Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Lengkap! Doa Sholat Dhuha Arab dan Latin Beserta Artinya

Lifestyle

Lengkap! Doa Sholat Dhuha Arab dan Latin Beserta Artinya

Dipublikasikan oleh Annisa Hapsari ∙ 17 September 2021 ∙ 5 menit membaca

Sholat dhuha bisa dilakukan di waktu setelah terbitnya matahari dan menjelang dzuhur. Perkiraannya ialah dari pukul 8.00 hingga pukul 11.00 jika di Indonesia. Shalat ini bisa dilakukan hanya dengan minimal 2 rakaat dan juga maksimal 12 rakaat. Dalam melakukan sholat dhuha, tak hanya melakukan gerakan sholatnya, tetapi juga ada doa sholat dhuha arab yang khusus untuk dibacakan. 

Pinhome – Mungkin Pins sudah familiar dengan amalan sholat dhuha. Sholat dhuha jadi salah satu amalan sholat sunnah di ajaran Islam. Jadi, sholat ini tidak wajib dilakukan, tetapi dianjurkan karena ada pahala dan berkah khusus di dalamnya. Biasanya, sholat ini dilakukan sebagai amalan untuk melancarkan rezeki dan kemudahan urusan di dunia.

Nah, siapa nih Pins yang pernah atau sering melakukan sholat sunnah satu ini? Kamu juga bisa mengamalkan doa sesudah sholat dhuha lho untuk kelancaran rezeki dan dan urusan dunia akhirat. Seperti apa doanya? 

Sebelum mengetahui doanya, mari kita simak dulu apa sih keutamaan dari melakukan sholat dhuha di bawah ini. 

Keutamaan dan manfaat dari sholat dhuha  

(DetikNews)

Sholat dhuha merupakan amalan sholat sunnah yang dikenal untuk pelancar rezeki. Namun, sebenarnya apa saja keutamaan sholat ini?

Ada sebuah hadis yang menjelaskan tentang manfaat yang didapatkan dengan melakukan sholat dhuha, yaitu pada hadis berikut. 

“Siapa yang membiasakan (menjaga) sholat dhuha, dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan.” (H.r. Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Pada hadis di atas, kita bisa mengambil inti bahwa sholat dhuha bisa menjadi penggugur dosa kita. Jika istiqomah atau konsisten melakukan sholat ini, Allah akan mengampuni kita atas segala dosa yang telah diperbuat. 

Selain itu, ada juga hadis lain yang menerangkan manfaat dan keutamaan dari sholat dhuha. Kamu bisa simak hadis berikut ya. 

“Setiap pagi, setiap ruas anggota badan kalian wajib dikeluarkan sedekahnya. Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, dan melarang berbuat mungkar adalah sedekah. Semua itu dapat diganti dengan shalat dhuha dua rakaat.” (H.r. Muslim)

Dari hadits ini, kita bisa menangkap makna bahwa sholat dhuha ialah bagaikan kita bersedekah. Bahkan setiap gerakan dan ucapan yang kita lakukan dalam melaksanakan ibadah sudah dihitung sebagai sedekah. Hanya dengan ibadah sholat dhuha, kita sudah sama dengan bersedekah. Masya Allah?

Lalu, apa benar sholat dhuha juga bisa melancarkan rezeki? Ternyata hal ini juga telah dijelaskan dalam sebuah hadis, yaitu:

“Wahai anak Adam, janganlah engkau luput dari empat rakaat di awal harimu, niscaya akan Aku cukupkan untukmu (rezeki) di sepanjang hari itu.” (HR. Ahmad).

Dari hadis di atas, diterangkan bahwa Allah berjanji akan melancarkan dan mencukupkan rezeki hamba-Nya yang melaksanakan sholat di awal hari, yaitu sholat dhuha. 

Jadi, ada tiga keutamaan dan manfaat yang bisa didapatkan dari melakukan sholat dhuha, di antaranya:

  • Dosa diampuni oleh Allah SWT.
  • Setara dengan bersedekah. 
  • Dilancarkan rezeki oleh Allah SWT. 

Masya Allah. Pins, Maha Mulianya Allah SWT memberikan begitu banyak berkah melalui ibadah satu ini. Nah, jika sudah memahami keutamaan dan manfaatnya, mari kita simak bacaan doa setelah sholat dhuha yang bisa kamu panjatkan. Yuk, simak bacaannya di bawah ini! 

Baca Juga: Sholat Shubuh Di Masjid

Bacaan doa setelah sholat dhuha arab

doa sholat dhuha arab
(dream.co.id)

Ini dia bacaan doa sesudah sholat dhuha arab dan latin yang bisa kamu amalkan. Dilengkapi dengan tulisan arab dan latinnya agar kamu mudah membacanya. 

اَللّٰهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَآءَ بَهَاؤُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ

اَللّٰهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسِّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ اٰتِنِيْ مَااٰتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Allahumma innad-duhaa’a duhaa’uka wal bahaa’a bahaa’auka wal-jamaala jamaaluka wal-quwwata quwwatuka wal-qudrota qudratuka wal-‘ismata ‘ismatuka. Allahumma in kaana rizqii fis-samaa’i fa anzilhu, wa in kaana fil-ardi fa akhrijhu, wa in kaana mu’assiran fa yassirhu, wa in kaana haraaman fa tahhirhu wa in kaana ba’iidan fa qarribhu bi haqqi duhaa’ika wa bahaa’ika wa jamaalika wa quwwatika wa qudratika, aatinii maa aataita ‘ibaadakash-shalihiin.

Artinya: “Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu Dhuha adalah waktu DhuhaMu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahanMu, kekuatan adalah kekuatanMu, penjagaan adalah penjagaan-Mu. Wahai Tuhanku, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran DhuhaMu, kekuasaanMu (wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang sholeh”

Baca Juga: Desain Mushola Dalam Rumah Yang Membawa Suasana Tenang Dan Nyaman

Faedah dari bacaan doa sesudah sholat dhuha

Dari arti doa sesudah sholat dhuha yang telah dijelaskan di atas, kita bisa mengambil makna bahwa segala hal yang terjadi dan kita dapatkan di hidup ini tak lepas dari kehendak Allah yang Maha Segalanya. Oleh sebab itu, sudah sepatutnya kita sebagai hamba-Nya mengagungkan Allah SWT dan hanya memohon kepada-Nya. 

Pins, sudah tahu kan bacaan doa setelah sholat dhuha beserta artinya? Insya Allah dengan mengamalkannya, Allah mengabulkan keinginan kita dan melancarkan segala urusan rezeki di dunia dan akhirat. Aamiin.


Temukan beragam pilihan rumah, tanah dijual atau apartemen seperti Metro Park Residence di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel