BlogLifestyleEdukasiApa yang Dimaksud dengan Alat Musik Ritmis? Ini Dia Penjelasannya!
0
0

Apa yang Dimaksud dengan Alat Musik Ritmis? Ini Dia Penjelasannya!

Dipublikasikan oleh Rizko Fatra dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Apr 13, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
Apa yang Dimaksud dengan Alat Musik Ritmistop-right-banner

Apa yang dimaksud dengan alat musik ritmis? Ada yang bisa menjawab? Sebelumnya kita pahami dulu fungsi alat musik. Alat musik memang memiliki ragam jenis dan fungsi yang dapat memperindah instrumen musik. Salah satunya adalah alat musik ritmis. Meski tidak seperti alat musik melodis dan harmonis, alat musik ritmis sangat penting  dalam permainan instrumen musik.

Pinhome – Alat musik ritmis sering digunakan dalam permainan berbagai jenis musik. Bahkan beberapa di antaranya banyak digunakan dan sangat populer. Bagi Pins yang belum memahami apa itu alat musik ritmis, tenang! Pinhome akan membagikan penjelasan lengkapnya mengenai apa yang dimaksud dengan alat musik ritmis lewat ulasan di bawah ini.

Baca juga: 47 Jenis Alat Musik Tradisional dari Indonesia

Apa yang Dimaksud dengan Alat Musik Ritmis?

Source : Pixabay

Mungkin banyak dari Pins yang belum mengetahui apa yang dimaksud dengan alat musik ritmis dan contoh alatnya. Padahal jika Pins telah mengetahui apa yang dimaksud dengan alat musik ritmis dan contoh alatnya, mungkin banyak dari Pins yang sangat familiar dengan alat-alat musik ritmis.

Alat musik ritmis adalah alat musik yang memiliki fungsi untuk melengkapi keharmonisan dari sebuah lagu. Tidak seperti alat musik melodis dan harmonis, alat musik ritmis tidak memiliki banyak nada. Selain itu, alat musik ritmis berfungsi untuk mengatur tempo jalannya sebuah lagu. Selain itu alat musik ritmis juga berfungsi sebagai pelengkap lagu yang dapat menciptakan keharmonisan jika dipadukan dengan alat musik lainnya. Alat musik ini dapat dimainkan dengan cara yang berbeda-beda.

Fungsi Alat Musik Ritmis

Source : Pixabay
Mengatur Tempo

Jika Pins telah memahami apa yang dimaksud dengan alat musik ritmis, hal lain yang harus dipahami adalah fungsi alat musik ritmis itu sendiri. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa alat musik ritmis berperan dalam mengatur tempo dalam sebuah lagu. Alat musik ini akan menjadi penanda dari alur jalannya setiap lagu yang dibawakan. Sehingga tidak dapat dipungkiri, alat musik ritmis memang penting dalam permainan sebuah lagu.

Harmonisasi

Selain sebagai pengatur tempo. alat musik ritmis juga berfungsi sebagai pelengkap instrumen. Dengan adanya alat musik ritmis dan alat musik melodis atau harmonis, instrumen akan semakin harmonis dan enak didengar telinga.

Penanda Jalannya Musik

Bagi Pins yang sudah sangat familiar dan paham apa yang dimaksud dengan alat musik ritmis, tentu telah mengetahui fungsi yang satu ini. Fungsi alat musik ritmis sebagai pengatur tempo, membuat jenis alat musik yang satu ini dijadikan penanda dari jalannya musik. Biasanya tanda ini digunakan oleh pemain alat musik lainnya untuk dijadikan patokan mulai dari intro, verse hingga reff. Jadi biasanya di dalam lagu memang menonjolkan alat musik ritmis di bagian tertentu sebagai jembatan masuknya fase lagu, salah satunya adalah bagian intro, verse, interlude atau reff.

Koreografi

Selain sebagai penanda jalannya musik, alat musik ritmis juga dapat dijadikan penanda dalam koreografi lho! Mungkin banyak dari Pins yang sering melihat koreografi tarian yang diiringi oleh alat musik ritmis, sehingga tarian akan berjalan mengikuti tempo yang tepat. Biasanya alat musik ritmis dalam koreografi dijadikan penanda dalam pembukaan, pergantian gerakan hingga penutupan.

Berikut ini adalah contoh-contoh alat musik ritmis

Drum

Apa yang Dimaksud dengan Alat Musik Ritmis
Source : Pixabay

Contoh alat musik ritmis yang pertama adalah drum. Mungkin banyak dari Pins yang sangat familiar dengan alat yang satu ini? Ya, drum memang sangat populer dan banyak digunakan dalam berbagai permainan musik. Drum adalah alat musik yang masuk ke dalam kategori alat musik ritmis. Fungsinya dari drum adalah sebagai pengatur tempo, harmonisasi dan menjadi penanda jalannya musik. Drum biasanya terbuat dari kulit atau plastik yang menutupi lubang atau tabung. Cara memainkan alat musik yang satu ini adalah dengan memukul permukaan drum menggunakan stik khusus.

Kendang

Apa yang Dimaksud dengan Alat Musik Ritmis
Source : Cinta Indonesia

Bagi Pins yang telah apa yang dimaksud dengan alat musik ritmis dan contoh alatnya, mungkin sudah mengetahui bahwa kendang masuk ke dalam kategori alat musik ritmis. Kendang biasanya digunakan dalam instrumen lagu-lagu daerah seperti daerah Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jawa Barat. Sama seperti drum, kendang memiliki fungsi sebagai pengatur tempo, penanda jalannya musik dan sebagai pelengkap dari suatu instrumen. Selain itu kendang juga sering digunakan sebagai penanda koreografi dalam tarian-tarian adat. Alat musik yang satu ini berbentuk tabung panjang dengan lapisan kulit pada permukaan lingkaran di kedua sisi tabung. Cara mainnya adalah dengan dipukul menggunakan tangan.

Rebana

Source : Budaya Nusantara

Contoh alat musik ritmis selanjutnya adalah rebana. Alat musik ritmis ini berbentuk tabung pendek yang pipih. Pada permukaan rebana dilapisi kulit yang mirip dengan kendang. Mungkin banyak dari Pins yang cukup familiar dengan alat musik yang satu ini. Biasanya rebana dimainkan dalam beberapa musik rohani atau sebagai pengiring tarian seperti tarian ratoeh jaroe dari Aceh. Cara main dari rebana adalah dengan dipukul menggunakan tangan.

Tamborin

Apa yang Dimaksud dengan Alat Musik Ritmis
Source : Pixabay

Pins mungkin sudah sering melihat pemain band yang memegang kecrekan saat memainkan musik? Ya, alat itu disebut juga dengan tamborin. Tamborin ini akan menghasilkan suara gemerincing jika digoyangkan. Meski tidak memiliki ukuran yang besar, tamborin dapat dijadikan sebagai penanda jalannya musik, lho! Bahkan alat musik ini sangat cocok untuk melengkapi instrumen musik dengan suara tabuhan. Biasanya tamborin berbentuk bundar yang dilapisi kulit sapi atau plastik. Alat ini memiliki banyak logam di sekeliling bingkainya yang akan mengeluarkan bunyi ketika digoyangkan.

Itulah informasi tentang apa yang dimaksud alat musik ritmis dan contoh alatnya. Semoga Pins tidak bingung lagi ya dalam membedakan alat musik ritmis dengan jenis alat musik lainnya.


Temukan beragam pilihan rumah, apartemen atau harga tanah seperti harga tanah di Bandung terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Aileen

Editor: Rizko

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download