Pinhome

25+ Kerajinan dari Kain Flanel dan Cara Membuatnya

Dipublikasikan oleh Devi Nuraini Amalia ∙ 27 January 2022 ∙ 13 menit membaca

Kerajinan dari Kain Flanel – Siapa sih yang tidak tahu kain flanel? Pasti semua orang sudah mengetahuinya. Biasanya bagi anak musik atau band pasti tahu kerana kain yang berasal dari bahan wol ini digunakan untuk sebagai peredam suara dalam studio musik. Kain flanel ini tak terbatas untuk menjadi peredam saja lho, tapi bisa juga dimanfaatkan untuk kerajinan tangan atau prakarya yang bernilai seni tinggi.

Pada saat ini, pembuatan kreasi kerajinan dari kain flanel ini sudah termasuk booming dan jadi trend tersendiri bagi penikmatnya. Kenapa begitu? Sebab salah satu alasanya adalah kain flanel ini mudah sekali di jumpai di beberapa toko perhiasan dan juga toko musik. Ingin tahu bagaimana cara membuatnya? Berikut ini beberapa cara membuat kerajinan tangan dari kain flanel yang keren, mudah, dan bisa di jual.

Kerajinan dari Kain Flanel

Sebenarnya kerajinan yang berabahan dasar dari kain flanel ini sangatlah banyak jenisnya. Salah satu contohnya seperti bros, gantungan kunci, dan masih banyak lagi contoh yang lainnya. Nah mungkin langsung saja, berikut ini contoh kerajinan dari kain flanel, simak sampai habis ya!

1. Kerajinan dari Kain Flanel – Tempat Pensil dari Kain Flanel

Ide sebuah kreasi dari kain flanel yang pertama adalah sebuah tempat pensil yang terbuat dari kain flanel. Tempat pensil ini sangatlah menarik dan mudah sekali dibuat. Bahan yang digunakanpun sangat simpel sekali, hanya dengan menggunakan kain flanel, gunting, resleting, hiasan bunga dari kain flanel, gunting, jarum, dan juga benang.

Cara membuatnya sangatlah mudah, Kamu hanya tinggal membuat desain yang kamu inginkan dari warna dan hiasan. Jika sudah potong sesuai ukuran desain kamu. Langkah selanjutnya, kamu bisa menjahit bagian samping dan bawahnya dengan jarum dan benang, oh iya jangan lupa pilih benang dengan warna kontras ya biar tambah keren.

Jika sudah pasang pasang resleting di bagian atas agar mudah di buka dan di tutup, dan langkah terakhir atau finishing hanya tinggal memberikan hiasan bentuk bunga dari kain flanel tadi di bagian tengah-tengah tempat pensil. Dan jadilah sebuah kotak pensil yang sangat mudah di buat.

2. Tempat Tisu dari Flanel

Siapa sih yang tak tahu dengan kotak tisu, pasti semua orang sudah mengetahuinya. Nah jika kamu tau kain flanel ini juga dapat dibuat menjadi sebuah kotak tisu yang keren dan unik loh! Ingin tau cara membuatnya? Nih berikut ini bahan-bahan dan tutorial cara membuat tempat tisu dari flanel.

Bahan yang digunakan:

  1. Kardus / wadah plastik berbentuk kotak / kotak tisu polos.
  2. Lem tembak.
  3. Gunting.
  4. Kain flanel.
  5. Hiasan / pernak pernik.

Cara Membuat Kotak Tisu dari Kain Flanel

Berikut ini langkah-langkah membuat kotak tisu dari kain flanel dengan mudah dan simpel:

  1. Siapkan kardus yang sudah dibentuk seperti kotak tisu / kotak tisu polos.
  2. Kemudian siapkan beberapa lembar kain flanel warna-warni.
  3. Jika sudah potong seukuran 3-4 cm dengan pola memanjang.
  4. Selanjutnya tempelkan kain flanel tersebut ke wadah atau tempat tisu yang sudah di siapkan tadi.
  5. Nah tempel dan ulangi kain flanel dengan warna yang berbeda hingga sampai selesai.
  6. Untuk tutupnya, ukur kain flanel kemudian tempelkan di tutup dari kotak tisu tersebut kemudian potong ikuti pola dari tutupnya dan rekatkan dengan lem.
  7. Nah untuk finishing, kamu hanya tinggal memberikan hiasan atau pernak-pernik di samping maupun atasnya.

Mudah sekali bukan? Jika memiliki waktu senggang, mungkin kerajinan ini bisa menjadi salah satu pengisi waktu luangmu, dan juga dengan membuat kerajinan tangan yang keren seperti ini kamu bisa menjualnya loh di toko online.

Baca juga: Cara Membuat Kerajinan dari Tempurung Kelapa

3. Kreasi Tas Unik dari Kain Flanel

Buat kamu yang suka style fashion yang unik dan jarang orang mengerti, mungkin menggunakan kerajinan yang satu ini bisa menjadikan gayamu lebih keren dan unik. Sebuah tas dari flanel ini mungkin di era sekarang masih jarang yang memakainya, nah jika kamu tertarik untuk membuatnya caranya sangat mudah sekali.

Pertama, kamu harus menyiapkan beberapa kain flanel yang sudah kamu gambari polanya. Kemudian jahit keduanya dengan mesin jahit atau juga bisa kamu jahit sendiri dengan cara manual. Nah, yang terakhir buat gantunganya dan juga beri hiasan agar lebih menarik lagi untuk kamu pakai.

Sangat mudah sekali, tas lucu ini juga bisa kamu jadikan sebagai salah satu produk yang bisa kamu pasarkan juga lho! Dari sebuah barang bekas yang tak dianggap penting tapi malah bisa menambah tebal kantong hehe. Silahkan dicoba!

Baca juga: 7+ Contoh Kerajinan Bahan Lunak

4. Hiasan atau Aksesoris Kaos dari Kain Flanel

Punya banyak kaos polos? Tapi bingung menghias menggunakan apa? Mungkin kain flanel bisa menjadi salah satu solusinya. Sekarang lagi sangat trend sekali menggunakan kain flanel ini sebagai sebuah hiasan dalam kaos. Seperti halnya menggunakan kain flanel ini untuk membentuk pola burung atau tulisan nama kita sendiri.

Nah untuk kamu yang menginginkan warna baru dalam kaosmu mungkin kamu bisa mencoba salah satu kerajinan dari kain flanel ini. Selain untuk anak-anak, kamu juga bisa membuatnya untuk dijadikan sebuah kaos seragam reuni yang unik dan juga jarang ada. Pada saat ini ada sangat banyak konveksi kaos terpercaya untuk mengerjakan desain kaos seperti kerajinan di atas.

5. Kerajinan Tangan dari Kain Flanel – Gantungan Kunci dari Kain Flanel

Nah, ini dia aksesoris yang mungkin sudah sangat dikenal oleh banyak orang yaitu sebuah gantungan kunci. Ternyata gantungan kunci ini sangat cocok jika di buat dengan menggunakan kain flanel. Bentuk dari gantungan ini bisa kamu sesuaikan dengan apa yang kamu inginkan, kamu bisa membuat gantungan kunci dengan bentuk boneka lucu, atau juga dengan bentuk huruf namamu.

6. Kreasi Bantal Keren dari kain Flanel

Ini nih buat kamu yang pengen aksesoris untuk menghiasi ruang tamu mu, kamu bisa membuat sebuah kreasi yang menarik sebuah bantal yang keren dari kain flanel. Dari bahan kain flanel ini kamu bisa membuat bentuk atau desain bantal ini dengan sesuai hatimu, kamu juga dapat membuat berbagai macam bentuk seperti bentuk boneka beruang, atau bentuk yang lainnya.

7. Hiasan Bantal Berbentuk Bunga dari kain flanel

Masih satu tema dengan pembahasan bantal di atas, kreasi yang satu ini adalah sebuah hiasan bantal yang berbentuk bunga. Prakarya ini bisa kamu buat untuk menghias bantal yang menurutmu kurang menarik untuk di taruh di ruang tamu rumahmu.

Untuk bentuknya, kamu bisa membuat sesuai apa yang kamu inginkan. Misalnya kamu ingin membuat bentuk bunga dengan bahan kain flanel, disitu kamu bisa menggabungkan beberapa warna agar bunga yang terbentuk menjadi lebih menarik.

8. Boneka Lucu dari Kain Flanel

Selain bisa dibuat banyak kreasi bantal, kain flanel ini juga bisa dibuat untuk menjadi sebuah boneka yang lucu. Boneka bisa kamu jadikan untuk kado bagi temanmu atau juga adikmu yang sedang ulang tahun. Untuk bentuk dan kreasi kamu bisa sesuka hatimu untuk membentuknya, sebab banyak sekali model yang bisa kamu buat dari kain flanel ini.

Nah cara membuat boneka ini pun sangat mudah, hanya perlu menyiapkan kain flanel berbagai warna, benang, dan jarum. Cara membuatnya pun sangat mudah, yang pertama adalah membuat tema dan pola boneka yang akan kamu buat, langkah selanjutnya hanya tinggal memotong pola di kain flanel tadi dan juga mengisinya dengan dakron.

Jika sudah tinggal di finishing dengan menjahit kembali dan juga menempelkan beberapa hiasan yang menrik untuk boneka yang ingin kamu buat.

Baca juga: 5 Inspirasi Kerajinan Limbah Jerami yang Unik

9. Hiasan Botol dari Kain Flanel

Salah satu pemanfaatan kain flanel yang selanjutnya adalah digunakan untuk membuat sebuah hiasan botol agar lebih cantik dan juga menarik. Untuk membuat kerajinan yang satu ini, yang anda butuhkan hanyalah sebuah toples atau botol dan juga kain flanel.

Cara membuatnya sangat mudah, kamu hanya perlu membuat motif bergaris atau membuat tema pada kain flanel dan kemudian tinggal menjahit dan memasangkanya pada toples yang akan kamu hias. Mudah sekali bukan? Coba praktikan di rumah ya!

10. Tutup Tali Gantungan Kamera dari Kain Flanel

Kerajinan yang selanjutnya adalah sebuah tutup tali gantungan atau strap kamera yang lucu dari kan flanel. Kerajinan ini membutuhkan sebuah ketelatenan sebab kamu harus memadukan beberapa motif yang indah dalam satu tempat.

Tapi jika sudah jadi maka penutup tali kamera ini sangatlah keren, jadi saat kamu jalan-jalan bisa menjadi daya tarik orang lain juga buat kamu yang sedang menjomblo hehehe. Selain itu juga penutup ini juga menambah kenyamanan ketika menggunakan kamera.

11. Kerajinan Tangan – Pembatas Buku dari Kain Flanel

Bagi kamu yang punya hobi membaca dan suka bingung atau lupa halaman berapa terakhir kali membaca. Mungkin yang satu ini bisa menjadi sebuah solusi yaitu pembatas buku yang terbuat dari kain flanel.

Cara membuatnya sangat mudah, sediakan kain flanel dan juga tali elastis (kolor). Jika sudah ada kamu bisa langsung membuat tema yang kamu suka dengan menggunakan kain flanel tadi. Nah untuk finishingnya tinggal menjahitkan kolor tadi dari bagian atas dan bagian bawah.

Baca juga: Manfaat Kulit Kambing dan Cara Menjadikannya Kerajinan Tangan

12. Kerajinan Pita Rambut dari Kain Flanel

Jika di atas tadi adalah sebuah pembatas buku, kali ini kita akan sedikit masuk kedalam dunia fashion yaitu pita rambut lucu yang terbuat dari kain flanel. Untuk kamu yang sangat suka fashion unik dan nyentrik mungkin yang satu ini bisa menjadi solusinya.

13. Tutorial Bros Kupu-kupu dari Kain Flanel

Masih dalam pembahasan fashion ini adalah sebuah bros lucu berbentuk kupu-kupu yang terbuat dari kain flanel. Proses pembuatan dari bros unik ini tidaklah sulit dan cukup sederahana. Hanya membutuhkan beberapa lembar flanel dengan warna yang berbeda, gunting, lem perekat, dan juga mata mainan.

Dengan beberapa bahan tersebut anda sudah siap membuat sebuah kerajinan yang keren dan fashionable. Jadi cara pembuatan kerajinan ini sangatlah sederhana, dengan melihat bentuknya sendiri pasti kamu sudah tau bagaimana cara membuatnya.

14. Kerajinan dari Kain Flanel – Bros Bunga dari Kain Flanel

Masih dalam pembahasan bros, jadi pada sdasarnya membuat bros dari kain flanel ini bisa sangat bermacam-macam bentuknya, jadi untuk bentuk terserah apa yang kamu inginkan. Untuk bentuk yang paling mudah salah satunya adalah bentuk bunga.

Bentuk ini sama halnya dengan bros berbentuk kupu-kupu tadi sangat mudah untuk membuatnya. Yang kamu butuhkan hanyalah kain flanel yang sudah di potong dengan bentuk kelopak, nah untuk mengelatkanya kamu bisa menggunakan lem plastik atau juga bisa di jahit.

15. Boneka Doraemon Lucu dari Kreasi Kain Flanel

Bagi kamu yang suka membuat sebuah boneka yang unik dan lucu, sebuah boneka doraemon lucu ini mungkin bisa kamu coba. Bahan yang harus di siapkan sangatlah mudah hanya perlu menyiapkan kain flanel, jarum benang, dakron atau kapas. Nah untuk caranya membuatnya sendiri kamu bisa melihat tutorial gambar di atas ya!

16. Kerajinan Tangan dari Kain Flanel – Mainan Dadu dari Flanel

Yang punya adik ataupun anak yang masih kecil mungkin banyak yang bingung sebab selalu menginginkan sebuah mainan, apalagi pas ketika mainan yang diminta harganya mahal. Untuk memberikan sedikit solusi, mungkin mainan ini bisa kamu coba sebuah dadu yang terbuat dari kain flanel.

Mainan ini sangat cocok untuk digunakan sebab tekstur dari mainan tidak keras dan menarik bahkan juga bisa melatih reflek sensor motorik pada otak. Namun sedikit berhati-hati ya sebab mainan ini bagi anak usia 2-3 yang masih sering memasukan barang kedalam mulutnya, jadi harus selalu di dampingi ya agar si kecil tetap aman.

17. Boneka Jari yang Terbuat dari Kain Flanel

Yang punya hobi bercerita mungkin boneka jari unik dari flanel ini bisa menjadi alat untuk mengekspresikan dirimu. Untuk karakter sendiri kamu bisa membuatnya sesuai apa yang akan kamu ceritakan nantinya. Salah satu contohnya seperti gambar di atas, boneka tangan yang lucu dan menggemaskan. Dengan bermodalkan ini kamu bisa menjadikan sekelilingmu menjadi penuh tawa.

18. Kerajinan dari Kain Flanel – Membuat Donat dari Kain Flanel

Eeeeits! Jangan di makan ya! Ngomong-ngomong ini adalah sebuah replika donat yang terbuat dari kain flanel. Mungkin kamu saat pertama kali melihatnya mengira bahwa ini adalah sebuah donat asli padahal ini hanyalah donat mainan. Salah satu kreasi kerajinanyang bisa kamu buat untuk menghiasai ruang tamu mu, tapi jangan lupa di berikan tanda bahwa itu hanyalah mainan ya agar tidak ada yang salah sangka.

19. Tempat Handphone dari Kain Flanel

Buat kamu yang punya hp tapi masih bingung dengan tempatnya, tak usah risau dan khawatir sebab dengan menggunakan kain flanel ini bisa membuat sebuah kerajinan unik yang bisa meghiasi ponsel kamu. Hanya bermodalkan kain flanel warna-warni dan juga benang serta jarum.

20. Kerajinan dari Kain Flanel – Taplak Meja dari Flanel

Yang meja di ruang tamu atau ruang keluarga telihat biasa-biasa saja, taplak meja yang satu ini bisa jadi dpat menghiasinya. Sebuah produk kreasi dari kain flanel yang dapat di rubah menjadi sebuah taplak meja yang unik.

21. Tempat Kaca Mata dari Kain Flanel

Sering sekali kita bingung mencari kacamata yang tadi baru dikenakan dimana, padahal kacamata seharusnya harus dijaga di tempat yang pas tepat dan aman agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan. Sehingga untuk mengatasi masalah tersebut membutuhkan tempat yang pas untuk kaca mata tersebut. Dengan menggunakan kain flanel ini, kamu bisa membuat tempat kacamata yang modis dan cantik serta tak memudahkan kamu untuk mengingatnya nanti.

Baca juga: 30+Kerajinan Tangan Dari Kardus Bekas yang Mudah Dibuat Serta Mempunyai Nilai Jual yang Tinggi

22. Kerajinan dari Kain Flanel – Dompet dari Kain Flanel

Dompet dari kain flanel ini mempunyai banyak lapipsn jahitan yang dapat membaut sebuah pola yang indah. Membuat dompet ini sangatlah mudah, tanpa harus membayar seorang yang mahal, namun untuk membuat ini kamu harus mempunyai banyak keterampilan salah satunya adalah ketelitian.

Dalam membuat dompet ini kamu di tuntut untuk teliti dengan setiap detail jahitan agar terlihat cantik dan tidak terkesat asal-asalan dalam membuatnya.

23. Ikat Kepala dari Kain Flanel

Jika beberapa judul di atas membahas tentang jepitan rambut dari kain flanel, yang satu ini hampir sama yaitu bandana atau sebuah ikat kepala dari kain flanel. Membuatnya sangat mudah hanya memotong kain flanel kemudian hias dan juga jahit dengan kain elastis untuk menahan agar tidak gampang jatuh. Kamu bisa mengekslorasi idemu untuk membuat sebuah ikat kepala yang cantik.

24. Selimut Bayi dari Kain Flanel

Ini adalah solusi untuk kamu yang sering bepergian dan membawa si kecil dalam perjalanan. Selimut bayi yang terbuat dari flanel ini mudah untuk dibawa kemana-mana. Dengan sedikit sentuhan mungkin juga kamu bisa menghiasinya dengan beberapa ornamen untuk mempercantik selimut bayi tersebut.

25. Hiasan Gantung dari Kain Flanel

Naah menuju kerajinan yang terakhir, sebuah hiasan gantung untuk menghiasi ruang tamu atau tempat pesta. Hiasan gantung ini terbuat dari kain flanel yang berwarna-warni dengan diisi oleh dakron di dalamnya. Untuk warna kamu bisa menyesuaikan dengan warna musim yang sedang ada di rumahmu agar terlihat lebih mengena dan keren.

Nah itulah beberapa hal yang bisa kami sampaikan. Semoga ide kerajinan dari kain flanel yang kami tampilkan di atas bisa memotivasi untuk membuat karya yang lebih baik lagi. Sekian dan semoga bermanfaat !

Baca juga:

Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Finansial
Finansial Memahami Pengertian Pajak dan Jenis-jenisnya

Demi berjalannya sebuah negara, seluruh warga negara sebisa mungkin harus ikut berkontribusi. Salah

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis dengan Konsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah karena nantinya rumah seharusnya men

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 5 Potret Rumah Lesti Kejora yang Minimalis namun Megah

Lesti Kejora, bintang dangdut muda ini merupakan pemenang kontes menyanyi D'Academy pada tahun 2014

Berita Pinhome
Berita Pinhome Belanja Sembako Hemat 70 Ribu di Segari

Pins, mau belanja sembako rumah tangga lebih hemat? Pas banget, nih! Ada promo belanja hemat dari S

Infografis
Infografis Tren Pencarian Barang Tersier di Indonesia Sejak Pandemi

Membeli barang tersier seperti rumah, kendaraan, dan alat elektronik canggih lain pada akhirnya men

Infografis
Infografis 10 Rekomendasi Brand Lokal yang Menjual Hiasan Rumah Berkualitas Baik

Home sweet home merupakan ungkapan yang sudah tidak asing yang sering kita dengar. Ungkapan ini sek

Infografis
Infografis Ingin Renovasi dan Dekorasi Rumah? Cari Inspirasi Lewat Game Dekorasi Rumah Berikut yuk!

Dulu, bermain game dipandang secara negatif karena terlihat hanya bersenang-senang dan menghabiskan

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia