BlogPemilik PropertiDesain Hunian11 Manfaat dan Kelebihan Kayu Ulin Dibandingkan Kayu Jenis Lain
0
0

11 Manfaat dan Kelebihan Kayu Ulin Dibandingkan Kayu Jenis Lain

Dipublikasikan oleh Yurinda Dini dan Diperbarui oleh Annisa Hapsari

Agu 8, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
11 Manfaat dan Kelebihan Kayu Ulin Dibandingkan Kayu Jenis Laintop-right-banner

Kayu menjadi bahan material yang kerap dipakai sebagai salah satu bahan bangunan, mulai dari rangka, kuda-kuda, atap, lantai, tiang penyangga, hingga dinding. Jenisnya juga sangat beragam, salah satunya adalah kayu ulin. Ternyata, kelebihan kayu ulin tak sebatas pada material bangunan saja, tetapi masih banyak lagi fungsi lainnya. 

Kayu ulin populer sebagai kayu besi. Ini karena kelebihan kayu ulin dalam hal kekuatannya untuk menopang bangunan agar dapat berdiri tegak. Lalu, apa saja manfaat kayu ulin? Kamu bisa simak pada ulasan berikut ini. Baca sampai selesai, ya!

Baca juga: 10 Merk Cat Kayu Terbaik Tahan Lama Untuk Perabotanmu

Manfaat dan Kelebihan Kayu Ulin

Kayu ulin punya banyak nama. Selain kayu besi atau ironwood, kayu satu ini juga memiliki nama ilmiah Eusideroxylon zwageri ini. Pemakaian kayu satu ini untuk bahan bangunan tidak hanya dapat menopang bangunan, tetapi juga memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi. 

Rumah berbahan kayu memang sangat menarik karena dapat menghadirkan nuansa alam yang nyaman. Namun, kamu tetap bisa mendapat suasana tersebut dengan rumah minimalis modern. Dapatkan banyak pilihan rumah melalui fitur rumah eksklusif di Pinhome.

Salah satu rumah pilihan yang bisa menjadi pertimbangan yaitu Cimanggis Golf Estate. Hunian modern ini berada di kawasan Depok yang sangat strategis. Selain itu, kamu juga bisa mendapat banyak rekomendasi rumah baru di Depok lain yang pastinya nyaman di Pinhome. 

Lantas, apa saja keunggulan kayu ulin daripada jenis kayu lain yang ada? Berikut beberapa di antaranya:

Kayu ulin untuk bahan konstruksi bangunan

Source : Pinterest

Studi dalam Jurnal Analisis Kebijakan Kehutanan menyebutkan bahwa, kayu ulin kerap dimanfaatkan untuk bahan pembuatan atap rumah, lantai, rangka jendela, jembatan, patung, hingga ornamen bangunan lainnya. Selain itu, kayu satu ini juga cukup kokoh untuk dinding.

Riset lain dalam Jurnal Teknik menyebutkan, kayu ulin juga sangat populer sebagai jenis kayu yang kuat dan tahan lama. Kekuatannya meliputi kuat tekan, kuat lentur, dan kuat geser. Tak heran kalau kayu satu ini layak digunakan untuk bahan bangunan.

Kayu ulin dapat menjaga keseimbangan ekologi

Pohon ulin akan lebih mudah kamu jumpai pada kawasan hutan Kalimantan. Selain itu, pohon satu ini juga kerap menjadi rumah untuk hewan endemik khas Kalimantan, salah satunya adalah orangutan. 

Pohon ulin sangat bermanfaat untuk ekologi, ini termasuk menghasilkan oksigen dan menyerap karbondioksida, serta menyerap air yang mencegah terjadinya erosi.

Kayu ulin untuk mencegah gastrointestinal

Source : Freepik

Faktanya, kelebihan kayu ulin juga termasuk untuk kesehatan. Bunga pohon ulin sangat membantu mengobati asam lambung, kehilangan nafsu makan, muntah, mulas, gastritis, hematemesis, tukak lambung dan nyeri pada usus.

Bahkan, kamu bisa memanfaatkan benang sari bunga pohon ulin untuk menyembuhkan disentri kronis dan diare berdarah. Sementara itu, pasta dari bunga pohon ulin dapat membantu mengobati wasir berdarah.

Kayu ulin untuk gangguan pernapasan

Banyak masyarakat Dayak Uud Danum yang tinggal di sekitar aliran Sungai Ambalau, Kalimantan Barat, juga mengambil daun atau bunga pohon ulin sebagai obat tradisional. Bagian dari pohon ulin ini mampu mengobati beberapa penyakit seperti demam, penguat badan (tonik), sakit perut, alergi, asma, bronkitis hingga perawatan setelah melahirkan. 

Kayu ulin untuk mengatasi peradangan

Kelebihan kayu ulin lainnya adalah memiliki sifat anti-inflamasi serta meredakan rasa sakit, yang sangat baik untuk mengurangi peradangan. Penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi teh kayu ulin dengan teratur dapat meningkatkan sirkulasi darah serta mengurangi ketegangan pada pembuluh darah.

Selain itu, kayu ini juga dapat membantu mengurangi berbagai kondisi kesehatan yang ada hubungannya dengan peradangan. Misalnya asma, ketegangan otot kronis dan radang sendi.

Baca juga: Desain Rumah Berkarakter Kayu yang Unik dan Kekinian

Kayu ulin untuk menstruasi berlebihan

Source : Freepik

Pendarahan saat menstruasi yang berat muncul dengan gejala berupa keluarnya darah lebih dari 80 mililiter pada setiap siklus. Pendarahan menstruasi dalam jumlah banyak atau sebutan medisnya adalah menoragia dapat terjadi karena berbagai faktor. Guna mengatasi hal ini, tak sedikit masyarakat memanfaatkan pohon ulin.

Kayu ulin untuk menyembuhkan disuria

Disuria adalah penyakit infeksi saluran kemih yang dapat menimbulkan rasa sakit, ketidaknyamanan serta rasa terbakar saat buang air kecil. Banyak studi yang menyebutkan bahwa air rebusan yang terbuat dari kayu ulin dengan tambahan gula akan sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah ini.

Kandungan alami dalam tanaman tersebut dapat membantu mengurangi rasa sakit ketika buang air kecil, sulit buang air kecil, atau munculnya darah dalam urine.

Kayu ulin untuk mengatasi demam

Source : Freepik

Kelebihan kayu ulin lainnya yang tak banyak orang tahu adalah membantu menurunkan panas tubuh alias demam. Ini karena kandungan dalam kayu ulin yang dapat mengeluarkan keringat serta mengurangi infeksi yang terjadi karena demam pada tubuh. 

Ini artinya, kayu ulin juga efektif untuk membantu menurunkan peradangan yang terjadi karena penyakit demam.

Kayu ulin untuk menyembuhkan disentri

Banyak studi tentang pohon kayu ulin menyebutkan bahwa kayu ulin sangat membantu dalam mengobati disentri. Sebab, kayu ulin memiliki sifat homeostasis, yang bisa menghentikan pendarahan. Kamu bisa mengonsumsinya dengan mentega dan gula sebanyak dua kali sehari.

Kayu ulin untuk mencegah masalah kulit

Source : Freepik

Kelebihan kayu ulin berikutnya adalah minyak dari biji kayu ulin yang sangat efektif untuk mengatasi dan mencegah banyak masalah kulit. Itulah mengapa minyak biji kayu ulin sering kali menjadi komponen utama dari banyak bahan dasar untuk membuat kosmetik.

Baca juga: Tips Memilih Bangunan Kayu yang Aman dan Berkualitas

Kayu ulin untuk pewarna hitam rambut

Selain untuk kesehatan, kayu ulin juga dapat kamu gunakan untuk kecantikan, khususnya pada rambut. Buah ulin memiliki  zat yang mampu menghitamkan rambut, membuat banyak masyarakat Kalimantan memanfaatkannya sebagai warna cat rambut alami agar lebih hitam. Selain itu, hal tersebut tentunya berguna untuk menutupi rambut yang mulai memutih.

Itulah tadi berbagai kelebihan kayu ulin yang perlu kamu ketahui, mulai dari menjadi material konstruksi bangunan, kesehatan, hingga kecantikan. Semoga bermanfaat!

Feature Source Image: Bukalapak


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami, Soho Pancoran dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download