Pinhome

Tips Properti

Kenali Bahaya Asbes untuk Kesehatan Kamu

Dipublikasikan oleh Jay ∙ 22 April 2020 ∙ 3 menit membaca

Dalam membangun rumah, masyarakat Indonesia sering menggunakan atap asbes karena harganya murah. Diperkirakan sekitar 10 persen rumah menggunakan asbes putih untuk atap.

Pinhome – Tapi tahukah kamu, asbes ternyata berbahaya bagi kesehatan? Bahkan, asbes diklaim dapat menyebabkan kanker. Yuk simak apa saja bahaya asbes untuk kesehatan kamu.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), asbes ini sebenarnya berbahaya. Epidemi penyakit-penyakit terkait asbes di negara-negara Asia Tenggara termasuk Indonesia sudah sering diinformasikan. Asbes putih ini merupakan karsinogen yang dapat menyebabkan berbagai kanker termasuk mesothelioma dan penyakit lainnya.

Bahaya Asbes Untuk Kesehatan

Dampak dari bahaya menghirup serat asbes putih ini sebenarnya bersifat jangka panjang, tidak bisa dilihat dalam jangka waktu singkat. Terkadang, baru akan muncul penyakitnya dalam waktu 20-30 tahun kedepan, setelah terpapar serat asbes pertama kali. Terkadang, masyarakat secara tidak sadar menghirup asbes dari puing-puing.

Serat asbes yang terhirup ke dalam paru-paru, ternyata bisa menyebabkan beberapa penyakit ini, lho, Pins!

Asbestosis
Adalah penyakit penyakit paru-paru kronis yang disebabkan oleh jaringan parut pada jaringan paru-paru akibat menghirup asbes secara berkepanjangan. Biasanya, penyakit ini baru akan bermanifestasi setelah 15 tahun atau lebih dari paparan awal, Pins!

Asbestosis terjadi setelah paparan tinggi maupun sedang terhadap asbes. Jaringan parut menyebabkan dinding alveoli menebal, mengurangi kapasitas paru-paru yang menyebabkan pasien mengalami sesak napas (dyspnea). Akibatnya penderita akan mengalami peningkatan risiko gagal jantung dan komplikasi tertentu.

Kanker paru-paru dan Mesothelioma
Mesothelioma adalah kanker yang menyerang mesothelium, yaitu jaringan yang melapisi berbagai organ tubuh. Gejala mesothelioma berkembang secara bertahap dan biasanya membutuhkan waktu 20-30 tahun hingga menampakkan gejala. Terlebih lagi, seiring berjalannya waktu, sel kanker akan semakin berkembang dan menekan saraf atau organ lainnya, sehingga menimbulkan komplikasi, Pins.

Pada mesothelioma paru, gejala yang mungkin muncul adalah sebagai berikut:

  • Demam disertai keringat, terutama pada malam hari.
  • Rasa lelah yang berlebihan.
  • Batuk disertai rasa nyeri yang tidak tertahankan.
  • Sesak nafas akibat penumpukan cairan di paru-paru
  • Penurunan berat badan tanpa sebab.
  • Nyeri dada.
  • Pembengkakan dan perubahan bentuk pada ujung jari (jari tabuh).
  • Muncul benjolan pada jaringan di bawah permukaan kulit area dada.

Selain dua penyakit tersebut, asbes juga dapat menyebabkan malfungsi pada saluran pernapasan, seperti plak atau pun penebalan pleura. Parahnya, kedua penyakit ini tidak akan menunjukkan gejala hingga 20 tahun saat paparan pertama.

Baca juga: Pelajari Fungsi Atap Asbes Untuk Membangun Rumah

Wah ternyata cukup berbahaya ya, Pins. Tapi ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi resiko dari asbes dan menjaga kesehatan kamu.

Bagaimana Cara Mencegahnya?
Untuk mengurangi paparan dari serat asbes dan melakukan pencegahan jangka pendek bisa dengan melakukan beberapa cara:

  1. Semprotkan air ke lembaran asbes untuk mencegah tanah, debu atau serat beterbangan di udara.
  2. Tutup asbes dengan lembaran plastik atau terpal untuk menghindari paparan cuaca.
  3. Ganti lembaran asbes yang sudah rusak atau berlubang.
  4. Sebisa mungkin memberikan ruang batas antara asbes dengan ruangan dalam rumah.
  5. Ganti asbes dengan bahan lain, mengingat ini adalah investasi kesehatan jangka panjang.

Nah, bagaimana Pins? Sudah paham ya bahaya asbes untuk kesehatan. Nah, demi kesehatan, yuk gunakan bahan yang lebih ramah terhadap kita. Lagipula saat ini 66 negara termasuk Australia, Kanada, Vietnam dan Laos telah melarang penggunaan asbes. Semoga bermanfaat ya.

Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel