Cek BPOM Scarlett: Apakah Benar Scarlett Aman untuk Digunakan?

Dipublikasikan oleh Mahardhika Gilang ∙ 30 May 2022 ∙ 4 menit membaca

Kamu pasti juga tahu bahwa Scarlett merupakan salah satu produk kecantikan yang semakin populer. Seiring dengan popularitas produk yang melangit, banyak yang melakukan cek BPOM Scarlett. Tujuannya untuk mengetahui apakah produk benar-benar aman digunakan.

Keamanan kosmetik memang tidak boleh diabaikan. Apalagi saat ini banyak kosmetik yang dijual bebas di pasaran.

Lalu, apakah Scarlett adalah produk yang aman dipakai? Benarkah sudah mendapatkan izin dari BPOM? Sebab, banyak produk di luar sana yang mengaku telah aman dan mengantongi izin dari BPOM, tapi nyatanya malah kebalikannya.

Cara Mengetahui Produk Sudah BPOM

Meskipun ingin tampil cantik dengan kulit kenyal dan cerah, tapi kamu juga harus memperhatikan keamanan produk. Misalnya dengan mengecek keamanan produk terlebih dahulu.

Apalagi saat ini kamu sudah bisa melakukannya dengan mudah. Baik melalui aplikasi atau melalui website.

Cara mengecek BPOM yang pertama bisa dilakukan melalui website resmi BPOM. kamu cukup memasukkan informasi produk sehingga akan keluar penjelasan secara detail.

Selain itu, jika ingin melakukan pengecekan dengan mudah, kamu bisa menggunakan aplikasi yang ada di Google Play Store.

Berdasarkan penjelasan dari pihak BPOM, ada 4 aspek yang perlu kamu periksa sebelum membeli produk kosmetik. Aspek yang dimaksud adalah kemasan, label, izin edar, serta tanggal kadaluarsa.

  • Kemasan: Pastikan kamu memeriksa dengan rinci mengenai kemasan produk. Apakah kemasannya bagus dan rapi? Perhatikan juga mengenai label maupun warna, serta bau kemasan.
  • Label: Dalam label kosmetik, seharusnya ada beberapa hal penting yang harus dicantumkan. Di antaranya adalah nama brand, komposisi produk, ukuran, kegunaan dan cara pakai, nomor notifikasi, peringatan, serta tanggal kadaluarsa.
  • Izin Edar: Pastikan bahwa produk yang kamu beli telah memiliki izin dari BPOM. Biasanya berupa kode huruf yang diikuti 11 digit angka.
  • Kadaluarsa: Biasanya, jika produk abal-abal tidak ada tanggal kadaluarsanya. Oleh karena itu, kamu wajib mengamati secara maksimal, apakah produk mengandung tanggal, bulan, dan tahun kadaluarsa.

Apakah Scarlett Sudah BPOM?

Scarlett memiliki berbagai produk kosmetik mulai dari Body Lotion, Shower Scrub, Body Scrub, Facial Wash, serum, dan lain-lain. Produk dari Scarlett memiliki kemasan yang cantik dan rapi dengan aroma yang sangat harum.

Masing-masing produk telah aman digunakan karena sudah mengantongi izin dari BPOM. kamu juga bisa mengeceknya sendiri di website resmi BPOM atau aplikasinya. Cara cek BPOM Scarlett yaitu dengan memasukkan Nomor Registrasi atau Nama Produk Scarlett yang akan kamu cek.

Selain itu, kamu juga bisa melihat sendiri daftar kosmetik yang telah memiliki izin edar, termasuk produk Scarlett.

Namun, kamu harus berhati-hati saat membeli produk. Sebab banyak produk palsu yang telah beredar di pasaran. Pastikan untuk membeli produk di agen resmi atau di Official Store Scarlett.

Kenapa Harus Menggunakan Kosmetik BPOM?

Jadilah pembeli yang benar-benar teliti. Sebab jika kamu sampai menggunakan kosmetik dengan bahan berbahaya, resikonya juga akan kamu tanggung sendiri.

Berikut adalah beberapa risiko penggunaan kosmetik ilegal bagi kulit dan tubuh kamu:

Rawan Terjadi Break Out

Siapa sih yang tidak akan sedih saat wajah mulus tiba-tiba berjerawat parah? Nah, hal ini juga menjadi salah satu risiko jika kamu menggunakan produk kosmetik ilegal.

Pasalnya, kosmetik ilegal tidak dibuat dengan bahan-bahan yang benar. Bisa saja ada kandungan berbahaya serta bakteri jahat.

Bakteri yang jahat tersebut berisiko menyebabkan jerawat yang parah sekaligus banyak di area tertentu, seperti dagu, pipi, atau kening.

Tentu kamu tidak ingin mengalami hal ini kan?

Alergi Bagi Kulit Sensitif

Kamu pasti pernah sesekali mendengar cerita teman yang alergi setelah memakai produk kosmetik tertentu. Sebenarnya, hal itu juga disebabkan oleh produk kosmetik palsu yang tidak memiliki izin BPOM.

Apalagi jika kamu adalah seseorang yang memiliki kulit sensitif. Bahan-bahan berbahaya di dalam kosmetik bisa saja menimbulkan alergi atau sensasi terbakar hingga kulit menjadi mengelupas dan kemarahan.

Dapat Menyerang Ginjal

Selain alergi dan break out, kosmetik berbahaya juga tidak baik untuk organ dalam tubuh. Sebab bahan kimia yang berbahaya tersebut bisa menyerang ginjal, apalagi jika penggunaannya dalam jangka panjang.

Mungkin memang benar bahwa kamu tidak mengkonsumsinya secara langsung. Tetapi, zat berbahaya tersebut akan diserap melalui kulit. Hingga terjadi penumpukan di ginjal. Dalam jangka panjang, ginjal akan mengalami kerusakan dan menyebabkan gagal ginjal.

Merkuri Menyebabkan Kanker

Salah satu bahan paling berbahaya dalam kosmetik abal-abal adalah adanya merkuri. Meskipun bisa membuat kulit langsung cerah seketika, tetapi kandungan tersebut sangat berbahaya bagi tubuh.

Di dalam produk pemutih, merkuri bekerja dengan cara menghambat pembentukan melanin. Sehingga kulit akan putih dan cerah secara instan.

Kulit yang diberi merkuri juga akan semakin menipis. Bahkan, bisa menimbulkan masalah pada sistem saraf, ginjal, serta sistem pencernaan.

Selain itu, yang paling parah adalah risiko merkuri yang dapat menyebabkan kanker.

Maka dari itu, penting sekali bagi kamu untuk selalu memakai produk kosmetik yang telah terbukti aman. Jangan mudah percaya dengan janji-janji manis mengenai khasiat skincare yang instan.

Gunakan produk dengan izin edar resmi dan terpercaya seperti Scarlett. Selain aman, Scarlett juga populer karena khasiat dan aromanya yang sangat dicintai wanita. kamu juga bisa langsung cek BPOM Scarlett di website resmi BPOM atau aplikasinya untuk membuktikan sendiri.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Apartemen
Apartemen Pilih Apartemen 2 Lantai Tipe Loft Atau Duplex ?

Jenis apartemen sangat beragam misalnya jenis classix six, studio, garden, hingga convertible. Namu

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 11 Model Keramik Dinding Teras Motif Batu Alam

Indonesia kaya akan batu alam yang sebenarnya sangat cantik dipasang sebagai bahan bangunan di ruma

Lifestyle
Lifestyle 12 Rekomendasi HP Samsung 4 Jutaan dari Galaxy Series

Ketika sudah terlanjur suka dengan smartphone keluaran Samsung, pasti kamu sudah enggan untuk memak

Lifestyle
Lifestyle 13 Rekomendasi HP 10 Jutaan dengan Fitur Terkini & Canggih

Apakah Pins adalah tipikal user smartphone yang rela membeli produk yang memiliki kualitas bagus me

Lifestyle
Lifestyle 15 Rekomendasi HP 4 Jutaan yang Terjangkau & Punya Performa Gahar

Bagi sebagian besar orang, ada yang memilih smartphone untuk kebutuhan komunikasi. Aplikasi yang di

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia