BlogLifestyle9 Jenis Pukulan Tinju Yang Perlu DiKetahui
0
0

9 Jenis Pukulan Tinju Yang Perlu DiKetahui

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi Ratnasari

Apr 14, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Tinju adalah salah satu cabang olahraga yang cukup difavoritkan. Setiap pertandingannya dipenuhi oleh penonton. Olahraga ini memang menonjolkan teknik pukulan dan ada beberapa jenis pukulan tinju yang petinju perlu kuasai.

Beberapa jenis pukulan tinju merupakan teknik dasar. Sementara lainnya adalah jenis pukulan tinju tingkat tinggi yang bisa menaklukan lawan.

9 Jenis Pukulan Tinju

 jenis pukulan tinju ke bagian kepala
Pexels

Jenis pukulan ini berkembang dari kombinasi pukulan dasar. Adapun detailnya bisa Pins simak di bawah ini!

Jab

Jenis pukulan tinju ini bersifat cepat dan mengarah lurus langsung mengenai wajah lawan. Jab sering pula disebut sebagai satu diantara pukulan penting dalam teknik tinju. Teknik gerakannya berat karena petinju menaikan bahu depan agar menjaga rahang dari pukulan musuh.

Sementara tangan lainnya di dekat wajah dan usai pukulan dilontarkan maka petinju meletakan tangan ke posisi semula sebagai pelindung wajah dan rahang. Pukulan ini memiliki banyak fungsi yakni pertahanan, mengganggu fokus lawan hingga memperkirakan jarak antara lawan dan petinju.

Dalam pengaplikasiannya tidak membutuhkan kekuatan besar. Petinju harus cermat dalam memperkirakan momentum kapan kombinasi pukulan harus dilakukan.

Baca juga:

Cross

Jenis pukulan tinju ke dagu lawan
Pexels

Pukulan jab dan cross memiliki kesamaan yakni mengarah lurus ke wajah. Arah tujuan cross adalah dagu atau bagian bawahnya. Perbedaan cross dengan jab ialah kekuatan yang dipakai lebih besar.

Cross memakai perpindahan beban dari bahu dan tumpuan pijakan ke salah satu kaki di depan. Jenis pukulan tinju ini sebagai serangan balik karena menyasar wajah petinju.

Jadi usai petinju melakukan jab biasanya dikombinasikan dengan cross sebagai serangan balik. Petinju bisa memakai gerakan setengah langkah guna meningkatkan kecepatan dan kekuatannya.

Hook

Hook adalah pukulan setengah memutar yang berfungsi menyerang bagian sisi kepala atau wajah lawan. Pukulan ini dilakukan saat kondisi siku terlipat dan tangan mengepal ditujukan ke arah bawah.

Saat melakukan pukulan ini maka bagian pinggul dan batang tubuh diputar searah jarum jam. Satu pukulannya bisa langsung menjatuhkan lawan saat lengah. Hook fokus menyerang tubuh bagian bawah.

Teknik ini dikenal pula dengan rip yang membedakan hook jenis tradisional. Petinju Mike Tyson juga sering menggunakan hook untuk memukul KO lawannya. Petinju asal Indonesia yakni Ellyas Pical sering memakai hook kiri sebagai senjata andalannya.

Long Hook

Jenis pukulan tinju selanjutnya adalah long hook yakni pukulan dari jarak jauh. Long hook adalah pukulan modifikasi antara pukulan straight dan hook. Petinju Muhammad Ali merupakan sosok yang mempopulerkan jenis pukulan ini.

Long hook merupakan jenis pukulan di kelas atas. Istilah ini sangat akrab di telinga petinju profesional namun tak begitu familiar di kalangan petinju amatir. 

Baca juga:

Low Bow

Jenis pukulan tinju ke arah perut ke bawah
Pexels

Jenis pukulan ini mengincar area kemaluan lawan atau ke bawah perut. Petinju melontarkan pukulan ini bisa karena sengaja maupun tidak. Pukulan ini termasuk yang dilarang digunakan dalam pertandingan.

Alasannya karena mampu berakibat fatal bagi lawan. Jika menggunakan pukulan ini saat bertanding maka akan mendapatkan sanksi dari wasit. Petinju bisa diberi peringatan hingga diskualifikasi ketika bertanding.

Uppercut

Jenis pukulan ini bisa diketahui dari arah kepala tangan yakni bergerak mulai dari bawah terlebih dulu agar menyerang bagian wajah lawan. Sebelum meluncurkan pukulan maka petinju akan menekuk lutut terlebih dulu.

Setelah itu pukulan akan dimulai dari bawah ke area sekitar dagu lawan. Tujuan dari uppercut ialah membuat tubuh lawan kehilangan keseimbangan. Lawan akan langsung terjatuh ke kanvas setelahnya.

Rabbit Punch

Rabbit punch juga terlarang dalam pertandingan sebab berbahaya. Pukulan ini dimulai dari arah atas terlebih dulu baru ke bawah. Pukulan dilayangkan ketika lawan dalam posisi merunduk.

Baik sengaja atau tidak sengaja, Rabbit punch sangat berbahaya karena mengincar ubun-ubun. Lawan bisa mengalami cedera parah dan tengkuk lawan sehingga dikategorikan pukulan mematikan.

Straight

Jenis pukulan tinju ke arah perut
Pexels

Seperti namanya pukulan ini lurus usai dilakukan pukulan jab. Lazimnya pukulan ini akan dikombinasikan dengan pukulan lainnya agar mampu melumpuhkan lawan. Target pukulan ini adalah perut atau kepala tergantung posisi petinjunya.

Bagi petinju ortodoks digunakan tangan kanan saat melakukan straight. Alasannya karena tangan kanan lebih keras dibandingkan tangan kiri. Bila petinju kidal maka digunakan tangan kiri saat melontarkan straight.

Swing

Istilah ini hanya populer di Indonesia karena secara secara internasional dikenal dengan nama long hook. Ketika pertandingan Muhammad Ali yang tayang di TVRI, komentator pertandingan tinju kala itu menyebutkan pukulan long hook ini dengan swing.

Dari situlah istilah ini kemudian dikenal oleh masyarakat Indonesia secara luas. Gerakan pukulannya terasa khas sehingga sulit untuk ditirukan oleh petinju lainnya.

Baca juga:

Tips Latihan Pukulan Tinju

jenis pukulan tinju ke arah atas lawan
Pexels

Dalam latihan tinju sebaiknya lakukan peregangan terlebih dulu. Setelah itu latihan pukulan dengan samsak. Durasi latihan punching bag dan speed bag bisa mencapai 30 menit hingga satu jam.

Pada akhir latihan sebaiknya lakukan peregangan abdominal untuk membentuk tubuh dan membakar kalori. Jangan lupa untuk mempraktekkan jenis pukulan tinju di atas yang diperbolehkan saat pertandingan. Kombinasikan pukulan dasar dengan jenis pukulan tinju lainnya agar lawan bisa langsung KO.

Source Feature Image: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Roemah Palem dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download