BlogLifestyleEdukasi47 Jenis Alat Musik Tradisional dari Indonesia
0
0

47 Jenis Alat Musik Tradisional dari Indonesia

Dipublikasikan oleh Voni Wijayanti dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Apr 13, 2023

20 menit membaca

Copied to clipboard
jenis alat musik tradisionaltop-right-banner

Negara Indonesia terkenal akan budayanya yang sangat beragam, atas kehadiran suku dan agama yang berbeda-beda. Perbedaan yang disatukkan oleh Bhinneka Tunggal Ika ini memunculkan persatuan dengan keunikannya tersendiri. Suku dan Budaya yang berbeda ini membuat munculnya berbagai jenis alat musik tradisional khas Indonesia.

Ketika Pins memutuskan untuk tinggal di suatu daerah, pasti akan merasakan suasana budaya yang berbeda-beda. Contohnya, ketika kamu memutuskan untuk tinggal di perumahan Britania Green Resort, sebagai Perumahan di Kota Bogor yang terbaik akan mendapatkan suasana budaya Sunda yang khas. Berikut penjelasan tentang jenis alat musik khas Indonesia!

Bende

Alat musik tradisional Bende yang terkenal
Source : wikipedia.com

Alat musik bende yang berasal dari daerah Lampung yang mempunyai ciri khas bunyi Ideofon, yaitu jenis bunyi yang berasal dari bahan dari dasarnya sendiri. Cara menggunakannya sendiri yaitu dengan cara dipukul memakai alat pukul yang khusus.

Alat Musik Gendang Melayu

Alat musik tradisional Gendang Melayu
Source : mepow.net

Alat musik gendang melayu yang berasal dari Kepulauan bangka belitung yang mempunyai ciri khas jenis bunyi Membranofon. Yaitu jenis bunyi yang asalnya dengan memukul di sekitar area lunak dengan menggunakan telapak tangan.

Alat Musik Gendang Panjang

Alat musik tradisional Gendang Panjang
Source : wikipedia.com

Alat musik gendang panjang yang berasal dari Kepulauan Riau yang mempunyai ciri khas jenis bunyi Membranofon. Cara menggunakan alat musik khas Indonesia ini yaitu dengan  menepukkan tangan pada area yang lunak.

Alat Musik Tradisional Tehyan

Alat musik tradisional Tehyan
Source : carabermainmusic.com

Alat musik tehyan berasal dari Ibukota Jakarta yang mempunyai ciri khas jenis suara Kordofon. Cara menggunakanya dengan digesek di bagian dawai atau senarnya, alat musik ini hampir sama dengan memainkan biola.

Alat Musik Angklung

Alat musik tradisional Angklung
Source : tokopedia.com

Alat musik angklung yang berasal dari daerah Jawa barat yang mempunyai jenis bunyi Ideofon. Cara memainkan angkul ini dengan menggunakan tangan kita atau menggerakan tangan kita sesuai alunan nada.

Baca juga: Sejarah Alat Musik Drum di Dunia

Alat Musik Gamelan

Alat Musik tradisional Gamelan
Source : wikipedia.com

Alat musik gamelan yang berasal dari daerah Jawa Tengah yang mempunyai ciri khas jenis bunyi Ideofon. Jika Pins tinggal di daerah Jawa, pasti sering menemukan alat musik berikut ini. Apalagi, daerah Jawa seperti Perumahan di Surabaya bisa dibeli dengan mudah dan murah dengan Program KPR Bank. Cara memainkannya alat ini yaitu dengan cara dipukul–pukul dengan memakai alat pemukul khusus.

Alat Musik Bonang

Alat musik tradisional Bonang
Source : slideshare.net

Alat musik bonang yang berasal dari daerah Jawa Timur yang mempunyai ciri jenis bunyi Ideofon. Cara memainkannya alat ini dengan dipukul menggunakan alat khusus.

Alat Musik Serune Kale

Alat musik tradisional Serune Kale
Source : searti.com

Alat musik sarune Kale yang berasal dari Nanggroe Aceh Darussalam yang mempunyai ciri jenis bunyi Aerofon, yaitu bunyi yang berasal dari hembusan angin. Cara menggunakan serune kale ini dengan ditiup dan menggunakan jari untuk mengatur nada yang ada di lubang serune kale.

Alat Musik Aramba

Alat musik tradisional Aramba
Source : wikipedia.com

Alat musik aramba yang berasal dari Pulau Nias, Sumatera Utara. Alat musik ini mempunyai jenis bunyi Ideofon, yaitu bunyi yang berasal dari bahan dasarnya sendiri. Cara menggunakan Aramba ini dengan cara dipukul dengan menggunakan pemukul seperti stik.

Alat Musik Saruling

Alat musik tradisional Saluang
Source : alampedia.com

Alat musik saluang yang berasal dari  Minangkabau, Sumatera Barat. Alat musik ini mempunyai jenis bunyi Aerofon, yaitu bunyi yang berasal dari hembusan angin. Cara menggunakan alat musik saluang ini dengan ditiup dan lubang di salung sendiri digunakan untuk mengatur nada dan jari-jari tangan kita berfungsi untuk menutup lubangnya agar nada bisa di dapat sesuai kebutuhan.

Baca juga: 18 Nama Alat Musik Tradisional Sumatera Barat & Cara Memainkannya

Alat Musik Gambus

Alat musik tradisional Gambus
Source : bersosial.com

Alat musik gambus yang berasal dari Riau. Alat musik ini membunyai jenis bunyi Kordofun, yaitu bunyi yang berasal dari dawai atau senar. Alat musik gambus sendiri mempunyai 3 senar – 12 senar. Gambus umunya biasa dimainkan sambil diiringi gendang.

Alat Musik Serangko

Alat musik tradisional Serangko
Source : wordpress.com

Alat msuik serangko yang berasal dari Jambi. Alat ini terbuat dari tanduk kerbau. Cara menggunakan Serangko ini  dengan ditiup, alat musik serangko sendiri biasa digunakan untuk pemberitahuan jika ada musibah di masyarakat Jambi.

Alat Musik Accordion

Alat musik tradisional Accordion
Source : thegorbalsla.com

Alat musik accoridon yang berasal dari Sumatera Selatan. Alat ini mempunyai jenis bunyi Aerofon, yaitu jenis bunyi yang berasal dari hembusan nafas. Cara menggunakan accordion yaitu dengan ditiup dan memakang kedua tangan untuk mengatur alunan nada.

Alat Musik Doll

Alat musik tradisional Doll
Source : kenalbudaya.com

Alat musik doll yang berasal dari Bengkulu. Alat ini mempunyai jenis bunyi Membranofon, yaitu jenis bunyi yang asalnya dari pukulan. Cara menggunakan alat musik doll ini dengan dipukul memakai alat pemukul khusus.

Alat Musik Gendang

Alat musik tradisional Gendang Panjang
Source : wikipedia.com

Alat musik dari Nusantara gendang yang berasal dari Banten. Alat ini mempunyai jenis bunyi Membranofon. Cara memainkannya sendiri dengan menepukan memakai telapak tangan kita.

Alat Musik Gengceng

Alat musik tradisional Gengceng
Source : moeseum.com

Alat musik gengceng yang berasal dari Bali. Alat ini mempunyai jenis bunyi Ideofon. Cara memainkannya sendiri dengan diletakkan pada kedua telapak tangan kemudian ditepuk-tepuk.

Alat Musik Serunai

Alat musik tradisional Serunai
Source : alampedia.com

Alat musik serunai yang berasal dari Nusa Tenggara Barat. Alat musik ini mempunyai jenis bunyi Aerofon. Cara memainkannya alat ini dengan ditiup lalu nadanya diataur dengan menggunakan jari tangan kita.

Alat Musik Sasando

Alat musik tradisional Sasando
Source : romandecade.com

Alat musik sasando yang berasal dari Nusa Tenggara Timur. Alat musik ini mempunyai jenis bunyi Chordofon. Cara memainkannya alt ini dengan dipetik.

Alat Musik Japen

Alat musik tradisional Japen
Source : oddav.com

Alat musik japen yang  berasal dari Kalimantan Tengah. Alat ini mempunyai jenis bunyi Kordofon. Cara memainkannya alat ini juga sama dengan dipetik.

Alat Musik Sampe

Alat musik tradisional Sampe
Source : bukalapak.com

Alat musik sampe yang berasal dari Kalimantan Timur. Alat ini mempunyai jenis bunyi Kordofon. Cara memainkannya alat ini dengan dipetik dibagian senarnya.

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Alat Musik Ritmis? Ini Dia Penjelasannya!

Alat Musik Tuma

Alat musik tradisional Tuma
Source : thegorbalsla.com

Alat musik tuma yang berasal dari Kalimantan Barat. Alat ini mempunyai jenis bunyi Membranofon. Cara memainkannya alat ini dengan ditepuk menggunakan telapak tangan kita.

Alat Musik Panting

Alat musik tradisional Panting
Source : hanyaberbagi.com

Alat  musik panting yang berasal dari Kalimantan Selatan. Alat ini mempunyai jenis bunyi Kordofon. Cara memainkannya sendiri dengan dipetik dibagian senarnya.

Alat Musik Kolintang

Alat musik tradisional Kolintang
Source : wikipedia.com

Alat musik kolintang yang berasal dari Sulawesi Utara. Alat ini mempunyai jenis bunyi Ideofon. Cara memainkannya dengan dipukul menggunakan pukulan khusus.

Alat Musik Ganda

Alat musik tradisional Ganda
Source : tokopedia.com

Alat musik ganda yang berasal dari Sulawesi Tengah. Alat ini mempunyai jenis bunyi Membranofon. Cara memainkannya alat ini dengan menepuk menggunakan telapak tangan.

Alat Musik Kulanter

Alat musik tradisional Kulanter
Source : cariblogini.com

Alat musik kulanter yang berasal dari Jawa Barat. Alat ini mempunyai jenis bunyi Membranofon. Cara memainkannya dengan dipukul menggunakan tangan, kulanter sendiri biasanya dijadikan sebagai pengiring kendang.

Alat Musik Gong

Alat musik tradisional Gong
Source : wikipedia.com

Alat musik gong yang berasal dari Jawa Barat. Alat ini jika dipukul akan mengeluarkan jenis bunyi Membranofon. Gong biasanya  digantung dan diikat pada kayu.

Alat Musik Jengglong

Alat musik tradisional Jengglong
Source : tokopedia.com

Alat musik tengglong yang  berasal dari Jawa Barat. Alat ini menyerupai gong kecil. Jengglong sendiri biasanya dijadikan sebagai pengiring gong.

Alat Musik Rebab

Alat musik tradisional Rebab
Source : berbagi.com

Alat musik rebab yang berasal dari Jawa Barat. Cara memainkannya alat ini seperti biola dengan car di gesek-gesek. Bentuk rebab ini seperti busur panah.

Alat Musik Talempong

Alat musik tradisional Talempong
Source : carabermainmusic.com

Alat musik talempong yang  berasal dari Sumatera Barat. Cara memainkannya alat ini dengan dipukul menggunakan kayu khusus. Bentuk talempong ini sangat mirip dengan alat musik bonang dari Jawa Tengah.

Alat Musik Pupuik Batang Padi

Alat musik tradisional Pupuik Batang Padi
Source : wikipedia.com

Alat musik pupuik batang padi yang berasal dari Sumatera Barat, memang bentuk dan terbuat dari ruas batang padi yang sudang tua dan berbuku. Cara memainkanya alat ini yaitu dengan cara ditiup.

Baca juga: Alat Musik Bansi : Sejarah, Fungsi & Cara Memainkannya

Alat Musik Tambua & Tansa

Alat musik tradisional Tambua & Tansa
Source : bermainalatmusik.com

Alat musik tambua dan tansa yang berasal dari Sumatera Barat. Alat ini terbuat dari kayu yang dilubangi pada bagian tengahnya. Cara memainkannya alat ini dengan dipukul secara serentak.

Alat Musik Burdah atau Gendang Oku

Alat musik tradisional Burdah atau Gendang Oku
Source : wikipedia.com

Alat musik burdah yang berasal dari Sumatera Selatan. Alat ini terbuat dari bahan kulit binatang ataupun bisa dari kayu. Burdah ini hampir sejenis dengan rebana dan cara memainkannya alat ini dengan dipukul.

Alat Musik Tenun

Alat musik tradisional Tenun
Source : dictiocommunity.com

Alat musik tenun yang berasal dari Sumatera Selatan. Alat ini terbuat dari kayu yang berbentunk segitiga. Dinamakan tenun karena alat ini biasa sering digunakan sebagai penghibur para pekerja yang sedang menenun.

Alat Musik Kenong Basemah

Alat musik tradisional Kenong Basemah
Source : thegorbalsla.com

Alat musik kenong basemah yang berasal dari Sumatera Selatan. Alat ini terbuat dari sebuah tembaga. Cara memainkannya alat ini dengan cara dipukul menggunakan pukulan khusus.

Alat Musik Terbangan

Alat musik tradisional Tebangan
Source : berbagiilmu.com

Alat musik tebangan yang  berasal dari Sumatera Selatan. Alat ini hampir sama mirip dengan rebana. Cara memainkannya sendiri dengan dipukul menggunakan tangan.

Alat Musik Genggong

Alat musik tradisional Genggong
Source : bobogird.com

Alat musik genggong yang berasal dari Sumatera Selatan. Alat ini sejenis dengan alat musik tiup seperti harmonika. Cara memainkannya alat ini dengan dipegang dengan menggunakan tangan kiri, kemudian sebagian sisinya ditempelkan ke bibir.

Alat Musik Caklemong

Alat musik tradisional Caklemong
Source : carakus.com

Alat  musik caklemong yang berasal dari Bangka Belitung. Alat ini mempunyai bentuk yang melengkung ke bawah. Cara memainkannya alat ini dengan dipukul menggunakan pemukul khusus.

Alat Musik Gambangan

Alat musik tradisional Gambangan
Source : berbagiilmu.com

Alat musik gambangan yang berasal dari Bangka Belitung. Alat ini terdiri dari tujuh potongan kayu. Cara memainkannya sendiri dengan dipukul menggunakan kayu khusus.

Alat Musik Kompang

Alat musik tradisional Kompang
Source : tokopedia.com

Alat musik kompang yang berasal dari Lampung. Alat ini terbuat dari kulit kambing atau juga bisa dari kayu. Kompang sendiri hampir mirip dengan rebana, yang cara memainkannya di pukul dengan menggunakan tangan.

Alat Musik Keso

Alat musik tradisional Keso
Source : wikipedia.com

Alat  musik keso yang berasal dari Sulawesi Selatan. Alat ini mempunyai jenis bunyi Chordofon. Dan cara untuk memainkannya alat keso ini dengan digesek di bagian senarnya.

Baca juga: Alat Musik Papua lengkap nama dan mitos

Alat Musik Ladolado

Alat musik tradisional Ladolado
Source : kenalibudaya.com

Ladolado berasal dari Sulawesi Tenggara yang mempunyai jenis bunyi Ideopon. Untuk cara memainkannya sendiri dengan dipukul.

Alat Musik Kecapi

Alat musik tradisional Kecapi
Source : romandecade.com

Alat musik kecapi yang berasal dari Sulawesi Barat. Alat ini mempunyai jenis ciri bunyi Kordofon. Cara untuk memainkannya alat ini sendiri dengan dipetik di bagian senarnya.

Alat Musik Nafiri

Alat musik tradisional Nafiri
Source : thegorbalsla.com

Alat musik nafiri yang berasal dari Maluku. Alat ini mempunyai jenis ciri bunyi Membranofon. Cara untuk memainkannya alat ini dengan ditepuk menggunakan telapak tangan.

Alat Musik FU

Alat musik tradisional FU
Source : tarianasional.com

Alat musik FU yang berasal dari Maluku Utara. Alat ini mempunyai jenis ciri bunyi Aerofon. Cara untuk memainkannya sendiri dengan ditiup.

Alat Musik Kendang

Alat musik tradisional Kendang
Source : wikipedia.com

Alat  musik kendang yang berasal dari Jawa Barat. Alat ini mempunyai jenis ciri bunyi Membranofon. Cara untuk memainkannya dengan dipukul dengan alat pemukul khusus.

Alat Musik Tifa

Alat musik tradisional Tifa
Source : negerikuindonesia.com

Alat musik tifa yang berasal dari Papua.alat ini mempunyai jenis ciri bunyi Membranofon. Cara untuk memainkannya sendiri dengan dipuku menggunkan telapak tangan.

Alat Musik Guoto

Alat musik tradisional Guoto
Source : homnesia.com

Alat musik guoto yang berasal dari Papua Barat. Alat ini mempunyai jenis ciri bunyi Kordofon. Cara untuk memainkannya sendiri dengan memetik-metik senar sesuai nada yang di inginkan.

Itulah beberapa jenis alat musik tradisional dari Indonesia yang bisa Pins temui dengan mudah. Sekarang, kamu sudah tahu jenis-jenisnya dan cara memainkannya bukan? Selamat mencoba!

Baca juga: Alat Musik Gamelan: Sejarah, Nama, Gambar dan penjelasannya

Featured image source: Media Indonesia


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Perumahan Raharja Regency dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download