Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Bacaan Doa Solat Istikharah Jodoh Lengkap dengan Bacaan Setelah Solatnya

Lifestyle

Bacaan Doa Solat Istikharah Jodoh Lengkap dengan Bacaan Setelah Solatnya

Dipublikasikan oleh Annisa Hapsari ∙ 24 September 2021 ∙ 5 menit membaca

Shalat Istikharah adalah shalat yang dikerjakan untuk meminta petunjuk kepada Allah SWT, dikarenakan sedang bingung diantara beberapa pilihan dan merasa ragu untuk memilih atau bingung untuk memutuskan sesuatu hal tersebut. Hukum mengerjakan shalat Istikharah adalah sunnah dan di kerjakan paling sedikit dua rakaat. Nah, perhatikan bacaan doa shalat istikharah berikut ini.

Apa Itu Sholat Istikharah? 

(merdeka.com)

Shalat Istikharah ialah shalat yang dikerjakan untuk meminta petunjuk kepada Allah SWT, dikarenakan sedang bingung diantara beberapa pilihan dan merasa ragu untuk memilih atau bingung untuk memutuskan sesuatu hal tersebut. Hukum mengerjakan shalat Istikharah adalah sunnah dan di kerjakan paling sedikit dua rakaat.

Tujuan mengerjakan shalat Istikharah ialah kita memohon kepada Allah SWT, agar urusan kita diridhai dan dimudahkan jalan untuk urusan tersebut. Jika urusan tersebut tidak baik, maka Allah SWT akan datangkan penghalang dan mencegah urusan tersebut sehingga kita tidak bisa mengerjakan urusan tersebut.

Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya, “Jika salah seorang diantara kalian berniat dalam suatu urusan maka lakukanlah shalat sunah dua raka’at yang bukan shalat wajib, kemudian berdoalah meminta kepada Allah.” (H.R Bukhari)

Sedangkan untuk waktu mengerjakan shalat Istikharah bisa dilakukan kapan saja, baik siang atau pun malam, akan tetapi waktu yang paling utama yaitu saat sepertiga malam setelah shalat Isya. Karena di malam hari kita bisa mengerjakan shalat Istikharah dengan khusyu.

Cara mengerjakan shalat Istikharah sama seperti shalat pada umumnya. Membaca niat shalat Istikharah, membaca surat Al-Fatihah, setelah itu diutamakan membaca surat Al-Kafirun dan di rakaat yang kedua membaca surat Al-Fatihah dilanjutkan dengan membaca surat Al-Ikhlas.

Kemudian setelah selesai mengerjakan shalat istikarah dilanjutkan dengan membaca dzikir dan wirid, lalu dilanjutkan dengan membaca doa setelah shalat Istikharah.

Baca Juga: Panduan Serta Doa Sholat Tahajud Dan Dzikir

Doa Sholat Istikharah dan Artinya

doa shalat istikharah
(okezone)

Berikut ini adalah doa setelah shalat Istikharah lengkap dengan latin dan terjemahannya.

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ وَاَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ وَاَسْئَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ فَاِنَّكَ تَقْدِرُ وَلَآاَقْدِرُ وَلَآاَعْلَمُ وَاَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ. اَللّٰهُمَّ اِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هَذَااْلاَمْرَ(…)خَيْرٌلِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ فَاقْدُرْهُ لِىْ وَيَسِّرْهُ لِىْ ثُمَّ بَارِكْ لِىْ فِيْهِ وَاِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هذَااْلاَمْرَشَرٌّلِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ وَعَاقِبَةِ اَمْرِىْ وَعَاجِلِهِ وَآجِلِهِ فَاصْرِفْهُ عَنِّىْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْهُ لِيَ الْخَيْرَحَيْثُ كَانَ ثُمَّ رَضِّنِىْ بِهِ

Allaahumma inni astakhiiruka bi’ilmika wa astaqdiruka biqudratika wa as aluka min fadlikal ‘aziimi fa innaka taqdiru wa laa aqdiru wa laa a’lamu wa anta ‘allaamul guyuub.

Allaahumma in kunta ta’lamu anna haadzal amro (…..) khairul lii fii diinii wa ma’aasyi faqdurhu lii wa yassirhu lii tsumma baarik lii fii hi wa in kunta ta’lamu anna haadzal amro syarrun lii fii diinii wa ma’aasyii wa ‘aaqibati amrii wa ‘aajlihii fashrifhu ‘annii wasrifnii ‘anhu waqdurhu liyal-khaira haitsu kaana tsumma rodh-dhinii bihi.

Artinya: “Ya Allah sesungguhnya aku memohon petunjuk dari ilmu-Mu, memohon kekuatan dari kekuasaan-Mu, dan memohon karunia-Mu yang besar, karena sesungguhnya aku tidak kuasa sedang Engkau kuasa, dan aku tidak mengetahui sedang Engkau Maha Mengetahui semua yang gaib.

Ya Allah jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini (sebut keperluanya) baik bagiku, agama dan kehidupanku, maka tetapkan dan mudahkanlah ia bagiku kemudian berkatilah aku, dan jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini buruk bagiku, bagi agama dan kehidupanku serta akibat dari urusanku, baik untuk masa sekarang maupun untuk masa mendatang, maka hindarkanlah ia dariku dan hindarkanlah pula diriku darinya, dan tetapkanlah hal yang terbaik bagiku menurut semestinya, kemudian ridhailah aku.”

Baca Juga: Lengkap! Doa Sholat Dhuha Arab Dan Latin Beserta Artinya

Hikmah dari Sholat Istikharah

doa shalat istikharah
(suara.com)

Berserah kepada Allah Ta’ala

Seperti dikatakan pada firman Allah Swt dalam surat At-Taubah ayat 51 yang berbunyi:

“Qul lay yusiibanaa illaa maa kataballaahu lanaa, huwa maulaanaa wa ‘alallaahi falyatawakkalil-mu’minun”

Artinya: “Sekali-kali tidak akan menimpa kami melainkan apa yang telah ditetapkan Allah untuk kami. Dialah pelindung kami, dan hanya kepada Allah orang-orang yang beriman harus bertawakal.”

Maka dari itu, sholat istikharah pada dasarnya untuk memohon petunjuk kepada Allah agar diberikan jalan atas ikhtiar atau usahanya selama ini.

Memberikan Kemantapan Hati

Shalat istikharah juga dapat memberikan kemantapan hati dalam soal pekerjaan maupun jodoh. Untuk itu melakukan shalat istikharah mohon petunjuk jodoh dan pekerjaan bisa dilakukan dalam beberapa waktu maupun berkali-kali. Sebab, jawaban dari shalat istikharah tidak selalu datang saat itu juga. Serahkan semua persoalanmu kepada Allah Swt.

Dihindarkan dari Bisikan Sesat Setan

Manfaat sholat istikharah berikutnya adalah menjauhkan kamu dari bisikan-bisikan setan yang sesat. Momen di kala hati gundah memang saat yang tepat untuk setan menggoda manusia menuju jalan buruk. Dengan melakukan shalat istikharah, kamu akan senantiasa ingat kepada Allah Swt dan tetap berada di jalur-Nya.

Terhindar dari Mudharat atau Keburukan

Dengan melakukan salat istikharah insya Allah kamu akan terhindar dari keburukan sebagaimana tercantum dalah hadist riwayat Bukhari.

“Ya Allah, dan sekiranya engkau mengetahui bahwa urusan ini buruk bagiku dalam agamaku, kehidupanku, dan akibat dari urusan ini, maka hindarkanlah aku darinya, kemudian takdirkanlah untukku kebaikan bagaimanapun adanya, lalu berilah aku keridhaan dengannya.” (HR. Bukhari).

Mendapatkan Kelapangan Dada

Setiap insan yang melakukan shalat istikharah akan memperoleh kelapangan hati dan keikhlasan. Inilah salah satu manfaat dari shalat istikharah.

Allah SWT lah yang mengetahui mana umat-umat terbaik miliknya baik di masa kini maupun di masa mendatang.

Hal ini sejalan dengan Firman Allah dalam surat Al-Baqarah ayat 126 yang memiliki arti, “….boleh jadi kamu tidak menyenangi sesuatu padahal itu baik bagimu dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu padahal ia tidak baik untukmu. Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui.”

Demikianlah mengenai bacaaan doa setelah sholat istikharah beserta latin dan artinya dan sedikit penjelasan mengenai shalat Istikharah. Semoga dengan mengerjakan shalat Istikarah Allah memberikan kita yang terbaik dan menjauhkan kita dari hal-hal yang buruk baik itu di masa sekarang dan dimasa yang akan datang.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel