan kain-kain bekas yang berasal dari potongan-potongan kain besar, biasanya ditempat konveksi atau garmen banyak sekali ditemukan kain-kain tersebut.

Sofa Kain Perca

Source : Alibaba

Sofa merupakan tempat duduk yang terbilang modern, serta nyaman, dan enak ketika didudukinya. Kamu dapat menyusun dan melapisinya dengan kain perca pada luarnya Selaian itu bahan kain perca juga memiliki sifat yang lembu, adem, dan bisa menyerap keringat.

Bed Cover Kain Perca

Source : Bukalapak

Bed cover adalah salah satu komponen yang terbilang penting terutama untuk digunakan pada rumah tangga. Karena motif yang beragam, maka bed cover pun terasa berbeda baik bentuknya maupun kenyamananya. Untuk membuatnya, kamu hanya perlu menggunakan bahan kain perca atau bekas kain sisa potongan-potongan yang sudah tidak digunakan lagi.

Gorden Kain Perca

Source : Grid.id

Sebuah kreasi gorden umumnya banyak sekali peminatnya, karena gorden sendiri memiliki motif yang unik. Dari sebuah keunikan tersebut maka akan membuat tampilan pada rumah kamu semakin terlihat indah dan menawan. Gorden dari kain perca adalah salah satu jenis kerajinan yang tentunya dapat dijadikan sebagai salah satu peluang bisnismu.

Karpet Kain Perca

Source : Sipintar

kerajinan dari kain perca berbentuk karpet adalah salah satu jenis aksesoris yang tentunya memiliki keunikan tersendiri. Kamu dapat menyatukan mulai dari berbagai jenis kain guna untuk menciptakan pola karpet yang menawan. Motif kain tersebut akan sangat sangat cocok apabila diletakkan di rumah karena motif yang dimilikinya memiliki unsur keindahan yang memukau.

Hiasan Dinding Kain Perca

Source : Proveshine

Hiasan dinding adalah salah satu hiasan yang juga cukup menarik perhatian, selain dapat menambah suasana pada rumah juga ternyata dapat menambah kecantikan pada dinding rumahmu, jadi sangat indah jika dipandangnya.

Gantungan Kunci Kain Perca

Source : Shopee

Gantungan kunci merupakan jenis aksessoris yang biasanya banyak digunakan untuk sebagai pembatas dengan tujuan agar kunci tersebut tidak gampang hilang. Supaya unik dan tidak gampang tertukar, maka kamu pun dapat membuatnya dengan bahan yang unik yakni kain perca.

Bandana Kain Perca

Source : Teman Kreasi

Sebuah bandana adalah jenis aksessoris yang biasanya digunakan oleh para kaum wanita, yang biasa dipakai pada bagian kepalanya. Untuk membuat bentuk kerajinan bandana tersebut, kamu dapat menggunakannya dengan bahan kain perca. Cara membuatnya pun terbilang mudah, kamu cukup melipatkan pada kain perca tersebut menjadi dua bagian.

Baca juga: 25+ Tips Membuat Kerajinan dari Kain Flanel + Video [Lengkap]

Boneka Kain Perca

Source : Grid.id

Boneka merupakan sesuatu yang banyak di sukai oleh kaum wanita, selain disukai, boneka juga bisa membuat nyaman dan juga menggemaskan. Sehingga boneka tersebut memiliki nilai jual yang tinggi tergantung jenis bonekanya juga. Boneka dari kain perca juga bisa sangat unik.

Tas Kain Perca

Source : Liputan6

Kerajinan tas ini memiliki peluang bisnis usaha yang terbilang sangat menguntungkan jika kamu mau membuat tas ini. Apalagi yang membutuhkan tas tidak hanya anak sekolah saja.

Tas Handphone Kain Perca

Source : Caraseobali

Pada kenyataanya banyak orang yang sangat membutuhkan tas handphone, apalagi tas handphone merupakan salah satu benda yang termasuk sebagai pelengkap fashion dan juga termasuk tempat organizer. Dengan terciptanya tas handphone ini. Maka, gaya dalam berpakaian kamu pun terlihat nampak semakin menawan.

Selain nampak menawan, handphone pun bisa lebih jadi aman dan mudah untuk di bawa kemana-mana. Tas handphone seperti yang sudah diketahui tentunya memiliki ukuran yang terbilang kecil sehingga kamu pun dapat membuatnya dengan bahan dari kain perca.

Baca juga: 30+Kerajinan Tangan Dari Kardus Bekas yang Mudah Dibuat Serta Mempunyai Nilai Jual yang Tinggi

Kreasi Alat Masak Kain Perca

Source : Omah Kreatif

Pada umumnya alat bantu untuk memasak terbuat dari kain hal tersebut agar hasil nampak lebih tebal. Biasanya dalam membuat alat bantu masak sangat memerlukan banyak kain, sehingga mungkin kain perca ini sangat cocok untuk digunakan dalam pembuatan alat bantu masak.

Kreasi Bros Kain Perca

Source : Diadona

Sebuah kain perca memang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kerajinan lainya, hal ini menjadikan kain perca dapat dijadikan salah satu bisnis kamu. Ditambah lagi kain perca memiliki harga yang terbilang murah dan mudah untuk ditemukan. Sehingga kamu bisa memanfaatkan kain perca ini dengan modal yang kecil namun tetap menguntungkan, ditambah lagi hasil dari kerajinan kain perca ini terbilang mahal.

Baju Masak Kain Perca

Source : Elmodista

Baju masak merupakan baju yang biasanya digunakan untuk keperluan khusus memasak saja. Bisanya baju ini banyak ditemukan di toko-toko atau di pasar-pasar dengan harga yang terjangkau. Untuk membuatnya, kamu dapat menggunakan bahan kain perca.

Kolase Kain Perca

Source : Genmil

Kolase adalah sebuah kerajinan dengan bentuk objek yang berasal dari bahan tertentu, umumnya sebuah kerajinan kolase dijadikan sebagai salah satu pajangan yang unik. Biasanya hasil dari kerajinan kolase tersebut akan dibalut dengan menggunakan bingkai foto yang Nampak menawan.

Kalung dari Kain Perca

Source : Okezone

Kalung merupakan salah satu jenis aksessoris yang biasa dipakai oleh semua kalangan baik tua maupun muda. Kerajinan kalung tidak hanya dibuat dengan bahan kayu, plastik, dan lainya. Kalung juga dapat dibuat dengan menggunakan bahan lain. Salah satunya bahan kain perca, seperti contoh pada kerajinan yang satu ini.

Kaset Lucu dari Kain Perca

Source : Indorside

Kerajinan kaset lucu yang terbuat dari kain perca biasanya mudah ditemukan pada rumah-rumah. Biasanya kerajinan yang satu ini sering dijadikan sebagai kerajinan hiasa pada rumah-rumah. Untuk membuatnya, kamu tidak perlu membutuhkan modal yang besar, cukup memerlukan bahan bekas dari kaset dan kain perca yang sudah tidak terpakai.

Dompet dari Kain Perca

Source : Diadona

Pastinya kamu akan bingung untuk menyimpan-menyimpang seperti uang dan lainnya, apalagi ketika bepergian. Selain itu dompet biasanya berasal dari bahan lain seperti kulit dan lainnya. Namun, pada kerajinan yang satu ini dompet terbuat dari bahan kain perca yang memiliki keunikan dan daya Tarik tersendiri, yang tentunya tidak kalah menarik dengan kerajinan lainnya.

Baca juga: 9 Contoh Kerajinan Dari Tanah Liat dan Cara Membuatnya

Cara Mudah Membuat Kerajinan Kain Perca

Berikut cara membuat kerajinan dari kain perca, untuk lebih lengkapnya kamu dapat menyimak sedikit penjelasan seperti di bawah ini:

Cara Membuat Tas dari Kain Perca

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa tas dapat dengan mudah sekali ditemukan dipasar-pasar tradisional maupun pasar modern. Untuk membuat membuatnya kerajinan tas, kamu bisa menyimaknya seperti di bawah ini.

Bahan-bahan Kerajinan Tas dari Kain Perca

  1. Kain perca
  2. Ritsleting
  3. Mesin jahit
  4. Kain polos untuk furing pada bagian dalamnya

Cara Membuat Kerajinan Tas dari Kain Peca

  1. Ukur dan potong kain perca dua buah dengan ukuran 50×50 cm.
  2. Siapkan pula kain perca dengan berukuran 5×50 cm.
  3. Jahitlah kain perca dengan ukuran 5×50 cm, nantinya ini sebagai bawahan pada tas.
  4. Jahitlah kain polos tersebut, karena nanti jahitan ini akan menjadi sebagai furing terutama pada bagian dalam tas.
  5. Jangan lupa pasang ritsleting untuk bagian atas tas, karena bagian ini akan menjadi penutupnya.
  6. Buatlah tali pada tas caranya dengan menjahit kain perca tersebut. Ukuran tali 100×5 cm atau bisa selera pada bagian sisi kanan dan kiri tas.

Dengan begitu kamu sudah dapat membuat tas sesuai dengan seleramu. Untuk membuat hasil yang lebih unik dan menarik kamu dapat menambahkan juga aksessoris-aksessoris lainnya.

Cara Membuat Kerajinan Kolase dari Kain Perca

Berikut contoh cara membuat kerajinan kolase dari kain perca. Untuk cara membuatnya simak ulasan di bawah ini:

Alat dan Bahan Kerajinan Kolase dari kain Perca

  1. Lem
  2. Gunting
  3. Siapkan Penggaris
  4. Kain Perca
  5. Benang dan juga Jarum
  6. Dan Papan.

Langkah dan Cara Membuatnya

  • Siapkan kain perca dengan bentuk lingkaran dan ukuran diameter 5 cm.
  • Jahit pada bagian pinggir kain perca.
  • Tempelkan bulatan-bulatan atau biji-bijian pada papan sesuai bentuk yang diinginkan.
  • Buat daun dan tangkai sesuai dengan keinginanmu, lalu tempelkan hingga menjadi satu.
  • Maka, jadilah kerajinan kolase dengan bentuk bunga dan berasal dari kain perca.

Cara Membuat Boneka dari Kain Perca

Berikut contoh cara membuat kerajinan boneka dari bahan dasar kain perca. Untuk membuatnya simak pada ulasan di bawah ini.

Alat dan Bahan Membuat Boneka dari kain Perca

  1. Siapkan kain perca
  2. Jarum pentol
  3. Lilin tembak
  4. Lem lilin
  5. Dakron
  6. Flanel sebagai hiasan
  7. Spidol, pensil serta penghapus.

Langkah dan Cara Membuatnya

  1. Pertama buatlah pola pada kertas HVS.
  2. Gunting pada kertas tersebut sesuai bentuk yang diinginkan.
  3. Lalu cetaklah pada kain perca tersebut.
  4. Lalu gunting lagi sesuai dengan polanya.
  5. Gunakanlah pola yang sudah dibuatnya lalu cetak pada kain perca tersebut, dan guntinglah sesuai dengan polanya.
  6. Jahitlah sesuai polanya hingga berbentuk boneka.
  7. Kasihkan lubang, tujuanya untuk memasukkan isinya tersebut.
  8. Coba masukkan isi tersebut dengan meggunakan dakron atau dengan menggunakan potongan-potongan kain perca.
  9. Tambahkan seperti mulut, mata, dan lainnya, agar nampak nyata.
  10. Kamu juga dapat menambahkan hiasan-hiasan lain seperti kain flannel.

Baca juga:

Featured image source: Shutterstock


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Perumahan Raharja Regency dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download