BlogLifestyleTeknologiEfek samping HB Dosting Apakah Berbahaya atau Aman?
0
0

Efek samping HB Dosting Apakah Berbahaya atau Aman?

Dipublikasikan oleh Voni Wijayanti dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Apr 11, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
efek samping hb dostingtop-right-banner

Apa efek samping lotion HB lotion pemutih dosting (dosis tinggi)? Apakah HB dosting aman atau berbahaya? Apakah sudah terdaftar di lembaga BPOM? Mungkin saat ini masih banyak yang belum paham mengenai efek samping HB dosting jika dipakai secara terus menerus. Berbeda dengan fitur PinValue yang tentunya jauh lebih menguntungkan untuk Pins yang ingin membeli rumah idaman seperti Grand Sharon Residence sebagai Perumahan di Bandung yang terbaik.

Banyak perempuan yang tergoda dengan hand body lotion pemutih, meskipun produknya tidak jelas komposisinya, tidak ada tanggal kedaluwarsa, merknya pun cuma cetakan menggunakan printer biasa. Siapa yang tidak mau dengan efek yang cepat? Namun, produk yang diklaim bisa memutihkan dalam waktu cepat belum tentu aman. Berikut selengkapnya!

Baca juga: 5 Bedak yang Aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Zat Berbahaya Apa yang Dapat Merusak Tubuh?

Source : Tribun

Memang produk yang Tidak jelas pun efek putihnya bisa cepat dirasakan. Namun, keamanannya pun perlu diperhatikan. Pins tidak bisa mendapatkan hasil cepat tetapi mengabaikan keamanan produknya. Ironisnya, banyak yang tidak peduli, banyak yang tergoda dengan produk abal-abal.

HB dosting, HBL green tea, HB super anggur, HB extra whitening dosis tinggi, entah apapun merk yang digunakan, jika komposisinya tidak jelas, produsennya tidak jelas, tidak ada keterangan tanggal kedaluwarsa, dan tentunya tidak terdaftar di BPOM, maka sebaiknya hindari. Hand & body lotion racikan dengan komposisi yang tidak jelas ini efek sampingnya berbahaya.

Berdasarkan sisi penjualnya bisa saja mengklaim jika produk yang dijual aman untuk digunakan. Tentunya tidak ada penjual skincare abal-abal yang terang-terangan mengatakan bahwa produk yang dijual itu produk yang berbahaya, bisa-bisa tidak laku di pasaran.

Adapun bahan yang mesti diwaspadai adalah hidrokuinon. Zat ini memang bisa memutihkan, namun penggunaannya harus di bawah pengawasan dokter. Hidrokuinon tidak boleh digunakan dalam produk skincare. Apalagi pada skincare abal-abal, kadar hidrokuinonnya entah berapa. Bahan lainnya yang mesti diwaspadai adalah merkuri. Merkuri sangat berbahaya bagi kulit. Memang dalam jangka pendek bisa saja belum kelihatan efeknya, tapi untuk jangka panjangnya, bisa bikin kulit rusak, yang lebih parah adalah kanker kulit, bahkan bisa menyebabkan kematian.

Perhatikan Efek Jangka Panjang

Source : Medcom

Ada juga hand and body lotion atau produk kecantikan abal-abal yang mengandung steroid. Efek samping penggunaan hand & body lotion yang mengandung steroid dalam jangka panjang dapat menyebabkan striae atrofi, kondisi kulit seperti stretch mark. Jika HB Dosting diklaim aman, maka keamanannya perlu dibuktikan.

Di salah satu toko di marketplace yang menjual HB Dosting, terdapat keterangan kalau lotion ini tidak boleh digunakan dalam jangka panjang, karena bisa menyebabkan stretch mark. Ada juga yang terang-terangan menyebutkan kalau HB Dosting yang dijual mengandung hidrokinon (hydroquinone) sebesar 5%. Kadar hidrokinon sebesar 5% ini termasuk tinggi.

Adapun efeknya adalah kulit memerah, iritasi, dan rasa terbakar. Memang dengan kadar hidrokinon sebesar itu efeknya kulit bisa lebih cepat putih. Namun, tidak pemakaiannya tidak boleh sembarangan. Di Indonesia, produk skincare tidak boleh mengandung hidrokinon. Jika terbukti mengandung hidrokinon, maka tidak bisa didaftarkan ke BPOM.

Baik itu diklaim racikan dokter sekalipun, itu sama sekali tidak membuktikan kalau produk tersebut aman. Lagipula tidak disebutkan dokernya siapa, dan yang namanya racikan dokter itu biasanya tidak dijual bebas.

Baca juga: 5 Bedak Wardah untuk Kulit Kering Agar Kelembaman Terjaga

Perhatikan Dosis Pada Produk yang Digunakan

Source : Republika

Dalam dunia medis, pada umumnya kata “dosis” berkaitan dengan kadar obat. Akan tetapi, entah mengapa banyak yang penjual skincare dengan menggunakan embel-embel dosis tinggi atau disingkat dosting. Namun, sebagus apapun merknya, tetap yang perlu diperhatikan adalah keamanannya. Di Indonesia sudah ada BPOM yang bukan cuma mengawasi obat-obatan dan makanan, tetapi juga kosmetik. Kosmetik berbahaya tentu peredarannya dilarang. Jika masih dijual bebas, maka itu berarti produk ilegal.

Bagaimana cara memastikan skincare tersebut aman? Sebenarnya mudah untuk mengetahui suatu hand & body itu abal-abal atau tidak. Tinggal dilihat apakah produk tersebut terdaftar di BPOM atau tidak. Simpel, jika hand & body lotion yang tidak ber-BPOM, sebaiknya tidak usah digunakan. HB Dosting ini bukan hanya tidak terdaftar di BPOM, tetapi juga komposisi produknya tidak jelas. Jangan sampai ingin memutihkan kulit tetapi malah membuat kulit menjadi rusak ya Pins!

Baca juga: 15 Rekomendasi Bedak Terbaik Untuk Kulit Sensitif

Featured image source: Urban Jabar


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Perumahan Raharja Regency dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download