BlogLifestyleGadget16 Kelebihan dan Kekurangan iPhone Yang Perlu Kamu Ketahui
0
0

16 Kelebihan dan Kekurangan iPhone Yang Perlu Kamu Ketahui

Dipublikasikan oleh M. Agung Septyanto dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Mei 22, 2023

9 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

iPhone adalah salah satu merek ponsel terbaik di dunia. Meski termasuk yang terbaik, smartphone besutan Apple ini tetap memiliki kelebihan dan kekurangan iPhone. Di pasaran, iPhone seri terbaru dibanderol dengan harga sekitar 20 jutaan. Namun seri yang keluar beberapa tahun masih laris dan banyak penggunanya. 

Menurut data yang diterbitkan oleh Statcounter GlobalStats, iPhone akan menjadi smartphone pertama dengan pangsa pasar terbesar di tahun 2022. Namun di Indonesia, iPhone mungkin hanya berada di urutan kelima, kalah dari merek ponsel android ternama seperti Oppo, Samsung, Xiaomi, dan Vivo.

Salah satu keunggulan iPhone adalah selalu menjadi kiblat teknologi smartphone di dunia. Misalnya, produsen ponsel android sering meniru desain layar berponi dan kamera smartphone. Sayangnya, iPhone seringkali sulit untuk maju karena teknologi yang baru dirilis tertinggal dari Android. 

Baca juga:

Kelebihan iPhone yang Paling Menonjol Dibanding Android

Ada 12 kelebihan iPhone dibanding android yang perlu kamu ketahui. Lalu apa saja kelebihan tersebut, simak artikel dibawah ini ya!

Source : republika.com

Memiliki Kamera yang Hasilnya Lebih Baik

Source : support.apple.com

Salah satu keunggulan iPhone yang pertama adalah kameranya. Kualitas gambar dan video selalu menjadi perhatian dengan setiap seri iPhone baru. Apple selalu memperhatikan kamera. Selain hardware canggih, kamera iPhone juga didukung fitur tambahan yang inovatif. 

Meski tidak mengandalkan resolusi tinggi, kamera iPhone memiliki kualitas yang sama dengan ponsel Android beresolusi tinggi. Hasil foto dan video sangat cocok untuk dibagikan di media sosial. Kualitasnya tajam dan low light cukup bagus. Kestabilan kamera saat merekam video juga stabil, sehingga terlihat seperti diambil dengan kamera profesional.

Performa iPhone Lebih Tinggi

Source : grid.id

Chipset Apple Bionic yang digunakan di iPhone memiliki performa yang sangat cepat. Performanya setidaknya merupakan chipset tercepat yang digunakan oleh Android. Misalnya, kinerja chipset Apple A15 Bionic di iPhone 13 Pro Max setara dengan ponsel gaming Android tercepat, Red Magic 6 Snapdragon 888. 

Selain dukungan chipset cepat, iPhone juga memiliki operasi iOS yang sangat lancar sistem. Kombinasi chipset, RAM, perangkat keras, dan iOS memastikan kinerja yang lancar. Performa iPhone yang berlebihan terbukti dan bisa digunakan bertahun-tahun dan tetap stabil.

Memiliki Koleksi Aplikasi yang Up-To-Date

Source : jalantikus.com

Meski jumlah pengguna iPhone tidak sebanyak Android, biasanya developer lebih memilih untuk merilis versi terbaru aplikasinya terlebih dahulu kepada pengguna iPhone. Salah satu alasannya adalah pendapatan AppStore lebih baik dari Android Play Store. Selain itu, alasan aplikasi diperbarui lebih cepat di App Store adalah karena lebih mudah bagi pengembang untuk menyesuaikan tampilan aplikasi karena ukuran layar iPhone lebih kecil dari Android. Keunggulan iPhone ini membuat pengguna iPhone betah

Harga Jual iPhone Second Masih Cukup Tinggi

Source : apple.com

Jika kondisinya masih bagus, iPhone bekas bisa dijual lebih murah dari ponsel Android bekas. iPhone bekas dengan kualitas mulus bisa meningkatkan harga jual. Pembeli rela merogoh kocek lebih dalam karena yakin performa iPhone tetap bagus meski telah digunakan dalam keadaan bekas.

Ini karena dukungan konstan untuk pembaruan iOS, jadi meskipun Pins membeli iPhone bekas, kamu masih bisa merasakan fitur-fitur baru. Jaminan keamanan data juga terjaga karena Apple terus memperbaiki segala celah atau bug  di seri iOS sebelumnya.

Baca juga: 6 Cara Menggabungkan File PDF di HP Android

Mempunyai Build Quality dan Desain Lebih Bagus

Source : sindonews.com

Keunggulan utama iPhone adalah kualitasnya yang tinggi. Setiap produk diproduksi dengan standar kualitas tinggi, sehingga jarang ditemukan. Selain itu, tampilan produknya terlihat berkualitas dan ikonik sehingga banyak orang yang dapat dengan mudah mengenalinya. 

Selain itu kemasan produk mulai dari aksesoris dan kotak memberikan kesan yang sangat berharga. Tak heran jika harga iPhone cukup mahal, karena membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk menjaga kualitas produk. Selain itu, seri baru diterbitkan setahun sekali untuk mempertahankan dampak uniknya.

Keamanan yang Ditawarkan lebih Aman

Source : techharvest.asia

App Store iOS menawarkan lebih sedikit aplikasi daripada Android Play Store. Ini karena Apple lebih selektif tentang aplikasi yang diunduh dan diinstal pada produknya. Keunggulan iPhone yang sangat menonjol adalah keamanannya. Pins dapat menginstal aplikasi di iPhone Anda melalui App Store saja. 

Meskipun kamu dapat memasang aplikasi di luar App Store, Pins harus menggunakan aplikasi pihak ketiga. Tidak seperti Android, ada opsi untuk menginstal aplikasi di luar Play Store tanpa menginstal pihak ketiga. 

Sistem unduhan satu kali App Store didukung oleh pemantauan terus menerus untuk mencegah masuknya virus atau malware. Di saat yang sama, pengguna Android lebih rentan terhadap virus dan malware karena dapat menginstal aplikasi di luar Play Store.

Update iOS yang Cepat dan Merata

Source : cnnindonesia.com

Dukungan sistem operasi yang terus menerus hingga bertahun-tahun merupakan kelebihan iPhone. Melalui update sistem operasi iOS ini, pengguna lama tetap bisa menikmati fitur baru dan keamanan lebih baik. Apple memang rutin menggulirkan update bukan hanya ke tipe iPhone terbaru, namun juga iPhone seri lawas.

iOS juga merupakan sistem operasi yang paling aman dan stabil. Sistem operasi ini hanya digunakan iPhone, jadi lebih eksklusif. Celah keamanan iOS selalu diperbaiki secara rutin oleh Apple. Oleh karena itu, iPhone banyak digunakan oleh segmen kelas menengah atas yang membutuhkan HP yang aman untuk bisnis.

Kelebihan iPhone pada iOS berbeda jauh dari Android. Update sistem operasi Android jadi tugas para vendor. Kalau Pins beli HP Android dari merk yang malas update OS, maka untuk mencicipi fitur baru dan keamanan yang lebih baik, kamu harus beli HP baru.

Layanan Purna Jual Lengkap Terpercaya

Source : wefixit.id

Jika iPhone kamu rusak, Pins tak perlu pusing memperbaikinya. Layanan service center atau purna jual Apple di Indonesia sudah cukup banyak tersebar di beberapa kota. Jadi untuk memperbaiki iPhone yang rusak kamu tak perlu pusing mencari pusat service terpercaya. Karena pusat servis produk Apple bersifat resmi, kamu bisa lebih tenang karena jika ada sparepart yang harus diganti, kamu tak perlu khawatir diganti oleh spare part bekas yang tak karuan kualitasnya.

Memiliki Fitur Siri yang Menarik Hati

Source : makemac.id

Salah satu kelebihan iPhone dibanding HP lain yang cukup dikenal banyak khalayak ramai adalah fitur Siri. Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk memerintahkan untuk mencari informasi tertentu.

Di samping itu, Siri didesain untuk mendeteksi suara perintah. Sebenarnya Google sudah menciptakan teknologi ini, namun Apple sudah menawarkan teknologi ini lebih dulu populer.

Aman dari Malware dan Virus yang mengancam

Source : detik.com

Ini sudah menjadi rahasia umum bahwa produk-produk Apple sangat jarang yang mudah terkena virus dan malware. Mulai dari MacBook, iMac, dan iPhone memiliki sistem operasi yang susah banget terkena malware.

Hal ini berkat penyeleksian ketat aplikasi yang tersedia di dalam App Store. Selain itu, iPhone dibekali dengan sistem proteksi yang sangat baik.

Berbagai Aksesoris Dijual Secara Lengkap Untuk iPhone

Source : telset.id

Kelebihan iPhone yang lain adalah mudahnya aksesoris untuk dicari walaupun iPhone Pins versi terbaru. Selain itu, di Indonesia terdapat authorized dealer khusus produk Apple seperti iBox dan iStore.

Biasanya kedua store tersebut menjual aksesoris iPhone secara lengkap. Selain itu, karena permintaan iPhone masih besar, banyak toko yang bukan dealer resmi iPhone menjual aksesoris untuk iPhone.

Baca juga:11 Cara Mengatasi HP Mati Sendiri, Dijamin Berhasil!

Fitur Apple Pay yang Bisa Digunakan Untuk Pembayaran

Source : apple.com

Seiring dengan berkembangnya zaman, sistem transaksi pun kini sudah mulai berevolusi ke bentuk digital. Untuk mengantisipasi perkembangan tersebut Apple menyediakan layanan Apple Pay yang berbasiskan internet sehingga ketika melakukan transaksi lebih cepat dan praktis.

Menggunakan fitur ini pun nggak sulit, kamu hanya mendaftarkan kartu debit atau kredit ke dalam Apple Pay. Fitur ini juga memiliki proteksi yang sangat dapat dipercaya sehingga kamu nggak perlu khawatir keamanannya.

Kekurangan iPhone yang Bisa Dilihat Secara Langsung

Namanya juga sebuah produk, walaupun memiliki segudang kelebihan, iPhone juga memiliki kekurangan yang menjadikan alasan mengapa banyak orang lebih memilih Android. Berikut daftar kekurangan iPhone yang perlu kamu ketahui. 

Masih Memiliki Notch yang Mengganggu

Source : medium.com

Pertama kali munculnya kabar akan dirilisnya iPhone, banyak pihak yang antusias bahwa Apple akan menghadirkan desain yang baru dan segar agar bisa bersaing dengan desain smartphone Android yang lebih beraneka ragam.

Kenyataannya ketika rilis, iPhone terbaru ternyata masih mengusung desain yang mirip dengan seri iPhone terdahulu. Hal ini tentu mengecewakan. Apalagi, kala mengetahui desain kamera depan HP ini masih memiliki notch.

Padahal dalam beberapa bocoran, iPhone dirumorkan akan menggunakan model kamera depan yang berbeda, yakni model Dynamic Island. Sayangnya, model ini hanya dihadirkan Apple pada seri iPhone terbaru yaitu iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Dibanderol Harga yang Begitu Mahal

Source : detik.com

iPhone memiliki segmen khusus yaitu kelas menengah ke atas. Ponsel iPhone juga termasuk dalam kategori utama, sehingga kinerja dan kualitasnya sebanding dengan ponsel Android kelas atas. Pins bisa membeli ponsel Android dengan fitur yang sama dengan harga 2 atau 3 kali lebih murah. 

Kualitas produk yang tinggi membuatnya layak menjadi ponsel termahal di dunia. Selain itu, spesifikasi iPhone tertinggi dan terbaru kerap dijual di atas 20 jutaan. IPhone memberi pemiliknya gengsi. Menggunakan iPhone dapat membuat pengguna lebih percaya diri. 

Harga yang mahal juga merupakan upaya Apple untuk menjaga brand image produknya agar tetap berada di kelas premium. Jadi orang yang menggunakan iPhone bangga. Selain itu, harganya yang mahal membuat tidak banyak orang yang bisa mendapatkannya. Agar efek unik produk tetap terjaga.

Baca juga: 8 Cara Menyambungkan HP Ke TV Dengan Atau Tanpa Kabel

Tampilan User Interface yang Tidak Bisa Dikustomisasi

Source : Business Insider

Tampilan antarmuka iOS tidak bisa dikustomisasi sehingga cenderung monoton. Pengguna iPhone tidak bisa bebas mengutak atik tampilan UI seperti Android. Misalnya, Pins tidak bisa membuat tampilan Home Screen kosong dari ikon menu aplikasi. Selain itu, pilihan widget juga terbatas dan tidak banyak Theme tambahan yang bisa diinstal.

Buat sebagian orang, apalagi pecinta iPhone pasti tidak mempermasalahkan kekurangan iPhone ini. Namun untuk pengguna yang terbiasa dengan Android, tampilan iPhone terasa sangat membosankan. Apalagi juga sudah terlalu lama menggunakannya.

Baterai Bawaan yang Memiliki Kapasitas Begitu Kecil

Source : Indiamart

Meskipun kelebihan iPhone ada banyak, namun kekurangannya yang selama ini tidak kunjung diperbaiki adalah masalah kapasitas baterai. Bayangkan saja tipe iPhone tertinggi saat ini yaitu iPhone X saja hanya dibekali baterai 3174 mAh. Kapasitas baterai yang kecil tentu menyulitkan Pins yang punya intensitas tinggi saat menggunakan HP. Kapasitas baterai yang kecil juga membuat kamu sulit lepas dari charger hp.

Itulah kelebihan dan kekurangan iPhone dibanding HP Android. Kelebihan iPhone memang lebih banyak dibanding kekurangan iPhone. Namun kekurangan iPhone cukup vital. Spesifikasi dan desain yang monoton membuat banyak pengguna iPhone berpikir ulang untuk upgrade ke seri terbaru. Semoga membantu ya Pins!

Featured image: apple.com


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Perumahan Properti Eksklusif: Ruma Prana dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download