BlogPemilik PropertiDesain Hunian6 Solusi untuk Letak Kamar Mandi di Bawah Tangga Menurut Feng Shui
0
0

6 Solusi untuk Letak Kamar Mandi di Bawah Tangga Menurut Feng Shui

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Agu 8, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Feng Shui sering digunakan dalam mendesain rumah agar mendatangkan energi positif bagi penghuninya. Dari semua ruangan di dalam rumah kamar mandi juga mempunyai aturan tersendiri menurut Feng Shui. Kamar mandi di bawah tangga menurut Feng Shui membawa energi negatif namun tak perlu khawatir sebab ada solusi untuk hal ini.

Begitu pula saat mencari Program KPR Bank perhatikan suku bunga yang menguntungkanmu. Dengan begitu membeli rumah bekas di kota Bogor atau perumahan di Jagakarsa seperti Vasa Jagakarsa secara kredit akan lebih mudah karena lebih siap menyiapkan dana.

Kenapa Letak Kamar Mandi di Bawah Tanah Tidak Disarankan?

alasan kenapa Kamar mandi di bawah tangga menurut Feng Shui buruk
Source : Pexels

Feng Shui kamar mandi di bawah tangga  pada dasarnya memiliki penilaian buruk. Desain ini merugikan penghuni karena menghalau keberuntungannya. Jika dianalogikan posisi WC di bawah tangga akan selalu terinjak oleh orang yang lewat di tangga tersebut.

Terlebih tangga dalam Feng Shui sebagai penghubung antara lantai bawah dengan lantai di bagian atasnya. Jika posisinya persis di bawah tangga maka energi buruk dari kamar mandi bisa mengalir ke lantai atas. Inilah mengapa posisi kamar mandi di bawah tangga dianggap buruk. Apalagi posisi ini rentan sekali kotor dan beresiko tinggi menyebar ke ruangan lainnya.  

Meskipun demikian bukan berarti desain kamar mandi ini tidak bisa diakali karena ada pula yang mengatakan bahwa dengan menginjak-injak posisi WC akan mampu menekan habis energi buruk yang ada di ruangan di bawah tangga.

Biasanya posisi kamar mandi di bawah tangga sengaja dirancang agar rumah punya space yang lebih luas. Apalagi jika bentuk anak tangga sengaja dibuat lebar maka ukuran kamar mandi juga ikut melebar.

Baca juga: 7 Inspirasi untuk Model Rumah Letter U di Kampung

Solusi Kamar Mandi di Bawah Tangga Menurut Feng Shui

Cara mengakali letak kamar mandi di bawah tangga menurut Feng Shui adalah dengan memperhatikan desain dari kamar mandi tersebut. Adapun hal-hal yang perlu Pins lakukan antara lain adalah:

1. Posisi Kamar Mandi

kamar mandi di bawah tangga menurut feng shui dengan jendela
Source : Pexels

Sebenarnya tidak apa-apa jika kamar mandi di bawah tangga asal tak menghadap langsung ke pintu utama. Alasannya pintu depan merupakan mulut Qi yang artinya bagaimana energi memasuki rumah. Namun bila terlanjur tidak bisa merelokasi pintu depan maka tempatkan cermin pada bagian luar pintu kamar mandi. 

Tujuannya untuk meminimalkan kemungkinan energi negatif masuk. Selain itu kedepannya jangan buat toilet tepat di depan tangga paling atas. Hal ini akan membuat energi Chi (kehidupan) langsung masuk ke kamar mandi dan tidak menyebar ke ruang bagian atas.

Apabila desain kamar mandi ini terlanjur dilakukan maka pasang lampu kristal berbentuk multi persegi. Dengan begitu energi kehidupan tetap bisa menyebar ke ruangan di lantai atas.

2. Tambahkan Jendela

Source : Pexels

Menempatkan kamar mandi dibawah tangga dipercaya mampu menghilangkan kekayaan. Hal ini karena elemen air berdampak negatif pada kesuksesan sehingga tidak disarankan menempatkan kamar mandi dekat tangga. Jika sudah terlanjur tambahkan jendela di kamar mandi dengan posisi tepat di bawah tangga.

Tujuannya agar mengatasi energi negatif yang timbul dari ruangan ini. Jendela tersebut juga berhubungan langsung dengan bagian di luar rumah. Apabila menghubungkan ruangan di sebelahnya maka fungsinya tidak ada sama sekali.

Baca juga: 11 Ide Desain Panggung 17 Agustus yang Kreatif

3. Pasang Exhaust Fan

kamar mandi di bawah tangga menurut feng shui pakai exhaust fan
Source : Pxhere

Apabila kamar mandi tidak bisa ditambahkan jendela samping maka pasang exhaust fan. Alat ini berfungsi membuang udara yang terdapat dalam kamar mandi ke luar rumah. Cara kerjanya adalah menghisap udara dari interior lalu mengalirkannya ke eksterior. Dengan begitu seluruh interior rumah akan terhindar dari bau tak sedap maupun energi negatif dari kamar mandi.

4. Bersihkan Kamar Mandi

Source : Pexels

Sumber energi buruk bisa hadir dari kamar mandi yang terdapat tumpukan kotoran. Solusinya adalah membersihkan ruangan setiap waktu sehingga area kamar mandi tidak memiliki energi negatif. Jangan lupa untuk membersihkan area sudut ruangan yang sering kali terdapat kotoran menumpuk.

5. Tutup Pintu Kamar Mandi

Source : Pexels

Energi negatif dalam ruangan tidak dapat keluar ruangan jika Pins membiasakan menutup pintunya. Jangan sampai pintu kamar mandi terbuka terlalu lama bahkan membuat bau busuk di dalamnya keluar ke ruangan lain. Sebisa mungkin jaga kebersihan sehingga bau busuk tidak ada.

Pins bisa menambahkan pengharum kamar mandi agar aroma wangi semerbak terasa. Energi negatif dalam kamar mandi pun dapat ikutan lenyap.

Baca juga: 10 Ide Dapur Sederhana dari Kayu dengan Nuansa Rumah Desa

6. Beri Tanaman Hias

Source : Pxfuel

Tidak lupa tambahkan tanaman hias agar menghalau energi negatif dari kamar mandi. Tanaman hidup ini bisa diletakan di dalam maupun dekat tangga. Tanaman hidup sangat efektif memperkuat aliran energi positif sekaligus membuat ruangan tampak lebih asri. Sebaiknya gunakan tanaman yang tahan hidup di ruangan lembab dan dalam rumah.

Kamar mandi boleh saja diletakan di bawah tangga asal mempunyai ventilasi yang cukup. Hindari posisi pintu kamar mandi berhadapan langsung dengan dapur maupun kamar tidur. Bila kamar mandi menghadap pintu depan tambahkan cermin di luar kamar mandi.

Selain itu bersihkan kamar mandi setiap waktu agar kotoran tidak menumpuk. Kamar mandi di bawah tangga menurut Feng Shui sejatinya dianggap buruk namun dapat diatasi dengan jendela atau exhaust fan agar sirkulasi udaranya lancar.

Feature Image Source: Rawpixel


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Cimanggis Golf Estate dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download